Bagaimana cara hidup hemat? Kali ini salah satu rekan Finansialku akan membahas 5 pengeluaran yang tidak terencanakan, tetapi sering dilakukan. Kalau Anda ingin hemat, maka Anda perlu menguranginya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

Hidup Hemat, dengan Kurangi 5 Pengeluaran Ini

Apakah Anda ingin hidup hemat? Hidup hemat berbeda dengan hidup dalam keadaan susah atau menderita. Hidup hemat berarti mengeluarkan uang untuk kebutuhan-kebutuhan yang dianggap perlu dan mampu membuat prioritas pengeluaran. 

Hemat Pengeluaran Anda, dengan Cara Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudah Benarkah Cara Anda Mengelola Keuangan?]

 

Banyak orang Indonesia yang kesulitan untuk hidup hemat dan membuat prioritas pengeluaran. Jika diteliti lebih lanjut, masalahnya ada dua yaitu tidak punya anggaran pengeluaran dan juga tidak punya catatan keuangan. Berdasarkan hasil pengamatan, berikut ini 5 pengeluaran yang biasanya Anda lakukan tanpa terencana (tetapi lumayan kalau dihemat).

 

Sering Ngopi di Coffee Shop  

Salah satu pengeluaran yang besar dan seringkali tidak disadari adalah biaya minum kopi. Apa yang Anda lakukan jika ketemu dengan teman-teman? Pastinya pergi ke coffee shop dan ngobrol kan? Apa yang Anda lakukan jika lagi malas melakuakan sesuatu? Tentunya pergi ke coffee shop sambil internetan gratis kan? Ternyata salah satu budget pengeluaran terbesar, bisa saja berasal dari kopi.

[Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Uang Ngopi untuk Berinvestasi?]

 

Coba kita hitung, jika satu hari kita pergi ke coffee shop dan menghabiskan Rp 40.000, maka dalam satu bulan kurang lebih Anda menghabiskan uang sampai dengan Rp 800.000. Jika kita hemat setengahnya, kita gunakan uang tersebut untuk minum kopi di rumah dan sebagian diinvestasikan, kira-kira berapa hasilnya ya?

 

Memperbesar Biaya Makan

Memperbesar biaya makan yang dimaksud bukan, menambah porsi makan Anda, melainkan pengeluaran tambahan yang seharusnya bisa Anda hemat. Apakah Anda pernah menghitung, dalam sebulan :

  • Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk makan di luar?
  • Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk membayar lebih makanan? (misal dengan menambah Rp 5.000, Anda akan mendapat gratis merchandise)

 

Anti Isi Ulang

Apakah Anda termasuk salah seorang yang tidak mau repot? Selalu membali produk dengan kemasan baru? Ternyata tidak sedikit orang yang anti dengan membeli kemasan isi ulang, hanya karena repot. Padahal dengan menggunakan kemasan isi ulang, Anda dapat menghemat pengeluaran rumah tangga Anda. Jika Anda tidak percaya, coba mulai buat anggaran keuangan rumah tangga dan mulai mencatat pengeluaran Anda.

[Baca Juga : Apa itu Anggaran dan Apa Manfaatnya?]

 

Boros Listrik dan Tagihan Bulanan

Tahukah Anda, berapa biaya yang Anda keluarkan setiap bulannya untuk membayar listrik, internet, telepon dan tagihan bulanan lainnya? Nah coba sekarang biasakan untuk lebih menghemat penggunaan listrik, air dan telepon. Gunakan dengan bijak, misal jika akan keluar dari rumah, sebaiknya matikan lampu dan ac.  

 

Biaya Sosialisasi yang Tinggi Alias Suka Ntraktir

Salah satu kelemahan orang-orang adalah GENGSI dan kata WOW. Kebanyakan orang menunjukkan gengsi dan wow nya dengan cara mentraktir teman-teman. Alasan yang digunakan adalah biaya untuk bersosialisasi. Sangat wajar dan disarankan jika Anda memiliki anggaran untuk bersosialisasi, tetapi angkanya harus terukur. Coba cek nasehat cara mengelola keuangan dari Miliarder Lim Ka-Shing.

Mengatur Keuangan Keluarga ala Miliarder - Infografis 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan ala Miliarder]

 

Kesalahan Fatal: Lifestyle Lebih Tinggi Dibanding Kemampuan

Pernahkah Anda mendengar cerita orang kaya mendadak, menjadi kembali miskin ? Misal seorang artis yang tiba-tiba tenar? Orang yang menang undian, kembali jadi miskin? Pebisnis yang tiba-tiba sukses, kemudian jatuh miskin? Permasalahan yang sering terjadi adalah gaya hidup (lifestyle) yang terlalu tinggi dibandingkan kemampuannya.

[Baca Juga: Kenapa Penting Memiliki Kontrol Keuangan?]

 

Seorang ahli keuangan Amerika, bernama Suze Orman pernah mengatakan:

Hidup di bawah keinginan Anda, tetapi diantara kebutuhan Anda.

Suze Orman

 

Secara singkat, arti kata-kata tersebut adalah Anda perlu bijak dalam mengelola keuangan. Biasakan hidup hemat dan memiliki kontrol atas keuangan Anda. Kalau bisa hemat kenapa harus boros? 

 

Kebiasaan belanja apa yang menyebabkan Anda susah untuk menghemat pengeluaran?

 

Sumber Gambar:

  • Treat Friends – http://goo.gl/aQULt4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku