Memulai bisnis dari nol merupakan suatu tantangan yang perlu dihadapi para calon pengusaha untuk bisa meraih kesuksesan.

Namun, agar tidak menghadapi jatuh bangun yang menyakitkan, ternyata ada 7+ tips praktis yang bisa dilakukan lho!

Apa saja tips praktis tersebut? Cek daftarnya di artikel Finansialku yang satu ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Memulai Bisnis dari Nol: Butuh Kerja Keras dan Kesabaran

Keterbatasan modal seringkali jadi faktor penghalang untuk membuka usaha. Belum lagi tantangan yang harus dihadapi seakan menjadi momok menakutkan bagi pengusaha. Padahal banyak orang bermimpi menjadi pengusaha sukses.

Sayang cuma sedikit yang bertahan dan merintis mimpi tersebut. Mereka enggan merintis usaha dari nol, mengingat butuh kerja keras dan ekstra sabar.

Merintis usaha dari nol memang butuh perjuangan dan waktu yang tidak sebentar. Banyak pengusaha yang tidak tahan dengan proses panjang tersebut.

Tak jarang mereka memilih berhenti di tengah jalan dan tak melanjutkan perjuangan. Padahal semua proses tersebut dibutuhkan untuk menempa dirinya lebih berhasil lagi.

Siap menghadapi tantangan dan hambatan jadi modal penting para pengusaha. Tekad dan keyakinan kuat harus dipupuk sedari awal.

Banyak kasus pengusaha gagal berawal dari kesalahan diri sendiri. Entah itu disebabkan oleh kurangnya belajar atau salah membaca peluang.

Lantas, apa tips pengusaha sukses yang memulai dari nol?

 

Wajib Tahu! Inilah 7+ Tips Praktis Memulai Bisnis dari Nol

Mengelola usaha sebenarnya tidaklah serumit yang dibayangkan. Setiap orang bisa merintis usahanya masing-masing. Potensi berkembang dan membuka peluang pekerjaan juga terbuka lebar.

Hanya saja memang dibutuhkan persiapan matang, mental baja, serta keseriusan. Untuk mencapai kesuksesan, ada tips yang bisa ditiru oleh pengusaha pemula, yaitu sebagai berikut.

 

Tips Memulai Bisnis dari Nol 1: Memilih Jenis Usaha

Langkah pertama, tentukan usaha yang akan dibuka. Anda bisa memperhatikan tren yang tengah berkembang. Selain itu, pertimbangkan juga minat diri sendiri. Apakah tren dan minat berjalan seiring?

7+ Tips Praktis Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Berhasil Memulai Bisnis Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan]

 

Jika tidak, ada baiknya memperhitungkan prospek jangka panjang. Hindari jenis usaha yang booming sementara. Biasanya usaha yang sesuai minat akan bertahan lama daripada sekedar mengikuti alur.

 

Tips Memulai Bisnis dari Nol 2: Atur Diri Sendiri

Usaha yang sukses berasal dari disiplin diri yang tinggi. Banyak pengusaha besar yang keras pada dirinya sendiri demi mengembangkan usaha. Belajar dari kisah hidup mereka, Anda bisa mulai mengatur diri sendiri.

Buatlah daftar pekerjaan berkala dan cek satu per satu. Tandai pekerjaan yang sudah selesai dan belum. Anda akan lebih mudah mengelola serta mengembangkan usaha sendiri.

7+ Tips Praktis Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Mengelola Bisnis Waralaba Agar Semakin Berhasil Di Tahun 2019]

 

Cara ini juga efektif membantu Anda menguasai diri sendiri. Saat terjadi masalah di lingkungan kerja atau usaha Anda, semuanya lebih mudah dilalui.

Tidak ada drama yang tercipta hanya karena kondisi tersebut. Pastinya Anda juga lebih mudah menuju kesuksesan di depan mata.

 

Tips Memulai Bisnis dari Nol 3: Terus Belajar

Jangan pernah malu belajar dari orang lain, apalagi dari pengusaha sukses. Setiap pengusaha punya cerita sukses dan tantangannya masing-masing. Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran.

Mulailah terbuka dengan saran dan kritik dari orang lain. Bisa jadi pandangan mereka bermanfaat bagi usaha Anda. Sisihkan pula waktu Anda untuk berdiskusi dengan orang-orang sukses.

 

Tips 4: Memperbaiki Diri dari Kegagalan

Orang yang sukses adalah mereka yang mau belajar dari kesalahan. Tidak ada usaha yang berjalan mulus, pasti ada kerikil tajam di tengah perjalanan. Anda harus bisa memperbaiki kesalahan yang mengakibatkan usaha gagal.

Cari tahu apa penyebab kegagalan tersebut dan perbaiki sebaik mungkin. Usahakan untuk tidak meniru model usaha orang lain. Buatlah sesuatu yang berbeda dan inovatif, supaya usaha Anda bisa berkembang.

Anda punya 2 pilihan dalam menghadapi kegagalan, mundur atau maju. Bila Anda memilih maju, maka Anda harus siap dengan kegagalan di depan.

Kalau Anda pilih mundur, maka selamanya Anda gagal menaklukkan ketakutan diri sendiri. Jadi, persiapkan diri sematang mungkin untuk bisa mengembangkan usaha. Bukan malah berhenti di tengah jalan dan berakhir pada penyesalan.

 

Tips 5: Perkuat Konsep Usaha

Investor punya pertimbangan ketat sebelum berinvestasi. Mereka melihat berbagai aspek sebelum mengucurkan dana segar pada satu usaha.

Anda harus paham betul kondisi tersebut dari awal. Untuk itu, kenalkan konsep usaha yang unik dan kreatif.

Yakinkan para investor bahwa usaha Anda benar-benar bagus dan punya peluang besar untuk sukses. Kalau perlu, mulai usaha dari modal kecil sebagai pembuktian.

7+ Tips Praktis Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses 04 - Finansialku

[Baca Juga: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis]

 

Setelah usaha tersebut Anda lakukan, biarkan investor menentukan pilihan. Upaya Anda hanya memperkenalkan dan meyakinkan para investor. Selebihnya, biarkan mereka yang mencari Anda.

Dengan begini, mereka akan lebih profesional dalam menjalin kerjasama. Anda juga tak akan merasa ditekan saat mengembangkan usaha.

 

Tips 6: Selalu Fokus

Seringkali kegagalan membuat seseorang berputar arah. Mental yang tidak kuat dan hilangnya keyakinan untuk sukses jadi penyebab utama.

Pengusaha pemula juga sering kehilangan fokus ketika menghadapi kegagalan. Jalan pintas pun dipilih, yakni meninggalkan usaha yang telah dirintis.

Padahal kegagalan bukanlah akhir dari usaha, tapi upaya menempa mental diri sendiri. Guna membantu Anda lebih fokus, buatlah catatan khusus tentang hal tersebut.

Catat apa saja hal yang dapat merusak fokus. Setelah itu, introspeksi dan lakukan perbaikan untuk mengatasi hal tersebut.

 

Tips 7: Atur Keuangan

Kebanyakan pengusaha pemula tergiur dengan untung yang didapat. Mereka seringkali tidak mengatur keuangan dan membuat dana cadangan. Keuntungan biasanya digunakan secara serampangan sampai tak bersisa.

Agar Anda tak menyesal, cobalah atur keuangan dan sisihkan sebagai dana cadangan. Uang tersebut bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu, terutama saat usaha Anda mengalami kegagalan.

4 Tips Manajemen Keuangan Keluarga Bagi Masa Depan Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Tahukah Anda aplikasi Finansialku hadir untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan, baik itu keuangan pribadi maupun bisnis? Ya. Aplikasi Finansialku hadir untuk Anda yang juga ingin membuka sebuah usaha.

Anda dapat mengkonsultasikan keuangan Anda sebelum, selama, bahkan ketika Anda sudah menutup usaha hingga menyisakan utang, dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Download aplikasinya secara gratis di Google Play Store dan upgrade akun Anda ke mode premium seharga Rp350 ribu untuk satu tahun penuh dan dapatkan konsultasi bebas di mana pun.

Klik banner di bawah ini untuk bergabung!

 

Tips 8: Promosi

Usaha yang sukses tentunya harus dikenal oleh banyak orang. Supaya usaha Anda sukses, lakukan promosi secara berkala. Sesuaikan jenis promosi dengan usaha yang Anda miliki.

Pastikan promosi tersebut dapat menyasar target pasar yang tepat. Dengan begini, Anda bisa lebih nyaman merintis usaha serta memasarkan produk maupun jasa.

 

Pebisnis Harus Yakin dan Konsisten dengan Usahanya

Merintis usaha dari nol memang butuh usaha ekstra. Sebagai pengusaha pemula, Anda bisa mengikuti tips di atas untuk mengembangkan usaha.

Konsisten dan kuatkan niat agar bisa menjadi pengusaha yang sukses. Semua pengusaha sukses pastinya bermula dari nol, tidak ada yang tiba-tiba sukses.

Bekali diri dengan ilmu bisnis dan jangan pernah malas untuk belajar. Nah, mulailah aplikasikan tips-tips tersebut untuk mengembangkan bisnis pribadi. Bila perlu, tambahkan inovasi baru untuk menggaet konsumen baru.

Dengan begini, usaha akan tetap berjalan dan peluang suksesnya jauh lebih besar. Maka dari itu, jangan pernah menyerah di tengah jalan. Bisa jadi kesuksesan Anda tinggal selangkah lagi.

 

Sudah siap melakukan 7+ hal di atas untuk menjadi sukses?

Jangan biarkan artikel bermanfaat ini berhenti pada Anda!

Anda dapat menjadi pahlawan bagi rekan-rekan yang membutuhkan informasi berharga ini dengan membagikan artikel ini kepada mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Dhita Koesno. 2 Februari 2017. 7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses. Liputan6.com – http://bit.ly/2kCLwuj
  • Jonathan. 10+ Cara Memulai Usaha Baru Sendiri Bagi Pemula dari Nol Hingga Sukses. Maxmanroe.com – http://bit.ly/2kai92d

 

Sumber Gambar:

  • Tips Praktis Memulai Bisnis 1 – http://bit.ly/2mbwZq5
  • Tips Praktis Memulai Bisnis 2 – http://bit.ly/2lMMiW0
  • Tips Praktis Memulai Bisnis 3 – http://bit.ly/2kayST4
  • Tips Praktis Memulai Bisnis 4 – http://bit.ly/2lMMoNm

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG