Kamu tidak sendiri karena kamu punya sahabat! Yakinkah bahwa kamu punya sahabat sejati dan kamu bisa jadi sahabat sejati untuk para sahabatmu?

Temukan ciri persahabatan yang sejati yang bisa mendorongmu kepada kualitas hidup yang semakin bermakna! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kualitas Persahabatan Sejati Membangun Diri

Apa yang membuat persahabatan jadi sempurna? Bagaimana kita menemukan dan mempertahankan sahabat yang bisa senantiasa mendorong dan memberikan penguatan kepada kita?

Bagaimana kita mempertahankan kualitas pertemanan atau persahabatan di tengah tuntutan pekerjaan, keluarga dan tanggung jawab lainnya?

Renungkan! Apa arti persahabatan dalam hidupmu?

Pikirkan orang yang bisa kamu hubungi kapan saja ketika kamu membutuhkan nasihat, merasa sedih, atau ketika kamu hanya perlu waktu untuk tertawa bersama dan berbagi cerita.

Meskipun berbagai media sosial memungkinkan kita untuk terus mengetahui kabar terbaru melalui posting-an mereka, kita harus ingat untuk “keluar” dari akun kita dan berkomunikasi secara langsung dengan mereka.

Kita perlu melakukan upaya sekalipun kita sangat sibuk untuk menemukan cara bertatap muka dengan teman-teman.

KETUPAT Gimana Sih Cara Irit Buka Puasa Bareng Teman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

 

Meskipun tuntutan hidup akan menuntut perhatian terus-menerus, teman-teman adalah mereka yang memberikan dorongan spiritual dan mental bagi kita.

Mereka adalah orang-orang yang memberi harapan dalam situasi paling sulit dalam hidup, membantu menghilangkan stres, dan memberikan penegasan tentang jalan hidup yang sedang kamu jalani.

Ketika kamu dan para sahabatmu berinvestasi dalam hubungan yang lebih intens, hubunganmu akan semakin bermakna.

 

7 Ciri Persahabatan Sejati Yang Perlu Dimiliki

Setiap orang perlu menemukan sahabat-sahabat mereka. Apakah kamu memilikinya? Apakah mereka adalah sahabat-sahabat sejatimu dan kamu pun menjadi sahabat sejati bagi mereka? Simak beberapa ciri sahabat sejati berikut ini!

 

#1 Teman Yang Empatik

Menjadi empati adalah kemampuan untuk secara aktif mencoba dan mengeluarkan diri dari “sepatu” yang sedang kamu kenakan dan menempatkan dirimu pada sepatu yang dikenakan orang lain.

Terlalu sering kita mendengarkan cerita teman dan segera menambahkan dengan pengalaman kita sendiri. Terkadang, hal terbaik yang dapat dilakukan teman adalah secara aktif mendengarkan satu sama lain.

JK Rowling sahabat 07 Finansialku.jpg

[Baca Juga: Para HR: Literasi Keuangan di Tempat Kerja Menjadikan Karyawan Lebih PRODUKTIF dan SEHAT Secara Keuangan]

 

Menjadi teman yang empatik memang cukup sulit karena tabiat kita tentu ingin didengar dan diperhatikan, namun ada kalanya kita pun perlu mendengarkan dan memperhatikan apa yang sedang teman kita bicarakan.

Tak selamanya solusi yang mereka inginkan dari kita. Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu ciri seorang sahabat sejati dan setiap orang bisa menjadi seperti itu asalkan kita mengerti dimana posisi kita dan menekan ego untuk menyela atau mendominasi percakapan.

 

#2 Teman Yang Tidak Mementingkan Diri Sendiri

Teman-teman kita yang paling bahagia dan positif adalah mereka yang membumi, yang peduli, dan yang tidak selalu memikirkan diri mereka sendiri.

Mereka mampu memahami pengalaman hidup mereka sendiri tetapi tidak termakan oleh masalah mereka. Sebaliknya, mengambil tindakan untuk membantu memecahkan masalah orang lain.

Terkadang menjadi bahagia tidak melulu tentang tercukupinya setiap kebutuhan diri sendiri. Memberikan apa yang menjadi kebutuhan orang lain, apalagi sahabat kita, itu pun dapat memberikan kebahagiaan bagi kita.

Hari Persahabatan Yuk Mengatur Keuangan Bersama Sahabat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

 

Ketika kita memberi kepada orang lain, sebetulnya kita pun sedang menabur kebahagiaan kepada diri kita sendiri.

Miliki mimpi untuk bisa hidup sejahtera pada masa tua dengan mempersiapkan dana hari tua dari sekarang melalui investasi.

Unduh secara gratis E-Book Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

 

#3 Teman Yang Bisa Dipercaya

Menjadi pribadi yang dapat dipercaya adalah sifat yang sangat penting untuk memahami bahwa hubungan yang paling dalam adalah hubungan dimana kita bisa saling mencurahkan isi hati.

Teman yang dapat dipercaya mengingatkan kita bahwa kita tidak sendirian dan memberdayakan kita untuk menjadi orang yang lebih baik.

Teman-yang-Baik-Bagi-Keuangan-02-Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Hak Karyawan Berdasarkan UU Ketenagakerjaan yang Perlu Diketahui]

 

Menaruh rasa percaya tidaklah mudah. Kepercayaan sangat sulit untuk didapatkan dan perlu adanya proses yang tidak sebentar melalui pengalaman dan juga kebersamaan yang dijalin.

Kepercayaan mahal harganya dan jika kamu memiliki sahabat yang dapat dipercaya, jangan biarkan kamu kehilangan dirinya dan jadilah sama seperti dia, menjadi sahabat yang dapat dipercaya.

Andalkan aplikasi Finansialku yang bisa menjadi sahabat kepercayaanmu dalam mencatat setiap arus kas setiap hari melalui smartphone dalam genggamanmu!

Unduh aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store atau lakukan registrasi di komputermu.

Jangan biarkan pencatatan keuanganmu morat-marit dan masa depan finansialmu berantakan. Andalkan sahabat terpercaya dari Finansialku. Coba setiap fiturnya secara gratis selama 30 hari.

 

#4 Teman dengan Minat yang Sama

Tidak selamanya harus sama persis 100%, adanya perbedaan pun tidak dapat menghalangi terjalinnya persahabatan yang saling melengkapi dan penuh warna.

Namun tak bisa dihindari bahwa memang memiliki kesamaan akan memberikan kedekatan emosional yang lebih.

Entah itu hobi, olahraga, tujuan, pendidikan, nilai-nilai, atau agama, kita sering lebih suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang menikmati hal-hal yang sama seperti kita. Ini memungkinkan koneksi langsung yang pada akhirnya memperkuat hubungan kita.

Cara Membantu Teman Shopaholic 01 Belanja - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Untuk Para Mahasiswa Sambil Kuliah]

 

Jika uang kamu ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuanmu dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar, mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Jasa Perencana Keuangan.

 

#5 Teman-Teman Dengan Berbagai Perspektif Dan Latar Belakang

Waktu dimana kamu dapat benar-benar tumbuh sebagai manusia, baik secara profesional maupun pribadi, adalah ketika kamu memiliki kesempatan untuk mendengarkan orang-orang yang berbeda darimu.

Terkadang, kamu tetap berada dalam pola pikir terbatas ketika kamu bergaul dengan orang-orang yang hanya sejalan atau satu pikiran denganmu atau yang melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan.

Teman yang menawarkan perspektif, ide, pengalaman dan saran baru (berbeda denganmu) dapat membantumu belajar lebih banyak tentang siapa dirimu dan akan membantumu tumbuh sebagai manusia yang lebih berpengetahuan luas.

Teman dari berbagai latar belakang memiliki kemampuan untuk mengubah pola pikir yang terbatas menjadi pola pikir yang berkembang.

Cara-Mencari-Teman-02-Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Edukasi 10 Tips Produktif Kerja di Musim Hujan Kepada Karyawan Anda]

 

Buka diri dan miliki komunitas yang terbuka dan jalin hubungan serta koneksi dengan sebanyak mungkin orang. Kamu dapat melihat berbagai perspektif dan cara pandang orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda denganmu.

Bukan mencari salah atau benar, tetapi miliki respon yang positif dengan setiap perbedaan itu.

Besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya. Orang-orang yang ada di sekitarmu, bahkan sahabatmu yang sejati bisa mempertajam dirimu menjadi pribadi yang semakin berkualitas.

 

#6 Teman Yang Lucu

Teman-teman terbaik hanyalah mereka yang tahu bagaimana membuatmu tertawa dan yang memberikan semangat bagimu ketika sayapmu sedang patah.

Jangan Dipertahankan Jika Tipe Teman Kamu Seperti Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Menyiapkan Dana Pensiun, Menabung, dan Investasi saja Tidak Cukup! Mulai Buat Perencanaan Dana Hari Tua]

 

Mereka adalah orang-orang yang memberimu sukacita, harapan dan kenyamanan bahkan di tengah-tengah situasi paling sulit dalam hidup.

 

#7 Teman Yang Merupakan Pemain Tim

Suatu sifat yang kita pelajari sejak kecil tetapi sering kita lupakan. Menjadi pemain tim dan menempatkan kebutuhan orang lain di atas diri kita sendiri untuk tujuan bersama adalah inti dari persahabatan.

Berkomunikasi, berkolaborasi dan mendengarkan secara aktif adalah sifat penting yang membawa tim pada kesuksesan. Itulah yang menjadi kekuatan yang tak terhentikan.

Cara-Mencari-Teman-01-Finansialku

[Baca Juga: Terbukti Ampuh! Cara Kreatif Karyawan Milenial Mengatur Keuangannya (Gak Sampe 5 Menit!)]

 

Segera ketahui rencana keuanganmu sesuai usia agar dapat mengalokasikan dana sesuai kebutuhan usia melalui E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

 

Investasikan Waktumu Untuk Sahabat yang Memberi Nilai

Menghubungi teman seharusnya tidak menjadi beban atau masuk dalam sebuah daftar to-do-list yang harus dilakukan.

Lakukan secara spontan dan tanpa beban, integrasikan komunikasi yang terjalin dengan teman-teman sebagai bagian dari rutinitas keseharianmu.

Kamu bisa menghubungi mereka kapan saja, entah itu saat perjalanan pulang kerja, menyisihkan satu malam dalam sebulan untuk berkumpul, atau menjadwalkan setidaknya satu kali setahun (jika sahabatmu ada di luar kota atau jarak tempat tinggal sangat jauh) untuk melakukan reuni atau liburan bersama.

Perubahan kecil ini dapat memiliki pengaruh besar pada suasana hati dan kesejahteraan hidupmu secara keseluruhan.

Sahabat bisa membantumu mempertahankan dan memperkuat hubungan yang sehat saat kamu menyeimbangkan hubungan dengan rekan kerja dan anggota keluarga yang mungkin memiliki banyak tuntutan kepadamu.

Segera hubungi mereka, keluar dari dunia maya dan wujudkan setiap ciri-ciri di atas dalam diri mereka yang kamu anggap sebagai sahabat bagimu.

Jangan lupa juga untuk menjadi sahabat sejati bagi sahabat-sahabatmu dan ciptakan hidup yang berharga dan penuh makna dengan mereka.

Semakin banyak kita berinvestasi dalam hubungan kita, semakin sedikit kita menjadi pemikir tunggal dan melupakan hal-hal yang sebenarnya penting.

Temukan sahabat-sahabat yang bisa memberikan inspirasi dalam hidupmu, membuatmu menemukan setiap potensi terpendam dan mengangkat semangatmu dengan setiap ide gemilang yang ada dalam pikiranmu.

Ketika kamu sedang mengalami rasanya langit akan runtuh dan berada dalam sebuah jurang yang menyengsarakan, ketahuilah bahwa kamu tidak sendiri. Kamu memiliki orang-orang yang peduli padamu, mereka adalah sahabatmu.

Investasikan waktumu untuk mereka yang memberikan nilai lebih bagi hidupmu.

 

Apakah kamu menemukan ciri di atas dalam diri sahabatmu? Apakah kamu sendiri sudah menemukan ciri sahabat sejati di atas dalam dirimu? Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Jadilah sahabat sejati bagi sahabat-sahabatmu dengan mengirimkan setiap artikel positif dan membangun kepada mereka.

Jika kamu membutuhkan konsultasi dengan perencana keuangan untuk masalah keuangan pribadi atau usahamu, kamu dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolongmu layaknya sahabat dalam mengatasi masalah keuangan yang sedang kamu hadapi!

 

Sumber Referensi:     

  • Greta Gleissner LCSW. 27 Oktober 2016. 7 Traits of True Friendship. Psychologytoday.com – https://bit.ly/2NYM5wh

 

Sumber Gambar:

  • Sahabat Sejati 01 – http://bit.ly/2GBkXNZ

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG