Masih berbicara seputar Imlek 2021, kali ini kita akan berbicara mengenai topik “Bijakkah Menggunakan Kartu Kredit Untuk Kebutuhan Imlek?”.

Bersama saya, Robby Christy S.Kom., CFP®, yuk kita cari tahu kebenarannya di mata seorang CFP.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bijak Gunakan Kartu Kredit Saat Imlek

Kartu kredit memang sebuah kartu sakti yang kerap kali bisa jadi andalan tapi jika digunakan dengan cara yang bijak dan memiliki mindset yang benar dalam penggunaannya.

Sebaliknya, jika menggunakan kartu kredit dengan tidak bijak, tentu malah membawa malapetaka bagi penggunanya itu sendiri.

Menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek, apalagi dalam masa pandemi seperti ini, ada orang-orang yang menggunakan kartu kredit sebagai salah satu pilihan dalam mencukupi kebutuhan dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Sekali lagi, jika digunakan dengan bijak, tentu kartu kredit akan sangat menolong. Berikut ini beberapa tips bijak dalam menggunakan kartu kredit yang bisa kita terapkan menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek.  

Gunakan Kartu Kredit Untuk Rayakan Imlek 2021_ Baikkah_ 02

[Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Menyambut Tahun Baru Imlek 2021!]

 

#1 Pahami Cara Kerja Kartu Kredit

Meski kartu kredit memang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi, namun kita sebagai user atau pengguna perlu lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan kartu sakti ini.

Seperti yang kita ketahui, pengguna kartu kredit akan diberikan berbagai kemudahan dalam melakukan cicilan jangka pendek ataupun panjang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, fasilitas ini dapat dilakukan kapan saja asalkan limit-nya masih ada.

Tips bijak pertama dalam menggunakan kartu kredit adalah sadari akan minimum payment dalam pembayaran tenor kartu kredit.

Anda disarankan untuk menghindari minimum payment karena bunga yang menggulung akan membuat tagihan semakin membesar.

Misalnya jika Anda melakukan pinjaman sebesar Rp 1.000.000, maka tagihan bisa semakin menggulung hingga berkali-kali lipat hingga jumlah total yang harus dibayar Rp 50 juta misalnya.

Sebaiknya, Anda membayar tagihan kartu kredit sebesar tagihan yang harus dibayar dan jangan merasa di atas awan karena mendengar fasilitas minimum payment dari fasilitas yang diberikan.

Ketahui kartu kredit secara lengkap dengan FAQ Kartu Kredit.

 

#2 Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Kita harus menyadari bahwa menggunakan kartu kredit bisa diartikan sebagai berutang.

Meski ada fasilitas pinjaman 0% bahkan berbagai reward dan poin yang diberikan, tetap saja penggunaan kartu kredit artinya meminjam dana kepada pihak bank dan Anda memiliki kewajiban untuk membayar tagihannya pada waktu jatuh tempo.

Ada baiknya sebagai user kartu kredit yang bijak, kita memberikan batasan dalam penggunaannya dan pastikan bahwa kita memiliki dana yang cukup ketika harus membayar tagihannya.

 

#3 Manfaatkan Promo

Biasanya, pihak bank melalui fasilitas kartu kredit akan memberikan berbagai reward, poin dan hadiah promo yang menarik sehingga para nasabah tertarik untuk menggunakan kartu kredit.

Pikirkan dengan bijak berbagai tawaran promo yang ditawarkan, apakah sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.

Misalnya, sebuah restoran menyediakan potongan 30% bagi pengguna kartu kredit tertentu untuk makan malam Imlek bersama keluarga.

Mungkin ini bisa jadi pilihan untuk merayakan Imlek bersama keluarga sekaligus menghemat pengeluaran. Tapi tetap ingat ya untuk membayar tagihan di masa jatuh temponya.

 

#4 Perhatikan Annual Fee Kartu Kredit

Hampir semua kartu kredit menetapkan annual fee atau biaya tagihan atas penggunaan kartu kredit.

Namun biaya administrasi tahunan ini bisa saja dihapuskan dengan beberapa cara, salah satunya menukar dengan poin atau melakukan negosiasi dengan pihak bank jika Anda adalah user aktif yang menggunakan kartu kredit untuk keperluan yang bersifat produktif.

Tentu saja keputusan akhir ditentukan oleh pihak bank itu sendiri ya.

Selain itu, ada juga beberapa bank yang memang tidak mengenakan annual fee kepada nasabah pemegang kartu kredit.

Hal ini bisa jadi pilihan dalam menetapkan kartu kredit mana yang dapat Anda gunakan.

 

Gunakan Dana Darurat Untuk Perayaan Imlek

Selain kartu kredit, ada juga yang berpendapat bahwa dana darurat bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Perayaan Tahun Baru Imlek, mengingat di masa sulit seperti pandemi ini, dana darurat bisa saja kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Kembali pada skala prioritas, dana darurat bisa menjadi pilihan berikutnya jika Anda tidak ingin berutang dengan kartu kredit.

Tapi, ketika sudah menggunakan dana darurat, jangan lupa untuk mengisinya kembali sebesar dana darurat yang harus Anda miliki sebagai bumper awal dalam strategi dan manajemen keuangan Anda.

Mengapa dana darurat diperbolehkan untuk digunakan?

Karena, kembali lagi pada fungsi dari dana darurat itu sendiri. Jika kita membutuhkan dana segar saat masa-masa sulit, kita bisa menggunakan dana darurat yang sudah kita kumpulkan sebelumnya.

Apalagi di masa pandemi ini, tentu saja dana darurat dapat digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan kita.

 

Ingat ya, alat pemenuhan kebutuhan kita, bukan untuk memuaskan hawa nafsu dan keinginan kita.

Sudah tahu kan besarnya dana darurat yang harus kita miliki?

Bagi Anda yang masih single, dana darurat yang harus dikumpulkan adalah sebesar 6 kali pengeluaran bulanan Anda. Sedangkan bagi Anda yang sudah berkeluarga, Anda bisa menyiapkan dana darurat sebesar 9 hingga 12 kali biaya pengeluaran bulanan Anda. Ini tergantung tanggungan anak yang Anda miliki.

Oiya, di Aplikasi Finansialku juga ada fitur yang memudahkan kita dalam menghitung jumlah dana darurat yang harus kita kumpulkan lho!

banner -mengupas pentingnya dana darurat

 

Kartu Kredit VS Dana Darurat

Menjelang Perayaan Imlek 2021, dalam pemenuhan kebutuhannya Anda bisa menggunakan 2 opsi di atas, kartu kredit atau menggunakan dana darurat.

Jika Anda menggunakan strategi berutang dengan kartu kredit, jangan lupa untuk menyiapkan dan memastikan untuk bisa membayar biaya tagihan saat jatuh tempo.

Selain itu, jika Anda menggunakan dana darurat, pastikan Anda mengisi kembali dana darurat yang telah terpakai agar kelak dapat digunakan kembali di saat-saat urgent atau genting.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Perlu curhat dan konsultasi soal masalah keuangan pribadi atau keluarga? Konsultasikan dengan ahlinya Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda memberikan berbagai solusi dan tips jitu dalam mengatur keuangan!

 

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2OoUJ8h
  • 02 – https://bit.ly/2NaNPT8