Siapa tak kenal patung Garuda Wisnu Kencana (GWK)? Para wisatawan yang bertandang ke Pulau Dewata pasti menyempatkan diri untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

Bila sebelumnya GWK masih berupa patung yang terpecah menjadi beberapa bagian, kali ini GWK telah berdiri kokoh sebagai patung yang utuh di desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Setelah proses pembuatannya rampung, GWK saat ini menjadi patung setinggi 121 meter, atau patung ketiga tertinggi di dunia.

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku and News

 

Patung Garuda Wisnu Kencana, Perpaduan Seni dan Teknologi

Siapa sangka, sempat mangkrak selama lebih dari 20 tahun dan tak ada tanda-tanda akan rampung, akhirnya pada 22 September 2018 patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) tampil sebagai sebuah patung utuh.

Bahkan, rampungnya pembangunan GWK diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 22 September lalu. Tak pelak kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut menambah suasana riuh di peresmian GWK.

Garuda Wisnu Kencana Resmi Berdiri Finansialku 2

Momen pemencetan tombol sirine sebagai simbol peresmian patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (22/09/2018).

 

GWK merupakan sebuah patung yang menggambarkan sosok Wisnu Kencana yang tengah menaiki burung garuda. Dalam kepercayaan agama Hindu, Dewa Wisnu merupakan perwujudan Dewa Pemelihara.

Sosok di balik pembuatan patung megah ini adalah Nyoman Nuarta, seorang seniman kawakan sekaligus desainer asal Bali. Ia telah menghabiskan 28 tahun untuk memulai GWK, hingga akhirnya karyanya berdiri utuh sesuai dengan rancangan awalnya.

Proyek ini memang bukanlah proyek yang main-main, setidaknya telah dilibatkan lebih dari 1000 pekerja dalam pembuatan patung ini. Bahkan pengerjaannya pun dilakukan di dua tempat yaitu di Bandung dan di Bali.

Garuda Wisnu Kencana Resmi Berdiri Finansialku 4

I Nyoman Nuarta adalah pematung Indonesia yang dikenal lewat mahakaryanya seperti Patung Garuda Wisnu Kencana, Monumen Jalesveva Jayamahe, serta Monumen Proklamasi Indonesia.

 

Dalam proses pembuatannya, patung tersebut dibuat menggunakan teknik cor las untuk 754 modul. Satu modul tersebut memiliki ukuran sebesar 3×4 meter dengan berat mencapai satu ton.

Belum lagi penopang dari baja hingga mencapai 21.000 batang dan 170.000 buah baut.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Sebagai warga Indonesia, kita sepatutnya merasa bangga dengan berdirinya patung GWK ini.

Tak hanya sekadar sebagai objek wisata yang menambah keindahan Indonesia di mata dunia, GWK juga merupakan mahakarya dalam peradaban seni dan budaya Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana Resmi Berdiri Finansialku 3

Patung setengah badan Dewa Wisnu Kencana yang telah diletakkan di area Plaza Wisnu di GWK Cultural Park, sejak belasan tahun lalu.

 

Kehadiran GWK ini menambah corak seni budaya Indonesia, setelah sebelumnya Candi Borobudur menjadi kebanggaan mahakarya Indonesia. Kali ini GWK hadir sebagai mahakarya kontemporer asli dan kebanggaan Indonesia.

GWK tak hanya memerlukan waktu yang lama, namun juga melalui proses yang panjang.

Bahan-bahan dasar patung harus melalui serangkaian uji coba untuk memastikan kualitasnya. Mulai dari windnel test atau tes ketahanan angin yang dilakukan di Australia hingga cavity test atau tes rongga yang dilakukan secara berkala di Kanada.

Garuda Wisnu Kencana Resmi Berdiri Finansialku 1

Potongan kepala garuda yang telah diletakkan di area Lotus Pond di GWK Cultural Park, sejak belasan tahun lalu.

 

Dengan segala macam perpaduan teknologi ini, seni buatan Nuarta ini digadang-gadang dapat bertahan hingga 100 tahun lamanya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi pada peresmian patung tersebut, Sabtu (21/09/2018) malam waktu setempat:

“Dengan perpaduan itu, patung GWK ini akan mampu bertahan selama kurang lebih 100 tahun. Dan saya yakin 100 tahun lagi patung GWK akan tetap menjadi karya peradaban yang dibicarakan, yang menjadi kebanggaan bangsa dan menjadi warisan kebudayaan bangsa Indonesia.”

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Patung GWK Tertinggi Nomor 3 Sedunia dan Lebih Megah Dibanding Menara Eiffel

Sebagai objek wisata, GWK mempunyai daya tariknya sendiri. Terlepas dari nilai seninya, kita harus sepakat bahwa patung setinggi 121 meter ini merupakan patung yang megah dan menawan.

Megah, karena patung GWK merupakan patung tertinggi nomor tiga di dunia. Kalah dari The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar. Kedua patung tersebut memiliki tinggi masing-masing 128 meter dan 130 meter.

Garuda Wisnu Kencana Resmi Berdiri Finansialku 0

Setelah 28 tahun, patung GWK akhirnya dapat disusun utuh sebagai satu kesatuan

 

Adhikarya ini tak hanya tinggi, namun ternyata memiliki biaya pembuatan yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan Menara Eiffel dan Patung Liberty. Sehingga semakin menambah nilai spesial dari patung GWK.

 

5 kota destinasi favorit di Indonesia, simak video selengkapnya di Youtube Finansialku.

 

Seperti dilansir dari ABC News, GWK ditaksir menghabiskan dana sebesar US$100 juta atau setara dengan Rp1,4 triliun untuk pembuatannya.

Jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya pembuatan Patung Liberty senilai US$10,6 juta (Rp159 miliar) menurut Home Advisor. Angka tersebut tentunya sudah mengalami penyesuaian dengan nilai dan inflasi ekonomi saat ini.

Sementara itu, Home Advisor juga merilis harga pembuatan Menara Eiffel yakni sebesar US$38,2 juta atau setara dengan Rp556 miliar. Tetap masih jauh lebih murah bila dibandingkan dengan pembuatan patung GWK.

Oleh karena itu, semoga dengan banyaknya dana yang dikeluarkan untuk pembuatan GWK akan menghasilkan timbal balik yang sepadan.

Cepat atau lambat, GWK akan menjadi salah satu landmark terkenal di dunia, menyaingi Patung Liberty ataupun Menara Eiffel.

GWK akan menjadi daya tarik dunia pada pertemuan IMF-WB yang akan digelar di Bali.

Ketika semua mata menyorot Bali, patung GWK akan muncul dengan gagah dan megahnya di tengah sorotan tersebut.

 

Apakah artikel ini informatif dan menginspirasi Anda? Bila iya, jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat dan rekan Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Tommy Kurnia. 24 September 2018. Terkuak, Patung Garuda Wisnu Kencana Lebih Mahal dari Menara Eiffel dan Liberty. Liputan6.com – https://goo.gl/3tmgh2
  • Admin. 23 September 2018. Patung Garuda Wisnu Kencana, Patung Tertinggi Ketiga di Dunia. Amp.dw.com – https://goo.gl/wDBZLh

 

Sumber Gambar:

  • GWK – https://goo.gl/QfjeSK
  • GWK 2 – https://goo.gl/5M9Q6q
  • GWK 3 – https://goo.gl/6eix6U
  • GWK 4 – https://goo.gl/GSujt1