Bagaimana gaya kepemimpinan berdasarkan teori kepemimpinan. Lalu, Anda tipe yang mana?

Yuk cari tahu ciri dan jenisnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Gaya Kepemimpinan Berdasarkan Teori Kepemimpinan

Menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara yang mudah. Terkadang ada pemimpin yang dapat mengatur anak buahnya, kadang pula menjadi sosok pemimpin yang tidak disukai oleh rakyatnya.

Sehingga menjadi sosok pemimpin yang diidolakan adalah hal yang luar biasa.

 

6 Jenis Gaya Kepemimpinan di Dunia

Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat menjadi pemimpin yang digemari banyak orang, yang ditunggu-tunggu banyak orang, yang dapat menjadi panutan banyak orang?

Untuk itu, agar Anda tahu tipe pemimpin yang bagaimana yang disukai banyak orang, mari analisa apa saja gaya kepemimpinan yang ada di dunia dan gaya yang digemari banyak orang.

 

#1 Pemimpin Otokrasi

Pemimpin ini merupakan tipe pemimpin yang lebih dominan dalam mengambil keputusan. Pemimpin yang tidak banyak melibatkan banyak orang, sehingga pemimpin dengan tipe ini lebih tidak disukai oleh bawahannya.

Meskipun terkadang dalam suatu perkara membutuhkan keputusan pemimpin. Tapi orang yang sudah digolongkan dengan tipe ini akan identik dengan sosok kepemimpinan yang semaunya sendiri.

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#2 Pemimpin Birokrasi

Tipe pemimpin yang satu ini lebih baik dari tipe pemimpin otokrasi, karena apa yang dilakukan bawahan bukan merupakan suatu perintah dari atasannya melainkan aturan dari suatu lembaga atau suatu organisasi itu sendiri.

Banyak Gaya Kepemimpinan di Dunia, Anda Tipe yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kepemimpinan Adalah Seni Membuat Orang Lain Untuk Melakukan Sesuatu]

 

Namun kelemahannya dalam tipe ini orang-orang yang sebagai bawahan masih bersifat terbatas dalam pengambilan keputusan. Karena apapun yang dilakukan bukan atas kehendak atau usulan dari bawahan tapi masih dalam aturan organisasi.

 

#3 Pemimpin Partisipatif

Tipe yang lain adalah tipe pemimpin partisipatif, dalam tipe ini ide-ide bisa berasal dari bawahan maupun atasan. Karena dengan tipe ini keputusan diambil secara bergantian.

Baik dari pemimpin itu sendiri atau dari anak buahnya. Dengan kepemimpinan yang menggunakan tipe ini, aturan dan organisasi bisa lebih luwes.

Bawahannya tidak merasa diatur dan ada rasa dihargai. Sehingga tipe ini lebih baik dari dua tipe di atas, yaitu otokrasi dan birokrasi.

 

#4 Pemimpin Delegatif

Dalam tipe pemimpin yang ini, delegatif, seluruh keputusan dibiarkan mengalir saja. Bahkan terkesan sepenuhnya diserahkan kepada bawahannya.

Hal yang membuat negatif dari tipe pemimpin seperti ini adalah mengurangi semangat kerja bawahannya karena tidak semua anggota sudah matang dalam menjalankan tugas.

Banyak Gaya Kepemimpinan di Dunia, Anda Tipe yang Mana 04 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

Orang yang tidak bisa menjalankan tugas akan berdampak buruk terhadap suatu organisasi. Sehingga kepemimpinan dalam organisasi ini tidak sepenuhnya baik untuk dicontoh.

 

#5 Pemimpin Karismatik

Pemimpin dengan tipe ini dapat memberikan dampak baik terhadap seluruh anggota organisasi atau suatu kelompok. Setiap bawahan dapat menjadi semangat karena mempunyai pemimpin yang dikagumi dapat ditiru oleh bawahannya.

Orang yang berada dalam pemimpin dengan tipe ini akan memberikan pengaruh besar dan dapat menjalankan tugas karena dibantu oleh bawahan yang dengan sendirinya rela untuk menjalankan tugas masing-masing.

Sehingga tipe kepemimpinan ini yang adalah pengaruh pemimpinnya itu sendiri.

 

#6 Pemimpin Transformatif

Namanya juga tipe pembawa perubahan. Tipe transformatif adalah tipe di mana sebuah semangat berasal dari banyak kalangan, baik itu dari pemimpinnya maupun dari bawahannya.

Mereka sama-sama rela untuk menjalankan tugas demi membawa organisasi menjadi lebih baik.

 

Jadi, Termasuk Gaya Kepemimpinan Apakah Anda?

Dari tipe-tipe kepemimpinan di atas dapat diketahui bahwa sebagai seorang pemimpin hendaknya dapat membawa bawahannya dengan baik. Untuk menjadi seorang pemimpin yang diidolakan banyak orang hendaknya memilih tipe karismatik,

Namun tipe ini tidak sembarang orang dapat melaksanakannya karena bawahan yang dimiliki oleh pemimpin tersebut.

Untuk itu bisa juga memilih pemimpin dengan tipe transformatif, semua rela melaksanakan tugas yang diberikan.

Lalu, apakah Anda ingin menjadi pemimpin atau sedang memimpin sesuatu? Jika ya, maka jenis pemimpin seperti apakah Anda?

 

Setelah membaca artikel di atas, maka manakah gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik Anda? Ceritakan pengalaman Anda dalam memimpin dan share artikel menarik ini pada orang terdekat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Gaya Kepemimpinan – http://bit.ly/38k302d