Mencapai “financial freedom” atau bebas keuangan bisa kamu raih dengan bantuan financial planner lho!  Yuk ketahui cara lengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Financial Planner, GPS Mewujudkan Financial Freedom

Rasanya tidak asing lagi kita bahas tentang financial freedom. Kalau ditanya apa artinya? Bebas keuangan.

Oke, tapi gimana cara menjadi financial freedom? Mungkin masih banyak yang belum bisa mendeskripsikan jawaban konkretnya.

Financial freedom bisa dibilang pencapaian setelah berhasil memenuhi sejumlah tujuan hidup. Seperti mempunyai tabungan, mengalokasikan dana darurat, investasi, tabungan anak, sampai bekal di masa tua.

Kira-kira sudah berapa persen tujuan hidup yang tercapai olehmu?

Jika diilustrasikan, saat ini kamu ada di Bandung dan ingin ke Jakarta. Ada beberapa opsi kendaraan serta rute yang bisa kamu gunakan agar sampai di kota tujuan.

Infografis #2 : Tujuan Perencanaan Keuangan & Profesi Financial Planner

[Baca Juga: Pakai Jasa Financial Planner? Mahal Ah, Ngapain?]

 

Entah perjalanan darat menggunakan motor, mobil, atau kendaraan umum.

Bisa juga melalui jalur udara yang notabene memangkas waktu perjalanan menjadi lebih cepat.

Semua ini tergantung pada pilihanmu. Akhirnya seringkali kita meminta bantu GPS dalam memilih rute terbaik sehingga perjalanan pun bisa ditempuh dengan lancar.

Nah, dalam konteks mencapai financial freedom, GPS tersebut adalah financial planner yang akan membantumu mengarahkan rute dan kendaraan terbaik untuk mencapai tujuanmu. Sementara kendaraannya sendiri adalah investasi.

Kamu gak perlu bingung untuk mencari GPS itu, karena sudah banyak financial planner di Indonesia salah satunya di Finansialku.com yang siap membantumu.

Finansialku.com sebagai satu-satunya perusahaan perencana keuangan yang memiliki portal edukasi dan aplikasi keuangan, turut melayani jasa konsultasi dan pembuatan rencana keuangan lho.

Rencana keuangan bisa menjadi pemandu (guide) untuk memperbaiki kondisi finansialmu dan mencapai sejumlah tujuan hidup.

Gak ada kata terlambat dalam merencanakan keuangan, hanya ada penyesalan jika kamu terus menunda untuk membuat rencana keuangan.

 

6 Tahap Perencanaan Keuangan Ala Finansialku.com

Tujuan keuangan setiap orang pastilah berbeda, karena dipengaruhi kondisi keuangannya masing-masing.

Ada yang mengupayakan membeli rumah, kendaraan, menyiapkan biaya pendidikan anak, menyiapkan biaya untuk masa pensiun dan lain sebagainya.

Nah untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, kamu bisa meminta nasehat dan arahan dari financial planner di Finansialku khususnya dalam membuat perencanaan keuangan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan.

Apa saja tahapannya? Simak pembahasannya berikut ini.

 

#1 Diskusi Awal

Tahap awal ini, financial planner akan menjelaskan tentang jasa-jasa yang ditawarkan, konsekuensi melakukan konsultasi perencanaan keuangan dan bagaimana cara kerja konsultasi perencanaan keuangan Finansialku.

Harapannya antara financial planner dengan kamu sebagai kliennya bisa memiliki pemahaman yang sama tentang peran dan tugas yang dilakukan.

 

#2 Pengumpulan Data

Selanjutnya, financial planner akan mencari tahu gambaran mengenai situasi keuanganmu. Gunanya sebagai bekal untuk menetapkan tujuan keuangan dan jangka waktu pencapaiannya.

Nilai plusnya kamu juga akan dijelaskan tentang pertimbangan-pertimbangannya dari sisi keuntungan (benefit) dan risikonya.

Sehingga diharapkan rencana keuangan yang nantinya dibuat sudah dipertimbangkan baik buruknya.

 

#3 Pembuatan Rencana Keuangan

Tahap ketiga mulai masuk pada pembuatan rencana keuangan, di mana financial planner akan menganalisa dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari tahap sebelumnya.

Analisa yang dilakukan menyesuaikan dengan permasalahan dan kondisi keuangan.

Hasil dari tahap analisa dan pembuatan rencana keuangan adalah sebuah laporan rencana keuangan (book plan).

 

#4 Menyajikan Rekomendasi

Next, waktunya kamu mempelajari laporan rencana keuangan dan rekomendasi yang diberikan financial planner.

Tenang, kamu akan dibantu kok untuk memahami rekomendasi yang diberikan supaya dapat mengambil keputusan secara tepat.

Financial planner Finansialku juga akan mendengarkan hal-hal yang menjadi pertimbangan kamu dan apabila diperlukan juga akan dilakukan revisi atas rekomendasi tersebut.


 

#5 Implementasi Saran

Nah di tahap ini, kamu dan Financial planner Finansialku akan membuat kesepakatan bersama mengenai rekomendasi yang disampaikan dan sepakat untuk melaksanakan rekomendasi tersebut.

Jika diperlukan, financial planner juga bisa berkoordinasi dengan jasa profesional lainnya, tentunya atas persetujuan kamu ya.

 

#6 Meninjau dan Memantau

Sampai di tahap akhir, waktunya financial planner memantau perkembangan kamu sebagai klien dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan.

Peninjauan kembali rencana keuangan dilakukan setiap tahun sekali atau terjadi perubahan yang signifikan.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Jadi, Tunggu Apalagi?

Ingat, tidak ada yang instan dalam hidup ini, semuanya memerlukan proses termasuk juga mencapai tujuan keuangan.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan dan perbaikan. Kamu masih memiliki waktu untuk merubah kondisi keuangan.

Jadi tunggu apalagi? Mulailah sekarang juga.

Jika Anda membutuhkan panduan dalam mewujudkan tujuan keuangan, silakan hubungi Finansialku disini Jasa Perencana Keuangan.

 

Silakan beri komentar dan pendapatmu!

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan untuk share artikel ini kepada rekan terdekat ya! Terima kasih!