Kali ini kita akan membahas soal bursa berjangka. Apa definisi, fungsi, jenis, dan contohnya?

Yuk cari tahu lebih dalam di artikel Finansialku berikut ini.

 

Sponsored Article

ICDX Group PNG

 

Definisi 

Seperti kita ketahui, kontrak berjangka merupakan kontrak standar untuk membeli atau menjual komoditi dengan penyelesaian pada waktu yang ditetapkan di dalam kontrak yang diperdagangkan di bursa.

Merujuk pada definisi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Bursa Berjangka merujuk pada pasar yang memperdagangkan kontrak berjangka atau instrumen keuangan lainnya pada harga tertentu berdasarkan peraturan dan regulasi yang berlaku.

Cari Tahu Segera Di Sini! Investasi Komoditi Berjangka Adalah.. 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kontrak Berjangka vs Kontrak Fisik, Apa Beda Keduanya?]

 

Definisi lebih jelas tercantum dalam UU RI No 32 Tahun 1997, Bursa Berjangka didefinisikan sebagai badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau sarana untuk kegiatan jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka serta opsi atas kontrak berjangka.

Penyelesaian transaksi dalam kontrak berjangka akan dilaksanakan dalam periode waktu mendatang, sesuai dengan waktu yang tertera pada kontrak.

Bursa sendiri berbeda dengan pasar, bursa merupakan tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli tercatat serta mendapat kesempatan untuk melakukan price discovery dan tercipta proses perdagangan transparan.

 

Fungsi

Bursa Berjangka memiliki fungsi utama sebagai penyedia fasilitas untuk dapat terselenggaranya transaksi kontrak berjangka.

Di samping itu juga, Bursa Berjangka memiliki fungsi sekunder, yakni sarana pembentukan harga yang adil dan wajar.

Price maker dapat terjadi, sebab transaksi dan perdagangan di Bursa Berjangka berdasarkan mekanisme pasar, dimana ada permintaan dan penawaran yang transparan.

Selain itu juga, Bursa Berjangka diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia dengan proses perdagangan komoditi yang dikembangkan lebih maksimal.

 

Pelaku Bursa Berjangka

Dari definisinya, Bursa Berjangka merupakan sebuah sarana transaksi atau pusat perdagangan kontrak berjangka. Tentu dalam sarana tersebut ada pelaku transaksi yang beraktivitas.

Adapun pelaku transaksi dalam bursa terbagi menjadi dua, yakni sebagai berikut:

 

#1 Hedgers

Hedgers adalah pihak yang melakukan hedging dalam mengelola risiko perubahan harga secara tajam. Hedgers meliputi produsen komoditi, manager portfolio, dan hedge fund.

 

#2 Spekulator

Sedangkan spekulator merupakan pihak yang bisa dibilang bertransaksi tanpa minat nyata untuk membeli barang.

Spekulator sebenarnya memberikan manfaat karena keberadaan mereka dapat menyediakan likuiditas di pasar dengan cara meramaikan kegiatan transaksi jual beli di Bursa Berjangka.

Adapun empat jenis spekulator yang umum ditemukan adalah individual trader, proprietary trader, hedge fund, dan market maker.

 

Demikian pengertian mengenai Bursa Berjangka berikut fungsi serta pelaku transaksinya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari topik komoditi ini.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini kepada mereka yang juga membutuhkan informasi serupa. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Utari. 1 September 2016. Siapa Saja Pelaku Pasar Komoditas Berjangka. Seputarforex.com – https://bit.ly/3mMsJYT
  • Admin. 17 Juni 2014. Apa itu BursaBerjangka. Economy.okezone.com – https://bit.ly/30hQajd