Cek daftar hotel di Solo yang siap melengkapi momen staycation kamu!

Berencana untuk staycation di Solo saat new normal? Sebelum pergi, cek dulu rekomendasi hotel di Solo dari Finansialku yang bikin liburan kamu auto nyaman!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bosan tapi Takut Berpergian? Staycation Aja!

Jika biasanya liburan identik dengan berkeliling untuk menikmati keindahan sebuah kota atau pulau, kini konsep liburan juga bisa sekedar staycation, lho!

Di tengah situasi yang belum benar-benar aman, hotel adalah pilihan wisata yang paling tepat. Staycation adalah konsep liburan di mana kamu berdiam di hotel saja.

Tapi jangan salah, walaupun tidak ke mana-mana, kamu tetap dapat menyegarkan pikiran dengan suasana yang baru. Carilah hotel dengan nuansa yang menyegarkan dan pelayanan yang memuaskan.

Selain bikin nyaman tinggal berlama-lama, kamu dapat merasa dimanjakan karena dilayani dengan baik tanpa harus ke luar.

Terakhir, pastikan bahwa letak hotel di mana kamu tinggal berada di tengah kota dengan akses yang mudah. Gunanya, supaya kamu gak repot saat memang harus bepergian.

 

Rekomendasi Hotel di Tengah Kota Solo

Sudah berencana untuk staycation ke Solo? Yuk, cari tahu hotel apa saja yang direkomendasikan di tengah Kota Solo khusus untuk kamu.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Ramada Suites by Wyndham Solo

Penggabungan konsep arsitektur Barat, Jawa, dan Bali dapat kamu temukan di hotel ini. Ramada Suites menawarkan pengalaman menginap yang mengesankan dengan nuansa tradisional dalam sentuhan modern.

Spot foto tematik dapat kamu temukan di seluruh desain bangunan dan kamar. Ditambah, kamu bisa menghirup udara segar karena hotel ini memiliki taman yang luas.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu berenang, spa, fitness, bahkan jogging dan bersepeda di sini. Whole package, kan?

Liburan di Solo Cek Daftar Hotel di Solo yang Dekat Situs Terkenal Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan?]

 

Kalau untuk masalah lokasi, jangan khawatir. Hotel ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Adi Sumarmo.

Lalu, apabila kamu ingin membeli sesuatu, Solo Square Mall dapat ditempuh dengan berkendara 15 menit saja. Untuk objek wisata seperti Kampoeng Batik Laweyan, Taman Balekambang, dan lainnya dapat ditempuh sekitar 5 kilometer.

Jika tertarik, siapkan budget di kisaran Rp 400 ribu per hari untuk satu kamar. Mahal sedikit tapi dijamin rasa jenuhmu selama ini akan terbayar lunas.

 

#2 Lorin Solo Hotel

Rekomendasi hotel di Solo berikutnya adalah Lorin Hotel Solo. Memang untuk menginap di sini, kamu akan merogoh kocek setidaknya di Rp 400 ribuan. Tapi staycation yang kamu dapatkan dijamin tak terlupakan.

Selain suasana dan pelayanan yang sangat baik, fasilitas yang ditawarkan pun banyak. Mulai dari outdoor pool, spa dan massage, hingga resto dan bar yang oke banget.

Kamu dapat menemukan masakan khas Indonesia di Sasono Bujono Resto, hidangan laut di Kampoeng Ikan Restauran, dan minuman segar di Jolotundo Pool Bar.

Setiap bulannya, Lorin Hotel juga mengadakan pertunjukan wayang tradisional. Untuk kamu kaum milenial, pertunjukan live music di Pipas Lounge akan menghiburmu.

Lokasinya pun cukup strategis. Hotel ini berjarak 3,2 km saja dari Bandara Adi Sumarmo. Jika ingin sedikit mengeksplorasi, Keraton Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan dapat dicapai dengan 20 menit berkendara.

Selain itu, Pasar Barang Antik Triwindu dan Kampung Batik juga berjarak sekitar 20 menit.

 

#3 Rumah Turi Eco Boutique Hotel

Lepas penat dan rasa jenuhmu selama di rumah aja dengan menginap di Rumah Turi Eco Boutique Hotel. Hotel unik ini menawarkan konsep menginap dengan suasana eco green yang jarang kamu temukan di hotel lainnya.

Dengan konsep tersebut, mata kamu akan dimanjakan dengan banyak kebun, ruang terbuka, dan tentunya tatanan arsitektur dan desain ruang yang membuat kamu merasa back to nature!

Liburan di Solo Cek Daftar Hotel di Solo yang Dekat Situs Terkenal Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 13 Hotel di Jogja Dengan Desain Unik dan Instagramable]

 

Berada di Jalan Srigading, Solo, Rumah Turi siap menyambut kamu! Jika kamu turun di Stasiun Purwosari, berkendaralah 6 menit saja dan kamu akan sampai.

Jika sesampainya kamu butuh jalan-jalan sebentar, beberapa tempat wisata dekat kok dari hotel. Museum Radya Pustaka, Museum Dullah, Sriwedari Park, Monumen Pers Nasional, Museum Batik Danar Hadi, bahkan Solo Grand Mall semuanya kurang dari 1 km jaraknya.

Pilihan yang pas banget kan? Tinggal siap-siap budget di Rp 350 ribuan per harinya.

 

#4 Cakra Homestay

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi tinggal di lingkungan Keraton, Cakra Homestay adalah pilihan yang paling pas! Kamu dapat menemukan desain hotel kuno yang kental akan budaya Jawa pada setiap detail dekorasinya.

Selain unik, harganya juga murah. Cukup dengan Rp 150 ribuan saja, kamu sudah bisa menginap dengan nyaman di sini.

Selain harganya yang terjangkau, lokasinya juga strategis. Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, bahkan Istana Kasunanan bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Kalau penasaran dengan Sungai Bengawan Solo juga cuma 5 km dari hotel.

 

#5 Villa Aquin

Hotel di Solo dengan suasana tenang ditemani pemandangan dari hamparan sawah dan indahnya Gunung Merapi Merbabu bisa didapatkan di Villa Aquin yang hanya tersedia 6 kamar saja.

Khususnya untuk kamu yang akan membawa teman-teman atau keluarga. Kamu bisa menikmati outdoor pool, mengadakan private party, atau sekadar barbecque session bersama orang terdekat.

Villa Aquin terletak sejauh 10 menit berkendara dari Bandara Adi Sumarmo. Sedangkan objek wisata seperti Taman Sriwedari dan Keraton Surakarta Hadiningrat dapat dicapai dalam 15 menit saja.

Siapkan budget Rp 300-400 ribu, bergantung pada kamar yang kamu pilih. Siap liburan?

Liburan di Solo Cek Daftar Hotel di Solo yang Dekat Situs Terkenal Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Ke Sumsel? Icip 5 Kuliner Palembang Ini Sebelum Pulang!]

 

#6 Ataya Hotel Solo

Mau staycation ala backpacker dengan budget minim? Gak masalah, karena harga menginap di Ataya Hotel Solo pasti pas di kantong. Cukup dengan budget Rp 200 ribuan, kamu sudah bisa menginap di hotel yang satu ini.

Hotel di Solo dengan konsep semi cottage disuguhi taman di sekitar hotel. Ada pula kolam renang menyerupai laguna yang cocok untuk bersantai bersama orang terdekat.

Walaupun harganya terjangkau, namun kebersihan dan kualitas pelayanan tak perlu diragukan lagi. Jangan lupa kunjungi Tugu Kartasura dan De Tjolomadoe juga sebagai destinasi wisata terdekat.

 

#7 Swiss-Belinn Saripetojo Solo

Apabila kamu senang dengan konsep yang lebih modern, Swiss-Belinn Saripetojo adalah tempat yang cocok. Berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, hotel ini terletak di jantung Kota Solo.

Kamu bisa berjalan kaki ke Stasiun Purwosari atau berkendara sekitar 5 menit ke pusat perbelanjaan Solo Square dan Solo Grand Mall.

Sementara beberapa objek wisata seperti Museum Batik Danar Hadi, Sriwedari Park, dan Museum Radya Pustaka berjarak kurang dari 3 kilometer saja.

Liburan di Solo Cek Daftar Hotel di Solo yang Dekat Situs Terkenal Ini! 04 - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Hotel di Surabaya yang Wajib Masuk Bucket List Akomodasi Anda]

 

Kamar di sini memang super nyaman, tapi pastikan juga untuk mencoba outdoor pool-nya juga. Kolam renang outdoor di lantai atas dapat membuat staycation kamu semakin menyenangkan.

Restoran dan Bar di sini pun dikelilingi oleh kaca yang memungkinkan kamu menyantap menu hidangan dengan melihat pemandangan kota Solo.

Untuk budget, siapkan sekitar Rp 350 ribuan per hari untuk mendapatkan fasilitas menginap di sini. Wajib coba!

 

#8 Royal Hotel Dana Solo

Budget ngepas? Royal Hotel Dana Solo akan dengan senang hati menerima kamu. Pasalnya, kamu cukup mengeluarkan budget Rp 240 ribuan untuk hotel di Solo yang super nyaman ini.

Konsepnya yang hangat dengan desain sederhana khas Jawa Tengah bikin kamu kerasan menginap berlama-lama. Salah satu kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya yang strategis.

Seperti Museum Batik Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Pura Mangkunegaran, Kampoeng Batik Laweyan, Taman Balekambang, Museum Keraton Surakarta, dan masih banyak lagi yang jaraknya kurang dari 2 km!

Bahkan beberapa destinasi dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja karena jarak tempuhnya kurang dari 500 meter. Mulai menjelajah kota dengan berjalan kaki atau bersepeda. Tapi ingat, tetap social distancing, ya!

 

#9 Adhiwangsa Hotel and Convention Hall

Salah satu hotel di Solo bintang empat yang wajib kamu kunjungi adalah Hotel Adhiwangsa. Hotel ini menawarkan kemewahan dengan konsep kontemporer yang akan memanjakan momen menginapmu.

Dilengkapi dengan fasilitas yang komplet dan pelayanan yang memuaskan, tak heran jika hotel ini sering dikunjungi para pasangan honeymoon!

Hotel ini pun hanya memiliki 50 kamar sehingga nyaman untuk menghindar dari keramaian dan tentunya eksklusif.

Liburan di Solo Cek Daftar Hotel di Solo yang Dekat Situs Terkenal Ini! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Sensasi Liburan di W Hotel Bali, Hotel Mewah Idola Para Selebriti]

 

Kamu bisa menjangkau hotel ini dengan berkendara sekitar 11 menit dari Stasiun Balapan Solo atau 8 menit saja dari Stasiun Purwosari.

Sempatkan juga untuk berjalan-jalan sebentar ke Stadion Manahan, Pasar Klewer, dan The Park Solo yang dapat kamu kunjungi dengan berkendara. Per harinya, kamu akan mengeluarkan dana sebesar kurang lebih RP 350 ribuan. Gimana? Cocok?

 

#10 Solo Paragon Hotel and Residence

Jika kamu menginginkan pengalaman menginap yang mengesankan dengan budget yang “lumayan”, Solo Paragon bisa jadi pilihan untuk staycation-mu kali ini.

Hotel bintang 4 dengan gaya modern memberikan kesan tersendiri yang bisa buat kamu enggan pulang. Apalagi jika kamu suka berbelanja.

Karena Solo Paragon dikenal sebagai hotel pertama yang langsung terhubung dengan pusat perbelanjaan kelas atas. Fasilitasnya pun beragam.

Mulai dari tempat gym, outdoor pool, lounge, area barbecque, hingga taman dengan jogging track!

Untuk letak, Solo Paragon berada di Jalan Dr. Sutomo. Kamu bisa menemukan hotel ini setelah berkendara sekitar 10 menit dari Stasiun Balapan Solo.

Lokasinya terbilang strategis karena banyak destinasi wisata yang jaraknya kurang lebih 1  kilometer saja. Seperti Monumen Pers Nasional, Taman Balekambang, Taman Sriwedari, Museum Dullah, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya, rogoh kocekmu sebesar Rp 450 ribuan per harinya dan siap untuk di hotel aja!

 

Stay at Hotel, Cara Baru Liburan Saat New Normal

Saat new normal dimulai, jangan terburu-buru liburan keliling kota. Mulailah dari berwisata yang cukup aman seperti liburan dengan konsep staycation di hotel pilihan.

Carilah informasi dan pastikan kebersihan hotel benar-benar baik sebelum memutuskan untuk menginap.

Jangan lupa bawa peralatan penunjang kesehatanmu seperti disinfectant spray dan hand sanitizer untuk memastikan staycation kamu aman dan nyaman. Liburan? Di hotel aja!

 

Apakah kamu berencana untuk liburan saat new normal dimulai? Bagikan tanggapan dan ide staycationmu dengan pembaca lainnya di kolom komentar ya! Share artikel ini juga jika bermanfaat. Semoga membantu!

 

Sumber Gambar:

  • Hotel di Solo 1 – https://bit.ly/2Muj7kw
  • Hotel di Solo 2 – https://bit.ly/3gRoWqa
  • Hotel di Solo 3 – https://bit.ly/2BwPtJc
  • Hotel di Solo 4 – https://bit.ly/2zQEl9F
  • Hotel di Solo 5 – https://bit.ly/2XwJvjT