Di Hari Persahabatan, yuk sama-sama saling mengingatkan sahabat kita untuk selalu mengatur keuangan. Gimana sih caranya?

Penasaran kan bagaimana caranya. Mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Merayakan Hari Persahabatan

Selamat Hari Persahabatan! Siapa sih yang tidak punya sahabat? Pasti kamu memiliki sahabat yang begitu dekat dengan kamu, bahkan sudah seperti saudara bukan?

Hari Persahabatan Internasional atau International Friendship Day diperingati setiap tanggal 30 Juli.

Hari Persahabatan Yuk Mengatur Keuangan Bersama Sahabat 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kiat Sukses Berbisnis Dengan Teman Supaya Berjalan Langgeng]

 

PBB menetapkan Hari Persahabatan Internasional ini untuk menciptakan budaya damai sehingga dapat mencegah kekerasan dan konflik.

Hari Persahabatan ini pun mengajak setiap orang untuk lebih menghargai perbedaan dan keanekaragaman. Persahabatan pun dipercaya bisa menjadi salah satu solusi masalah yang ada dalam kehidupan.

Melansir dari laman resmi PBB, untuk menghadapi krisis dan tantangan itu, akar masalahnya harus diatasi dengan mempromosikan dan mempertahankan semangat solidaritas manusia bersama, yang paling sederhana adalah persahabatan.

Merayakan Hari Persahabatan Internasional ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan mengungkapkan rasa sayang atau bentuk terimakasih kepada sahabat yang telah ada untuk kamu selama ini.

Kamu juga bisa menjalin kembali persahabatan dengan teman lama dengan cara menjalin komunikasi lagi.

Dengan adanya sosok sahabat, hidup kamu pasti akan lebih berwarna dan bahkan sahabat bisa bermanfaat untuk kesehatan diri seperti emosional.

Di Hari Persahabatan Internasional ini pun banyak dirayakan oleh warganet dengan cara mengunggah foto kebersamaan mereka bersama sahabat atau sekedar memberikan ucapan untuk teman dan sahabat.

Lini masa di Twitter sedang ramai dengan beragam twit yang disertai dengan tagar #FriendshipDay.

 

Ingatkan Sahabat Jika Boros! Bantu Mengatur Keuangannya!

Tapi apakah kamu tahu, ada yang lebih penting dari perayaan Hari Persahabatan Internasional ini.

Mulailah mengingatkan sahabat kamu untuk mengatur keuangannya sejak dini, karena ada beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan yang sering dilakukan oleh generasi milenial, diantaranya:

 

#1 Mementingkan Gaya Hidup

Di Hari Persahabatan ini lebih baik dijadikan sebagai momen introspeksi diri bagi kamu dan sahabat kamu. Membuang kebiasaan buruk yang sering kalian lakukan dan rubah kebiasaan buruk itu menjadi sesuatu yang bernilai positif.

Kebiasaan buruk apa sih yang biasanya kamu lakukan bersama sahabat? Kaum milenial pasti hobinya jalan-jalan bersama sahabat, nongkrong di café-café hits, atau shopping. Demi mendukung gaya hidup ini, pemborosan tak terhindarkan.

Cara Membantu Teman Shopaholic 01 Belanja - Finansialku

[Baca Juga: Cara Membantu Teman Shopaholic: Mengerem Kebiasaan Belanja Impulsif]

 

Sebenarnya gak salah sih kamu membuat quality time bersama sahabat dengan cara seperti itu. Tapi, hal itu bisa jadi salah jika kamu terlalu sering mengeluarkan uang dan tidak bisa mengatur keuangan.

Jangan keseringan buang-buang uang untuk hal yang kurang begitu penting ya. Hari Persahabatan kali ini, kamu bisa mulai mengingatkan sahabat kamu agar tidak terlalu boros dalam mengeluarkan uang.

Kamu gak mau kan sahabat kamu kehilangan impiannya hanya karena tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik, yang uangnya habis dengan cuma-cuma.

Padahal seiring dengan berjalannya waktu, akan ada banyak hal yang perlu diwujudkan. Sehingga penting bagi kaum muda saat ini mempelajari pengaturan finansial yang tepat.

 

#2 Tidak Melakukan Anggaran Bulanan

Jika kamu mendapatkan penghasilan, biasanya tidak melakukan perencanaan dan anggaran dengan baik. Maka dari itu lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Jangan sampai kamu menghabiskan pendapatan kamu di awal bulan. Nanti yang ada di pertengahan bulan kamu kalang kabut kebingungan mencari uang tambahan.

Dengan begitu kamu tidak bisa menabung, karena kebanyakan kaum milenial berpikir menabung akan dilakukan jika masih memiliki sisa uang, nyatanya penghasilannya selalu habis terpakai bahkan masih merasa kurang.

 

#3 Berutang untuk yang Bersifat Konsumtif

Karena gaya hidup menjadi alasan utama kaum milenial, kebanyakan dari mereka rela melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Seperti berutang untuk hal-hal konsumtif, banyak kaum milenial yang kecanduan menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhannya.

Ada juga yang rela berutang untuk membeli motor atau gadget untuk mengikuti tren.

 

Cara Mengatur Keuangan

Cara di bawah ini bisa kamu terapkan di kehidupan kamu dan sahabat kamu untuk mengatur keuangan mulai hari ini:

 

#1 Manfaatkan Teknologi untuk Mendapatkan Pundi-Pundi Rupiah

Daripada kamu dan sahabat kamu hanya nongkrong-nongkrong gak jelas, lebih baik kamu nongkrong berkualitas bersama sahabat. Seperti apa sih nongkrong berkualitas itu?

Dengan kecanggihan teknologi, segala kemudahan bisa kamu dapatkan hanya dalam genggaman smartphone.

Apakah Tepat Investasi Forex Bagi Milenial 02 Milenial - Finansialku

 [Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan]

 

Saat ini banyak para generasi milenial yang sukses dan menghasilkan banyak uang di usianya yang relatif masih muda, hanya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Kamu bisa membuat bisnis bersama teman-teman dengan mengandalkan smartphone. Dengan begitu, kamu dan teman-teman bisa mendapatkan penghasilan dan nantinya bisa ditabung.

Meski kamu masih sekolah, kamu bisa berbisnis hanya dengan menggunakan smartphone. Hal ini bisa memaksimalkan pekerjaan dan meminimalisasi waktu. Jadi nongkrong oke, belajar oke, bisnis oke.

Jika bisnis yang kamu rintis bersama teman sudah meraup keuntungan yang besar, maka sosok inspiratif akan semakin bertambah dan memaksimalkan motivasi siapa saja yang melihatnya.

 

#2 Manfaatkan Teknologi dalam Menabung

Lagi-lagi kecanggihan teknologi bisa memudahkan kamu dalam berbagai hal, salah satunya untuk menabung. Sebagian besar generasi milenial hanya punya tabungan, tapi tidak punya investasi.

Sebagai contoh teknologi menabung yang bisa membuat uang semakin berlipat ganda adalah investasi. Menginvestasikan barang, aset dan uang merupakan inovasi yang saat ini banyak diminati kaum milenial.

Untuk menabung pun ada banyak cara, mulai dari deposito sampai investasi properti. Namun semua jenis tabungan ini harus disesuaikan dengan karakteristik masing-masing orang.

 

#3 Kurangi Ambil Uang di ATM

Jika kamu termasuk dalam tipe orang yang boros, jangan sering-sering mengambil uang di ATM ya!

Apalagi jika kamu dan teman-teman akan pergi hangout pasti kamu dan teman kamu mengambil uang di ATM sesuka hati tanpa memikirkan jangka panjangnya.

Buatlah jadwal untuk menarik uang di ATM misalnya seminggu sekali.

Dan kamu harus belajar menghemat uang yang telah diambil dari ATM agar cukup sampai minggu depannya lagi.

 

Selamatkan Keuanganmu dan Sahabat di Hari Persahabatan

Generasi milenial yang identik dengan melek teknologi. Maka dari itu kamu juga harus melek literasi keuangan sejak dini. 

Sebab dengan teknologi, para milenial memiliki akses yang lebih luas untuk belajar mengelola keuangan dan bisa mengambil kesempatan yang lebih luas lagi untuk menikmati hidup.

Salah satunya kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan keuangan dengan mudah. Aplikasi ini bisa kamu download dengan GRATIS melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Oh iya, lagi ada promo loh! Kamu bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku versi premium tahunan. Tunggu apalagi? Nunggu promonya abis?

Kalau ngakunya sayang sama sahabat, yuk mulai sekarang saling mengingatkan tentang pentingnya mengatur keuangan.

Kamu juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada sahabat dan kerabat kamu ya! Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • CNN Indonesia. 30 Juli 2019. Hari Persahabatan Internasional, Berteman Cegah Kekerasan. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/313KYNB

 

Sumber Gambar:

  • Sahabat 1 – http://bit.ly/2ywfzHf
  • Sahabat 2 – http://bit.ly/2K4ZQFW