Di antara Financial Freedom atau Financial Independence, sebenarnya Financial Freedom adalah yang kamu perlukan.

Artikel ini akan membahas alasan di balik pernyataan tersebut dan memberikan Anda pengertian dari keduanya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Financial Independence atau Financial Freedom

Financial independence atau yang juga dikenal dengan sebutan mandiri secara keuangan adalah ketika Anda memiliki cukup uang pada umur 20-an hingga 30-an.

Sehingga Anda dapat berhenti bekerja di hari tua Anda dan hidup dari hasil investasi Anda pada saat muda.

Sesuai dengan namanya, financial freedom fokus pada keinginan seseorang untuk dapat mandiri dan tidak bergantung pada siapapun, termasuk pada pekerjaannya ataupun keluarganya.

Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Mencapai Kebebasan Finansial Di Usia Muda? Ada Baiknya Anda Mengikuti Langkah Ini]

 

Financial freedom adalah situasi di mana Anda bebas secara keuangan. Kebebasan keuangan tidak berhubungan dengan Anda menjadi kaya atau dengan pekerjaan Anda.

Kebebasan keuangan adalah saat di mana Anda dapat mengatur keuangan Anda dengan bijaksana sehingga mimpi dan tujuan keuangan Anda dapat tercapai.

Anda bebas menggunakan uang Anda untuk tujuan yang telah Anda tentukan. Kebebasan keuangan ini memerlukan pengaturan keuangan yang baik, namun untuk tercapainya tujuan mereka.

Di antara keduanya, Anda harus lebih memilih financial freedom dibandingkan financial independence. Tentu alasannya karena mandiri secara keuangan memiliki batasan yang dapat membuat Anda seperti “terpenjara”.

 

Cara Kerja Financial Independence

Untuk mendapatkan financial independence, Anda harus melewati beberapa tahap berikut ini:

 

#1 Maksimalkan Pendapatan Anda

Untuk dapat menjadi mandiri secara keuangan di umur 40-an atau 50-an, Anda harus mencari pemasukan yang maksimal pada usia 20-an hingga 30-an. Pada usia ini, fokus Anda adalah mencari uang.

Ini juga berarti Anda harus mencari pekerjaan yang lebih aman, dan bukan yang menantang atau sesuai dengan hobi (jika pekerjaan tersebut kurang menghasilkan uang).

 

#2 Hidup Sederhana

Untuk dapat mencapai kemandirian, Anda harus hidup dengan sederhana. Ini berarti, Anda harus menghemat seluruh pos pengeluaran yang dapat Anda lakukan sendiri.

Misalnya, membawa bekal, menggunakan transportasi umum, tidak berbelanja dan lain sebagainya.

 

#3 Melakukan Investasi

Jika Anda telah melakukan tahap pertama dan kedua dengan benar, maka seharusnya Anda memiliki pemasukan ekstra yang dapat ditabung. Pendapatan ini harus Anda investasikan pada instrumen investasi dengan risiko rendah.

Tujuan utama dari investasi ini adalah mendapatkan keuntungan yang timbul seiring dengan berjalannya waktu.

Oleh karena itu, waktu memegang peranan yang cukup penting. Lebih cepat Anda melakukan investasi, maka akan lebih baik.

 

#4 Kumpulkan Investasi Anda

Jumlah ‘cukup’ pada umumnya adalah ketika Anda telah mengumpulkan 25 kali lipat pengeluaran tahunan Anda.

Jumlah ini didasarkan pada aturan dasar yang membuktikan bahwa Anda dapat menarik 4% dari aset Anda pada masa pensiun tanpa mengurangi modal awal. Jumlah ini adalah jumlah ideal agar Anda dapat menikmati masa pensiun dengan nyaman.

 

Keuntungan dan Kerugian dari Financial Independence

Dari tahapan di atas, Anda dapat mengambil banyak hal yang positif. Yang pertama adalah untuk mencapai kemandirian, seseorang harus mampu hidup sederhana. Hidup sederhana adalah salah satu kunci untuk mencapai keuangan yang sehat.

Yang kedua, untuk mencapai financial independence, seseorang harus rajin menabung dan melakukan investasi. Kedua hal yang saling berhubungan ini merupakan salah satu pengaturan keuangan yang sangat baik.

Yang ketiga adalah Anda tidak perlu bekerja seumur hidup apalagi jika pekerjaan tersebut tidak mengembangkan diri Anda atau bahkan mengambil seluruh waktu hidup Anda.

Akan tetapi, di balik gaya hidup yang baik tersebut, sebenarnya batasan yang diperlukan oleh financial independence ini tidak harus dilakukan oleh semua orang.

Sebagai contohnya, kesederhanaan yang ekstrim. Terkadang, kesederhanaan yang dibutuhkan oleh financial independence membuat Anda melupakan arti dari hidup.

Anda hanya muda 1 kali saja, apakah layak untuk menghabiskan masa muda Anda tanpa mengisinya dengan pengalaman seru yang membuat hidup jadi lebih berarti dan memuaskan?

Ini-Arti-Financial-Freedom-bagi-Kami-2-Finansialku

[Baca Juga: Semakin Lebih Dekat, 4 Rahasia Menuju Kebebasan Finansial]

 

Hiduplah untuk hari ini karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi esok.

Kedua, bekerja untuk menghidupi kebutuhan Anda sebenarnya tidak seburuk apa yang dibayangkan. Yang salah adalah pekerjaannya, bukan bekerja.

Jika Anda melakukan pekerjaan yang benar, baik itu yang Anda cintai dan sesuai dengan visi dan misi Anda, pasti pekerjaan tersebut sangat memuaskan.

Tujuan utama dari Financial Independence adalah pensiun dini. Berbeda dengan kebebasan keuangan, Anda tidak perlu menunggu hingga masa pensiun untuk melakukan hal yang Anda inginkan atau Anda impikan.

Sudah mengetahui keuntungannya, ingin bebas keuangan bukan? Anda harus merencanakan dan mengelola keuangan Anda dengan tepat!

Anda bisa merencanakan dan mengelola keuangan Anda menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk mencapai kebebasan keuangan. Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau lewat Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai rencana keuangan yang tepat kepada Perencanaan Keuangan Finansialku (CFP), Anda bisa upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium dengan harga Rp350.000 untuk satu tahun penuh.

Anda juga bisa memasukkan kode referral POTONG50RIBU sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 per tahun, terjangkau bukan? Dihitung-hitung hanya Rp25.000 saja per bulan loh.

Dengan pengeluaran tersebut Anda akan dibantu mencapai kebebasan keuangan yang tentunya bermanfaat untuk diri dan masa depan Anda.

 

Kebebasan Keuangan adalah yang Diperlukan Semua Orang

Pada kebebasan keuangan, Anda tidak perlu memusingkan uang, uang dan uang. Uang bukanlah pilihan yang mengatur Anda, melainkan sebuah alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan hidup Anda.

Di sini, uang bukanlah tujuan. Uang adalah cara Anda menciptakan kesempatan, bukan pengatur kesempatan Anda.

Pada kebebasan keuangan, Anda menabung dan berinvestasi untuk mencapai tujuan utama Anda, misalnya membeli rumah baru, pensiun, mengubah karier dan lain sebagainya.

Anda mengatur dunia keuangan Anda dengan bijaksana hingga uang bekerja untuk Anda, dan bukan sebaliknya.

Dari kedua hal ini dapat dilihat bahwa kebebasan keuangan memberikan Anda lebih banyak pilihan dan kesempatan pada hidup ini.

Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Arti Dari Kebebasan Keuangan?]

 

Perbedaan yang juga cukup menonjol di antara keduanya adalah cara seseorang yang mandiri akan keuangan dan bebas akan keuangan melihat arti uang.

Orang yang mandiri, melihat uang sebagai segalanya agar mereka dapat mencapai masa pensiun yang menyenangkan.

Kebalikannya, seseorang yang bebas akan keuangan melihat uang sebagai cara mereka menikmati hidup dengan lebih nyaman. Bahkan dengan jumlah uang yang sedikit pun, mereka lebih mampu menikmati hidup.

Kesimpulannya, perkataan masing-masing adalah:

  • Financial independence: Saya dapat menjadi bebas jika saya mampu mengumpulkan cukup banyak uang sehingga saya tidak bergantung pada pekerjaan saya.
  • Financial freedom: Saya dapat menjadi bebas jika saya mengatur keuangan saya dengan bijak untuk mencapai tujuan saya, tidak peduli banyak atau sedikit yang saya miliki.

 

Kontrol atas Uang atau Dikontrol oleh Uang?

Singkatnya, financial freedom atau kebebasan keuangan adalah saat di mana Anda memiliki control atas uang Anda, bukan kebalikannya.

Tidak peduli berapa banyak atau sedikit pun yang Anda miliki, Anda tetap dapat memiliki kebebasan keuangan ini.

Anda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini agar tujuan keuangan Anda terwujud.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda mengerti arti dan perbedaan dari kebebasan keuangan dan keuangan yang mandiri. Manakah yang Anda pilih?

Bagikan artikel ini dan tulis jawaban Anda di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Julie. 17 Juni 2018. Financial Independence or Financial Freedom: Which Do You Need? Fordfinancialsolutions.com – https://goo.gl/cDy4oy

 

Sumber Gambar:

  • Kebebasan Keuangan – https://goo.gl/NUU1TE