Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan

Apa saja hal yang harus dibahas pada pelatihan persiapan pensiun karyawan? Bagaimana cara menyampaikannya secara sistematik dan jelas?

Kali ini Finansialku akan membahas tentang para HRD ketahui 5 hal yang harus dibahas pada pelatihan persiapan pensiun karyawan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan

Salah satu hal yang harus dihadapi setiap karyawan adalah masa pensiun. Ada beberapa orang memilih untuk pensiun dini dan sebagian lagi mengikuti saja alur pensiun sesuai aturan yang berlaku.

Pensiun sendiri memang sepenuhnya hak karyawan, apakah ingin diambil secepatnya atau sesuai batas yang ditentukan pemerintah maupun perusahaan tempat bekerja.

Namun yang harus dipertimbangkan adalah kesiapan menghadapi masa pensiun.

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pensiun

Ada banyak faktor yang mempengaruhi masa pensiun seseorang. Misalnya saja faktor finansial.

Rata-rata orang yang memutuskan untuk pensiun dini bisa jadi sudah menabung untuk kesiapan finansialnya di masa mendatang.

Lain halnya dengan orang yang tidak punya tabungan. Rata-rata karyawan dengan jenis seperti ini justru berharap tidak ditawari pensiun dini karena merasa belum cukup tabungan.

Memang, keadaan finansial juga mendapatkan pengaruh besar dari posisi dan jumlah gaji.

Jika gajinya cukup untuk ditabung dan digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan sehari-hari, maka bisa jadi kesiapan finansialnya pun tinggi.

Hal ini berlaku sebaliknya bagi karyawan yang gajinya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan saja sehingga belum sempat menabung.

Selain keadaan finansial, kesehatan jasmani dan rohani bisa menjadi faktor lain saat seseorang memutuskan untuk pensiun.

Misalnya saja, jika seseorang terkena penyakit yang membuat kinerjanya menurun meskipun masih di usia 40 tahunan, maka kondisi tersebutlah yang harus membuat keputusan penting tentang pensiun dini.

Sebaliknya, jika passion seseorang masih tinggi ditambah kondisinya prima di usia 60 tahun, maka kemungkinan masih ada semangat kerja berlebih sehingga tidak ingin memutuskan pensiun meskipun waktunya telah tiba.

 

5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan

Bagi seorang HRD, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pelatihan persiapan pensiun bagi para karyawan.

Secara psikologis, rencana keuangan dan persiapan yang matang akan membuat kondisi mental tidak tertekan, karena dengan adanya uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan maka masa pensiun akan lebih membahagiakan.

Setiap orang tentunya berharap untuk tidak lagi khawatir dengan keuangannya setelah pensiun, di mana notabene sudah tidak ada lagi pemasukan yang diperoleh.

Lalu, apa saja yang harus disampaikan pada karyawan? Berikut 5 hal penting tersebut:

 

#1 Sumber Pemasukan Saat Pensiun

Ke mana dan bagaimana seseorang menjalani masa pensiun? Ada beberapa perbedaan saat karyawan memulai masa pensiun.

Bisa jadi, ada karyawan yang berasal dari daerah lain dan ingin menghabiskan masa pensiun bersama keluarga besar.

Ada juga yang mungkin berasal dari kota yang sama dengan lokasi kantornya sehingga lebih ingin berinvestasi atau memulai usaha kecil-kecilan.

Dari mana sumber pemasukan saat pensiun diperoleh? Ada banyak cara untuk memastikan keberadaan sumber pemasukan tersebut sebelum pensiun.

Yang pertama adalah menabung. Jika sesuai dengan perkiraan, tabungan di bank bisa meng-cover semua kebutuhan.

Persiapan-Dana-Pensiun-01-Menabung-di-Bank-Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI! Menyiapkan Pensiun dalam Waktu 5 Tahun adalah Pekerjaan Berat [Sekali]]

 

Ada beberapa jenis layanan di bank, misalnya tabungan emas atau deposito berjangka yang bisa diambil ketika waktu pensiun telah tiba.

Jika ingin membuat pemasukan yang cukup besar, lakukan investasi atau penanaman modal.

Banyak jenis usaha orang lain yang bisa didanai sehingga ada profit sharing setiap bulannya.

Carilah entrepreneur muda yang membutuhkan modal dan masih bersemangat menjalankan bisnis sehingga akan lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak.

 

#2 Pengeluaran Saat Pensiun

Saat pensiun, apa saja pengeluaran yang dibutuhkan? Ingat, gaya hidup saat pensiun tidak boleh berlebihan sama seperti saat bekerja.

Karena saat pensiun seseorang sudah berusia lanjut sehingga gaya hidup yang kurang tepat bisa mempengaruhi kesehatan.

Selain itu, jumlah pendapatan bisa jadi berkurang drastis. Meskipun ada tabungan sebaiknya gunakan secara wajar dan jangan sampai menghabiskannya sebelum ada pemasukan lain untuk dimanfaatkan.

 

#3 Berapa Dana Hari Tua Yang Dibutuhkan

Dana hari tua yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Hal yang paling berpengaruh untuk perbedaan nominal ini adalah jumlah tanggungan.

Sebagian karyawan yang memasuki masa pensiun sudah tidak memiliki tanggungan kuliah anak, cucu, dan sebagainya.

Jadi, tentu dana yang diperlukan tidak akan membengkak karena mungkin hanya berkutat pada keperluan makan, kesehatan, dan liburan sederhana saja.

Hal ini berbeda jauh dengan karyawan yang saat memasuki masa pensiun masih memiliki tanggungan anak bersekolah, kuliah, atau cucu.

Di sinilah harus ada investasi tambahan supaya pemasukannya bisa terus ada setiap bulan meskipun sudah tidak produktif bekerja. Karena uang tabungan sebanyak apapun tidak akan cukup untuk kebutuhan yang sifatnya terus berjalan.

 

#4 Cara Membuat Rencana Dana Hari Tua

Cara membuat rencana pensiun dan segala pemasukan dan keuangannya mulai saat ini adalah dengan memanfaatkan sistem skenario pensiun.

Sebagai contoh, apabila seseorang sudah berada di usia 40 tahun dan keinginannya adalah untuk mengambil pensiun pada usia 55 tahun. Maka waktu yang 15 tahun bisa dimanfaatkan untuk menabung atau merencanakan tentang masa pensiun.

Anggaplah usia harapan hidup adalah 80 tahun, maka kurang lebih ada waktu sekitar 25 tahun untuk menikmati masa pensiun.

Para Karyawan Coba Jawab Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Pensiun, 3 Masalah Keuangan Ini Harus Diwaspadai Pria Usia 50-an]

 

Jika ada pengeluaran perbulan dalam jumlah Rp10 juta setiap bulannya dengan tingkat inflasi 7%, maka kurang lebih biaya hidup saat pensiun adalah Rp2,9 miliar.

Dengan demikian, sebaiknya para karyawan membuat investasi dengan nilai Rp200 juta sehingga ada return investasi senilai 5,6% dan future value saat pensiun adalah Rp450 juta. Perhitungan ini tentu bisa berbeda jika ada estimasi variabel lain yang dicantumkan.

Apakah Anda kesulitan untuk membuat perencanaan hari tua? Gunakan fitur-fitur di aplikasi Finansialku untuk membantu Anda merencanakan dana pensiun Anda dengan detail. Dijamin, Anda akan merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini! Ayo download sekarang!

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Investasi Yang Tepat untuk Masa Pensiun

Lalu, jenis investasi apa yang paling tepat untuk masa pensiun?

Sebenarnya, investasi saat ini kian menjamur karena banyak perusahaan serta bisnis kecil yang berkembang.

Namun, perlu diketahui bahwa meskipun tidak menjalankannya secara langsung investor harus sepemikiran dengan pelaksana terkait bisnis tersebut.

Keinginan dan harapan yang sama dari investor dan pelaksana tentu bisa menjadi sinergi paling harmonis dalam sebuah bisnis.

Jika terjadi sinergi ini, hampir bisa dipastikan bahwa kesuksesan perusahaan sudah di depan mata.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan observasi mendalam terlebih dahulu tentang investasi yang akan dipilih.

 

Pelatihan Persiapan Pensiun untuk Kehidupan Pensiun yang Sejahtera

Dengan memberikan pelatihan persiapan pensiun yang tepat bagi para karyawan, tentunya para karyawan akan merasa terbantu dan segera mempersiapkan dananya sedini mungkin.

Pelatihan ini adalah bentuk kontribusi dari perusahaan untuk menyejahterakan para karyawan yang telah mengabdi pada perusahaan.

 

Bagaimana Anda sebagai HRD menyampaikan 5 hal penting di atas? Bicarakan informasi penting ini dengan teman HRD yang juga sering melatih karyawannya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 14 Mei 2014. Pensiun Dini, Berguna atau Jadi Bencana? Kreditgogo.com – https://goo.gl/xZBRFA

 

Sumber Gambar:

  • Masa Pensiun – https://goo.gl/dKbTu1
  • Menabung di Bank – https://goo.gl/ZuszBe

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan
Article Name
Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan
Description
Apa saja hal yang harus dibahas pada pelatihan persiapan pensiun karyawan? Bagaimana cara menyampaikannya secara sistematik dan jelas?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment