#Gaji8juta tapi masih ga cukup? mungkin gaji kamu jauh lebih besar daripada gaji teman-temanmu lho! Tapi kenapa rasanya itu masih kurang dan kamu tetap keteteran setiap bulannya?

Kali ini Finansialku akan membahas mengenai bagaimana cara mengatur pendapatan bulanan. Yuk simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengatur Pendapatan Maksimal dengan #Gaji8Juta

Teruntuk anak-anak zaman now, berapa sih kira-kira gaji yang kamu harapkan? Setiap orang pasti menginginkan gaji yang besar untuk memenuhi kebutuhan dan semua hal yang diinginkan.

Tidak sedikit orang yang mengeluh karena setiap gaji yang diterima tidak pernah cukup, bahkan hanya pas untuk membiayai kebutuhan pokok saja. Sebenarnya berapa pun gaji yang kamu dapatkan semuanya bisa diatur kok.

Jika kamu seorang fresh graduate dan ditawarkan gaji sebesar Rp8 juta apakah angka itu cukup atau malah tidak cukup untuk menutupi segala kebutuhan kamu?

Masih Bingung Kemana Gaji Kamu Pergi 1 Finansialku

[Baca Juga: Bagi yang Masih Single, Begini Cara Mengelola Gaji Bulanan yang Sehat!]

 

Belakangan ini sedang viral seorang fresh graduate lulusan universitas favorit yang menolak ketika dirinya ditawarkan gaji 8 juta. Hanya karena lulusan dari kampus ternama ia merasa angka Rp8 juta itu tidak cukup.

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Berapa pun gaji yang didapat pasti akan selalu gak cukup atau kurang jika kamu tidak bisa mengaturnya dengan baik.

Balik lagi ke bagaimana setiap orang dapat mengelola keuangannya itu sendiri. Ketika kamu mendapatkan gaji sekian juta yang harus kamu lakukan adalah menghitung setiap kebutuhan bulanan kamu dan biaya lainnya.

Disinilah diperlukan andil dari sebuah Anggaran atau budgeting dan catatan keuangan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa pengeluaran perbulannya, berapa biaya yang dibutuhkan.

Jika kamu gak mau ribet menyusun anggaran dan catatan keuangan, kini kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membuat anggaran dan catatan keuangan dengan lebih mudah.

Untuk merencanakan keuangan, tentu kamu harus memiliki prioritas anggaran tiap bulannya. Mengutip dari pendapat Alexa Von Tobel yang membagi gaji atau pendapatan ke dalam beberapa persentase, diantaranya:

  • 50% pendapatan kamu digunakan untuk kebutuhan hidup bulanan seperti bayar air, listrik, makan, belanja keperluan rumah tangga, telepon dan transportasi.
  • 30% untuk liburan, makan keluar bersama teman, shopping dan
  • 20% untuk investasi dan tujuan keuangan masa depan seperti melunasi pinjaman dan menyiapkan dana darurat.

 

Namun sebenarnya gaji atau pendapatan tidak melulu harus seperti itu yang harus selalu berpatokan pada persentase. Berdasarkan riset Finansialku, ada beberapa jenis pengeluaran.

Pertama, pengeluaran produktif, dimana pengeluaran ini dapat bermanfaat untuk mendatangkan pemasukan atau keuntungan lainnya seperti berinvestasi, membayar premi asuransi dan melunasi pinjaman.

Kedua, pengeluaran konsumtif, pengeluaran jenis ini adalah seluruh pengeluaran yang dikonsumsi, seperti bentuk kebutuhan maupun keinginan.

Akan lebih bijak jika kamu memprioritaskan kebutuhan produktif daripada pengeluaran konsumtif.

Melalui Aplikasi Finansialku, dalam mengatur keuangan atau pendapatan diurutkan sebagai berikut:

Inilah 4 Rahasia Financial Freedom - Tabel Mengelola Keuangan Keluarga Finansialku

  • Pajak, setiap penghasilan yang didapatkan pastinya sudah bersih dipotong pajak.
  • Donasi, Zakat, Perpuluhan, Bederma, Charity untuk membantu sesama.
  • Investasi untuk masa depan, jumlahnya sesuaikan dengan rencana keuangan kamu.
  • Premi asuransi
  • Bayar cicilan, utang atau pinjaman. Lebih baik cicilan tidak lebih dari 35% penghasilan.
  • Kebutuhan hidup seperti pendidikan anak, listrik, air, telepon, liburan, makanan, kebutuhan keluarga dan lainnya.

 

Mencukupi Pengeluaran Per Bulan dengan #Gaji8Juta

Jika saat ini kamu memiliki karier yang melambung dengan gaji yang tinggi, semua itu akan terasa percuma jika kamu masih mengeluarkan uang lebih dari apa yang didapat.

 

Cara 1 Menghabiskan #Gaji8Juta: Membuat Dasar yang Kuat

Jika kamu ingin mencapai financial freedom kamu harus melakukannya dengan kerja keras dan penuh kesabaran.

Financial freedom yang dibina sejak dini akan memberikan kamu kontrol untuk masa depan.

Jika ingin mendapatkan masa depan cerah mulailah berjuang dan berkorban sejak dini. Kuatkan tekad untuk menata keuangan sebaik mungkin.

 

Cara 2 Menghabiskan #Gaji8Juta: Sesuaikan Gaya Hidup dengan Keuangan

Apalagi jika kamu sering iri melihat teman atau kerabat membeli barang-barang mewah dengan range harga di atas Rp8 juta dan kamu ikut-ikutan membelinya. Dengan begitu gaji senilai Rp8 juta itu tidak akan pernah cukup untuk kamu. 

Rasa syukur akan semakin terkikis jika kamu tidak bisa menyesuaikan gaya hidupmu dengan pendapatanmu setiap bulannya.

Gaji Rp8 juta tapi kamu bergaya hidup seperti gaji Rp15 juta. Ya sudah jelas keuanganmu akan terseok-seok setiap bulannya. Padahal mungkin saja gaji Rp8 juta itu sudah sangat tinggi bagi orang lain.

2019 Gaji Perangkat Desa Setara Dengan Gaji PNS Golongan IIA 01 - Finansialku

[Baca Juga: Milenial Gaji UMR Beli Properti? Bisa, Gini Lho Caranya!]

 

Cara 3 Menghabiskan #Gaji8Juta: Belajar Mengatur Keuangan

Belajarlah untuk menghemat uang yang didapatkan dan membuat anggaran untuk mengalokasikan kebutuhan kamu.

Mengatur skala prioritas menjadi hal yang wajib untuk menyelamatkan keuangan kamu. Berhentilah untuk menghamburkan uang untuk foya-foya dan hal lainnya yang tidak dianggap penting.

Mulai sekarang cobalah tuliskan apa saja skala prioritas kamu yang memiliki nilai-nilai penting dalam hidup kamu.

 

Habiskan Gajimu di Jalan yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk mengelola keuangan terutama mengelola gaji kamu.

Kamu bisa menggunakan berbagai fitur pada Aplikasi Finansialku secara mudah dan tentunya GRATIS untuk satu bulan pertama.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku jika kamu ingin berkonsultasi secara langsung dengan Perencana Keuangan Finansialku (CFP) dan tentunya kamu akan diarahkan dengan tepat untuk mengelola gajimu dengan baik.

Kamu bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan, sehingga kamu bisa menikmati semua fitur Aplikasi Finansialku satu tahun penuh.

Ayo, tunggu apalagi? Nunggu promonya habis? Download Aplikasinya melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba..

Selain itu, kamu juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan kamu bisa tercapai sesuai rencana..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca artikel di atas? Jangan lupa berikan tanggapanmu pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Iradat Ungkai. 24 Juli 2019. Viral Kisah Fresh Graduate dari Kampus Ternama Tolak Tawaran Gaji 8 Juta. Pola Pikirnya Kok Gini Sih? Hipwee.com – http://bit.ly/2yc0dYm

 

Sumber Gambar:

  • Gaji – http://bit.ly/2LFo6Aj