FinStory Ojek Online Ep 04: Aww! Aku Tertindih Di Bawah Tumpukan… adalah kelanjutan cerita seorang anak ojek driver bernama Roni yang memiliki pahitnya kehidupan.

 

Aww! Aku Tertindih Di Bawah Tumpukan…

Setelah beberapa bulan menjadi driver ojek online, Roni mulai nyaman dan mengerti gimana caranya dapet bonus gede. Utangnya juga mulai tertutup satu per satu.

Belajar dari pengalaman Pak Ayol yang terlalu memforsir diri, Roni yang udah mulai ngerti celah dan trik untuk dapet bonus dan penghasilan optimal menjadi driver ojek online, dia nggak perlu narik dari habis subuh sampai larut malem.

FinStory Ojek Online Ep 04 Aww! Aku Tertindih Di Bawah Tumpukan… 02 - Finansialku

 

Hingga akhirnya dia dipertemukan dengan orderan yang membuat hidupnya berubah 180 derajat.

 

*******

 

Siang itu Roni dapet orderan nganter penumpang ke daerah Cihampelas. Seorang mas-mas bermasker dengan baju yang lumayan rapi berdiri di ujung jalan. Dia memakai helm dan langsung naik ke atas motor.

 

“Upnormal Cihampelas ya mas?” Roni bertanya memastikan.

“Sip. Sesuai aplikasi, mas.”

 

Roni langsung tancap gas menyusuri macetnya jalanan Bandung di siang hari.

 

“Sering ke Upnormal sini, mas?” Roni berusaha membuka obrolan.

“Lumayan, sih. Ini lagi mau ada event sih jadinya kesini lagi.”

“Oh event apa nih mas?”

“Tentang perencanaan keuangan Milenial yang penghasilan nggak tetap Mas. Jadi kayak mas nih, siapa namanya mohon maaf?”

“Roni, mas” jawabnya singkat.

“Nah, Mas Roni nih kan driver ojek, penghasilannya nggak tetap. Terus kebetulan kalo dilihat dari wajahnya yang masih seger nih pasti Milenial kan ya.. Hahaha. Nah, ini nanti bakalan dibahas gitu cara ngatur keuangannya gimana biar optimal.”

“Wih, keren juga ya mas. Saya juga lagi belajar-belajar soal mengatur keuangan sih. Suka baca artikel, nonton Youtube, sama denger Podcast gitu di Spotify.”

“Wah, dengerin Podcast juga, mas? Podcastnya siapa?”

“Itu apa ya lupa namanya, FINTALK.. FINTALK gitu deh. Pokoknya mah saya juga punya bukunya itu. Sama lagi nyoba pake aplikasinya buat ngatur uang.”

“Oh, ada aplikasinya juga? Apa namanya mas?” si penumpang seperti menahan ketawa.

“Finansialku mas. Kemarin akhirnya langganan satu tahun karena ada promo diskon 10% pake kode CATAT10, mas. Di Instagramnya juga sering kok sharingsharing soal cara ngatur keuangan, tips atur gaji gitu-gitu. Coba follow deh.”

“Hahahaha… Siap mas! Ini juga kebetulan acaranya dari Finansialku, mas” jelasnya.

“Oh iya? Wih, yang ngisi acaranya siapa mas? Saya jadi pengen ikutan!”

“CEO nya langsung, mas. Melvin Mumpuni namanya.”

“Wah kerenn. Saya itu ya pengen banget ketemu sama Ko Melvin ini. Saya suka banget kalo dia ngejelasin di Youtube sama Podcast. Di bukunya juga jadi gampang banget saya mengaplikasikannya. Pengen banget saya ketemu sama dia secara langsung, ngobrol gitu.”

“Hahahaha, oh iya ya mas? Mas punya bukunya? Saya juga suka ngikutin sih konten di akun Instagram pribadinya. Suka dapet insight baru disitu.”

“Oh gitu. Sering berarti ya mas ikut event-event keuangan kayak gini?”

“Yaa..yaa..lumayan sering sih.”

 

Si Roni pun agak curiga. Ia mulai melirik dikit-dikit ke arah spion. Penasaran dengan wajah si penumpang misteriusnya siang ini.

 

Punten ini mas, ya. Mas Ini namanya siapa gitu?”

“Melvin, mas.”

“Melvin yang mana nih??” suaranya mulai meninggi karna kaget. Motornya mulai oleng.

“Melvin Mumpuni.” jawabnya singkat.

 

Seketika Roni langsung berhenti. Rame di perempatan jalan. Semua orang ngelihat ke arah mereka.

Tapi emang lagi lampu merah, sih. Hehehehe….

 

“Saya selalu pengen banget ketemu sama ko Melvin. Pengen ngobrol langsung gitu. Lagi mikir-mikir juga pengen gitu ambil konsultasi sama koko. Biar jadi financial planner saya. Hahahaha.”

“Wah boleh-boleh. Sebenernya buat planner kita itu ada banyak. Nggak harus sama saya, kok. Mau coba dateng di event saya hari ini juga boleh Mas. Nggak usah bayar deh, saya invite langsung.”

“Waduhh! Beneran nih ko?? Seriusann?? Makasih banyak, nih. Alhamdulillah, rezeki nomplok banget hari ini. Bisa ngobrol langsung sama idola, eh dikasih golden ticket ke acaranya T.T” 

“Hahaha siap siap. Sama-sama.”

 

Nggak kerasa udah nyampe juga di tempat acara Finansialku berlangsung. 

Disana Roni bener-bener memaksimalkan untuk belajar bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik, yang tentunya diawali dengan memiliki rencana tujuan keuangan yang matang. 

Sebenernya apa yang ia lakukan beberapa bulan terakhir bersama keluarganya udah benar. Cuman Roni masih belum berani untuk berinvestasi. Maka dari itu, di akhir acara, Roni mantep untuk mengambil jasa financial planner dari Finansialku. Biar keuangannya makin membaik.

 

*******

 

Awal minggu ini, Roni mantap mengambil jasa book plan satu tahun bareng financial planner di Finansialku. Dia akan bertemu dan melakukan konsultasi dengan Mbak Widya, salah satu CFP di Finansialku.

Harapannya, ia akan …

FinStory Ojek Online Ep 04 Aww! Aku Tertindih Di Bawah Tumpukan… 03 - Finansialku

 

Roni bertemu muka dengan Mbak Widya yang sangat ramah. Roni mulai menceritakan apapun permasalahan keuangannya, pengeluaran dan pemasukan dia, dan rencana keuangan ke depan yang ingin ia capai.

Setelah ngobrol selama satu jam, banyak sekali ilmu yang ia dapatkan. Roni merasa sangat terbantu.

Mbak Widya mengoptimalkan lagi apa yang Roni susun selama ini. Benerin anggaran, menyusun dana darurat, membagi bahwa penghasilan dari customer untuk hidup sehari-harinya lalu menggunakan bonus sebagai investasi untuk dana membeli rumah, dimana tujuan keuangan Roni adalah beli rumah sendiri jadi nggak perlu kontrak lagi, sekaligus bisa buat aset. 

Mbak Widya memberikan hitungan detail seperti ini:

Pendapatan per hari

= Rp150.000 – Rp250.000 per hari (+bonus)

= Rp4.500.000/bulan

  
Investasi Rp900.000
CicilanRp1.350.000
Asuransi (BPJS)Rp80.000
DonasiRp50.000
Transportasi (bensin)Rp370.000
MakanRp750.000
Anak Rp500.000
Utilitas Rp250.000
Biaya tak terdugaRp250.000

 

Pembagian investasi:

Opsi 1:

  • Dana Darurat = Rp400.000
  • Dana Pendidikan Anak = Rp300.000
  • Rumah = Rp200.000

 

Opsi 2:

  • Dana Pendidikan Anak = Rp450.000
  • Rumah = Rp450.000

 

“Mbak Widya, aku pengen mulai coba investasi, nih, yang 20% ini. Tapi takut. Masih ngerasa kurang ilmunya.” Roni sedikit curhat.

“Oh gitu. Mungkin Mas Roni bisa coba dulu aja belajar investasi di reksa dana dulu. Cocok buat pemula sih. Nanti pun bisa free konsul sama saya. Tapi kalo memang Mas Roni pengen belajar lebih dalam, Finansialku ada Webinar Reksa Dana tiap bulan di grup Facebook.”

“Gimana itu mbak cara daftarnya? Aku pengen ikutan.”

“Boleh. Nanti bisa hubungin langsung aja di CP Finansialku, di Whatsapp 081 911 516 119. Nanti bilang aja mau daftar Webinar Reksa Dana gitu. Ada juga sih yang Webinar Saham kalau mau juga bisa belajar dulu Mas.”

“Tapi saya takutnya nanti materinya terlalu expert, mbak.”

“Nggak kok, mas. Jadi nantinya mas digabungin di grup yang disana ada video pembelajaran reksa dana atau saham secara basic. Nah, tiap bulannya ada webinar yang bisa tanya jawab disitu. Yang isi Pak Melvin sendiri. Nanti direview produk-produknya sama diajarin lihat indikatornya.”

“Wah, kalo ko Melvin yang isi saya percaya mbak. Soalnya jelasinnya praktis banget. Oke..oke.. Nanti saya daftar deh Mbak.”

“Hahaha …Siap!”

 

Obrolan pun berakhir. Roni memutuskan untuk ikutan Webinar Reksa Dana dan Saham sekaligus bulan ini.

Udah masuk grupnya dan mulai melahap video pembelajaran dasar terkait saham dan reksa dana. Ia juga download semua Ebook dari Finansialku yang memang pas banget buat kondisi keuangan dia saat ini.

Ada ebook investasi saham, investasi reksa dana, perencanaan keuangan umur 20-an, properti, sampai pada perencanaan pendidikan anak. Ia masih memiliki mimpi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah.

Perjalanan penuh lika-liku dengan masalah keuangan akan berakhir. Roni dan keluarga memiliki harapan besar dari pekerjaan yang hanya sebagai driver ojek online, hingga bisa berani untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri. Bisa menghidupi keluarga kecilnya.

Dan harapan besar dari semuanya adalah hidup bahagia, dengan kebebasan finansial. Tanpa utang, tanpa pinjaman. Bahkan berani untuk KPR rumah sendiri.

 

TAMAT

*******

 

EPISODE 3