Nama Reza Oktovian pasti tidak lagi asing buat sobat Finansialku. Mendulang keberhasilan sebagai youtuber membuat banyak orang mengaguminya. Tapi, apakah sobat Finansialku tahu perjalanannya menyakitkan menuju kesuksesannya?

Selengkapnya ada pada artikel Finansialku satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Perjalanan Reza Oktovian: Pernah Bangun Di Kamar Mayat

Reza Oktavian atau Reza Arap, lahir di Jakarta pada 15 Oktober 1990. Karakternya yang cuek dan selenge-an, menjadi ciri khas tersendiri untuk setiap konten youtube yang dibuatnya.

Mungkin itulah yang juga menjadi daya tarik viewersnya, sehingga dia bisa mendapatkan 1,7 juta subscriber di kanal youtube-nya.

Meskipun begitu, ada kisah menarik di balik keberhasilan yang diraihnya.

Tahukah sobat Finansialku, jika sebenarnya awal mula Reza menekuni dunia game dikarenakan kondisi fisiknya yang lemah?

Diungkapkan lewat kanal youtube milik Deddy Corbuzier, Reza menceritakan bahwa pengalaman hidupnya bersama ibunya sebagai single parent penuh perjuangan.

Reza terlahir sebagai bayi prematur. Menurut ibunya, saat terlahir berat badan Reza hanya 0,8 kilogram dengan ukuran tak lebih dari botol mineral kecil.

Reza Oktovian 01

[Baca Juga: Kisah Sukses Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha & Stafsus Presiden]

 

Bukan hanya itu, Reza juga terdiagnosis mengidap penyakit jantung bawaan. Karena penyakitnya ini, tubuh Reza sering terasa letih ketika ia terlalu banyak beraktivitas.

Bahkan pada usia 9 tahun, ia pernah dinyatakan meninggal karena komplikasi demam berdarah, jantung lemah, darah rendah dan bocor lambung secara bersamaan.

Ia masih ingat rasa takut yang dirasakannya ketika tim dokter juga sempat menggunakan alat kejut jantung untuk membangunkannya saat itu.

Walau sudah diupayakan, tubuh Reza memberi sinyal bahwa ia sudah meninggal.

 

Karena diagnosa ini, Reza Arap harus merasakan mati suri selama 12 jam dan terbangun kembali ketika dia ada di ruang jenazah.

Dengan riwayat kesehatannya, Reza lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah dengan bermain game.

Dari sana lah, Reza mulai jatuh cinta dan mengasah keterampilannya memainkan konsol game setiap pulang sekolah.

Bukannya melarang Reza untuk bermain, Ibunya malah membelikan Reza game terbaru mulai dari perangkat SEGA, Playstation (PS), hingga Nintendo pun diberikan oleh sang bunda.

Meskipun keluarga adalah segalanya, disayangkan masa kebersamaan bersama Ibunda harus terpisah ketika ibunya memutuskan untuk pindah ke luar kota, meninggalkan Reza yang memilih untuk tetap tinggal di Jakarta.

Hidup seorang diri di Jakarta, Reza yang saat itu bukan orang berada mencoba bertahan hidup dengan kemampuannya sendiri.

 

Dari Jual Kosmetik Hingga Ngojek

Hidup sendirian di Ibu kota, bukanlah hal yang mudah. Kesulitan ini melatih Reza Arap untuk gigih berjuang dan tidak mudah menyerah.

Demi bertahan hidup pekerjaan apapun ia lakukan. Mulai jaga kasir warnet (Warung Internet), berjualan kosmetik door to door, juga melakoni profesi sebagai tukang ojek.

Pucuk dicinta ulam tiba, hasil perjuangannya perlahan mulai terbuka saat ia berteman dengan sosok Edho Zell.

Edho secara tidak langsung mengenalkan Reza pada dunia youtube. Ketika itu, Edho dan Reza bersama membuat sebuah video dan bermaksud untuk mengunggahnya ke youtube.

 

Bermain youtube, Reza lantas menemukan sebuah kanal yang menarik perhatiannya.

Adalah PewDiePie, seorang gamer sekaligus seorang youtuber ternama asal Swedia.

Kontennya berisi dia (PewDiePie) yang bermain video game, Reza Oktavian mendapatkan sebuah inspirasi untuk membuat konten serupa di kanal youtubenya sendiri.

Meskipun tidak langsung populer, perlahan keberadaan Reza mendapat sambutan yang baik.

Hasil kegigihannya membuatnya diundang untuk menghadiri acara Night Award TV Asia di Korea Selatan.

Bukan hanya itu, kanal youtubenya juga terpilih untuk mendapat penghargaan channel gaming populer Indonesia.

 

Reza Oktovian: “Jijik Aja Sama Semua Yang di Youtube!”

Menyimak dalam sebuah video Youtube miliknya, terlihat sebuah adegan Reza yang membakar komputer lengkap dengan meja dan kursi game miliknya, dan penghargaan-penghargaan yang diraihnya. Ada apa sebenarnya?

Dalam sebuah wawancara, Reza mengaku sempat kesal dan jijik dengan semua konten yang ada di youtube.

Reza Oktovian 03

[Baca Juga: Kisah Sukses Putri Tanjung, Usia 23 Tahun Jadi Staf Khusus Presiden!]

 

Bukan untuk menyinggung para penggemar dan subcribersnya, melainkan terhadap orang-orang yang berusaha untuk menjatuhkan dirinya.

Hingga ia mengambil keputusan yang cukup mengagetkan dengan menghapus channel dan video-video yang ada di dalamnya.

 

Alih Haluan ke Dunia Entrepreneur

Berhasil membuat heboh dengan menghapus akun miliknya. Reza Oktavian kini diketahui sedang mengembangkan beberapa bisnisnya. Berikut adalah beberapa bisnisnya, Melansir dari laman IDNTimes:

 

Bisnis Reza Oktovian #1 Grup Musik, Weird Jenius

Selepas dari youtube, Reza berharap ke depannya ia akan hidup dari musik entah akan berhasil atau tidak sebagai musisi.

Ia berupaya agar grup musiknya diterima baik oleh orang banyak sebagaimana riwayat kanal youtubenya yang juga mendapatkan dukungan dari banyak penggemar.

Reza Oktovian 02

[Baca Juga: Viral! Youtuber Atta Halilintar Berpehangsilan 9M dengan 11 Juta Subscriber]

 

Bersama Eka Gustiwana dan Billy Tanner, Reza Oktavian membuat grup musik beraliran EDM (Electronic Music Dance) yang menuai kepopuleran di Indonesia dan Mancanegara.

Seolah memberikan pembuktian, grup musiknya ini pernah tampil di ajang Viral Fest Asia (VFA) 2017 di Bangkok, Thailand.

 

Bisnis Reza Oktovian #2 E-sport Management

Hobinya dan kecintaannya di dunia video games yang teramat besar membuat dia tidak bisa lepas dari dunia yang membesarkan namanya itu,.

Kini ia tengah menjalani bisnis e-sport management. Bisnis ini fokus menaungi atlet-atlet game professional seperti Fortnite, Mobile Legend dan game lainnya yang dipertandingkan.

 

Bisnis Reza Oktovian #3 Yourbae Apparel

Arap memperkenalkan bisnis clothing miliknya berlabel Yourbae Apparel  sejak 2 tahun lalu.

Bisnisnya ini memproduksi jaket dan kaos yang menyasar anak muda sebagai marketnya. Para peminat yang ingin mendapatkan produk dari Yourbae Apparel, sayangnya harus sedikit bersabar karena stoknya yang terbatas dan diproduksi dalam jangka waktu tertentu.

 

Bisnis Reza Oktovian #4 Shelter Club Bandung

Warga Bandung khususnya penggemar hiburan dunia malam pasti tau betul tempat ini.

Beberapa waktu kemarin, Reza mengabarkan bahwa dirinya bergabung di club Shelter sebagai Co-Owner. Tak hanya di Bandung, rencananya bisnisnya ini juga akan ekspansi ke kota Surabaya.

 

#5 Triangle Cafe

Bukan hanya Shelter Club Bandung, rupanya Reza juga punya kafe di Malang, bernama Triangle Cafe.

Tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Dengan berinvestasi bersama orang yang sudah profesional, bisnis cafe dan bar-nya kini makin dikenal.

 

Melalui cerita kesuksesan Reza Oktovian ini, kita disadarkan kalau kesulitan dan kesusahan akan selalu menemukan jalan keluar bagi mereka yang berusaha.

 

Bagaimana sobat Finansialku? Apakah Kisah Reza Oktavian cukup menginspirasi anda? Tuliskan kesan Anda di kolom komentar yang ada di bawah ini, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 September 2018. 5 Bisnis Reza Arap yang Bikin Dirinya Kaya Meski Hapus Akun Youtube. Idntimes.com – https://bit.ly/36WrHjF
  • Agustus 2018. Kisah Reza Arap yang Sempat Jadi Ojek dan Mati Suri Sebelum Kaya Raya Lewat Youtube. Boombastis.com – https://bit.ly/381nLiU
  • Admin. 3 Desember 2017. Kisah Reza Arap Oktavian, Dari Penjaga Warnet, Ojek Hingga Jadi Youtuber Game Terkenal. Manado.tribunnews.com – https://bit.ly/2Oq3DiU
  • Kanal youtube Deddy Corbuzier. 18 Oktober 2019. REZA ARAP, GUE GA PUNYA AGAMA, GA PUNYA BAPAK! – https://bit.ly/2GPHzKm

 

Sumber Gambar:

  • Pic 1 – http://bit.ly/37VdNij
  • Pic 2 – http://bit.ly/32q3lhI
  • Pic 3 – http://bit.ly/2wLJsWD
  • Pic 4 – http://bit.ly/32uTkjh