Tak heran jika sang CEO Gojek, Nadiem Makarim, akhirnya terpilih menjadi Menteri Mendikbud periode 2019 – 2024.

Nyatanya Nadiem Makarim terapkan sejumlah kunci sukses hingga berani melepaskan “anaknya”, Gojek yang berhasil jadi decacorn.

Penasaran dengan kunci sukses Nadiem Makarim? Berikut ini ulasan selengkapnya. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inspirasi Sukses Nadiem Makarim

Nadiem Makariem sudah menentukan pilihan untuk meninggalkan jabatannya sebagai CEO di Perusahaan Gojek yang mengangkat namanya dan kini memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo untuk mengemban amanah rakyat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024.

Pria berusia 35 tahun ini menjadi menteri termuda di jajaran kabinet kerja Presiden Jokowi Jilid 2 dan banyak orang menyoroti nama Nadiem Makarim setelah kesuksesannya membawa Gojek menjadi perusahaan decacorn.

Nadiem Makarim 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?]

 

Publik menyambut antusias atas dimulainya kinerja para menteri yang akan menolong Presiden Jokowi membawa Bangsa Indonesia pada kemajuan yang pesat dalam periode kepemimpinannya ini, terutama Nadiem Makarim yang ditunjuk sebagai Mendikbud.

Banyak inspirasi sukses dari sosok Nadiem Makarim sehingga ia dilirik oleh Presiden Jokowi menjadi salah satu menteri yang menolongnya.

 

Tiru Ide Sukses Nadiem Makarim

Simak inspirasi sukses yang bisa kita dapatkan dari Nadiem Makarim berikut ini, yaitu:

 

#1 Peka Pada Lingkungan Sekitar

Inspirasi terkadang bisa muncul dari lingkungan sekitar kita, sama seperti inspirasi sukses yang didapatkan oleh Nadiem Makarim.

Mantan Co-founder Zalora Indonesia ini mendapatkan inspirasi sukses ketika ia sedang bercengkerama dengan seorang tukang ojek yang ia gunakan jasanya.

Kala itu, Nadiem Makarim suka menggunakan ojek sebagai moda transportasi untuk aktivitas kesehariannya.

Dalam perbincangannya tersebut, sang tukang ojek bercerita bahwa sebagian besar waktu yang ia habiskan sering digunakan untuk menunggu penumpang di pangkalan sambil menunggu giliran sesama pengojek lainnya.

Cerita sang ojek menginspirasi Nadiem Makarim dan membuatnya punya ide cemerlang untuk menciptakan sebuah bisnis moda transportasi berbasis digital dan dapat diakses secara online.

Berawal dari kepekaan pada lingkungan inilah Nadiem Makarim memulai bisnis sukses perusahaan Gojek yang dikenal masyarakat luas melalui aplikasi Gojek dengan berbagai fitur yang sangat membantu para pelanggannya.

Nadiem Makarim 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mulai Main Saham Untuk Pelajar dan Mahasiswa? Dengerin Nasihat Warren Buffett, Investor Saham Tersukses Di Dunia]

 

Tahukah Anda bahwa selain Aplikasi Gojek yang membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya, ada Aplikasi Finansialku yang bisa menolong Anda dalam mengatur keuangan pribadi menjadi lebih efisien dan merencanakan masa depan finansial lebih baik?

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Dapatkan juga fasilitas curhat tanpa batas dengan Konsultan Perencana Keuangan Finansialku dengan menjadi Anggota PREMIUM Aplikasi Finansialku dan dapatkan berbagai solusi sukses untuk merencanakan masa depan finansial Anda.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium selama satu tahun agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Gunakan saja fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi kapan pun dan di mana pun.

 

#2 Sabar Saat Merangkak Dari Nol

Berawal dari 20 mitra driver dan melakukan promosi dari keluarga dekat hingga kerabat, Nadiem Makarim membangun Perusahaan Gojek dari nol.

Layaknya seorang anak yang tumbuh dari bayi, demikian gojek ia anggap sebagai anak sendiri dan diberi segala yang terbaik termasuk kesabaran untuk membawa Gojek merangkak dan melompat hingga kini digadang-gadang menjadi perusahaan senilai decacorn.

Mundur dari CEO Gojek, Nadiem Makarim Jadi Menteri Jilid 2_ 02

[Baca Juga: Apakah Anda Tipe Investor yang Terlalu Percaya Diri? Kenali Gejala “Overconfidence Bias” agar Investasi Anda Aman!]

 

Menteri Mendikbud yang dipilih Presiden Jokowi secara langsung ini mengaku bahwa dirinya mengetahui apa yang diperlukan bagi masa depan anak-anak bangsa dan semakin mantab dalam menginspirasi publik, terutama anak-anak muda dalam membangun usaha mereka dengan sabar.

Kesabaran Nadiem Makarim pun terbukti melalui penghargaan dari Majalah Fortune tahun 2017 atas perusahaan yang ia telurkan berhasil dinobatkan sebagai 50 perusahaan yang mengubah dunia.

 

#3 Senang Belajar

Nadiem Makarim termasuk sosok yang menghargai waktu untuk belajar dan seluruh hidupnya ia dedikasikan untuk terus belajar, menambah pengalaman, dan berinovasi.

Tak sia-sia perjalanan studinya semenjak bangku SMA di Singapura kemudian melanjutkan studi jenjang sarjana di International Relations di Brown University, Amerika Serikat, hingga merampungkan studi master-nya di Harvard University Business School.

Banyak pengalaman berharga yang ia dapatkan dan ia bersyukur juga dapat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics yang menambah wawasannya dalam berbisnis.

Nadiem Makarim Mundur dari CEO Gojek, Pasti Jadi Menteri_ 01

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Keuangan untuk Wanita Karir yang Mau Sukses Seperti Anda?]

 

Tak hanya ketika di bangku sekolah dan kuliah, Nadiem Makarim dalam perjalanan memulai bisnis sempat mengalami jatuh bangun dan keluar masuk beberapa posisi di beberapa perusahaan yang membuatnya melihat berbagai kesempatan serta peluang.

Inilah kesempatannya untuk terus belajar dan ia tidak membuang waktu untuk tidak menggunakan peluang hebat itu.

Dalam perjalanan bisnisnya, ia sempat belajar dalam bidang riset dan konsultasi di perusahaan berskala global – McKinsey dan berkesempatan mendapat pengalaman untuk mengembangkan Lazada Indonesia serta menduduki posisi sebagai Managing Director Zalora.

 

#4 Memfokuskan Diri Pada Solusi, Bukan Janji

Permasalahan macetnya ibukota dan beberapa kota besar di Tanah Air memang sudah menjadi masalah klasik yang hampir di setiap pemerintahan kota daerah selalu menjadi polemik.

Nadiem Makarim tidak fokus pada janji pemerintah dengan setiap regulasi yang dibuat tetapi pada pencarian solusi untuk menanggulangi masalah yang sudah pelik.

Menanggapi masalah kemacetan, Nadiem Makarim menolong pemerintah dan terutama masyarakat dalam memecahkan masalah tersebut.

Tak Mau Kalah, Gelar Decacorn Kini Sudah Dalam Genggaman Gojek 02 Nadiem Makarim - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pusing Memikirkan Biaya Persalinan! Ini Dia Kiat Sukses Menyiapkan Biaya Persalinan Normal]

 

Dengan banyaknya masyarakat menggunakan transportasi umum seperti ojek online, angka kemacetan pun menurun.

Selain itu, para pelanggan dapat memesan ojek dimanapun dan kapanpun dengan tarif yang sudah fixed tanpa harus ada tawar menawar, ditambah lagi pelanggan tak perlu pergi ke pangkalan ojek karena ojek online akan menemukan mereka sesuai dengan titik temu di aplikasi.

 

#5 Cari Peluang Hingga ke Lapangan

Tak heran jika Presiden Jokowi memilihnya sebagai Mendikbud karena cara kerjanya yang suka “blusukan” untuk mencari data suara para tukang ojek ketika membangun usaha ojek online-nya dari nol.

Perjalanannya dalam mengembangkan Gojek tidaklah mudah. Nadiem Makarim bahkan harus turun tangan menawarkan kerja sama dengan tukang ojek yang ada di lapangan untuk bergabung dalam perusahaannya.

Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri Gojek - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Dari 10 karyawan dan 20 pengemudi di tahun 2010, 8 tahun kemudian Gojek memiliki 1 juta pengemudi Gojek & Gocar yang tersebar di seratus kota di Tanah Air.

Berkat keluwesannya dalam bergaul, berjejaring dengan para tukang ojek, menggali informasi serta terjun langsung ke lapangan untuk melihat lebih dekat demi mencari solusi dan peluang, kita dapat merasakan setiap fitur layanan canggih dan well service dari aplikasi Gojek.

 

#6 Tak Mudah Berpuas Diri

Setelah sukses menjawab masalah publik tentang kemacetan, lantas tak membuat pria yang masuk dalam 150 orang terkaya di Asia versi majalah Growth ini berpuas diri begitu saja.

Nadiem Makarim berinovasi melalui layanan pengantaran makanan melalui fitur Go-Food, layanan pengantaran barang melalui fitur Go-Send, layanan pijit Go-Massage, Go-Glam, Go-Clean hingga layanan e-wallet-nya, Go-Pay.

Meski perusahaannya sudah dikenal sebagai perusahaan yang berskala besar, Nadiem Makarim mengaku tetap menanggap Gojek sebagai perusahaan rintisan.

Tak Mau Kalah, Gelar Decacorn Kini Sudah Dalam Genggaman Gojek 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Franchise Sukses, Gian Pizza Berhasil Bertahan Selama Lebih dari 10 Tahun]

 

Seperti yang pernah ia sampaikan melalui wawancara bersama Mata Najwa dalam episode Republik Digital,

Mindset yang selalu ditanamkan adalah perusahaan kecil yang gesit, sensitif terhadap kompetisi, dan selalu berinovasi.”

 

Itulah sebabnya Gojek kini tidak hanya menjadi solusi moda transportasi di Tanah Air tetapi juga di beberapa negara di Asia Pasific, yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia & Filipina.

Seperti yang dikutip dari The Straits Times, Nadiem Makarim menuturkan bahwa “The sky’s the limit for Go-Jek.”

Inilah yang membuat Gojek tidak pernah merasa takut untuk tersaingi dan terus berinovasi untuk menjadi lebih baik.

 

Manfaatkan dan Maksimalkan Kesempatan yang Ada

Tidak ada kesuksesan yang instan, seperti kesuksesan Nadiem yang membutuhkan proses panjang.

Meski begitu, Nadiem Makarim selalu memaksimalkan seluruh kemampuan juga kesempatan yang ia miliki.

Ia pun selalu ingin terus berusaha untuk memperbaiki yang ada pada dirinya dengan belajar, dan belajar, tanpa pernah berputus asa, ataupun menyerah.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Inspirasi sukses apa yang Anda dapatkan dari seorang Nadiem Makarim? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang terdapat di bawah ini! Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Things We Learnd from Nadiem Makarim. Instagram.com – https://bit.ly/2MFSIkE
  • Admin. Kisah Inspiratif Sang Pendiri Gojek – Nadiem Makarim. Sepositif.com – https://bit.ly/361yGIY
  • Admin. 23 Oktober 2019. Nadiem Makarim, dari Ojek Online Jadi Menteri Pendidikan. CNNIndonesia.com – https://bit.ly/2oWVtVL
  • Defrina Sukma. 9 September 2018. 8 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari CEO Go-Jek. IDNTimes.com – https://bit.ly/2W7OLrY
  • Suci Febriastuti. 23 Oktober 2019. Jabat Mendikbud, Nih Pelajaran Hidup Nadiem Makarim yang Bisa Jadi Panutanmu!. Minews.id – https://bit.ly/3634oFw

 

Sumber Gambar:

  • Nadiem Makarim 1 – http://bit.ly/32VnYls
  • Nadiem Makarim 2 – http://bit.ly/2BPNdJU
  • Nadiem Makarim 3 – http://bit.ly/2JrZqsw