Bitcoin sebagai salah satu mata uang cryptocurrency yang paling digandrungi memang selalu menjadi bahan pembicaraan. Kali ini, Bitcoin diberitakan mengalami penurunan harga yang drastis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Penyebab Turunnya Harga Bitcoin

Adanya pemberitaan tentang Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) Amerika Serikat yang menyelidiki bursa Bitcoin dan cryptocurrency lainnya, menjadi penyebab turunnya harga Bitcoin pada tanggal 28 Februari kemarin

Sebagai bagian dari investigasi, SEC telah menerbitkan “puluhan panggilan pengadilan” untuk mendapatkan informasi dari perusahaan teknologi dan penasihat terkait pasar mata uang digital ini.

Komisi tersebut menyelidiki struktur penawaran koin umum (initial coin offering/ICO) yang tidak diwajibkan untuk mengikuti regulasi penawaran umum yang ketat.

Di Indonesia sendiri, Bank Indonesia dengan tegas melarang transaksi menggunakan Bitcoin antar individu.

Pasalnya, pelarangan Bitcoin bagi penyelenggara jasa keuangan sudah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Saat ini, penawaran koin umum memungkinkan startup Bitcoin untuk memperoleh pendanaan lewat penerbitan token digital.

Mengutip dari CNBCIndonesia.com, Kamis (1/3/18), Bitcoin terakhir diperdagangkan dengan harga US$10.325  (Rp142 juta), menurut indeks harga Bitcoin di CoinDesk yang menelusuri harga di bursa mata uang digital seperti Bitstamp, Coinbase, itBit dan Bitfinex.

Selain Bitcoin, penurunan harga juga terjadi pada Ethereum, mata uang digital terbesar kedua menurut kapitalisasi pasar. Mata uang virtual tersebut turun kurang dari 2%.

 

SEC Sudah Memperingati tentang Penggunaan dan Perdagangan Bitcoin

Tiga bulan lalu, Jay Clayton selaku Kepala SEC dan pejabat lainnya lewat sebuah pernyataan mengatakan meskipun lembaga tersebut mengejar pelanggaran di area tersebut, ada “risiko substansial” yang tidak akan bisa memulihkan investasi bagi mereka yang kehilangan uang.

Desember lalu, Clayton memperingatkan bahwa investor individual harus menuntut jawaban yang jelas jika mereka memutuskan untuk berinvestasi di ICO atau produk terkait cryptocurrency:

“Sejumlah kekhawatiran telah meningkat tentang cryptocurrency dan pasar ICO, termasuk sembari mereka beroperasi saat ini terdapat proteksi investor yang kurang substansial dibanding pasar sekuritas tradisional. Hal tersebut sejalan dengan peluang lebih besar untuk penipuan dan manipulasi.”

 

[Baca Juga: Haramkan Penggunaan Bitcoin, BI Akan Buat Mata Uang Pesaing]

 

Kendati demikian, di Tanah Air sendiri PT Bitcoin Indonesia sudah bisa meramu software khusus bernama BitBayar untuk menampung Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Bahkan sudah ada puluhan merchant yang melakukan layanan tersebut sebelum akhirnya berhenti bulan lalu.

Meskipun keberadaanya sedang disorot di mana-mana, produk kontrak berjangka berbasis mata uang digital bitcoin terus bermunculan.

Tak hanya CME dan CBOE yang merilis produk futures atau derivative Bitcoin. Sejak Akhir 2017 hingga kini terus bermunculan pusat perdagangan dunia yang merilis produk serupa.

Fenomena peluncuran produk kontrak berjangka bitcoin pun menular ke tanah air. Terbaru, bursa berjangka Indonesia sepertinya bakal segera mengikuti.

Di sisi lain NASDAQ (National Association of Securities Dealers Automated Quotations) sebuah bursa saham, berencana meluncurkan bursa berjangka Bitcoin pada kuartal II 2018 mendatang.

NASDAQ akan mengatur harga berdasarkan 50 sumber Bitcoin di seluruh dunia.

Berbeda dengan CBOE saat ini menggunakan satu sumber Bitcoin dan CME yang hanya menggunakan 4 sumber.

 

Apakah artikel ini informatif? Silakan bagikan pendapat Anda di kolom komentar. Jangan lupa sebarkan artikel ini di media sosial Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ester Christine Natalia. 01 Maret 2018. SEC Selidiki Bitcoin Cs, Harga Bitcoin Turun. Cnbcindonesia.com – https://goo.gl/g2sVzS

 

Sumber Gambar:

  • SEC vs Bitcoin – https://goo.gl/sZzM9b
  • SEC vs Bitcoin 2 – https://goo.gl/Q8tfjA

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang