Penutupan gerai supermarket Giant menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berbelanja di akhir bulan ini dan menjadi kesedihan bagi para karyawannya.

Agar lebih jelas, Mari simak penjelasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Supermarket Giant Tutup Per 28 Juli 2019

Kabar mengejutkan datang dari PT Hero Supermarket Group Tbk. Pemilik brand Giant ini terpaksa harus gulung tikar. Sejauh ini akan ada enam gerai yang tidak akan beroperasi lagi.

Salah satu yang akan ditutup, yakni Giant Express Mampang di Jalan Mampang Prapatan Raya Nomor 22, Jakarta Selatan. Penutupan gerai Giant ini tentu akan berdampak pada karyawan mereka yang mencapai 270 karyawan.

Supermarket Giant Gulung Tikar, Umbar Diskon Hingga 50% 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 10 Trik yang Dilakukan Supermarket Supaya Anda Tetap Belanja Hemat]

 

Berdasar informasi yang dihimpun dari beberapa karyawan Giant, enam gerai Giant yang akan ditutup tersebut mulai menghentikan pelayanan terhadap customer pada 28 Juli 2019.

Gerai Giant yang ditutup dengan label ‘Ekstra’ itu memiliki karyawan 66 orang. Untuk Giant yang berlabel ‘Ekspress’ jumlah karyawannya hanya setengah dari Ekstra.

Enam gerai Giant dikabarkan akan tutup lapak, yaitu Giant Express Cinere Mall, Giant Express Mampang, Giant Express Pondok Timur, Giant Extra Jatimakmur, Giant Mitra 10 Cibubur, dan Giant Extra Wisma Asri. 

Sebelumnya, Hero Supermarket telah lebih dulu menutup 26 gerai ritelnya seiring dengan menurunnya bisnis makanan yang dijual perseroan.

Hero Supermarket mencatat penurunan total penjualan menjadi Rp9,84 triliun pada kuartal ketiga tahun lalu. 

Pada saat itu, dampaknya 532 orang karyawan terpaksa diberhentikan. Pihak manajemen mengklaim 92% karyawan yang di PHK memahami kebijakan efisiensi perusahaan dan telah sepakat untuk mengakhiri hubungan kerja.

Menurut seorang karyawan Giant, Giant Express Cinere Mall akan tutup permanen pada akhir bulan depan. Ia mengatakan:

“Info yang masuk ke karyawan sih tutupnya 28 Juli, tapi enggak tahu untuk kepastiannya. Saya enggak bisa ngomong sembarangan.”

 

Giant Gelar Diskon Gede-Gedean

Seiring dengan kabar akan ditutupnya supermarket Giant, Giant akan memberikan diskon ke masyarakat dari 5% hingga 50%. Bahkan di depan lokasi terpampang spanduk-spanduk terkait diskon yang mereka tawarkan.

Adapun tulisan dalam spanduk itu yakni, ‘Kami Tutup Hanya di Toko Ini’, Diskon Semua Harga’, ‘Semua Harus Terjual Habis’.

Supermarket Giant Gulung Tikar, Umbar Diskon Hingga 50% 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Simak Rahasia Ini Agar Anda Tahu Cara Hemat Belanja di Supermarket]

 

Barang yang kena diskon 5% antara lain makanan, minuman, buah-buahan, sayuran, roti, seafood, susu, krim, mie, pasta, pembersih rumah, dan pembersih pakaian

Diskon 10%, barang yang dapat dipilih yakni produk perawatan tubuh, produk kesehatan, biskuit, sarapan pagi, makanan kaleng, sambal, buah kaleng, produk perawatan bayi, pengharum ruangan, sampai pembasmi serangga.

Kemudian, ada diskon 20 persen untuk perlengkapan mandi, diskon 25 persen semua perlengkapan rumah, alas kaki, serta pakaian wanita.

Diskon 30%, berlaku untuk produk mulai dari perlengkapan listrik seperti bohlam, stop kontak, perlengkapan mobil seperti polish compound, kain sintetis, hingga sampo mobil.

Tak seperti biasa, meskipun Giant dapat dikatakan supermarket yang sudah cukup lama. Kali ini antrean pelanggan menuju meja kasir di Giant Express Cinere Mall mencapai lebih 50 meter karena hanya satu meja kasir yang difungsikan.

Dengan diskon yang ditawarkan ini, masyarakat pun berbondong-bondong datang untuk memburu diskonan di supermarket Giant. Tidak sedikit dari mereka yang memborong barang-barang dari Giant.

Melansir di Kompas.com, Fani, warga Jatiasih mengatakan dirinya langsung membawa tiga troli sekaligus untuk memborong belanjaan dimulai dari kebutuhan pokok makan dan perlengkapan masak.  Fani mengatakan:

“Ini saya ajak suami saya buat bantu borong belanjaan, karena diskonnya lumayan Mas. Enggak apa-apa antre panjang yang penting bisa belanja banyak.”

 

Tanggapan Aprindo Terkait Tutupnya Giant

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan, buka-tutupnya toko dalam usaha ritel sudah biasa terjadi. Hanya saja yang membedakan skala penutupannya sekaligus atau tidak.

Tutum menilai tutupnya sejumlah gerai Giant disebabkan karena ketidakmampuan toko dalam menutup kerugian yang dialaminya. Toko dinilai tidak mampu menghidupi bisnisnya sendiri. Tutum mengatakan:

“Saya kira itu lebih kepada ketidakmampuan toko tersebut, jadi dia (Giant) tidak bisa menghidupi diri sendiri. Kalau dia masih bisa menutupi kerugian ataupun seluruh biaya kebutuhan, walaupun dia tidak bisa memberikan kontribusi lebih banyak terhadap perusahaan secara keseluruhan, mungkin tidak tutup.”

 

Oh iya, meskipun banyak diskon atau potongan harga jangan sampai terlalu boros ya! Anda harus merencanakan keuangan Anda dengan baik. Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kebarat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • CNN Indonesia. 23 Juni 2019. Cuci Gudang, Giant Bakal Tutup Toko per 28 Juli. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2RttV46
  • Gopis Simatupang. 23 Juni 2019. Warga Sebut Giant Express Cinere Mall Depok, Dahsyat! Antrean Pembeli Sampai 50 Meter. Wartakota.tribunnews.com – http://bit.ly/2KA7Lg2
  • Dean Pahrevi. 24 Juni 2019. Saat Giant Diserbu Pemburu Diskon Karena Akan Tutup 6 Gerai. Megapolitan.kompas.com – http://bit.ly/2N8Gd39

 

Sumber Gambar:

  • Giant 1 – http://bit.ly/2Xym1M0
  • Giant 2 – http://bit.ly/2WZs3WJ
  • Giant 3 – http://bit.ly/2X2bhGs