Putri Tanjung, di usia 23 tahun dilirik istana untuk menjadi abdi negara. Simak kisah sukses Putri Tanjung, anak konglomerat yang memulai bisnis di usia 17 tahun secara independen. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Putri Tanjung – CEO Creativepreneur Event Creator di Usia 15 Tahun

Putri Tanjung yang kini masih menginjak usia 23 tahun adalah anak pertama dari pemilik CT Corp yang baru saja lulus dari Academy of Art University di San Francisco, California dan memiliki bisnis yang bergerak di bidang agensi kreatif.

Sejak usia 15 tahun, tepatnya saat ia masih duduk di bangku SMP, Putri memang senang untuk membuat event.

Dari situ ia menggeluti minat tersebut dan berhasil mendirikan Creativepreneur Event Creator yang berkembang menjadi sebuah agensi kreatif bagi perusahaan di Indonesia yang ingin merambah ke pasar milenial.

 

Putri Tanjung – Salah Satu Milenial Staf Khusus Presiden

Dialah Putri Indahsari Tanjung, sosok putri pertama dari konglomerat Chairul Tanjung yang menjadi salah satu staf khusus Presiden.

Pemudi dari generasi milenial ini sengaja dipilih oleh Presiden Jokowi bukan semata-mata karena embel-embel nama sang ayah, Chairul Tanjung, tetapi karena prestasi dan kemampuannya sebagai seorang pengusaha muda yang mampu menjadi kegerakan bagi bangsa terutama anak-anak muda untuk bisa berguna melalui agensi kreatif.

Kisah Sukses Putri Tanjung, Usia 23 Tahun Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Terapkan 6 Kunci Sukses Nadiem Makarim Hingga Jadi Menteri Mendikbud]

 

Nama Putri Tanjung disebut-sebut sebagai salah satu staf khusus Presiden. Mendapat undangan terhormat itu, Putri begitu tersanjung dan dalam sebuah wawancara di Istana Merdeka dengan awak media.

Ia menceritakan sejarah singkat dirinya yang telah memulai karyanya di usia 15 tahun secara independen.

Putri Tanjung mengaku bahwa ada banyak tekanan yang ia alami karena banyak orang pasti menyambungkan dirinya dengan sang ayah, sang konglomerat yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Putri Tanjung membawahi Creativepreneur Event Creator, sebuah event organizer yang khusus menyebarkan virus entrepreneurship ke seluruh Indonesia.

Usaha yang ia rintis ini memang dikemas dengan gaya anak muda milenial yang ia nilai senang melihat produk dari sisi kemasannya.

Melalui Creativepreneur Event Creator ini, ia percaya bahwa Indonesia membutuhkan banyak bibit muda yang kreatif yang memiliki entrepreneurship mindset sehingga banyak tumbuh para pengusaha muda yang menjadi solusi bagi masalah di Indonesia.

Selain menjadi pendiri dari Creativepreneur Event Creator, Putri Tanjung juga berperan aktif sebagai Chief Business Officer dari Kreavi, sebuah platform kreatif tempat komunitas maya pekerja kreatif visual Indonesia untuk berjejaring yang mewadahi 55 ribu creative creators.

Melalui platform kreatif itu, Putri Tanjung bersyukur dapat menolong UMKM untuk melakukan repackage produk mereka dan mengajarkan mereka tentang branding yang kreatif.

Adapun ketujuh anak muda milenial yang menjadi staf khusus Presiden antara lain:

  1. Adamas Belva Syah Devara. Pria berusia 29 tahun ini meraih gelar master dari Harvard University dan Stanford University. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO Ruang Guru.
  2. Putri Indahsari Tanjung, Putri merupakan lulusan Academy of Art di San Fransisco, Amerika Serikat. Putri juga merupakan CEO Creativepreneur Event Creator dan CBO Kreavi.
  3. Andi Taufan Garuda Putra Andi yang berusia 32 tahun merupakan lulusan Harvard Kennedy School dan merupakan CEO salah satu lembaga keuangan mikro PT Amartha.
  4. Ayu Kartika Dewi, wanita berusia 36 tahun ini adalah pendiri sekaligus mentor lembaga SabangMerauke. Ia meraih gelar MBA dari Duke University di Amerika Serikat.
  5. Gracia Billy Mambrasar, CEO Kitong Bisa yang berasal dari tanah Papua. Pria berusia 31 tersebut adalah lususan S2 Australian National University (ANU) dan kini tengah menempuh pendidikan master lainnya di Oxford University.
  6. Angkie Yudistia, perempuan berusia 32 tahun ini adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sosiopreneur melalui Thisable Enterprise yang didirikannya. Presiden Jokowi meminta Angkie untuk menjadi juru bicara Presiden di bidang sosial.
  7. Aminuddin Maruf Aminuddin merupakan santri muda berusia 33 tahun. Ia pernah menjadi Ketua Umum PB Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016.

 

Tips Sukses Ala Putri Tanjung

Kesuksesan Putri Tanjung melalui Creativepreneur Event Creator sudah tercium oleh seantero Tanah Air.

Banyak lembaga edukasi yang tak jarang mengundangnya untuk memberikan motivasi bagi para milenial dan membagikan kiat-kiat suksesnya menjadi seorang entrepreneur muda.

Dalam sebuah acara Talkshow Milenial bertajuk Creativity Innovation Entrepreneurship di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Putri Tanjung berbicara tentang perkembangan industri yang kian melesat.

Kisah Sukses Putri Tanjung, Usia 23 Tahun Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jokowi Gaet 7 Staf Khusus Presiden dari Kalangan Milenial]

 

Ia menyampaikan bahwa di tahun 2020 mendatang diperkirakan ada 75 juta pekerjaan manusia yang akan digantikan dengan robot, berdasarkan data World Economic Forum 2019

Bertolak dari pernyataan tersebut, wanita lulusan S1 dari Academy of Art San Fransisco yang mengambil jurusan Multimedia Communication itu menyuarakan kepada para pendengarnya untuk mengubah pola pikir.

Menurutnya, pekerjaan akan hilang dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Dengan mengubah mindset atau pola pikir, anak-anak muda perlu memiliki creativity, innovation, dan collaboration. 

Dilansir dari CNBC Indonesia, Putri Tanjung dalam ulasan motivasinya juga memaparkan tentang perputaran pola pikir dengan 6 inovasi, yaitu:

  1. Improve (memperbarui/memperbaiki)
  2. Identify (mengidentifikasi)
  3. Ignite (menyalakan atau memulai)
  4. Investigate (memeriksa hasil)
  5. Invest (mulai berinvestasi dengan dana yang sudah disepakati)
  6. Implement (melaksanakan inovasi) yang berputar pada purpose (tujuan)

 

Dalam menjalankan perputaran pola pikir 6 inovasi itu membutuhkan proses yang tak jarang diselingi dengan kegagalan, sebuah pelajaran yang harus diterima.

Menurutnya, untuk menjadi sukses, anak-anak muda perlu mencintai proses

Dalam pesan sukses yang ia sampaikan, Putri Tanjung juga memberikan saran kepada anak muda untuk menjauhi 6 pola pikir yang membuat seseorang menjadi gagal, yaitu:

  1. Hero Mindset, yaitu pola pikir yang membuat orang bekerja sendirian tanpa mempedulikan sekitar.
  2. Order-Take Mindset, yaitu orang yang bekerja sesuai dengan arahan saja, tidak memiliki gebrakan dalam pekerjaannya.
  3. Waterfall Mindset, yaitu pola pikir menyerah duluan sebelum memulai atau mengambil langkah pertama.
  4. Role-Identification Mindset, yang hanya bekerja untuk memperlihatkan pencapaian peran mereka.
  5. Component Mindset yang hanya fokus pada pekerjaan yang ia pegang, tidak melihat orang lain.
  6. Quick & Dirty Mindset yang hanya memikirkan hasil akhir, bukan prosesnya.

 

Selanjutnya, Putri Tanjung yang baru diwisuda Bulan Mei 2019 yang lalu itu juga menjelaskan tentang 10 skills yang diperlukan di tahun 2020, antara lain: complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligence, judgment and decision making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibility.

Dari ke-10 skills tersebut, ia mengakui bahwa yang tersulit adalah mengelola emotional intelligence skill. Skill yang satu ini masih menjadi PR besar dalam dirinya. Intinya adalah jangan baper-an, menurutnya. Jika baper, harus segera pulih.

Pencapaian yang menakjubkan di usia muda bukan? Oh iya, Apakah Anda memiliki bisnis?

Jika iya, yuk kelola keuangan pribadi dan bisnis Anda dengan tepat.

Anda bisa memulainya dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini dengan GRATIS!

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantumu. 

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dipna Videlia Putsanra. 22 November 2019. Biografi Putri Indahsari Tanjung, Pengusaha Muda Staf Khusus Jokowi. Tirto.id – https://bit.ly/2EEjN2B
  • Rica Agustina. 21 November 2019. 7 Fakta Putri Tanjung Anak Chairul Tanjung, Jadi Staf Khusus Termuda Jokowi hingga Pernah Ditolak. Tribunnews.com – https://bit.ly/36RBBDH
  • Thea Fathanah Arbar. 2 Desember 2019. Ini Tips Jadi Entrepreneur Sukses Ala Putri Tanjung. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2S31Piq

 

Sumber Gambar:

  • Putri Indahsari Tanjung 1 – http://bit.ly/2MFaofG
  • Putri Indahsari Tanjung 2 – http://bit.ly/37gC9Dl
  • Putri Indahsari Tanjung 3 – http://bit.ly/2Qs8Irb