Sudahkah kamu mengetahui perkembangan Fintech di Indonesia? Kini, Fintech semakin menunjukkan pengaruhnya di Indonesia.

Lalu seperti apa sih sejarah serta perkembangannya dari tahun ke tahun? Dalam artikel ini, Finansialku akan membahasnya untuk Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa itu Fintech

Financial Technology (Fintech) merupakan satu fenomena yang mencakup dua aspek besar yakni ekonomi dan teknologi.

Fintech mengombinasikan dua aspek tersebut menjadi satu inovasi yang dapat mengubah persepsi manusia dalam melakukan kegiatan perekonomian.

Tentu Anda semua sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Mengingat Fintech kini sudah mulai mencakup hampir ke semua sektor perekonomian dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Namun pertama-tama sudahkah Anda mengetahui apa itu pengertian dari Fintech?

Sejarah dan Perkembangan Fintech di Indonesia dari Tahun ke Tahun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Catat! Ini Daftar 158 Fintech Legal yang Terdaftar di OJK]

 

Secara garis besar, Fintech bisa diartikan sebagai istilah yang dapat digunakan untuk menyebut inovasi dalam bidang jasa keuangan atau pun finansial yang telah diintervensi dengan adanya sentuhan teknologi dalam mobilisasinya.

Contoh sederhananya saja yakni kartu debet, kartu kredit, e-banking, P2P Lending dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut bisa dimaksimalkan untuk mempermudah proses transaksi yang ingin kita lakukan.

 

Sejarah dan Perkembangan Fintech

Tentu sebagai salah satu inovasi, sejarah perkembangan Fintech dari awal kemunculannya hingga kini menancapkan akar pengaruhnya dalam sistem perekonomian sangat menarik untuk diketahui.

Nah, kali ini kami akan menjabarkannya untuk Anda.

Semua berawal pada tahun 1980-an. Ketika sistem komputerisasi sangat berkembang pesat, sehingga memungkinkan kita untuk bisa memaksimalkan sistem big data dan pencatatan secara komputerisasi.

Pelaku industri perbankan pun mulai menerapkan fasilitas tersebut.

Barulah sekitar tahun 1982-an, e-trade salah satu perusahaan di bidang finansial dan keuangan mengembangkan Fintech dan menjadikannya sebagai sistem yang lebih maju.

Mereka mulai menerapkan sistem perbankan berbasis elektronik kepada para investor.

Sejarah dan Perkembangan Fintech di Indonesia dari Tahun ke Tahun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asosiasi Fintech Syariah Indonesia dan Peranannya]

 

Tahun 1998, perbankan di dunia mulai memperkenalkan transaksi secara online atau sering kita sebut sebagai online banking. Perkembangan pun berlanjut, hingga pada tahun 2005 Fintech dalam bentuk P2P lending muncul di dataran Eropa.

Adalah Zopa yang merupakan perusahaan P2P lending pertama yang berdiri di Eropa dan Inggris Raya.

P2P lending sendiri bisa diartikan sebagai penyedia layanan jasa keuangan yang menjadi fasilitator antara pemberi pinjaman dengan penerima atau nasabah melalui sistem elektronik berbasis internet.

Pada awal berdirinya Zopa, dilatarbelakangi adanya peluang untuk menghadirkan layanan keuangan dengan akses yang lebih mudah, nilai bunga yang masuk akal, dan peluang investasi yang menjanjikan.

P2P Lending pun terus mengalami perkembangan dan memunculkan inovasi baru, seperti P2P Lending Funding Circle yang telah menyalurkan sedikitnya 40.000 dana pinjaman kepada sektor UMKM.

 

Perkembangan Fintech di Indonesia

Pada tahun 2006, P2P Lending akhirnya mengembangkan ekspansi menuju benua Amerika. Dan kemudian Fintech pun hadir dan berkembang sangat pesat di Tiongkok. Lalu, bagaimana dengan perkembangannya di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, perkembangan dan eksistensi Fintech mulai terlihat sekitar tahun 2015 lalu.

Hal itu ditandai dengan didirikannya Asosiasi Fintech Indonesia (AFI) dengan tujuan awal yakni menyediakan partner bisnis yang mumpuni.

AFI menjadi pihak yang sangat berpengaruh dalam perkembangan Fintech di Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan Fintech di Indonesia dari Tahun ke Tahun 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Manfaat Fintech Untuk Masyarakat Indonesia]

 

Hingga pada akhirnya perusahaan-perusahaan dan produk Fintech mulai banyak bermunculan pada tahun 2016 lalu.

Sejauh ini sebanyak 150 perusahaan Fintech telah terdaftar resmi di OJK dan juga sistem pembayaran dari 54 Fintech sudah terdaftar di Bank Indonesia.

Perkembangan Fintech di Indonesia pun bisa dikatakan cukup signifikan. Bahkan kedepannya diproyeksikan bisa melebihi Tiongkok atau Brasil. Pada tahun 2019 saja, total penyaluran pinjaman telah mencapai Rp 25,92 triliun.

Angka tersebut naik 14,36% jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang mencapai Rp 22,67 triliun.

 

Dampak Fintech

Lalu dengan adanya Fintech, apakah berdampak pada kehidupan masyarakat maupun sektor lain yang terkait? Jawabannya tentu saja iya.

Untuk masyarakat sendiri dengan adanya Fintech, kebutuhan mendesak untuk meminjam uang akan semakin mudah. Salah satunya adalah pinjaman online. Simak risikonya dalam video berikut ini.

 

Tidak hanya soal meminjam uang, Fintech dapat memudahkan akses terhadap produk-produk keuangan lain sesuai dengan kebutuhannya. Di sisi lain, keberadaan Fintech juga berpengaruh bagi sektor perbankan walaupun tidak begitu signifikan.

Fintech bisa dijadikan alternatif untuk melakukan peminjaman. Sebagai contoh yakni pembiayaan UMKM. Kebutuhan kredit pada sektor UMKM mencapai Rp 1.600 triliun.

Akan tetapi bank baru bisa menyalurkan sekitar Rp 600 triliun saja. Nah, Fintech berpotensi untuk mengisi kekurangan tersebut.

 

Fintech Membantu Perekonomian

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah perkembangan Fintech di Indonesia. Keberadaan Fintech yang begitu massif dan berkembang membantu perekonomian kita.

Salah satu teknologi yang juga dapat membantu Anda mengatur dan merencanakan keuangan Anda adalah Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK dan Kominfo. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur penting seperti Catatan Keuangan, Konsultasi Keuangan, Financial Check Up, dan lain-lain.

Download aplikasinya sekarang agar Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan baik. Dapatkan promo potongan harga Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan memasukkan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Bagaimana? Sudah jelas tentang perkembangan fintech di Indonesia? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa untuk share artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Niko Ramadhani. 11 Februari 2020. Sejarah dan Perkembangan Fintech di Indonesia. Akseleran.co.id -https://bit.ly/2PoJhq6
  • Indira A. Januari 2020. Cari Tahu Sejarah & Perkembangan Fintech di Sini. Blog.julo.co.id – https://bit.ly/3gtJNz6
  • Abdul Rasyid. 19 Maret 2019. Sekilas Perkembangan Fintech di Indonesia. Binus.ac.id – https://bit.ly/31khP2D

 

Sumber Gambar:

  • Fintech 1 – https://bit.ly/3gtJNz6
  • Fintech 2 – https://bit.ly/31WGavN
  • Fintech 3 – https://bit.ly/3ail0Mf