Gunung Semeru dilaporkan erupsi dan muntahkan awan panas. Semburannya bergerak sejauh 750 meter!

Simak informasi lengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Sejauh 750 Meter

Semeru, salah satu gunung berapi terbesar di Indonesia, dilaporkan mengeluarkan awan panas pada Selasa (03/03) pukul 17.33.

Fenomena ini terlihat jelas oleh petugas pemantauan Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro.

Muntahan awan panasnya mengalir hingga 3 kilometer dari puncak utama, sebagaimana dikatakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Rabu (04/02) kemarin.

Adapun muntahan awan abu vulkanis itu dilaporkan mengarah ke Besuk Bang dan Curah Kembar dengan amplitudo maksimal 23 milimeter dan berlangsung selama 540 detik.

Susul Merapi, Gunung Semeru Juga Ikut Erupsi! 02

[Baca Juga: Merapi Muntahkan Asap Erupsi Di Tengah Serangan Corona]

 

Wawan Hadi, selaku Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengatakan kalau status Semeru dikatakan masih berada pada titik waspada level dua.

Status Gunung Semeru masih waspada level dua. Ada sedikit kenaikan aktivitas yaitu luncuran lava pijar yang mengarah ke wilayah Besuk Bang dan Curah Kembar dengan jarak luncur 3.000 meter.” Katanya sebagaimana dikutip laman news.detik.com, Rabu (04/03).

Diketahui, sejak 1 Maret 2020 lalu, Semeru tercatat menunjukkan peningkatan aktivitas dan meletus sebanyak 49 kali juga mengeluarkan lava pijar sebanyak 14 kali.

Akibat fenomena yang terjadi setelah Merapi erupsi ini, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melarang masyarakat untuk mendekat ke Kawah Jongring Seloko.

“Masyarakat diharapkan agar selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas di Kawan Janggring Saloko, agar kemudian fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana.” Tutur Kepala Pusat data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo dalam rilis resmi BNPB, Rabu (04/03) kemarin.

Untuk informasi tambahan, Semeru adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia  yang terletak di Pulau Jawa, bersama Gunung Kelud dan Merapi.

Di Indonesia sendiri, tersebar sekitar 127 gunung berapi yang aktif, berdasarkan informasi dari BNPB pada 2019.

 

Jarak Semeru dan Merapi sebagaimana kita ketahui, tidak terlalu jauh. Bisa jadi, ini adalah reaksi alami dari Semeru pada getaran yang disebabkan oleh Merapi di hari yang sama, pada Selasa (03/02) pagi kemarin lusa.

Bagaimana pendapat sobat Finansialku mengenai fenomena ini? Silakan utarakan melalui kolom komentar, ya! Jangan lupa untuk bagikan informasi valid ini pada rekan-rekan dan keluarga sobat Finansialku, agar tidak termakan informasi hoaks yang bertebaran di internet. Terima kasih!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Rosmha Widiyani. 4 Maret 2020. Gunung Semeru, Satu dari Ratusan Gunung Berapi di Indonesia. News.detik.com – http://bit.ly/2IjEbZ1
  • Admin. 4 Maret 2020. Gunung Semeru Erupsi Semburkan Awan Panas 750 Meter. Regional.kompas.com – http://bit.ly/38rGTGe
  • Harry Purwanto. 4 Maret 2020. Puncak Gunung Semeru Perlihatkan Titik Api Diam. Beritajatim.com – http://bit.ly/2PM5lMf

 

Sumber Gambar:

  • Semeru Erupsi 01 – http://bit.ly/2xddcvR
  • Semeru Erupsi 02 – http://bit.ly/3ap6bGk