Kenali 5 Tanda Orang yang Haus Pujian di Tempat Kerja Anda

Pujian yang tepat dapat memberikan motivasi dan membuat seseorang jadi semakin bersemangat. Namun, bagi beberapa orang, pujian bisa jadi tujuan utama yang membuat mereka seakan-akan selalu haus pujian.

Mari kita simak artikel berikut selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bertujuan Mendapatkan Pujian?

Pujian merupakan salah satu bentuk apresiasi apabila seseorang telah melakukan sesuatu dengan baik.

Mendapatkan pujian atas apa yang sudah Anda lakukan merupakan hal yang wajar. Begitu juga memberikan pujian kepada orang lain juga bisa menjadi hal yang baik jika Anda dapat memberikan pujian di waktu dan kondisi yang tepat.

Pujian yang tepat dapat membuat seseorang jadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam melakukan suatu hal.

Akan tetapi, bagi beberapa orang, pujian juga bisa menjadi tujuan. Sehingga mereka selalu berusaha mendapatkan pujian atas setiap hal yang mereka kerjakan.

Kenali 5 Tanda Orang yang Haus Pujian di Tempat Kerja Anda 02 Arogan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan dan Tidak Semangat Bekerja!]

 

Sikap seperti ini sebenarnya kurang baik karena memberi kesan sebagai orang yang haus pujian dan menjadi kurang tulus atau selalu berharap pamrih atas segala hal yang dilakukan.

Di tempat kerja, orang yang haus pujian ini hampir selalu dapat ditemukan. Ada beberapa ciri-ciri dari orang yang haus akan pujian di tempat kerja, yaitu:

 

#1 Labil dalam Membuat Keputusan

Orang yang haus pujian biasanya cenderung labil dan ragu-ragu dalam mengambil suatu keputusan. Orang seperti ini bisa tiba-tiba mengubah keputusannya hanya dalam waktu yang relatif singkat.

Misalnya jika ia memberikan pilihan A, satu jam kemudian ia bisa mengubah pilihannya menjadi B jika ia merasa pilihannya sebelumnya kurang dapat apresiasi.

 

Orang seperti ini menganggap pujian atau apresiasi sebagai tujuan. Sehingga mereka tidak segan mengubah pendapat atau bahkan keputusan hanya agar bisa mendapatkan pujian.

Bahkan karena terlalu fokus ingin mendapat pujian, seringkali orang semacam ini jadi lupa pada tujuan utamanya.

 

#2 Suka Mendramatisir

Orang yang haus pujian biasanya juga tidak segan mendramatisir keadaan. Jika ia tidak juga mendapat pujian yang ia harapkan, maka ia akan mulai mencari perhatian.

Misalnya dengan menyampaikan cerita yang didramatisir. Dalam cerita tersebut ia berusaha membuat dirinya terlihat hebat sehingga layak dipuji.

Orang-orang seperti ini hampir selalu bisa Anda temukan baik di kantor maupun di organisasi.

Ia selalu berusaha memberikan kesan bahwa dia adalah orang yang paling berjasa, paling benar, atau paling banyak berkorban atas program yang dijalankan.

 

#3 Membandingkan Pencapaian dengan Orang Lain

Ciri lain orang yang haus pujian adalah suka membandingkan antara pencapaian yang dia raih dengan pencapaian orang lain.

Jika cerita yang ia dramatisir masih belum mampu menarik pujian dari orang sekitarnya, maka ia akan mulai membandingkan diri dengan orang lain. Ia akan mencari orang yang bisa ia jadikan kambing hitam agar bisa mendapat pengakuan dari orang lain.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Orang yang haus pujian merasa kesulitan jika ada orang lain yang lebih hebat darinya.

Ia juga merasa terganggu jika ada orang lain yang mendapat pujian selain dirinya. Karena itu, ia akan mulai membuat perbandingan untuk meyakinkan orang-orang bahwa ia adalah yang paling hebat.

 

#4 Sulit Menerima Kritik dan Saran

Orang yang haus pujian juga cenderung sulit menerima kritik dan saran dari orang lain.

Mereka menganggap bahwa dirinya adalah orang yang hebat dan selalu benar. Karena itu, mereka sulit sekali menerima bahwa mereka juga tidak sempurna dan bisa saja melakukan kesalahan.

Orang yang ingin selalu dipuji menganggap kritik atau saran yang disampaikan orang lain sebagai serangan pribadi dan selalu berpikiran negatif terhadap orang yang memberikan pendapat kepada mereka.

Padahal, sebagai manusia sebenarnya wajar saja jika seseorang melakukan kesalahan. Apalagi jika hal tersebut baru ia lakukan dan tidak tahu banyak hal tentang hal yang sedang mereka kerjakan tersebut.

Bahkan orang yang sudah lama melakukan sesuatu yang sama juga tetap saja bisa melakukan kesalahan.

Menerima kritik dan saran dengan sikap yang tepat dapat menjadikan seseorang menjadi versi yang lebih baik dari dia yang sekarang. Namun hal ini tidak dipahami oleh orang yang haus pujian.

Ia memahami bahwa setiap kritik dan saran yang diterima oleh orang lain adalah sebuah hinaan atau kritik keras terhadap apa yang sedang mereka lakukan.

 

#5 Berusaha Mengontrol Orang Lain

Tanda paling parah seseorang yang haus pujian adalah keinginannya untuk mengontrol orang lain.

Orang yang sudah benar-benar haus pujian tidak segan berusaha mengontrol orang lain. Ia akan berusaha memaksakan kehendaknya pada orang lain bahkan tidak segan-segan memerintah orang lain.

Mereka menganggap bahwa ia lebih tahu dan lebih mampu dalam mengatasi setiap masalah.

Ia beranggapan bahwa caranya adalah yang lebih baik dan bahwa dia mengetahui segalanya. Hal ini membuat mereka sering kali jadi sulit menahan keinginan untuk menyetir orang lain.

Kenali 5 Tanda Orang yang Haus Pujian di Tempat Kerja Anda 03 Haus Pujian - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Model Kinerja Ekselen bagi Human Capital di Indonesia]

 

Parahnya, meskipun orang lain berhasil melakukan sesuai dengan apa yang ia harapkan, atau pekerjaan yang dilakukan berlangsung dengan baik, orang yang haus pujian tidak akan memberikan pujian kepada orang lain atau tim yang telah membantunya.

Ia menganggap bahwa hanya ia yang pantas menerima pujian.

Karena anggapan yang salah tersebut, jika pekerjaan yang ia lakukan bersama tim atau orang lain berhasil, ia akan menganggap keberhasilan tersebut sebagai keberhasilan nya pribadi.

Dan ia akan menjadikan keberhasilan tersebut sebagai modal untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

 

Hindari Karakter Haus Pujian!

Seperti yang dijelaskan terdapat lima tanda orang yang haus pujian di tempat kerja atau organisasi Anda.

Dari ciri-ciri tersebut, orang yang haus pujian memang terkesan seperti orang yang menyebalkan dan bahkan berbahaya. Apalagi jika ia sampai bersikap manipulatif hanya untuk mendapatkan pujian. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Orang-orang yang haus pujian menjadikan pujian atau apresiasi sebagai tujuan utamanya. Sehingga, ia tidak segan-segan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan apresiasi.

Bahkan seringkali, ia melakukan hal tersebut tanpa memikirkan dampak baik dan buruk dari apa yang ia lakukan. Yang penting adalah ia bisa mendapatkan apresiasi yang ia inginkan.

Dengan mengetahui 5 ciri orang yang haus pujian, jangan sampai Anda termasuk dalam orang yang haus pujian ini ya.

Jika Anda merasa ada beberapa tanda yang Anda miliki, mungkin ini saatnya Anda harus berubah menjadi lebih baik. Anda tidak mau dijauhi oleh teman-teman Anda di kantor atau organisasi kan?

 

Apakah Anda memiliki orang yang haus pujian di lingkungan kerja atau organisasi Anda? Jika ada, bagaimana Anda menanggapi atau bersikap kepada orang-orang yang haus pujian seperti ini?

Berikan pendapat Anda dengan menuliskannya di kolom komentar ya.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda juga bisa membagikannya kepada kenalan dan kerabat yang Anda miliki.

 

Sumber Referensi:

  • Dian Septi Arthasalina. 28 September 2018. 5 Sikap Tanda Haus Pujian yang Bikin Rugi, Kamu Bukan?. idntimes.com – https://goo.gl/cz6xAd

 

Sumber Gambar:

  • Penguasa – https://goo.gl/msih23
  • Arogan – https://goo.gl/EVxjjp
  • Haus Pujian – https://goo.gl/96M9gS
Summary
Kenali 5 Tanda Orang yang Haus Pujian di Tempat Kerja Anda
Article Name
Kenali 5 Tanda Orang yang Haus Pujian di Tempat Kerja Anda
Description
Pujian yang tepat dapat memberikan motivasi dan membuat seseorang jadi semakin bersemangat. Namun, bagi beberapa orang, pujian bisa jadi tujuan utama yang membuat mereka seakan-akan selalu haus pujian.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-11-18T08:40:30+00:00November 18th, 2018|Categories: Karir, Lifestyle, Mindset|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment