Apakah kamu termasuk orang yang memiliki hobi olahraga ekstrem? Apakah sudah menentukan asuransi yang tepat sesuai hobimu?

Jika belum, kamu wajib membaca artikel ini agar bisa menentukan mana asuransi yang cocok dengan hobi kamu itu. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi yang Tepat untuk Kamu yang Hobi Olahraga Ekstrem

Kamu pastinya setuju dong kalau berolahraga disebut sebagai kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat tubuh menjadi semakin sehat.

Maka tidak heran jika kemudian banyak orang yang menjadi gemar berolahraga, ataupun menjadikannya sebagai hobi.

Namun di samping itu, kegiatan olahraga juga memiliki risiko, mulai dari risiko cedera kecil hingga yang lebih parahnya ialah risiko kematian.

Nah, di antara banyaknya jenis olahraga, olahraga ekstrem termasuk jenis yang paling rentan dengan cedera ataupun kecelakaan.

Yang termasuk dalam kategori olahraga ekstrem ini ialah seperti karate, tinju, sepeda gunung, kayak, panjat tebing, dan yang lainnya.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi yang memiliki hobi olahraga ekstrem agar memiliki asuransi sehingga mendapat perlindungan dari risiko kecelakaan.

Untungnya, saat ini perusahaan asuransi memberi perhatian khusus untuk orang yang memiliki hobi olahraga ekstrem. Berikut ini beberapa asuransi yang cocok buat kamu.

 

#1 iSport

iSport merupakan salah satu produk asuransi dari Astra Life, yang diluncurkan pada Agustus 2018 yang lalu, dan sekaligus menjadi produk asuransi olahraga pertama di Indonesia.

iSport akan memberikan perlindungan bagi kamu yang senang berolahraga, baik itu olahraga umum maupun olahraga yang ekstrem, dengan manfaat fisioterapi dan santunan yang akan diberikan jika kamu mengalami kecelakaan.

Dengan adanya iSport, setiap orang yang hobi berolahraga ekstrem dapat berolahraga tanpa ragu.

Hobi Olahraga Ekstrem Kamu Harus Punya Asuransi Ini Nih! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia]

 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh iSport ialah perlindungan yang menjangkau saat sedang berada di dalam maupun luar negeri, serta memiliki masa perlindungan yang dapat diatur, baik mingguan ataupun perlindungan bulanan.

Kamu juga dapat mengatur sampai berapa lama masa aktif dari perlindungan yang diberikan, beserta nilai dari perlindungan yang akan kamu terima.

Berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, terdapat dua jenis manfaat yang ditawarkan oleh iSport, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan.

Manfaat dasar terdiri dari manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan, yang besarnya 100%, serta 200% jika kecelakaan terjadi di transportasi umum ataupun saat hari libur.

Selain itu terdapat manfaat penggantian biaya rawat jalan darurat sebesar 10% jika kamu mengalami kecelakaan ketika berolahraga.

Sedangkan untuk manfaat tambahan, kamu akan memperoleh 5% manfaat penggantian biaya fisioterapi dan biaya pemulihan dari kecelakaan saat berolahraga, serta santunan patah tulang yang juga sebesar 5% apabila kamu mengalami patah tulang.

 

#2 iFWD

iFWD merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan akan kecelakaan yang terjadi akibat hobi yang kamu miliki.

Adanya proteksi ini, kamu diharapkan mampu menikmati aktivitas yang kamu senangi tanpa merasa khawatir.

Dalam fitur yang ditawarkan, kamu bisa memperoleh manfaat akibat meninggal dunia hingga Rp 1 miliar, serta mendapat perlindungan untuk cacat permanen.

Perlindungan ini tidak hanya saat berolahraga ekstrem saja, tetapi termasuk saat mengadakan konser musik, pertandingan olahraga, hingga jenis hobi yang lain.

Hobi Olahraga Ekstrem Kamu Harus Punya Asuransi Ini Nih! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Uang Asuransi Tidak Kembali Jika Berhenti Di Tengah Jalan?]

 

Sama seperti jenis asuransi sebelumnya, di iFWD kamu juga dapat menentukan berapa besar uang pertanggungan yang akan kamu terima, serta berlaku di mana saja, baik saat kamu berada di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu kamu tidak memerlukan pemeriksaan medis untuk membeli asuransi iFWD.

 

Spesifikasi Produk

Untuk memiliki asuransi perlindungan hobi dari iFWD, kamu harus berusia antara 18 hingga 65 tahun, dengan masa asuransi 1 tahun dan perpanjangan otomatis hingga nantinya kamu berusia 70 tahun.

Besaran uang pertanggungan yang akan kamu terima jika mengalami kecelakaan ialah minimum Rp 100 juta, hingga besaran maksimum yang mencapai Rp 1 miliar.

Sedangkan untuk pembayaran premi, kamu bisa melakukannya secara bulanan maupun tahunan, dengan masa yang sama dengan masa asuransi.

Hobi Olahraga Ekstrem Kamu Harus Punya Asuransi Ini Nih! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Serba Serbi Asuransi Kecelakaan Diri di Indonesia]

 

Pengecualian

iFWD memberlakukan pengecualian atas pembayaran asuransi, jika pemegang polis melakukan atau terlibat dalam 2 hal berikut.

  1. Bunuh Diri

Apabila pemegang polis asuransi secara sadar ataupun tidak sadar melakukan tindakan bunuh diri atau melukai dirinya sendiri, maka ia tidak akan menerima uang pertanggungan, dalam waktu satu tahun sejak tanggal manfaat asuransi berlaku, ataupun sejak tanggal terakhir pemulihan polis.

 

  1. Melakukan Tindakan Ilegal

Pemegang polis tidak akan mendapat uang pertanggungan dari iFWD apabila diketahui terlibat dalam tindakan ilegal atau melanggar dan melawan hukum yang berlaku di Indonesia.

 

Miliki Asuransi Mulai dari Sekarang

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui jenis asuransi yang cocok buat yang hobi olahraga ekstrem.

Dengan begitu diharapkan kamu bisa mengetahui dengan baik manfaat adanya asuransi, serta memiliki asuransi sedini mungkin sehingga kegiatan kamu terproteksi.

Tapi, untuk kamu yang masih ragu untuk memiliki asuransi olahraga ekstrem karena sudah memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa simak video berikut ini untuk mendapatkan pencerahan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Bila kamu memiliki tanggapan atau pertanyaan, kamu bisa meninggalkannya pada kolom komentar. Sempatkan juga untuk membagikan artikel ini pada teman yang juga hobi olahraga ekstrem.

 

Sumber Referensi:

  • Nur Qolbi. 09 Desember 2018. Produk Asuransi Olahraga Menjangkau Atlet Amatir dan Profesional. Keuangan.kontan.co.id – https://bit.ly/3exKre4
  • Admin. Lindungi Diri Kejar Passion Kamu dengan Bebas Aksi. Ifwd.co.id – https://bit.ly/37Y0aAF
  • Admin. Hidup Sehat Tanpa Risiko. Ilovelife.co.id – https://bit.ly/2Z9ZrYS

 

Sumber Gambar:

  • Olahraga 1 – https://bit.ly/3f3gXoM
  • Olahraga 2 – https://bit.ly/3dZMEOa
  • Olahraga 3 – https://bit.ly/2ZDeXNc