Apa saja yang sudah Anda ketahui tentang Google Bisnisku? Benarkah Anda bisa belajar bisnis dengan gratis di sini?

Simak artikel Finansialku berikut ini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Belajar Bisnis di Google Bisnisku

Orang yang hendak terjun ke dalam dunia bisnis biasanya kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa, terlebih lagi jika dirinya tidak memiliki seorang mentor yang handal. Belum lagi dengan berbagai tantangan yang pastinya akan banyak ditemui dalam berbisnis.

Salah satu model bisnis yang marak akhir-akhir ini ialah bisnis online, ataupun mempromosikan unit bisnis dengan menggunakan layanan internet.

Namun, satu hal lain yang menjadi tantangan ialah hanya sedikit orang yang mengunjungi situs yang dibuat untuk berbisnis itu.

Nah… sebagai jawaban dari permasalahan ini, Anda dapat menggunakan layanan Google Bisnisku agar semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda.

Google Bisnisku merupakan sebuah fitur gratis dari Google yang bisa Anda akses untuk mempromosikan profil bisnis maupun situs bisnis yang Anda buat.

Nantinya, profil dan situs bisnis Anda akan ditampilkan pada Google Penelusuran dan Google Maps saat pelanggan sedang menelusuri bisnis maupun produk dan layanan yang sama dengan milik Anda.

Pelanggan juga bisa mendapat informasi tentang bisnis Anda dengan mudah, baik nama, jam operasional, jenis produk yang Anda tawarkan, nomor telepon dan berbagai jenis informasi lainnya yang akan dibutuhkan oleh mereka.

Dengan begitu, pelanggan akan dapat menghubungi Anda dengan lebih mudah.

Di sini Anda juga berkesempatan untuk menarik perhatian pelanggan dengan memposting foto produk dan penawaran yang menarik.

Anda juga dapat berinteraksi secara langsung kepada pelanggan, dan juga merespon setiap ulasan yang diberikan untuk situs Anda.

Lebih kerennya lagi, Anda dapat menggunakan situs Google Bisnisku ini secara gratis 100%. Anda hanya membutuhkan seperangkat laptop, komputer, ataupun smartphone serta koneksi internet yang memadai.

 

Cara Daftar Google Bisnisku

Sebelum dapat memanfaatkan semua keuntungan dari Google Bisnisku, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nah… berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar Google Bisnisku.

 

#1 Masuk ke Situs Google Bisnisku

Pertama-tama masuklah ke situs resmi Google Bisnisku dengan browser yang ada pada PC ataupun laptop.

Setelah masuk ke halaman utamanya, maka Anda bisa memilih opsi Login yang ada dibagian sudut kanan atas.

Setelah itu Anda bisa langsung masuk dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki.

Belajar Bisnis Gratis di Google Bisnisku! Memang Bisa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bantu Lacak Covid-19, Apple dan Google Rilis Data Pengguna]

 

#2 Masukkan Informasi Bisnis Anda

Setelah Login dengan akun Google Anda, maka selanjutnya isilah informasi seputar bisnis yang Anda miliki. Informasi itu bisa berupa:

 

Nama Bisnis

Apabila Anda hendak mempromosikan bisnis Anda, maka masukkanlah nama yang sama dengan nama yang sudah Anda gunakan selama ini untuk bisnis tersebut. Misalnya Anda memiliki sebuah toko yang dinamai dengan “ABCD” maka nama yang dimasukkan juga sebaiknya sama dengan nama toko tersebut.

 

Alamat

Alamat yang Anda masukkan juga harus jelas sehingga mudah diketahui oleh pelanggan yang mencari.

Apabila Anda memiliki sebuah bangunan tempat Anda berbisnis, maka Anda bisa menempatkan penanda pada Google Maps.

Sedangkan bagi Anda yang berbisnis online dan tidak memiliki sebuah bangunan untuk berbisnis, maka Anda dapat memasukkan nama jalan atau area layanan sebagai pengganti dari alamat bangunan.

 

Pilih Kategori

Tahap selanjutnya ialah memilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda. Pemilihan kategori bisnis ini merupakan satu hal yang sangat penting dan memiliki pengaruh saat seseorang hendak mencari bisnis yang sama seperti milik Anda.

Jadi misalnya Anda mengelola bisnis kuliner, maka Anda bisa memilih kategori kuliner atau makanan.

Jadi apabila seseorang mencari tempat makan, maka informasi bisnis Anda juga akan turut ditampilkan pada Google Penelusuran dan Google Map.

 

Masukkan Kontak yang Bisa Dihubungi oleh Pelanggan

Kontak yang Anda gunakan untuk berbisnis juga bisa Anda cantumkan agar pelanggan bisa menghubungi Anda ketika mereka tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan URL situs bisnis jika Anda memilikinya.

 

Penasaran gimana seorang Jack Ma bisa sukses? Simak di Youtube channel Finansialku ya!

 

#3 Proses Verifikasi

Setelah mendaftar dan memasukkan informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda, maka tahap selanjutnya ialah proses verifikasi.

Pada tahapan ini, Google akan mengirimkan surat ke alamat yang Anda cantumkan.

Setelah menerimanya, Anda hanya perlu memasukkan kode verifikasi yang ada pada surat tersebut.

Kemudian Anda sudah bisa menggunakan Google Bisnisku dan menambahkan deskripsi tentang bisnis Anda.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Mengembangkan Bisnis Secara Gratis

Selamat… saat ini Anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Bisnisku, dengan begitu Anda dapat mengembangkan bisnis Anda secara gratis.

 

Mau berkonsultasi tentang permasalahan keuangan bisnis Anda? Kami punya fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku lho!

Download di sini!

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman dalam Google Bisnis? Silahkan beri tanggapan Anda mengenai topik ini pada kolom komentar.

Bagikan juga artikel ini untuk orang lain ya!

 

Sumber Referensi:

  • Virginia Maulita Putri. 25 September 2019. Cara Daftar Google Bisnisku Agar Bisnis Dilihat Banyak Orang. Inet.detik.com – https://bit.ly/3eYWaCP
  • Ika Nur Solechah. 02 Desember. Cara Memanfaatkan Google Bisnisku Untum Kesuksesan Usaha. Herosoftmedia.co.id – https://bit.ly/2Yat8KE

 

Sumber Gambar:

  • Google 01 – https://bit.ly/3cfuojQ
  • Google 02 – https://bit.ly/35J7Ohc