Apakah resolusi Anda pada tahun 2017 ini? Apakah Anda sudah memulai mewujudkan resolusi tersebut? Sering kali kita membuat resolusi setiap tahunnya, dan yang dituju hanyalah pencapaiannya. Tetapi, ingatlah bahwa yang penting bukanlah pencapaian dari tujuan yang kita tuju, tapi juga seberapa keras kita berusaha mewujudkan mimpi tersebut. Marilah memulai untuk fokus pada proses, bukan hanya pada hasil saja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Resolusi Keuangan dan Proses Pencapaiannya

Bagaimanakah mimpi keuangan masa depan Anda? Apakah Anda berharap memiliki rumah mewah dan keluarga yang terpenuhi kebutuhannya? Tujuan tersebut tidak dapat dicapai jika saat ini Anda masih hidup dengan pengeluaran berlebihan atau jika Anda masih bermalas-malasan di tempat kerja. Finansialku akan membantu Anda melihat bagaimana cara mencapai mimpi dengan proses yang tepat.

Fokus pada Proses, Jangan Hanya Fokus pada Hasil Saja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hubungan antara Emosi, Proses dan Motivasi]

 

Kesuksesan atau Kegagalan Anda Ditentukan Oleh Perbuatan Anda Saat Ini

Sukses atau tidaknya Anda di masa depan bergantung pada apa yang Anda lakukan saat ini untuk mendukung tercapainya tujuan itu. Sebagai contoh yang sederhana, jika Anda memiliki mimpi untuk menurunkan berat badan, namun Anda tidak mulai mengatur pola makan Anda dari sekarang, maka Anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Terlebih untuk sebuah resolusi atau mimpi yang lebih penting, misalkan mimpi finansial Anda. Penyesalan selalu datang terlambat, banyak orang yang menyesali masa mudanya yang selalu bermalas-malasan hingga kini harus hidup kekurangan. Oleh karena itu capailah mimpi keuangan Anda dengan bekerja keras, walaupun mungkin tampak sulit. Jika Anda sudah berusaha tetapi mengalami kegagalan, jangan menyerah. Teruslah berusaha. Karena mencapai kesuksesan tidak pernah mudah dan umumnya diawali dengan beberapa kegagalan.

 

Carilah Cara Untuk Menikmati Prosesnya

Saat Anda sedang mengalami kesulitan dalam mencapai mimpi finansial Anda, carilah suatu cara untuk tetap mendorong Anda agar tetap bersemangat untuk berjalan ke depan. Menggunakan contoh sederhana yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda ingin mengurangi berat badan, dan jika Anda tidak menikmati olahraga, Anda dapat mencoba cara lain yang lebih menyenangkan, misalnya mengatur pola makan Anda dan membatasi kalori yang Anda konsumsi. Serupa halnya dengan contoh tersebut, Anda dapat mencoba cara lainnya yang Anda gemari dalam mencapai mimpi finansial Anda. Misalkan Anda mencatat pengeluaran Anda dan mencatat seberapa besar Anda dapat menghemat setiap bulannya. Semakin besar uang yang dapat Anda hemat, tentunya ada kepuasan tersendiri dalam pencapaian tersebut. Janganlah menganggap proses ini sebagai suatu beban, tetapi lakukanlah seolah-olah proses ini adalah game yang menantang Anda untuk mencapai garis akhir.

Mindset yang Benar untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kesuksesan Membutuhkan Waktu dan Proses]

 

Apa yang Telah Anda Lakukan Untuk Mencapai Mimpi Finansial Anda

Jika Anda sedang berusaha mencapai suatu mimpi finansial, pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah “Apa yang telah Saya lakukan hari ini untuk mencapai mimpi finansial Saya?” Cobalah untuk fokus pada suatu komitmen yang harus Anda lakukan setiap hari untuk mencapai mimpi tersebut. Lagi-lagi mari kita lihat contoh yang sederhana. Dengan tujuan mengurangi berat badan, misalkan Anda hari ini hanya berolahraga selama 10 menit, namun Anda melahap 2 box pizza sebagai gantinya. Berbeda dengan teman Anda yang mungkin berolahraga selama 30 menit dan hanya mengandalkan salad untuk asupan gizinya. Tentu hasil yang akan diperoleh akan jauh berbeda. Jika Anda membuat komitmen untuk mengurangi pengeluaran, tetapi hal tersebut tidak dapat terus dilakukan, bisa saja pada suatu titik Anda kehabisan ide untuk berhemat. Kemudian apa yang harus Anda lakukan? Carilah komitmen lain untuk membantu Anda mencapai mimpi Anda, misalkan saja Anda mencoba fokus pada memperbaiki jenjang karir Anda untuk memperoleh penghasilan yang lebih baik. Janganlah berhenti saat satu cara yang Anda gunakan untuk meraih mimpi menjadi buntu dan janganlah cepat puas dengan cara yang sudah Anda lakukan, tetapi carilah terus alternatif cara lebih baik yang dapat Anda lakukan untuk mencapainya.

3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Perlu Anda Coba 2 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Perlu Anda Coba]

 

Minimasi Cara yang Menurut Anda Tidak Menyenangkan

Anda dapat selalu berusaha dalam menjalani proses dalam mencapai mimpi, namun jika Anda tidak menikmati prosesnya, lama kelamaan Anda akan merasa jenuh dan ingin berhenti di tengah jalan. Untuk menghindarinya, minimasi cara yang tidak Anda gemari dan carilah alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mengganti cara tersebut. Sebagai contoh, jika Anda tidak menyukai penghematan berlebih dan mencatat setiap pengeluaran agar tetap terkontrol, Anda dapat mencoba hal lain, misalkan berinvestasi. Dengan demikian Anda tetap dapat mencapai mimpi Anda dengan menyenangkan.

Merencanakan Keuangan Memerlukan Proses dan Waktu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan Memerlukan Proses dan Waktu]

 

Raihlah Mimpi Finansial Anda dengan Menikmati Prosesnya

Jadi sudahkah Anda mengetahui proses apa yang Anda pilih untuk mencapai mimpi finansial Anda? Apapun cara yang Anda pilih, ingatlah untuk selalu merencanakan dan menikmati prosesnya. Jangan hanya fokus pada tujuannya saja, karena hasil yang akan Anda capai bergantung pada seberapa besar kerja keras yang Anda lakukan dalam mencapainya.

 

Bagaimana rencana Anda untuk mencapai mimpi finansial Anda? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Trent Hamm. 2 Januari 2017. Don’t Worry about the Destination. Focus on the Journey. Thesimpledollar.com – https://goo.gl/hvG2Ii

 

Sumber Gambar:

  • Ilustrasi – https://goo.gl/xAOsWL dan https://goo.gl/Y7A0yz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang