Mau mengenal fitur Depth of Market (DOM) pada MT5 (MetaTrader5)? Yuk, ketahui penjelasannya pada pembahasan berikut!

 

Sponsored Article

ICDX Group PNG

 

Depth of Market (DOM) pada MetaTrader5 (MT5)

MetaTrader5 merupakan platform trading multi-aset yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Metaquotes. Platform trading ini sangat populer digunakan oleh para trader di dunia.

MetaTrader5 bisa digunakan untuk memantau pasar keuangan secara real time kapan pun dan dimana pun, melakukan transaksi pembelian dan penjualan dengan cepat, serta tanpa perantara dan transparan melakukan transaksi perdagangan multilateral.

 

Aplikasi MetaTrader5 dapat Anda download secara gratis baik melalui PC (Windows, MacOS, Linux) ataupun mobile phone (Android, iOS). Anda bisa menggunakan aplikasi MetaTrader5 ini untuk bertransaksi GOFX di ICDX (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange).

Salah satu fitur yang paling menarik dari MetaTrader5 adalah fitur Depth of Market (DOM). Fitur DOM ini memungkinkan trader untuk bisa memantau informasi tentang likuiditas pasar.

Jika berbicara soal likuiditas dalam bursa komoditi, maka kita akan memperhatikan ramai atau tidaknya pasar suatu komoditi.

Semakin ramai perdagangannya (banyak trader yang terlibat), semakin mudah bagi nasabah untuk bertransaksi jual atau beli dalam jangka waktu singkat. Inilah yang disebut likuid.

Kenali Platform Trading MT5 (MetaTrader5) yang Populer 01

[Baca Juga: Bursa Berjangka: Definisi, Fungsi, Jenis, Contohnya]

 

Perlu Anda ketahui bahwa DOM ini terbentuk dari harga yang dimunculkan oleh penawaran (harga jual) dan pembelian (harga beli) yang diinginkan oleh trader.

DOM ini juga sering kali dikenal sebagai buku pesanan (order book) karena terdiri dari daftar pesanan tertunda yang diurutkan berdasarkan tingkat harga dan diperbarui real time untuk menampilkan aktivitas saat ini.

Data dalam buku tersebut digunakan untuk menentukan transaksi-transaksi mana yang akan diproses.

 

Kegunaan Depth of Market (DOM)

DOM sangat cocok bagi para trader yang menggunakan pendekatan scalping atau trading dalam tempo singkat. Dengan mengukur penawaran dan permintaan secara real time, maka DOM digunakan oleh para trader untuk menentukan kemungkinan arah harga aset sehingga Anda dapat menentukan waktu yang optimal untuk membeli atau menjual suatu aset.

Trader juga bisa menggunakan DOM untuk memahami bid ask spread pada sebuah aset bersamaan dengan volume saat ini. Selain itu, DOM juga digunakan untuk mengukur jumlah aset yang bisa dibeli tanpa menyebabkan harganya terapresiasi atau naik.

Apa Itu Fitur Depth of Market (DOM) pada MT5 (MetaTrader5) 02 - Finansialku

[Baca Juga: WOW! Ada 8 Keuntungan Transaksi di Bursa Berjangka yang Kamu Dapatkan]

 

Apabila suatu aset sangat likuid maka, aset tersebut memiliki banyak pembeli dan penjual. Pembeli bisa membeli aset dalam jumlah besar tanpa menyebabkan pergerakan harga yang substantial.

Sedangkan jika aset tidak terlalu likuid, maka aset tidak diperdagangkan secara konstan. Membeli aset dalam jumlah besar dapat memberikan dampak yang berpengaruh pada harga aset tersebut.

Apabila trader mampu melihat informasi DOM pada suatu aset dalam keadaan real time, maka bisa memungkinkan trader untuk mendapatkan keuntungan dari volatilitas harga jangka pendek.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Cara Trading Menggunakan Akun Demo Di MT5 (Metatrader5)

Apabila Anda ingin menggunakan fitur DOM, maka Anda harus memiliki akun MT5 terlebih dahulu.

Paling tidak, Anda sudah memiliki akun demo ICDX (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange) pada MT5 (MetaTrader5). Selain itu, Anda juga bisa belajar menganalisis dan menguji strategi sebelum melakukan trading yang sesungguhnya.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan akun demo ICDX (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange) pada MT5 (MetaTrader5), Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Download MetaTrader 5 di PC (Personal Computer) ataupun Smartphone (iOS, Android).
  2. Kunjungi gofx.co.id dan dapatkan akun demo Anda.
  3. Buka aplikasi MT5 dan cari server “ICDX”.
  4. Masukkan User ID dan Password akun demo.
  5. Sekarang, Anda bisa mencoba melakukan transaksi dan trading pada platform MT5.

Kenali Platform Trading MT5 (MetaTrader5) yang Populer 03

[Baca Juga: Apa Itu GOFX? Kenapa Harus Trading GOFX?]

 

Untuk menggunakan fitur DOM pada MetaTrader5 melalui mobile device, sangatlah mudah. Anda hanya perlu klik pada salah satu produk yang tampil di halaman utama Anda, lalu pilih “Depth of Market”.

Setelah itu, yang perlu Anda lakukan adalah memantau besaran ask dan bid. Jika salah satunya (ask atau bid) mendominasi, maka harga akan mengikuti order yang paling banyak.

Pergerakan ini tentunya cukup singkat atau tidak bertahan cukup lama. Dengan begitu, maka DOM sangat cocok bagi para trader yang menggunakan pendekatan scalping atau trading dalam tempo singkat.

 

Manfaatkan Fitur Depth of Market (DOM)!

Fitur Depth of Market (DOM) merupakan salah satu fitur paling menarik di MetaTrader5. Tentunya fitur DOM akan sangat berguna bagi para trader.

Dengan menggunakan fitur DOM, trader dapat memantau likuiditas pasar, salah satu tujuannya untuk mengetahui kemana arah harga aset. DOM juga bisa membantu menentukan waktu yang optimal kapan membeli atau menjual suatu aset.

Apabila trader bisa memanfaatkan fitur DOM dengan baik, maka memungkinkan trader untuk bisa mendapatkan keuntungan dari volatilitas harga jangka pendek. Namun, selain data pada fitur DOM, Anda juga perlu menggunakan data-data lain untuk mendukung keputusan trading Anda ya.

 

Jadi, apakah Anda berminat menggunakan fitur Depth of Market (DOM)? Silakan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • ICDX. Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia ICDX Indonesia Commodity & Derivatives Exchange TRADE @ THE SOURCE. Presentation GOFX (Beginner)
  • ICDX Group. 24 Juli 2020. MetaTrader4 / MetaTrader5. Instagram.com – https://bit.ly/37guk3B
  • ICDX Group. 6 Agustus 2020. Apa Yang Anda Cari Dari Platform Trading. Instagram.com – https://bit.ly/2IIVBSf
  • ICDX Group. 18 September 2020. Try First, Trade Later. Instagram.com – https://bit.ly/3o05lYh
  • Alexandra Twin. 3 September 2020. Depth of Market (DOM). Investopedia.com – https://bit.ly/349CMjm
  • MT5 Forex Community Place. Opsi Depth of Market (Kedalaman Pasar). Indo.mt5.com – https://bit.ly/3dNpRqA
  • GOFX. Panduan Singkat Metaquote Client Metatrader 5 Platform. Gofx.co.id – https://bit.ly/2T7PqsH

 

Sumber Gambar:

  • MetaTrader 5 – https://bit.ly/3jYPSol
  • Depth of Market MetaTrader 5 – https://bit.ly/32fiTGk