Growth mindset adalah milik tipikal orang yang tidak mudah menyerah.

Mereka yang berada dalam kategori ini condong berpikir tentang…” Simak dalam lanjutan pembahasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Terbang Merupakan Aktivitas yang Sulit

Pernahkah anda memperhatikan burung yang sedang terbang? Saat mereka mengepakkan sayap, berputar-putar diatas kepala kita, terlihat bebas dan menyenangkan bukan? Tapi Anda pasti mengerti jika setelah menetas, seekor burung tidak dapat langsung terbang.

Bahkan jika mereka sudah terlihat cukup dewasa. Proses terbang tidak terjadi dalam satu kepakan sayap pertama mereka begitu saja.

Awalnya, seekor anak burung akan mulai mengepakkan sayapnya agar otot-otot sayap mulai cukup kuat untuk terbang. Setelah itu, anak burung rupanya mulai melihat dan meniru cara induknya atau burung di sekitarnya terbang.

 

Dimasa awal mereka belajar terbang, anak burung yang pada umumnya berusia dua minggu biasanya akan jatuh dari sarangnya dan harus melompat-lompat untuk kembali ke sarangnya.

Kemudian mereka akan belajar merentangkan sayap sepenuhnya dan mempelajari caranya menggunakan angin untuk mengangkat tubuh mereka.

Selain itu, anak burung akan belajar melayang di udara serta mendarat dengan terkendali dan baik di tempat mereka akan hinggap.

Jika diperhatikan, terkadang anak burung suka mengepakkan sayapnya, ternyata hal ini menjadi cara mereka berolahraga. Mengepakkan sayap rupanya berguna membuat massa otot mereka lebih kuat untuk membantu anak burung terbang dengan lebih baik.

Reza Oktovian 01

[Baca Juga: Reza Oktovian: Kisah Sukses dan Perjalanan Karier]

 

Awalnya, anak burung akan berlatih mengangkat sayapnya dan terbang dengan jarak yang sangat pendek, seperti dari sarang ke dahan yang ada di sekitar sarangnya. Setelah anak burung sudah mulai terbiasa terbang tanpa terjatuh, biasanya mereka akan mencoba terbang dengan jarak yang lebih jauh, misalnya ke pohon lain.

Beberapa minggu setelah anak burung mulai lancar terbang tanpa terjatuh dan sudah bisa mencapai jarak yang lebih jauh, mereka baru akan belajar caranya berburu.

Kegiatan berburu rupanya lebih sulit dilakukan, karena anak burung yang baru terbiasa terbang perlu mengambil buruannya dengan cepat dan menggenggamnya dengan cakar mereka selagi melayang.

 

Seperti halnya proses seekor anak burung terbang, begitulah proses manusia mengembangkan dirinya. Manusia menggunakan akal dan pikirannya dalam proses mempelajari kegiatan, masalah, dan mencoba sesuatu yang baru.

Carol Dweck mungkin tidak asing lagi dengan teori growth mindset dalam dunia psikologi. Carol Dweck adalah seorang profesor yang aktif mengajar di Stanford University, California, Amerika.

Ia mengkategorikan dua tipe orang ditinjau dari cara berpikir: Growth Mindset dan Fixed Mindset.

 

Growth Mindset dan Fixed Mindset

Fixed mindset adalah tipikal orang yang mudah menyerah dan condong menyalahkan kelemahan dalam diri mereka. Orang-orang seperti ini biasanya melihat sisi negatif dalam diri mereka dan menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya.

Mereka yang tergolong dalam fixed mindset akan banyak berpikir negatif jika mengalami kegagalan dalam segala hal dan mudah putus asa tanpa mau mencoba kembali serta menyalahkan takdir.

Mereka menganggap kegagalan adalah akhir dari segalanya dan tidak bisa diperbaiki. Bagi mereka kemampuan seseorang selalu statis dan tidak bisa dirubah.

Kata-kata Bijak Mario Teguh Untuk Calon Orang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Mario Teguh Untuk Calon Orang Sukses]

 

Disisi satunya lagi, seorang dengan Growth mindset adalah tipikal orang yang tidak mudah menyerah. Mereka yang berada dalam kategori ini condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal.

Kebanyakan orang dengan cara berpikir Growth Mindset percaya bahwa kemampuan seseorang itu adalah dinamis dan bisa diperbaiki dengan usaha yang baik.

Sebagai contoh, orang yang tergolong dalam Growth Mindset ketika menemui kegagalan akan kembali mencoba dan belajar dari kesalahan atas kegagalannya. Motivasi mereka akan muncul karena tingkat kepercayaan akan kemampuan mereka selalu mengarah ke sisi positif. 

Menurut Carol, faktor mendasar seperti apresiasi dan dukungan dalam proses akan membentuk seseorang menjadi Growth Mindset. Sebaliknya, menghargai hasil tanpa melihat proses hanya akan membentuk orang menjadi tipe Fixed Mindset.

 

Tentu tidak mudah menjadi tipikal growth mindset jika hidup di lingkungan yang tidak menghargai usaha seseorang.

Padahal banyak tokoh berpengaruh dunia membuktikan bahwa mula-mula bukanlah hasil yang menjadi penentu utama melainkan dedikasi dan kerja keras yang menjadikan mereka berhasil.

 

Mengenal Lebih Tentang Growth Mindset

Melansir IDN Times, Growth Mindset saat ini menjadi begitu populer karena menjadi salah satu faktor dalam menentukan kesuksesan seseorang. Ada 5 rahasia orang sukses dengan Growth Mindset

 

Growth Mindset Menumbuhkan Rasa Esensi Belajar

Mereka yang memiliki pola pikir Growth Mindset tidak berfokus pada bagaimana untuk terlihat pintar, melainkan bagaimana ia mendapatkan suatu proses belajar yang bermakna.

Mereka akan belajar untuk tidak mengedepankan faktor intelenjensi saja, tapi juga menghargai proses. Bagaimana dalam Growth Mindset seseorang akan belajar bahwa kegagalan bukanlah akhir segalanya tetapi satu langkah untuk menuju sesuatu yang lebih besar.

Lewat pola pikir yang terus mempelajari makna dibalik segala sesuatu, entah baik ataupun buruk. Seseorang akan mendapat nilai tambah bagi diri mereka sendiri dan terlatih dalam memahami suatu persoalan.

 

Tak Ada yang Instan, Usaha Adalah Jawabannya

Full of Effort adalah suatu sikap yang diyakini oleh mereka yang memiliki pola pikir Growth Mindset. Usaha dilihat bukan sebagai halangan, tapi usaha dimaknai sebagai suatu cara yang harus ditempuh untuk mendapatkan suatu pengalaman atau suatu tujuan.

Dengan adanya sikap ini dalam diri seseorang, akan membuat orang tersebut yakin bahwa usaha bukan untuk memperlambat mereka meraih apa yang diinginkan. Justru menjadi sarana refleksi diri sebelum meraih kesuksesan.

Kisah Sukses Amancio Ortega, Pebisnis Sukses dan Bos Zara 00 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Amancio Ortega, Pebisnis Sukses dan Bos Zara]

 

Seperti halnya seorang atlet angkat beban, mereka tahu betul beban yang dapat mereka angkat dapat terus bertambah seiring berjalannya pola latihan dan kedisiplinan yang mereka lakukan.

Menerima beban yang melebihi kapasitas mereka adalah hal yang merugikan mereka sendiri, jika tanpa melatihnya setahap demi setahap.

 

Mencari Solusi, Bukan Mendiamkan Masalah

Growth Mindset akan menjadikan masalah bukan sebagai rintangan namun sebagai suatu tantangan yang harus diselesaikan.

Jiwa optimistis yang tertanam dalam Growth Mindset akan membawa diri mereka mampu melakukan penyelesaian terhadap suatu masalah. Karena dengan adanya masalah seseorang akan diasah untuk mampu berpikir kritis dan analitis.

Jika berhubungan dengan masalah keuangan, Finansialku adalah solusinya.

Dengan aplikasi Finansialku, Anda bisa mengkonsultasikan masalah Anda kepada Certified Financial Planner yang ada di Finansialku. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store segera.

 

Produktif

Growth Mindset berpikir bahwa bakat dan kemampuan kita bisa diasah dan dikembangkan. Seorang dengan bakat musikalitas yang baik akan melatih kemampuannya agar semakin terasah.

Mereka akan mendalami kemampuan mereka dalam bermusik dan fokus untuk menjadi yang terbaik dibidang musiknya. 10% bakat 90% hasil usaha, demikian banyak orang mengatakannya.

Demikian pula pola pikir Growth Mindset, yang tidak akan berhenti mengeksplor kemampuan mereka, mereka tidak akan pasrah begitu saja kepada takdir sebelum melakukan usaha.

Dengan sikap inilah mereka yang memiliki Growth Mindset akan berani mencoba berbagai hal, mendobrak batas dan meraih hal-hal yang dianggap beberapa orang mustahil baginya.

 

Berteman dengan Tekanan

Bagi mereka dengan Growth Mindset tekanan akan membantu mereka dalam membentuk karakter pribadi yang kuat dan gigih. Tekanan akan mereka jawab bukan dengan mencari alasan ataupun merasa stres.

Tekanan dijadikan sebagai ajang tantangan dalam pembuktian diri, bahwa diri sendiri mampu melampaui batas-batas yang diciptakan orang. Growth Mindset akan menemukan perspektif lain seperti halnya proses pembuatan berlian yang diciptakan dengan underpressure.

13 Kebiasaan Orang Sukses Di Malam Hari Sebelum Tidur 02 Bill Gates Finansialku

[Baca Juga: Terus Menanjaki Kesuksesan Dengan Kata-kata Bijak Bill Gates]

 

Demikian ulasan mengenai growth mindset. Dengan menerapkan hal-hal diatas dalam kehidupan Anda, kesuksesan tentu bisa Anda raih.

Selain itu, konsistensi juga perlu ada dalam diri Anda agar bisa berhasil dalam menerapkannya. Rahasia orang-orang sukses telah Anda dapatkan, apakah Anda orang sukses berikutnya?

 

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah mengerti tentang Growth Mindset

Bagikan artikel ini kepada teman Anda agar mereka juga tahu apa itu Growth Mindset.

 

Sumber Referensi:

  • Salvio Hexia. 08 Maret 2017. Yuk Terapkan “Growth Mindset” Mulai Sekarang. Idntimes.comhttps://bit.ly/2uvqJxJ
  • Tyas Wening. 08 Agustus 2019. Tidak Bisa Langsung Terbang, Bagaimana Cara Anak Burung Belajar Terbang? Bobo.grid.id – https://bit.ly/2H6PQK7
  • Masykur. 27 September 2015. Growth Mindset, Merubah Pola Berpikir ke Arah Positif. Kompasiana.com – https://bit.ly/2SzCNWC