Kamu jago main game juga harus jago merencanakan keuangan. Meski gajimu sebagai gamers bisa puluhan bahkan ratusan juta, tapi masa depan finansial kamu belum tentu terjamin lho! 

Mengapa? Cari tahu alasannya melalui artikel ini ya guys!

 

Alasan Mengapa Gamer Perlu Merencanakan Keuangan

Menjadi gamer apalagi dengan penghasilan yang fantastis memang sah-sah saja, tapi tetap saja kamu perlu mengimbangi penghasilan hebring itu dengan perencanaan keuangan yang baik dan tertata. Mengapa? Ini dia alasannya!

 

Utang Terus Meningkat

Meski gaji selangit, nihilnya rencana keuangan akan berakibat terjadinya tumpukan utang

Rencana keuangan bertujuan agar kamu bisa membuat pengeluaran tidak terlalu besar dibandingkan dengan penghasilan yang kamu dapatkan. Bahkan kamu bisa mengalokasikan pendapatmu untuk hal-hal yang bersifat kebutuhan. 

Selain itu, kamu juga bisa memprioritaskan untuk menabung juga lho! Jadi, kamu tidak perlu jatuh dalam jeratan hutang yang bisa bikin penghasilanmu digerogoti besarnya hutang yang semakin menggulung layaknya bola salju yang akan menghancurkanmu kelak. 

 

Tidak Punya Aset

Sebagai seorang gamer dengan penghasilan yang sudah kamu hasilkan hingga saat ini, sudahkah kamu memiliki aset seperti rumah, misalnya? 

Jika kamu sudah punya mindset yang benar tentang perencanaan keuangan, kamu tentu akan berpikir untuk memiliki aset dari penghasilanmu sebagai seorang gamer. Sebaliknya, tanpa perencanaan keuangan, uangmu akan mengalir saja seperti air dan pada akhirnya tidak bersisa entah kemana. 

Rencana keuangan juga akan membantumu untuk memiliki aset yang menghasilkan demi masa pensiun kelak. 

 

Masih Bekerja Meskipun Usia Sudah Tua

Saat usiamu senja nanti, apakah kamu akan tetap menjadi seorang gamer dengan kondisi tubuh yang mungkin sudah mulai kurang produktif? Secara logika, saat usia semakin tua kamu tentu perlu tenaga ekstra jika terus-menerus bermain game

Lagipula, apakah seorang gamer lansia masih bisa tetap eksis? 

Sebagai gamer yang bijak, kamu juga perlu memikirkan masa tuamu kelak, guys!

Rencanakan masa pensiun agar bisa menikmati hasil kerja keras masa mudamu dengan menabung di instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan tujuan keuangan. 

 

Tidak Siap Dengan Resiko Masa Datang

Masa depan itu tidak ada yang tahu! Ada banyak risiko yang mungkin akan kita alami di depan sana. Berbagai risiko itu bisa berdampak pada finansial dan beberapa aspek signifikan dalam kehidupan. 

Misalnya saja masalah kesehatan atau bencana alam global yang tidak bisa dielakkan. Mempersiapkan diri dalam finansial sejak dini bisa meminimalkan risiko yang mungkin bisa terjadi di masa depan

[Baca Juga: Review Game Genshin Impact, Gamenya Anime Lovers ]

Gamers, Kalian Juga Harus Merencanakan Keuangan 02-Finansialku

Sumber: Unsplash.com – https://bit.ly/3ymgWWk

 

Tips Merencanakan Keuangan Ala Gamer

Ketidaksiapan secara finansial bisa berdampak hal-hal merugikan di atas. Agar terhindar dari semuanya itu, yuk rencanakan keuangan sebagai seorang gamer bijak melek finansial dengan beberapa tips praktis dan jitu berikut ini!

 

Buka Rekening Khusus

Sebagai gamer profesional, kamu bisa menerapkan langkah praktis ini agar kebutuhan utama dan kebutuhan penunjang pekerjaan tidak campur aduk.

Punya banyak uang seringkali bisa bikin lapar mata dan konsumtif alias pengen beli ini itu tanpa perhitungan dan bahkan tidak mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan belaka. 

Keadaan ini bisa bikin kantongmu yang sudah menggendut dari hadiah turnamen malah jadi menipis tanpa disadari. Kantong kamu bisa jadi ga sehat lama-kelamaan!

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk langsung membaginya ke dalam daftar prioritas sehingga terhindar dari kehabisan uang di akhir bulan dengan cara membuka rekening khusus. 

 

Terapkan PERK

Meski banyak uang, tidak semua barang itu kamu butuhkan, meski itu adalah barang keluaran terbaru dan sepertinya kamu membutuhkannya untuk keperluan profesimu sebagai seorang gamer

Membeli barang penunjang profesi itu sah-sah saja, tapi tetap saja kamu perlu melihat daftar anggaran dari perencanaan keuangan dan terapkan sistem PERK berikut ini agar kantong tetap sehat: 

  • P (postpone) yang berarti penundaan, 
  • E (eliminate) yang berarti menghilangkan atau tidak perlu melakukan pembelian, 
  • R (reduce) yang berarti pengurangan, 
  • K (keep) yang berarti pengeluaran yang dapat digunakan lebih dari sekali.

 

Penerapan sistem ini tidak ribet, kok. Kamu hanya perlu menuliskan dengan detail di buku catatan, kemudian membagi setiap pengeluaran dalam empat kategori di atas

Mereka yang menerapkan sistem ini mengaku bahwa cara ini ampuh memangkas pengeluaran sampai dengan 30% per bulan. Lumayan guys, bisa buat nambah tabungan investasi kan!

 

Menghindari Kebocoran Anggaran

Pernahkah kamu melihat sekeliling isi rumahmu dan menemukan barang-barang yang sepertinya tidak mau perlukan atau bukan prioritas? Alhasil barang-barang tersebut terbengkalai begitu saja.

Dalam kondisi terparahnya, barang tersebut rusak dan tidak ada gunanya lagi selain berakhir di tempat sampah. Contohnya saja, keyboard gaming baru yang mungkin terbengkalai di pojok kamarmu.

Padahal, pembelian bulan lalu belum dipakai. Perencanaan keuangan yang baik dan matang membuatmu tidak gegabah dalam membeli barang

 [Baca Juga: Games Dipertandingan SEA Games Tahun 2021, Ada yang Baru Loh! ]

Kamu bisa mulai perencanaan keuanganmu dari sekarang karena kamu bisa merencanakan keuanganmu sendiri dengan mudah menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku bisa bantu kamu cek kesehatan keuangan, mencatat keuangan, belajar cara merencanakan keuangan dari media kesukaan kamu, hingga konsultasi langsung dengan Ahli Keuangan.

Kamu bisa download aplikasinya dan dapatkan free trial akun premium gratis selama 30 hari.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Jika kamu merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium untuk dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Membuat Tulisan Motivasi

Tips praktis berikutnya agar keuangan bisa tetap sehat adalah dengan menuliskan kalimat-kalimat yang mampu mendorongmu mengatur keuangan dengan baik. Sebaiknya, kamu menuliskan tujuan keuanganmu secara spesifik agar mudah saat eksekusi.

Kamu bisa menuliskan salah satu atau beberapa kalimat berikut.

  1. Dalam hidup saya, tiga hal terpenting adalah ……., ……., dan ……..
  2. Saya harus memiliki rumah sendiri di usia 28.
  3. Saya akan menikah di usia 27 dengan ……. di ……. mengundang ……..

Hal tersebut akan memacu semangatmu mencapai tujuan-tujuan keuanganmu!

 

Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Perang batin tentu akan bergejolak dalam dirimu meski kamu memiliki perencanaan keuangan yang baik. Apalagi ketika kamu dihadapkan dengan keinginan untuk membeli sebuah barang. 

Jika hal ini terjadi, pertimbangkan kembali prioritas dan tujuan keuanganmu. Tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut menunjang kebutuhanmu? Apakah ada barang lain yang sudah kamu miliki dan masih bisa menunjang aktivitas produktifmu tanpa harus membeli barang tersebut? 

Jika tak kunjung menemukan jawaban, kamu bisa mempertimbangkannya sejenak di rumah. Berapa headphone gaming yang telah kamu punya, berapa item game yang kamu beli tapi tidak pernah digunakan, atau berapa banyak PC gaming yang menganggur.

 

Jangan Menggunakan Kartu Kredit Berlebihan

Kartu kredit merupakan bentuk kepercayaan bank terhadap kamu sehingga memberikan kredit dengan limit tertentu. Tentu, kamu berhak memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagai kebutuhan, tapi tidak untuk setiap keinginan.

Bisa jadi, kamu melakukan transaksi bukan atas dasar kebutuhan melainkan bentuk pelarian dari ketidakpuasan dengan kehidupan yang sedang kamu jalani. 

Meski sedang bergelimang harta dari penghasilan jadi seorang gamer, pemakaian kartu kredit yang berlebihan dan tidak terencana bisa menjadi senjata makan tuan pada satu ketika. Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit ya!

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Gaji Fantastis Gamers Atlet E-Sport 

Bermain game kini sudah bukan lagi sebagai hobi. Di era millennial dengan kecanggihan teknologi masa kini, game virtual bahkan bisa mendulang banyak cuan. 

Para gamers kini bisa meraup penghasilan bahkan melebihi mereka para pekerja kantoran pada umumnya. Ditambah lagi e-sport yang semakin memiliki payung profesional untuk menjadi salah satu cabang olahraga virtual yang menjanjikan bagi para gamers.

Layaknya atlet profesional, para gamers diberikan aturan latihan yang ketat, di samping pola makan dan latihan fisik yang begitu diperhatikan agar mereka tetap terjaga kesehatannya, baik fisik, mental maupun psikisnya. 

Dari segi pendapatan, mereka bisa menghasilkan antara US$ 4.000 hingga US$ 5.000 atau setara dengan Rp 58.000.000 hingga Rp 72.000.000 dalam sebulan.

Tentunya standar penghasilan ini sangatlah fantastis dibandingkan para fresh graduate yang dengan jalur tradisional yang hanya mencapai sekitar Rp 3,3 juta saja per bulannya menurut data BPS.

Le Yoshino Trung Kien salah satunya yang memutuskan buat putus sekolah pada usia 15 tahun. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, dia sudah tinggal di kota Ho Chi Minh dengan gaji selangit dan bergabung di tim professional. 

Besarnya berapa? Meski tidak dipublikasikan, tapi dia mengaku bisa membangun rumah untuk orang tuanya di Hanoi dari gaji yang ia hasilkan sebagai seorang gamer

 

5 Atlet E-Sport Bergaji Fantastis

Tak perlu disangkal lagi, E-Sport menjadi lahan pekerjaan yang masih fresh di era milenial ini bahkan dengan gaji yang fantastis.

Kelima pemuda ini adalah segelintir dari gamers yang berpenghasilan tidak hanya menembus ratusan juta tapi bahkan milyaran rupiah. 

 

Hansel Ferdinand atau BnTeT – Rp 1,43 miliar 

Dikenal dengan nama BnTeT, Hansel adalah seorang atlet e-sport dengan penghasilan tertinggi di tanah air. 

Dilansir dari laman Kompas, penghasilan pemain game Counter Strike Go ini berhasil mengantongi uang sebesar US$ 101.603 atau setara Rp 1,43 miliar dari 38 turnamen yang telah diikutinya sejak 2013 lalu. 

Meski berada di peringkat pertama di Indonesia, namun BnTeT masih berada di peringkat 939 untuk level dunia e-sport dengan penghasilan tertinggi. 

Dalam sebuah ajang turnamen berskala internasional, BnTeT sempat membawa pulang hadiah sebesar US$ 15 ribu atau setara dengan Rp 217 juta. 

[Baca Juga: Durasi Main Game Seluler Bertambah, Celah Baru Bagi Pengiklan ]

 

Kevin Susanto atau xccurate – Rp 941 Juta

Bersama dengan Hansel, rekannya, Kevin yang juga dikenal dengan nama xccurate merupakan gamer peringkat kedua dengan penghasilan tertinggi di Indonesia. 

Pendapatan total yang ia peroleh adalah sebesar US$ 66.444 atau setara Rp 941 juta yang didapatkan dari 33 turnamen 

Pria yang mulai mengikuti turnamen Counter Strike Go sejak tahun 2017 silam ini mengaku pernah mendapatkan hadiah sebesar US$ 15.000 yang merupakan hadiah terbesar selama ia menjadi seorang gamer

 

Kenny Deo atau Xepher – Rp 592 Juta

Para gamer tentu tidak asing dengan Dota 2. Yup, Kenny “Xepher” Deo merupakan pemain game Dota 2 yang menduduki posisi ketiga sebagai gamers berpenghasilan tertinggi di Indonesia.

Kenny sempat memboyong hadiah sebesar US$ 41.817 atau setara Rp 592 juta dari 16 turnamen yang dihadapi.

Di level dunia, pengguna akun game bernama Xepher ini berada di peringkat ke-2111 sebagai gamers dengan penghasilan tertinggi.

Dalam pengakuannya, ia pernah mengantongi uang sebesar US$ 901 dari turnamen yang ia ikuti pada tahun 2016, dimana itu adalah tahun pertama ia mengikuti Dota 2 sebagai seorang gamer

 

Muhammad Rizky Anugrah atau Inyourdream – Rp 568 Juta

Sebagai gamer Dota 2, Muhammad Rizky Anugrah atau Inyourdream sudah mengikuti turnamen game tersebut sebanyak 12 kali sejak 2017 lalu. Dua tahun berkarier sebagai seorang gamer, Rizky telah memperoleh pendapatan sebesar US$ 40.153 atau setara Rp 568 juta. 

Jika di Tanah air Rizky menduduki posisi ke-4 sebagai gamer berpenghasilan tertinggi, dalam panggung gamer dunia, Rizky berada di peringkat ke-2183 sebagai gamers dengan penghasilan tertinggi.

 

Annialis – Rp 339 Juta

Dunia e-sport ternyata tidak hanya diisi oleh kaum adam. Wanita yang dikenal dengan pemain game fortnite terhebring se-Indonesia ini mampu mengantongi pendapatan sebesar US$ 23.950 atau setara Rp 339 juta rupiah dari 6 turnamen yang diikuti dan membuatnya menjadi gamer dengan penghasilan ke-5 terbesar. 

Hadiah terbesar yang pernah dia dapatkan, yakni sebesar US$ 12.500 dalam satu turnamen.

 

Itulah beberapa pembahasan dan cara mengatur keuangan untuk kalian para gamer. Kalian bisa share artikel ini kepada teman-teman sesame gamer agar kalian bisa merencanakan keuangan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan kalian di masa depan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat merencanakan keuangan!

 

Editor: Julius Fallen

Sumber Referensi: 

  • Y Prayogo. 26 Juli 2019. Berapa Sih Gaji Fresh Graduate? Ini Hasil Survei BPS. kalderanews.com – https://bit.ly/3kMvH0K
  • Lynda Sari Hasibuan. 10 Agustus 2020. ‘Cuma’ Duduk-duduk Manis, Bocah Ini Digaji Rp 23 Juta/Bulan. cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3hYaShf
  • Akhdi Martin Pratama. 25 April 2019. Lima Gamers Berpenghasilan Terbesar di Indonesia. kompas.com – https://bit.ly/3ruY3y6
  • Okezone. 31 Desember 2017. Hai Anak Muda! Ini Akibatnya Jika Tidak Punya Rencana Finansial. economy.okezone.com – https://bit.ly/3rywHqH

Sumber Gambar: 

  • Cover – https://bit.ly/37at6G2