Apakah Anda salah satu pecinta film? Sudah tahu film “Orang Kaya Baru”? Apakah Anda tahu sosok Azim Premji? Lalu apa hubungan di antara keduanya?

Jika Anda ingin tahu, mari simak penjelasannya melalui artikel Finansialku kali ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Paras Cantik Raline Shah, Pemeran Film “Orang Kaya Baru”

Beberapa waktu lalu, salah satu aktris yang pernah menjabat sebagai Puteri Terfavorit di ajang bergengsi Putri Indonesia 2008 mem-posting foto dirinya yang sedang berdiri dengan wajah bahagianya di depan banner film berjudul “Orang Kaya Baru” di akun Instagram-nya.

Setelah ditelusuri, nyatanya ia merupakan pemeran utama dari film baru yang akan dirilis di bulan Januari 2019 mendatang.

Parasnya yang cantik memang memikat hati siapapun, tidak hanya kaum lelaki. Tidak heran apabila saat ia mem-posting foto tersebut, ribuan komentar tertulis berisi antusias masyarakat yang sudah tidak sabar ingin menonton film tersebut.

Orang Kaya Baru (Raline Shah)

Postingan foto di akun Instagram milik Raline Shah, ribuan orang mengomentarinya.

 

Dilansir dari Tribunnews.com, Raline mengungkapkan bahwa film ini menjadi film perdana bagi dirinya yang harus memerankan peran sebagai komedian, sehingga bisa dikatakan pengalaman ini cukup spesial.

Skenario film “Orang Kaya Baru” ditulis langsung oleh Joko Anwar, sineas berbakat yang sudah melahirkan karya-karya film besar di Indonesia.

Sebagai penulis, Joko Anwar membuat jalan cerita film orang kaya baru dengan bumbu komedi yang fresh, dan skenario tersebut divisualisasikan melalui pengarahan yang pas oleh sutradara Ody C Harahap.

Selain Raline, aktor dan aktris lain yang ikut mendorong film ini di antaranya Derby Romero, Cut Mini, Lukman Sardi, dan Fatih Unru.

Sosok Ibu yang diperankan Cut Mini serasi dipasangkan dengan sosok Ayah yang diperankan Lukman Sardi. Pasangan ini memiliki tiga orang anak bernama Tika (Raline Shah), Duta (Derby Romero), dan Dodi (Fatih Unru).

 

Sinopsis Singkat “Orang Kaya Baru”

Sesuai judulnya, film ini mengangkat tema cerita ‘Kaya Mendadak’ yang dialami oleh satu keluarga.

Keluarga ini sebelumnya selalu menjalani kehidupan sehari-sehari mereka dengan serba apa adanya.

Ketika sang ayah meninggal, terungkaplah fakta ternyata ia orang yang sangat kaya. Hartanya pun diwariskan kepada keluarga yang ia tinggalkan.

Orang Kaya Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenang Stan Lee Sang Pencipta Karakter dalam Film Marvel yang Selalu Dinantikan]

 

Uang ‘kaget’ tersebut kemudian digunakan oleh istri dan anak-anaknya. Mereka, yang tadinya hidup susah, kemudian menjadi orang kaya dadakan yang memiliki rumah, mobil hingga barang-barang mewah lainnya.

Segala ‘kenorakan’ dan tingkah laku mereka menjadi OKB inilah yang akan menjadi jalan cerita menarik di film ini.

Film ini bisa dikatakan cukup mencerminkan kisah beberapa orang di sekitar. Mungkin Anda juga pernah memiliki pengalaman saudara atau teman yang dikategorikan sebagai OKB.

Melalui film ini, diharapkan semua orang bisa melihat sosok OKB dari sisi yang menyenangkan.

Karena tentu akan selalu ada rintangan yang harus dilalui oleh setiap orang, meskipun mereka tidak menunjukkannya di kehidupan sehari-hari.

 

Siapakah Azim Premji? Apa Hubungannya dengan Film “Orang Kaya Baru”?

Apakah Anda pernah mendengar sosok Azim Premji? Atau apakah nama tersebut tidak asing di telinga Anda?

Iya benar, Azim Premji ialah seorang pengusaha yang masuk ke dalam orang terkaya ketiga di India yang memiliki kepemilikan perusahaan 74% di Wipro, perusahaan IT terbesar ketiga di India.

Hal itulah yang membuat ia masuk sebanyak dua kali (tahun 2004 dan 2011) dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi Majalah TIME.

Ia lahir di Bombay, India, pada 24 Juli 1945 dari keluarga muslim Shia. Keluarganya berasal dari daerah Kutch di Gujarat.

Ayahnya adalah seorang pengusaha yang dikenal sebagai “Rice King of Burma” bernama Muhammed Hashim Premji.

Ayahnya mendirikan perusahaan Western Indian Vegetable Products Ltd, yang berbasis di Amalner, distrik Jalgaon, Maharashtra.

Maka tidak heran jika jiwa bisnisnya mengalir ke anaknya yang kini sudah menjadi pengusaha sukses di dunia.

Pendidikan yang pernah ditempuh oleh Azim Premji ialah di bidang Teknik Elektro yang melahirkan gelar Bachelor of Science (B.Sc.) dari Stanford UniversityAmerika Serikat.

Gelar ini berhasil diraih olehnya dengan segala rintangan yang sukses dihadapi oleh Azim Premji.

Ia menikah dengan Yasmeen, dan memiliki dua orang anak yang bernama Rishad dan Tariq. Rishad kini menjadi Chief Strategy Officer of IT Business di Wipro.

Azis Premji 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Motivasi Tung Desem Waringin yang Membuat Hidup Lebih Berarti]

 

Jika Anda kini mulai bertanya, apa hubungan antara Azim Premji dengan film “Orang Kaya Baru”, jawabannya ialah pelajaran hidup yang bisa diambil dari keduanya.

Jalan cerita yang ditampilkan memang berbeda, di mana Film “Orang Kaya Baru” yang menceritakan kisah “orang kaya mendadak” sedangkan sosok Azim Premji yang dilatarbelakangi oleh keluarganya yang berada.

Namun, kedua cerita ini sama-sama menggambarkan bagaimana kehidupan orang kaya di kehidupan nyatanya dalam dua perspektif.

Film “Orang Kaya Baru” lebih menonjolkan sikap “norak” yang diperankan oleh para pemain, Sedangkan sosok Azim Premji sudah dikenal sebagai sosok yang selalu rendah hati dan “gemar membagikan uang” kepada mereka yang membutuhkan.

Hal inilah yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang kaya yang ada di dunia dan inilah yang menjadi pelajaran hidup dari sosok Azim Premji dan film “Orang Kaya Baru”.

Dari keduanya memberikan gambaran bagaimana seharusnya cara orang yang sudah memiliki harta berlimpah memanfaatkan segala harta yang dimilikinya.

Tidak akan pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi nantinya, namun mampu atau tidaknya seseorang menghadapi suatu tantangan, itulah yang menjadi hasil dari apa yang telah dimiliki.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki harta berlimpah, ada baiknya Anda untuk selalu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Pengelolaan keuangan dilakukan melalui perencanaan keuangan agar Anda dapat mengetahui hal apa saja yang harus direncanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Namun terkadang, kesalahan bisa saja terjadi saat Anda melakukan perencanaan keuangan. Itulah mengapa Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Finansialku memiliki sejumlah penjelasan serta tips dan trik dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga Anda dapat mempraktikkannya secara langsung.

Semua sudah terangkum dalam ebook GRATIS Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu, Finansialku juga memiliki aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan melalui beragam fitur yang dimilikinya.

Fitur yang dimilikinya antara lain:

  • Membuat anggaran.
  • Mencatat keuangan.
  • Merencanakan keuangan.
  • Memantau kinerja investasi.
  • Mengecek kesehatan keuangan.
  • Live chat dengan perencana keuangan.

 

Jika Anda belum memiliki aplikasinya, Anda dapat langsung men-download-nya melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC Anda.

Ayo lakukan sekarang juga! Jangan sampai menyesal di kemudian hari!

 

Kilas Balik Kisah Azim Premji

Kesuksesan Azim Premji memang seringkali menginspirasi banyak orang. Kini, Azim Premji lebih dikenal dengan sifat kedermawanannya.

The Azim Premji Foundation berhasil didirikan olehnya pada tahun 2001 sebagai organisasi sosial dengan tujuan meningkatkan pendidikan di India. Hal ini lah yang membuat ia dikenal sebagai sosok yang “gemar membagikan uang”.

Perjalanan menuju kesuksesannya ia lalui dengan beragam rintangan di dalamnya. Perjalanan Azim Premji dimulai pada tahun 1966 di mana sang ayah tercinta meninggal dunia.

Perusahaan Western India Vegetable Products Ltd. yang didirikan oleh ayahnya, diambil alih oleh Azim Premji yang pada saat itu masih berumur 21 tahun.

Saat meneruskan perusahaan tersebut, ia baru saja menyelesaikan studi di Jurusan Electrical Engineering di Stanford University.

Namun, Azim Premji memperluas pasarnya dengan membuat produk sabun, lampu, dan lainnya. Ia pun mengubah nama perusahaan menjadi Wipro di tahun 1977.

Tahun 1980, Wipro mulai merambah ke dunia IT. Produksi pertama kali perusahaan ini adalah mikrokomputer disusul dengan menyediakan software untuk hardware komputer.

Azis Premji 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Cara Membuat Franchise Sendiri yang Paling Mudah]

 

Azim menyadari, bahwa IT adalah masa depan dunia. Untuk itu, dia bahkan punya pusat inovasi di Silicon Valley yang fokus mengembangkan teknologi baru dan berkolaborasi dengan startup.

Pada tahun 1999, Wipro menjadi satu-satunya perusahaan pabrikan komputer India yang menerima sertifikasi memenuhi syarat dari National Software Testing Laboratory di AS.

Sepanjang tahun 1990-an dan awal 2000-an Wipro terus memberikan kinerja yang baik dengan IT sebagai inti bisnis.

Saat ini, Azim Premji adalah Direktur Utama Wipro dan pernah menjabat CEO pada kurun waktu antara 2005 sampai 2008.

Azim pun dikenal luas sebagai pengusaha yang mampu memimpin Wipro dalam 4 dekade terakhir, mendiversifikasi perusahaan hingga menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di India.

Kerja kerasnya telah mengubah Wipro di bawah kepemimpinannya dari perusahaan ritel biasa senilai US$2 juta atau saat ini setara dengan Rp29,2 miliar di tahun 60-an menjadi konglomerat yang mencakup beberapa bisnis yang menghasilkan pendapatan US$7 miliar atau saat ini setara dengan Rp102,2 triliun alias meningkat 3.500 kali lipat.

 

Harta Berharga Menurut Azim Premji

Dibalik wajah Azim Premji yang bisa dikatakan “garang”, nyatanya ia memiliki hati yang sangat lembut. Sifat “dermawan” sangat cocok untuk dinobatkan kepadanya.

Dilansir dari Forbes, harta Azim Premji bisa dikategorikan melimpah ruah dengan nilai kekayaan yang saat ini mencapai US$20,4 miliar atau saat ini setara dengan Rp298 triliun. Jumlah yang terbilang sangat fantastis.

Namun bagi Azim Premji, harta tersebut bukanlah harta berharga. Ia mengungkapkan bahwa harta yang paling berharga adalah bagaimana cara menggunakan kekayaan pribadinya untuk memperbaiki kehidupan orang lain yang kurang beruntung.

Premji telah menggunakan kekayaannya untuk memulai sejumlah kegiatan filantropi, termasuk Azim Premji Foundation.

Sejak didirikan pada tahun 2001, Azim Premji Foundation telah memiliki lebih dari 1.000 orang yang bekerja di bidang pendidikan dasar di lebih dari 12 negara bagian India.

Azis Premji 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Kaya dan Sukses? Ini Rahasia Kaya Rapper Dunia]

 

Pada tahun 2014, Premji mendirikan Prakarsa Filantropis Azim Premji, yang menyumbangkan sekitar Rp1 triliun setiap tahunnya kepada organisasi nirlaba yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan anak jalanan dan penyandang cacat, serta masalah tata kelola.

Azim dipilih sebagai penerima Medali Filantropi Carnegie tahun 2017. Premji adalah salah satu dari dua penerima internasional penghargaan tahun itu.

Penghargaan yang dibuat sejak 2001 tersebut diberikam untuk orang-orang yang pekerjaan filantropisnya mewujudkan cita-cita visi Andrew Carnegie, salah satu pengusaha terkaya di abad ke-19 melalui pekerjaannya di industri kereta api dan baja Amerika.

“Dalam cara kita bekerja, saya sangat mementingkan kerendahan hati dan kejujuran; Dengan menghormati nilai-nilai kemanusiaan, kami berjanji untuk melayani pelanggan kami dengan integritas.”

 

Tetap Berusaha dan Tidak Mudah Puas akan Harta yang Dimiliki

Sosok Azim Premji memberikan banyak pelajaran bagi semua. Hartanya yang berlimpah selalu ia manfaatkan untuk menebar kebahagiaan dengan orang yang membutuhkan.

Kedermawanannya patut diacungi jempol dan dijadikan pelajaran bahwa orang yang memiliki harta berlebih haruslah saling berbagi dengan sesamanya.

Karena tentu, semua proses dimulai dari bawah yang dilengkapi dengan tantangan yang harus dihadapi.

Jangan mudah terlena dengan harta yang berlimpah, apalagi jika harta tersebut didapatlah dengan “mendadak”

Bukan hanya proses menuju pencapaian yang penting, tapi bagaimana cara kita memanfaatkan segala pencapaian yang telah diperoleh.

 

Apakah kisah Azim Premji menginspirasi Anda? Siapa lagi tokoh yang menginspirasi Anda selain Azim Premji? Berikan komentar dan tanggapan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan juga artikel ini agar orang lain dapat terinspirasi dari artikel ini. Terima kasih.

 

Catatan: US$1 = Rp14.610.

 

Sumber Referensi:

  • Saifan Zaking. 15 November 2018. Azim Premji, Orang Kaya India yang Suka Bagi-bagi Duit. Finance.detik.com – https://goo.gl/3Y5wyo
  • Admin. 18 Oktober 2018. Raline Shah Jadi Norak dalam Film Orang Kaya Baru. Tribunnews.com – https://goo.gl/jCQPai

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya Baru 1 – https://goo.gl/Vt7wYw
  • Orang Kaya Baru (Raline Shah) – https://goo.gl/Wm1s6o
  • Orang Kaya Baru 2 – https://goo.gl/vTMQRa
  • Azim Premji 1 – https://goo.gl/QaSXdK
  • Azim Premji 2 – https://goo.gl/TNxaVi
  • Azim Premji 3 – https://goo.gl/Gzj5HC