Ilustrasi: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?

Mengapa ada orang sukses dan orang yang kurang sukses? Terbukti orang sukses punya cara sendiri dalam membuat rencana lho.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda membuat rencana layaknya orang sukses? Jika belum, simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Ilustrasi: Orang Sukses vs. Kurang Sukses

Mengapa di dunia ini ada orang yang sukses dan kurang sukses? Mengapa tidak semuanya sukses?

Sesungguhnya setiap manusia memiliki bekal awal yang sama untuk menjadi sukses. Apakah bekal awal yang dimaksud? Bekal tersebut sangatlah sederhana, yaitu: PIKIRAN atau bisa disebut juga aset intelektual.

Sebagai ilustrasi, cobalah lihat gambar berikut ini:

Ilustrasi Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Tampak bahwa dua orang tersebut memiliki pikiran yang berbeda saat membuat rencana, dimana orang kaya yang mengenakan baju rapi tampak melihat dunia, artinya beliau melihat segala sesuatunya secara luas. Dan luasnya pandangan ini tentu dilengkapi dengan kekayaan intelektual yang luas juga.

Sedangkan orang miskin yang mengenakan baju compang camping tampak memandang jeruk saja dalam memikirkan rencananya. Artinya beliau melihat segala sesuatu secara sempit. Hal ini umum disebabkan keterbatasan kekayaan intelektualnya.

Pakaian yang dikenakan kedua bapak itu juga sangat menggambarkan bahwa mereka yang berpikiran luas memiliki kecenderungan untuk sukses (berpakaian rapi dilengkapi dengan jas dan dasi), sedangkan mereka yang berpikiran sempit cenderung hidup kurang sukses (berpakaian compang-camping).

Tampak bahwa pikiran betul-betul memegang peranan penting dalam jalan menuju kesuksesan. 90% kesuksesan bukan bergantung pada warisan dan isi dompet, namun kekuatan ide dan pikiran Anda.

Selama Anda memanfaatkan pikiran Anda dengan maksimal, maka Anda sudah memiliki aset terpenting untuk membuat rencana menuju kesuksesan.

Nah, kini Finansialku mengajak Anda bersama-sama melihat cara orang sukses membuat rencana.

 

Orang Sukses dalam Membuat Rencana

Siapa bilang orang sukses itu beruntung? Siapa bilang orang sukses itu tidak pernah mengalami kegagalan? Siapa bilang orang sukses itu bisa kaya karena warisan?

Cobalah ingat-ingat bagaimana awal mula Henry Ford yang awalnya hanya anak seorang petani bisa menjadi pebisnis otomotif sukses.

 

Henry Ford yang lahir pada 30 Juli 1863 di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat ini bertumbuh dengan menaruh perhatiannya yang besar terhadap berbagai mesin-mesin yang ada pada waktu itu.

Namun demikian, ayahnya lebih menginginkan anaknya untuk menjadi petani seperti ayahnya dan meneruskan berbagai usaha pertanian dari ayahnya.

Awalnya beliau bekerja di sebuah pabrik di kota dengan gaji US$2,5 seminggu, namun gaji itu tidak dapat menutupi kebutuhannya. Sehingga Ford menambah pekerjaan ekstra sebagai pelayan ada sebuah toko permata dengan penghasilan tambahan sebesar US$2.

Melihat hidupnya yang sulit dengan keuangan yang terbatas, Ford mulai membuat rencana untuk menghasilkan uang lebih banyak. Ia sadar tidak dapat terus bekerja seperti ini untuk bisa sukses.

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Ford kemudian merencanakan untuk memaksimalkan kecintaannya akan dunia pemesinan dengan cara membuat mesin traktor yang dapat bekerja membajak di ladang, untuk memajukan usaha pertanian ayahnya.

Setelah itu, beliau juga berhasil membuat kereta kuda di Detroit melalui hasil kerja kerasnya di perusahaan lampu Edison.

Walaupun kereta kuda itu masih banyak kekurangan, dirinya membuktikan rencananya bisa sukses dengan menjadi tokoh revolusi transportasi dan industri di Amerika.

Dialah pendiri Ford Motor Company dan sponsor dari pengembangan teknik perakitan produksi massal. 

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Dari pengalaman itulah kita bisa belajar bahwa tidak semua orang sukses lebih beruntung dan lebih kaya karena bermodalkan warisan.

Namun mereka hanya berani MEMBUAT RENCANA NYATA dengan cara berpikiran luas dan jauh ke depan.

Berhentilah bekerja keras seumur hidup tanpa sempat menikmati kesuksesan. Belum terlambat untuk membuat rencana demi masa depan Anda. Ingatlah bahwa hidup masih panjang.

Mereka yang berhasil lepas dari pola pikir umum bisa keluar dari lingkaran kehidupan normal dan membuat rencana layaknya orang sukses. Anda juga bisa menjadi salah satunya!

Apabila Anda bingung dari mana harus memulai untuk membuat rencana, simak cara membuat rencana dalam menuju kesuksesan berikut ini.

 

Cara Membuat Rencana dalam Menuju Kesuksesan

Tanpa sebuah perencanaan, Anda akan bangun di pagi hari tanpa sebuah tujuan yang ingin Anda capai. Orang-orang yang sukses dalam hidupnya, kebanyakan meluangkan waktu sejenak untuk merencanakan kegiatan keesokan harinya, sehingga saat terbangun dirinya sudah memiliki tujuan yang jelas.

Hidup memang tidak selalu sesuai dengan rencana, namun dengan sebuah rencana, Anda dapat menyesuaikannya tanpa kehilangan momentum. Nah, mari melihat seperti apa cara membuat rencana dalam menuju kesuksesan:

 

#1 Manfaatkan Waktu dengan Baik

Hampir semua manusia lahir dan menjalani tahapan kehidupan yang sama. Mulai dari bayi, balita, remaja, dewasa, hingga manula.

Meski tidak ada yang bisa memprediksi waktu kita di dunia ini, kita tetap harus bisa memanfaatkan setiap waktu secara maksimal.

Membuat rencana pun demikian, rencana yang baik tidak akan bisa muncul hanya dalam semalam. Rencana yang baik merupakan hasil pemikiran panjang tentang apa yang Anda anggap penting dalam hidup dan ingin dicapai.

Oleh karena itu, jangan khawatir jika Anda belum mengetahui apa tujuan hidup dan bagaimana rencana hidup Anda. Kini mulailah luangkan waktu sejenak di tengah kesibukan untuk mulai memikirkan tentang hal ini.

Dengan memanfaatkan waktu secara maksimal, tentu Anda bisa mulai merencanakan kehidupan dan masa depan Anda.

 

#2 Belajar dari Sang Ahli

Saat Anda ingin belajar menari, tentu Anda akan belajar dari penari. Saat Anda ingin ahli bermain basket, sebaiknya Anda belajar dari pemain basket.

Hanya dengan belajar dari sang ahli Anda bisa mempelajari celah-celahnya. Sang ahli yang dimaksud disini bukanlah ahli teori saja, namun seseorang yang sudah pernah mengalami, sudah memiliki pengalaman dari beberapa kegagalan dan berhasil mengatasinya.

Karena teori hanya mengajarkan apa yang harus dilakukan, namun tidak mengajarkan bagaimana mengatasi sebuah kegagalan.

TTS Kenali Istilah Reksadana Sebelum Anda Investasi 01 Belajar di Perpustakaan - Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Nah, dengan belajar dari sang ahli, Anda akan terbimbing dalam mengembangkan rencana-rencanamu dan memastikan Anda tetap pada rencana itu.

 

#3 Menentukan Tujuan yang Realistis

Apakah yang membedakan satu orang dan lainnya sehingga bisa menjadi sukses?

Para miliarder sukses mengungkapkan bahwa faktor pendorong terbesar dalam kesuksesannya yang membedakannya dari orang lainnya adalah keinginan besar untuk sukses dan kaya.

Keinginan inilah yang menjadi tujuan yang mendorongnya untuk mempelajari banyak strategi demi mencapai kekayaan.

Namun tujuan mereka bukanlah hanya “menjadi sukses dan kaya” semata. Mereka jauh lebih realistis dan memulai sebuah rencana dari hal yang mungkin dicapai.

Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda 02 To Do List - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Sebagai contoh, biasanya mereka akan mulai dengan suatu angka tertentu saat memulai bisnisnya. Misalkan pemilik kedai kopi memiliki target untuk mencapai omzet Rp20 juta per bulannya.

Setelah bisa mencapainya dengan jangka waktu yang ditentukan, mereka tidak akan puas dan berhenti disitu. Mereka kemudian akan meningkatkan targetnya sedikit demi sedikit.

Dengan membuat tujuan yang nyata dan realistis, Anda akan lebih termotivasi dan merasakan puasnya saat bisa mencapainya.

 

#4 Memiliki Lingkungan yang Mendukung

Pernahkah Anda mendengar pepatah “Bersatu kita utuh, bercerai kita runtuh”?

Jujur saja, saat Anda ingin menjadi orang sukses, Anda juga perlu berada di lingkungan yang mendukung cita-cita Anda ini.

Misalnya, saat Anda memiliki kedai kopi, Anda perlu memiliki tim yang juga menginginkan kesuksesan kedai kopi tersebut. Jika tidak demikian, akan sulit bagi Anda untuk meraih tujuan kesuksesan.

Mengapa demikian?

Para HR, Kenali Konsep Personalia dan Pegawai 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Bayangkan saja, sebagai pemilik kedai kopi, tim Anda lah yang akan menciptakan sistem. Baik sistem pemasaran, pelayanan, keuangan, dan sebagainya. Saat salah satu bagiannya gagal menjalankan fungsi karena kurangnya motivasi, maka bagian lain bisa terpengaruh dengan mudahnya.

Sebagai contoh, saat tim pemasaran gagal memasarkan kopi Anda. Tidak peduli seberapa enaknya kopi Anda, orang-orang tidak akan mengenal kopi Anda. Akhirnya, kesuksesan melayang begitu saja.

Oleh karena itu, pilih tim dan bangunlah sebuah lingkungan yang mendukung bisnis atau pekerjaan Anda. Dengan demikian Anda bisa bersama-sama meraih tujuan.

 

#5 Bertanggung Jawab atas Diri Sendiri

Ayah kaya dari Robert Kiyosaki pernah berkata, “terlepas dari kau bekerja untuk orang lain atau dirimu sendiri, jika kamu ingin kaya raya, kamu harus sudah memikirkan bisnismu sendiri.”

Dengan kata lain, Anda harus bertanggung jawab atas kesuksesan Anda sendiri dan tidak bergantung pada orang lain dalam meraih kesuksesan.

Saat Anda terus menerus bekerja kepada orang lain, bisa dibilang hidup Anda bergantung kepadanya.

Apabila suatu hari Anda di-PHK atau perusahaan bangkrut, Anda tidak bisa berbuat apa-apa.

Beda halnya saat Anda memegang nasib Anda 100%, Anda bisa mengupayakan yang terbaik saat meraih kesuksesan. Kesuksesan Anda berada di tangan Anda sepenuhnya.

Artinya, tidak ada yang bertanggung jawab akan hidup Anda selain diri Anda sendiri, tidak ada yang akan membantu Anda untuk menjadi sukses selain diri Anda sendiri.

Jadi, selalu bertanggung jawablah atas diri Anda sendiri.

 

Bagaimana Dengan Anda?

Kesimpulannya, setiap orang tidak berbeda, semua memiliki bekal yang sama dalam mencapai kekayaan, yaitu “pikiran” atau “aset intelektual”. Kini keputusan berada di tangan Anda, apakah Anda ingin menjadi seseorang yang membuat rencana ke depan atau hanya menjalani hari demi hari seadanya?

Jika Anda juga ingin menjadi seperti Henry Ford, maka kunci pertama adalah dengan duduk dan membuat rencana untuk mengubah kehidupan Anda menjadi lebih baik.

Inilah mengapa terkadang orang malas bisa lebih sukses dari mereka yang giat. Karena orang malas selalu membuat rencana untuk memudahkan hidupnya, sedangkan orang giat hanya terus bekerja keras dalam pekerjaannya tanpa memikirkan masa depannya.

Bagaimana, apakah Anda juga mau mulai membuat rencana demi meraih kesuksesan? Anda yang memutuskan!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai orang sukses yang mempunyai cara sendiri dalam membuat rencana lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kiki Pinem. 5 Langkah Menyusun Rencana Untuk Kesuksesan – Oleh Robert Kiyosaki. Gen20.xyz – https://goo.gl/v5Ptiw

 

Sumber Gambar:

  • Orang Sukses Membuat Rencana – https://goo.gl/FfU9MZ
  • Membuat Rencana – https://goo.gl/vQX4mv

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Ilustrasi: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?
Article Name
Ilustrasi: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?
Description
Mengapa ada orang sukses dan orang yang kurang sukses? Terbukti orang sukses punya cara sendiri dalam membuat rencana lho.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

2 Comments

  1. Adis Chanif Samurin 11 March 2018 at 01:12 - Reply

    Salam kenal min,saya punya pertanyaan dalam perencanaan pengelolaan keuangan saya.

    • Finansialku
      Finansialku 12 March 2018 at 10:17 - Reply

      Hi Pak Adis Chanif Samurin
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com

      Menjawab pertanyaan Anda:
      Pak untuk pertanyaan yang sifatnya personal dan tidak ingin diketahui publik, Bapak dapat mendownload Aplikasi Finansialku.
      Gunakan fitur Tanya Jawab dan arahkan kepada perencana keuangan kami.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment