Disney segera rilis film Mulan live action pada 27 Maret 2020!

Sebelum kamu nonton filmnya, yuk simak fakta menarik apa saja yang ada di balik film ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Film Mulan Versi Live Action 2020

Film live action “Mulan” yang sudah dinantikan para penggemar Disney akhirnya akan rilis pada 27 Maret 2020. Meski “Mulan” baru saja akan tayang, namun film legendaris ini sudah menarik perhatian sejak awal kabar produksinya.

Kurang dari 24 jam perilisan trailer pertamanya saja, film Mulan Live Action sudah ditonton lebih dari 4,7 juta penonton. Bagaimana tidak, film ini merupakan film adaptasi dari film animasinya yang sangat populer di tahun 1998.

 

Fakta Menarik Film Mulan

Kisah Mulan berawal ketika Kaisar Cina mengeluarkan perintah bahwa setiap keluarga harus mengirimkan anak laki-lakinya untuk ikut berperang mempertahankan negara dari penjajah utara.

Sayangnya, tidak ada anak laki-laki di keluarga Mulan maka ayahnya yang sudah lanjut usia dan sedang sakit memutuskan untuk pergi berperang.

Tak tega, Mulan pun mengambil keputusan untuk menggantikan ayahnya dengan menyamar sebagai prajurit pria. “Setia, berani, dan benar. Tugas saya adalah melindungi keluarga saya,” tutur Mulan dalam trailernya.

Disney Segera Rilis Film Mulan, Cek Dulu 5+ Fakta Menarik Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Parasite Ikon Film Korea Selatan Menang Oscars 2020!]

 

Lalu, tahukah kamu fakta bahwa sebetulnya karakter Mulan sendiri terinspirasi dari cerita legendaris Tiongkok tentang Hua Mulan, seorang prajurit tangguh perempuan yang hidup di Dinasti Utara dan Selatan antara tahun 420-589 Masehi?

Berikut ulasan fakta-fakta menarik lainnya mengenai film Mulan Live Action yang harus kamu tahu sebelum menonton filmnya.

 

#1 Casting Tokoh Mulan Membutuhkan Waktu Satu Tahun

Disney menghabiskan waktu satu tahun untuk mencari kandidat yang paling pas memerankan karakter Mulan. Bahkan dalam proses pencariannya, tim casting director dari Disney sampai mengunjungi lima benua.

Pada akhirnya, Liu Yifei lah yang terpilih untuk memerankan Mulan mengalahkan sekitar seribu kandidat lainnya. Luar biasa ya?

Pertimbangannya tentu cukup banyak. Selain jago akting, Liu juga dianggap menguasai kemampuan bela diri yang sangat baik dan fasih berbahasa Inggris karena lama dibesarkan di New York, Amerika Serikat.

Disney Segera Rilis Film Mulan, Cek Dulu 5+ Fakta Menarik Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: TERBARU! Daftar Film Rilis 2020 yang Siap Mencuri Perhatian]

 

#2 Proses Syuting Hingga ke Selandia Baru

Ternyata tidak hanya proses casting yang melibatkan lima benua, proses pengambilan gambar pun dilakukan hingga ke luar benua Asia.

Gunung Hay di Selandia Baru merupakan salah satu lokasi yang dipilih sebagai latar pertempuran penguasa China melawan tentara Hun.

Selain Gunung Hay, pengambilan gambar juga dilakukan di distrik Waitaki, sungai Tasman, tebing Omarama, dan lembah Ahuriri. Tak heran kalau kisaran budget untuk film ini mencapai US$290 juta.

 

#3 Bertaburan Bintang Asia

Film Mulan live action akan menampilkan aktor dan aktris ternama asal Tiongkok. Tak hanya Liu Yifei, beberapa nama bintang lainnya juga akan turut berperan di film ini.

Nama-nama itu antara lain adalah Jet Li, Donnie Yen, Gong Li, Jason Scott Lee, Tzi Ma, dan Rosalind Chao.

Semua tokoh all-star Asia ini telah membintangi film-film skala internasional dengan kepiawaian bermain peran dan bahkan bela diri.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

#4 Penambahan Karakter

Karakter baru untuk film ini adalah Xian Liang, seorang penyihir dalam pasukan Bori Khan yang dapat berubah bentuk menjadi elang.

Xian merupakan satu-satunya karakter yang mengetahui bahwa Mulan telah menyamar sebagai prajurit perang. Tampaknya akan ada sentuhan sihir klasik dalam remake live-action Disney kali ini.

 

#5 Peran Mushu Akan Hilang

Walaupun Mulan versi live action mengikuti animasi Disney yang asli, namun ada satu tokoh yang tidak akan muncul. Karakter yang paling dicintai oleh para penggemar film Disney klasik, Mushu.

Peran naga kecil nan kocak yang selalu setia menemani Mulan dan menjadi idola ini kabarnya dihapuskan.

Seperti yang dilansir dari grid.id, Niki Caro sang sutradara mengkungkapkan, “Aku pikir, kami semua bisa menghargai bahwa Mushu tidak tergantikan. Kau tahu, animasi klasik berdiri sendiri dalam hal itu. Di film ini, ada makhluk representasi spiritual para leluhur dan terutama hubungan Mulan dengan ayahnya. Tapi untuk Mushu? Tidak ada.”

Akankah peran Mushu digantikan oleh penyihir Xian? Kekecewaan para penggemar sontak meruak di media sosial mengenai hal tersebut. Lalu bagaimana tanggapanmu?

Disney Segera Rilis Film Mulan, Cek Dulu 5+ Fakta Menarik Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: (Nonton XXI) 6 Cara Hemat Nonton Film di Bioskop, Murah Meriah!]

 

#6 Mengalami Penundaan Rilis Beberapa Kali

Pada awalnya, Mulan ditargetkan untuk rilis pada 2 November 2018. Namun untuk menghindari bentrok dengan film The Nutcracker dan Four Realms maka jadwal rilis dipindahkan ke-20 Desember 2019.

Sayangnya, terjadi penundaan kedua kalinya karena beberapa alasan.

Pertama, karena Mulan mengalami ketertinggalan dalam proses produksi. Kedua, karena alasan menghindari bentrok dengan rilis film Star Wars: The Rise of Skywalker.

Karena faktor-faktor tersebut, film Mulan baru akan rilis pada 27 Maret 2020. Tapi tenang, tanggal yang ini sudah pasti jadi siap-siap luangkan waktu untuk menonton ya.

 

Ajak Orang Terdekat Untuk Menonton

Dengan fakta-fakta menarik di atas, kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak menonton film remake Mulan secara langsung di bioskop terdekat.

Makin penasaran kan seperti apa jadinya film animasi dengan garapan versi live action karya Disney yang satu ini? Ajak orang terdekat dan rencanakan untuk nonton bersama yuk!

 

Itu dia ulasan singkat mengenai fakta-fakta menarik di balik film Mulan. Apa kamu rasa film Mulan juga mampu menduduki tangga box office seperti film-film live-action Disney lain di tahun-tahun sebelumnya?

Tulis tanggapan kamu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu ya!

 

Sumber Referensi:

  • Mia Della Vita. 16 Januari 2020. Terancam Diboikot karena Tak Ada Mushu dalam Film Live Action Mulan, Sutradara Ungkap Alasannya! Grid.id – https://bit.ly/37oyanP
  • Opal Opal. 8 Juli 2019. Disney Rilis Trailer “Mulan”, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu! Idntimes.com – https://bit.ly/2OSqwMa
  • Ratu Rima Novia Rahma. 30 November 2017. Disney Temukan Pemeran Mulan Versi Live-Action, Siapa Dia? Provoke online.com – https://bit.ly/2Hk6plG
  • Siska Permata Sari. 6 Desember 2019. Disney Rilis Trailer Mulan, Ini Fakta-Fakta Menarik Film yang Tayang 2020. Inews.id – https://bit.ly/2HhySbT

 

Sumber Gambar:

  • Mulan 1 – http://bit.ly/2tWBFnU
  • Mulan 2 – http://bit.ly/38r7xQk
  • Mulan 3 – http://bit.ly/31N8RdO
  • Mulan 4 – http://bit.ly/2tTMqHB