Di tahun ini, Google kembali memperkenalkan Android generasi terbaru yang biasa disebut sebagai Android Q. Seperti apa fitur Android Q ini?

Sejak Android generasi pertama mulai diluncurkan pada tahun 2009 yang lalu, maka Google selalu rutin melakukan pengembangan di tiap tahunnya. Lalu, apa sajakah kelebihan dari Android generasi terbaru kali ini?

Yuk simak artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Fitur-fitur Android Q Super Canggih yang Perlu Anda Ketahui

Hampir setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi sanggup mencuri perhatian masyarakat dunia dengan setiap pengembangan yang diberikan pada sebuah alat elektronik.

Tahun ini saja, sudah ada begitu banyak inovasi terbaru yang ditujukan untuk gadget.

Tentu, masyarakat +62 juga selalu turut mengikuti perkembangan teknologi ini.

Beberapa pengembangan dalam bidang teknologi ini hadir dari perusahaan besar Google.

Yapss… sudah menjadi semacam sebuah tradisi jika setiap tahun Google memperkenalkan setiap inovasi terbaru mereka, khususnya dalam ajang konferensi pengembangan tahunan Google I/O.

Dan seperti di tahun sebelumnya, konferensi pengembangan tahunan Google I/O 2019, kembali menarik banyak perhatian publik dengan berbagai produk canggih yang dipamerkan.

Salah satunya ialah Android Q yang merupakan OS Android generasi selanjutnya setelah seri Android 9.1 (Pie).

Tentunya Android Q ini telah mengalami berbagai pengembangan untuk menutupi setiap kekurangan maupun bug yang masih didapat pada OS Android sebelumnya.

Terdapat juga beberapa perbedaan mencolok dari OS Android generasi terbaru ini, contohnya saja pada penggunaan “identitas” dari sistem operasi “si robot hijau”.

Terbaru! Kenali 5+ Fitur Android Q yang Super Canggih 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Aplikasi Edit Video Android Terbaik, Kualitas Kelas Dunia Lho!]

 

Sebab sejak adanya seri Android 1.5 hingga seri Android 9.0, Google menambahkan nama-nama makanan pencuci mulut sebagai sandi untuk setiap versi Android yang ada, seperti Cupcake hingga Pie.

Sedangkan untuk versi terbaru kali ini, Google telah mengumumkan bahwa nama resmi dari Android Q ialah Android 10.

Berubahnya tren menggunakan nama makanan pencuci mulut ke penggunaan seri menggunakan angka, tentu karena adanya berbagai pertimbangan dari pihak google.

Pertama ialah karena adanya umpan balik dari penamaan ini selama bertahun-tahun, sebab masih ada sebagian besar orang yang masih belum memahami sandi dari setiap versi Android ini.

Selain itu, pengguna baru juga akan merasa sedikit kesusahan untuk mengetahui apakah ponsel yang digunakan menjalankan Android versi terbaru atau tidak.

Dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya yang akhirnya membuat Google memutuskan untuk menggunakan “identitas” yang lebih mudah untuk dipahami, serta dapat diketahui oleh semua pengguna dengan mudah.

Jadi tidak tertutup kemungkinan jika Android generasi selanjutnya akan selalu menggunakan seri Angka, seperti Android 11 dan selanjutnya.

Untuk logo dan ikon yang digunakan pun Android juga memberi beberapa perubahan, seperti pada font dan juga pada logo yang hanya akan menggunakan bagian kepala robot hijau saja, sedangkan bagian tubuh akan dihilangkan.

Android 10 sendiri, kabarnya akan hadir lebih dahulu di sejumlah smartphone Google pixel, mulai dari versi terdahulu hingga pada versi terbarunya.

Nah.. sebagai sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh orang banyak, pastinya Android Q atau Android 10 ini memiliki sesuatu yang spesial didalamnya.

Lalu apa sajakah fitur super canggih yang ditawarkan oleh Android Q? Berikut diantaranya!

 

#1 Dark Theme atau Mode Gelap

Mode gelap atau dark theme menjadi salah satu fitur dari Android Q yang sempat membuat riuh para developer yang hadir pada ajang Google I/O di bulan Mei 2019.

Hal ini karena dark theme merupakan salah satu fitur yang sudah banyak dinantikan sejak lama.

Mode gelap ini memang memiliki keistimewaan tersendiri, seperti salah satunya ialah penggunaan baterai yang cenderung lebih hemat jika dibanding dengan tanpa menggunakan mode gelap.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai pengguna, terlebih jika Anda sering beraktivitas diluar ruangan, sehingga tidak perlu terlalu sering mengisi baterai smartphone Android Anda.

Bagi pengguna OS Android generasi sebelumnya (9.1) mode gelap memang sudah bisa digunakan, hanya saja fitur dark mode yang ada pada Android Pie ini masihlah belum sempurna.

Sedangkan pada Android Q, dark theme telah mengalami beberapa penyempurnaan, nantinya elemen putih akan berubah warna menjadi abu-abu gelap.

Terbaru! Kenali 5+ Fitur Android Q yang Super Canggih 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android]

 

Selain itu, di beberapa elemen seperti notifikasi dan menu lainnya, akan berubah menjadi warna hitam.

Lebih spesialnya lagi, dark mode ini nantinya akan turut bekerja pada aplikasi-aplikasi yang di install, seperti Instagram dan WhatsApp.

Saat uji coba pada ponsel demo yang digunakan pada Google I/O 2019, mode gelap ini sudah dapat dijalankan pada menu pengaturan.

Nantinya, ada dua cara bagi pengguna Android Q untuk mengaktifkan dark theme ini.

Pertama adalah dengan menggunakan tombol pengaturan cepat untuk tema gelap, sehingga tema default akan langsung beralih ke tema gelap.

Selanjutnya ialah dengan mengaktifkan mode battery saver, yang kemudian secara otomatis akan mengaktifkan fitur dark theme.

 

#2 Focus Mode

Fitur focus mode bertujuan untuk memberi Anda kenyamanan yang lebih saat sedang fokus mengerjakan sesuatu dengan ponsel Anda, sehingga tidak terganggu dengan notifikasi maupun promosi dari aplikasi lainnya.

Focus mode akan mengidentifikasi serta memblokir aplikasi yang dianggap akan mengganggu kegiatan Anda.

Fitur ini juga dapat membisukan notifikasinya, sehingga pengguna diharapkan tidak akan terganggu lagi dengan hal yang seperti ini.

 

#3 Parental Control

Sudah menjadi sebuah masalah umum jika saat ini anak-anak menjadi kecanduan dengan gadget-nya.

Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kehidupan anak dalam berbagai aspek, mulai dari kehidupan sosial, hingga prestasi akademik si anak.

Para Orangtua, Cermati Baik-baik, Ini Asuransi yang Tidak Anda Butuhkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Games Offline Android yang Seru dan Paling Menarik]

 

Untuk itu, Google juga memberi perhatian lebih dengan menambahkan fitur yang diharapkan dapat mengatasi kecanduan anak terhadap gadget.

Parental control merupakan fitur yang memungkinkan orang tua sehingga dapat mengontrol waktu anak dalam menggunakan gadget.

Jadi, jika orang tua telah membatasi waktu penggunaan dari sebuah aplikasi, maka si anak tidak akan dapat memainkan aplikasi tersebut lebih dari waktu yang ditentukan, kecuali jika mendapat izin dari orang tuanya.

 

#4 Navigasi Gesture

Pengembangan berikutnya ialah pembaruan pada tombol back dan multi tasking.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat, dengan cara mengusap layar keatas dan kemudian di-drag ke kiri maupun ke kanan.

Tombol back juga berpindah ke tengah layar, dibagian kiri dan kanan. Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu mengusapnya saja.

 

#5 Security and Privacy

Android Q juga dikembangkan sedemikian rupa agar data pengguna dapat terlindungi dengan lebih baik lagi.

Pengguna dapat mengendalikan secara penuh kepada siapa dirinya hendak mengirimkan data-data dan informasi penting miliknya, mulai dari lokasi, data kontak dan bahkan riwayat penelusuran pengguna.

 

#6 Mendukung Jaringan 5G

Internet dengan kecepatan koneksi yang tinggi tentu merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang.

Untuk itu, Google juga turut memperhatikan hal ini dan mendukungnya dengan OS Android Q.

Kedepannya, jaringan 5G ini diharapkan akan terus berkembang.

Dahsyat! Kecepatan Internet Cepat 5G yang Luar Biasa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Indonesia Membutuhkan Teknologi 5G? Kenali Cara Kerjanya!]

 

#7 Smart Reply

Fitur ini berguna untuk memprediksi setiap kata yang akan digunakan oleh pengguna dalam membalas sebuah chat.

Lebih spesial lagi, fitur smart reply ini juga berlaku untuk emoji.

 

Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Android Q atau Android 10 sudah mulai diperkenalkan pada bulan Mei yang lalu dan versi beta nya pun sudah banyak dicoba digunakan, mulai dari beta 3 hingga beta seri ke 6.

Namun seri beta ini tentu masih akan mengalami beberapa pembaharuan lagi, hingga akhirnya Android 10 yang sebenarnya akan diluncurkan.

Kabarnya Android 10 ini akan mulai dirilis pada tanggal 3 September 2019. Dan jika Anda tertarik dengan fitur canggih yang ditawarkan, Anda dapat segera mencobanya.

Tentunya beberapa ponsel dengan fitur canggih ini akan merogoh kocek cukup dalam. So, jangan lupa rencanakan keuangan Anda terlebih dahulu ya! Agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga.

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Juli 2019. Google Tambah Fitur Baru di Android Q. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2llNjnA
  • Agus Tri Haryanto. 08 Mei 2019. Mengulas Fitur-fitur Terbaru di Android Q. Inet.detik.com – https://bit.ly/2ljcwPv
  • Ibnu Azis. 27 Agustus 2019. Android 10 : Jadwal Rilis, Fitur dan Smartphone yang Mendukung. Tirto.id – https://bit.ly/2lS7FVQ
  • Andini Anissa. 23 Agustus 2019. RESMI! Inilah Nama Android Q dan Kumpulan Fitur serta Kelebihannya. Jalantikus.com – https://bit.ly/2lm3yko

 

Sumber Gambar:

  • Fitur Android Q 1 – http://bit.ly/2lvhh8Q
  • Fitur Android Q 2 – http://bit.ly/2lCdV3D
  • Fitur Android Q 3 – http://bit.ly/2kqxMCI