Pernahkah Anda berpikir apakah perlu membeli asuransi perjalanan ketika akan liburan? Apa saja manfaat yang didapatkan?

Asuransi perjalanan membantu Anda berkeliling dunia tanpa rasa khawatir dan dengan perasaan aman. Namun seberapa perlukah asuransi perjalanan pada saat liburan?

Artikel ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan apakah perlu membeli asuransi perjalanan saat liburan. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah sebuah perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi selama Anda dan keluarga melakukan perjalanan liburan.

Di balik manfaat liburan, tentu Anda tidak ingin terbebani dengan risiko seperti risiko finansial, risiko kehilangan atau tindakan kriminal lainnya.

Asuransi perjalanan dapat menjadi sebuah bentuk perlindungan untuk memberikan Anda rasa aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan.

Bahkan di beberapa negara di Amerika, Eropa, dan Asia, setiap pengunjungnya wajib memiliki asuransi perjalanan.

Terdapat beberapa jenis asuransi perjalanan tergantung pada produk dan manfaat yang ditawarkan. Ada asuransi perjalanan yang hanya berlaku di Indonesia saja dan ada pula yang turut berlaku secara internasional.

Selain itu, terdapat asuransi perjalanan perorangan dan keluarga. Ada pula asuransi perjalanan yang berbeda sesuai dengan moda transportasinya.

Masing-masing asuransi perjalanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Namun pertanyaannya, apakah perlu membeli asuransi perjalanan saat liburan? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda sebaiknya mengetahui manfaat di balik asuransi perjalanan yang mungkin belum Anda ketahui.

Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Ampuh Mencari Promo Asuransi Perjalanan yang Tepat]

 

Manfaat Asuransi Perjalanan

Secara garis besar, asuransi perjalanan memberikan 4 manfaat, yaitu perlindungan medis, perlindungan atas ketidaknyamanan perjalanan, perlindungan atas kecelakaan diri dan bantuan darurat di seluruh dunia.

Namun, masing-masing asuransi perjalanan memiliki manfaat yang berbeda untuk setiap programnya. Manfaat ini biasanya akan tertulis di polis asuransi perjalanan yang harus Anda pelajari sebelum menyetujui perjanjian asuransi.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat yang termasuk ke dalam 4 klasifikasi manfaat yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan.

 

Perlindungan Medis

Salah satu perlindungan yang diberikan oleh asuransi perjalanan adalah risiko atas tanggungan biaya perawatan dan pengobatan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Biaya yang tercakup adalah biaya pelayanan darurat (emergency) 24 jam untuk kecelakaan, biaya ambulans, tindakan operasi dan rawat inap.

Terdapat pula beberapa asuransi perjalanan yang menawarkan perlindungan medis bagi anggota keluarga yang turut melakukan perjalanan.

Terdapat beberapa asuransi perjalanan yang juga memberikan manfaat berupa santunan tunai harian untuk rawat inap di dalam maupun luar negeri. Santunan tunai ini disesuaikan dengan ketentuan lama rawat inap.

Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berikut Klaim Asuransi Perjalanan Terunik Sepanjang Masa]

 

Ketidaknyamanan Perjalanan

Pada saat melakukan perjalanan, terdapat beberapa risiko lain selain kecelakaan diri. Beberapa di antaranya misalnya, risiko yang mungkin terjadi atas barang bawaan Anda.

Asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan atas kerusakan dan kehilangan untuk aspek tersebut.

Kehilangan bagasi, uang dan dokumen perjalanan akan diberikan perlindungan berupa ganti rugi uang tunai dan penggantian biaya penerbitan kembali.

Selain itu, asuransi perjalanan juga memberikan santunan tunai untuk keterlambatan penerbangan dan keterlambatan bagasi.

Asuransi perjalanan juga akan menanggung biaya perjalanan alternatif akibat risiko keterlambatan tersebut (misalnya penerbangan baru karena jadwal pekerjaan).

Ada pula asuransi perjalanan yang memberikan penggantian untuk pembelian kebutuhan utama karena bagasi yang terlambat tiba.

Asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan atas pembatalan perjalanan termasuk biaya pembatalan dan deposit yang hangus karena adanya kejadian di luar kendali (bencana alam, kecelakaan atau jatuh sakit).

Ada pula beberapa produk asuransi perjalanan yang memberikan tambahan perlindungan untuk penggantian kerusakan pada peralatan golf, kehilangan isi rumah karena pencurian saat bepergian dan kondisi tambahan lainnya.

Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Keuntungan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui]

 

Bantuan Darurat di Seluruh Dunia

Bergantung pada jenis manfaat yang ditawarkan polis asuransi, terdapat asuransi perjalanan yang juga mencakup risiko yang terjadi pada perjalanan domestik dan internasional.

Biasanya perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan penyedia bantuan medis internasional. Nantinya, Anda hanya perlu menghubungi nomor darurat internasional yang akan diinformasikan di dalam polis asuransi.

Beberapa contohnya adalah evakuasi medis dari luar negeri, pemulangan jenazah dari luar negeri dan 24 jam hotline bantuan darurat di mana saja Anda berada.

Pelayanan internasional tersebut juga mencakup pengobatan, pendaftaran ke rumah sakit dan kunjungan bagi pendamping, memonitor kondisi dan garansi biaya pengobatan, rujukan ke dokter, rumah sakit, kedutaan, pengacara ataupun penerjemah.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

 

Kecelakaan Diri

Salah satu manfaat yang juga tidak kalah penting adalah santunan kecelakaan diri dan cacat permanen. Tanggungan ini diberikan karena ketidakmampuan peserta asuransi untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Risiko tersebut dapat terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi. Namun, dengan adanya asuransi perjalanan, keluarga yang ditinggalkan setidaknya mendapatkan santunan dan biaya untuk bertahan hidup selama beberapa waktu.

Selain itu, asuransi perjalanan juga memberikan santunan tunai dan perjalanan kunjungan kematian bagi anggota keluarga atau biaya pemulangan jenazah dan pemakaman.

 

Perlukah Anda Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan?

Setelah Anda mengetahui manfaat di atas serta perlindungan yang diberikan dengan adanya asuransi perjalanan, tentu asuransi perjalanan merupakan hal yang diperlukan untuk meminimalkan risiko yang ada selama liburan.

 

Asuransi perjalanan memberikan Anda perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan liburan. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Manfaat Asuransi Perjalanan. Allianz.co.id – https://bit.ly/3bbcTje
  • Admin. 24 September 2019. 4 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Bikin Tenang Saat Berlibur. Tokopedia.com – https://bit.ly/2L8WYY4

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/2Ztf3ss
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/36oQ0rX
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/3gjKWtl
  • Asuransi 4 – https://bit.ly/2APAXvC