Harga emas antam perlahan turun karena harga rupiah mulai stabil. Beli atau jual?

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Harga Emas Antam Kian Merosot

Harga emas hari ini, Senin (08/06), dilaporkan stagnan di level Rp 876.000 per gramnya.

Meski begitu, harga emas hari ini bisa dikatakan turun sejak perdagangan Jumat (05/06) kemarin, yang berada di level Rp 888.000.

Bukan hanya harga emas antam yang mengalami kemerosotan setelah berada di masa jayanya sejak beberapa bulan lalu.

Namun juga logam mulia dunia juga alami hal serupa sebesar 0,2 persen ke level US$ 1.681,8 per ons, sebagaimana dikutip Reuters melalui katadata.co.id, Senin (08/06).

Sementara itu, harga emas berjangka pagi ini berhasil merangkak naik sebanyak 0,7 persen ke level US$ 1.677,4 per ons.

Hal ini diketahui karena data tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) lebih baik dari prediksi pasar beberapa waktu lalu.

“Emas turun lebih dari 2% (pada perdagangan kemarin), karena data pekerjaan AS yang kuat meningkatkan taruhan pemulihan.” Tulis Reuters dikutip laman katadata.co.id, Senin (08/06).

Berdasarkan data penciptaan lapangan pekerjaan (non-farm payroll) Amerika Serikat, data pekerja lebih kuat dari perkiraan pada periode Mei lalu.

Per bulan ini, Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat mencatat ada penambahan 2,5 juta lapangan kerja baru bulan lalu, sebagaimana dilaporkan oleh cnbcindonesia.com, Senin (08/06).

Cuan Emas Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Hal-Hal Ini Mempengaruhi Naik Turun Harga Emas]

 

Dari laman katadata.co.id, tingkat pengangguran turun menjadi 13,3 persen bulan lalu, setelah mencapai angka 14,7 persen pada April, yang merupakan angka tertinggi setelah Perang Dunia Dua.

Lebih lengkap dilaporkan oleh cnbcindonesia.com, saat itu, jumlah penganggur pria kulit putih mengalami penurunan dari 12,4% menjadi 10,7% sementara wanita putih turun dari 15% menjadi 13,1% pada Mei.

Adapun jumlah penganggur warga wanita Afro-Amerika naik sebesar 16,8 persen, sementara penganggur pria turun dari 16,1 persen menjadi 15,5 persen.

Perubahan jumlah tenaga kerja ini terjadi di semua sektor, kecuali pegawai pemerintah, Ibu Rumah Tangga yang bekerja di organisasi non-profit (LSM) dan pertanian.

Seperti halnya pekerja di sektor rekreasi dan perhotelan yang sudah kembali bekerja dan menyumbang kenaikan 1,2 juta pekerja.

Selain itu, kenaikan juga ditambahkan oleh pekerja di bar dan restoran yang meningkat sebesar 1,4 juta orang.

“Penciptaan lapangan kerja AS yang secara signifikan lebih kuat dari perkiraan – naik 2,5 juta dibandingkan dengan perkiraan penurunan 7,5 juta – membuat ada perbedaan hingga 10 juta, ini telah memunculkan harapan bahwa ekonomi Amerika Serikat akan pulih.” Kata Kepala Strategi Komoditas di TD Securities, Bart Melek, dikutip Reuters melalui cnbcindonesia.com, Senin (08/06).

Meskipun saat ini AS sedang ramai oleh kerusuhan yang terjadi karena terbunuhnya seorang laki-laki berkulit hitam secara tidak wajar oleh seorang polisi, tapi masih tetap ada harapan untuk ekonomi AS terus meningkat.

“Meskipun ada beberapa faktor risiko seperti demonstrasi akhir pekan di AS dan kekhawatiran tentang gelombang kedua virus corona, harapan pembukaan kembali ekonomi memimpin.” Kata Masahiro Ichikawa, ahli strategi Sumitomo Mitsui DS Asset Management Masahiro Ichikawa, dikutip katadata.co.id, Senin (08/06).

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, Jual atau Beli?

Setelah mengalami penurunan, apakah ini saat yang tepat untuk membeli emas?

Finansialku yakin, sebagian besar dari Sobat Finansialku pasti punya pertanyaan yang sama saat ini, ‘kan?

Begitu juga untuk para Sobat Finansialku yang punya aset emas, apakah lebih baik menjual emas sekarang, sebelum turun lebih parah?

Pertanyaan-pertanyaan itu tentu membutuhkan jawaban yang tidak mudah dan harus dipertanyakan langsung pada ahlinya.

Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan fitur ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku untuk bertanya langsung pada perencana keuangan kami!

Tapi, ingat, fitur ini hanya bisa diakses secara gratis oleh pengguna premium saja.

Oleh karena itu, sebelum mengakses fiturnya, pastikan Sobat Finansialku sudah termasuk ke dalam pengguna premium, ya!

Kalau belum, segera beralih sekarang dengan memasukkan kode CUAN50 untuk mendapatkan potongan langsung Rp 50 Ribu!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan kodenya sekarang sebelum terlambat, dan dapatkan akses konsultasi gratis dengan perencana keuangan!

Download aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store berikut!

playstore icon
appstore icon

 

Apa pendapat sobat Finansialku mengenai informasi di atas? Mari kita diskusikan bersama di kolom komentar!

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui pilihan platform yang tersedia di bawah kepada rekan dan keluarga, ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tirta Citradi. 08 Juni 2020. Lagi Bad Luck! Harga Emas Kian Ambles, Ternyata Ini Pemicunya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/379JBRT
  • Desy Setyowati. 08 Juni 2020. Harga Emas Dunia Tertekan, Logam Mulia Antam Stagnan Rp 876 Ribu/Gram. Katadata.co.id – https://bit.ly/2Ujiui8