Berkembangnya globalisasi membuat asuransi perjalanan semakin diminati. Ada beberapa keuntungan asuransi perjalanan yang bisa menghindarkan Anda dari kerugian yang mungkin terjadi pada saat perjalanan.

Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Perjalanan

Travel insurance atau asuransi perjalanan adalah sebuah jenis asuransi yang berguna untuk mencegah kerugian akibat perjalanan. Asuransi ini sangat tepat bagi Anda yang sering bepergian baik untuk perjalanan bisnis maupun liburan.

Bahkan di beberapa negara, asuransi perjalanan adalah syarat yang wajib ketika mengunjungi negara tersebut. Asuransi perjalanan di Indonesia biasanya dapat dibeli dengan mudah dari situs agen perjalanan online.

5 Keuntungan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui 02

[Baca Juga: Yuk Intip Bagaimana Cara Klaim Asuransi Perjalanan Berikut Ini!]

 

Sudah banyak pula perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi perjalanan untuk menjaga para kliennya. Dibandingkan dengan biaya perjalanan, premi asuransi perjalanan tergolong sangat rendah.

Premi asuransi perjalanan sendiri bergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Usia tertanggung
  • Periode perlindungan, maksimal hingga 183 hari
  • Tujuan negara
  • Nilai manfaat yang dipilih nasabah

 

5 Keuntungan Asuransi Perjalanan

Terdapat banyak keuntungan yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan. Mulai dari perlindungan diri dari risiko kecelakaan dan beberapa santunan yang diberikan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

 

#1 Mendapatkan Bantuan Darurat di Mana Saja

Anda akan diberikan layanan bantuan darurat selama 24 jam. Tentu bantuan ini sangatlah penting mengingat apapun dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Setiap perusahaan asuransi memiliki produk yang berbeda dan bantuan darurat yang diberikan pun berbeda. Namun secara garis besar, bantuan darurat yang diberikan ini mencakup:

  • Evakuasi medis
  • Pemulangan jenazah
  • 24 jam hotline bantuan darurat

 

#2 Santunan Kecelakaan dan Cacat Permanen

Ketika Anda mengalami kecelakaan, pastinya Anda membutuhkan biaya untuk menggantikan biaya yang harus Anda keluarkan.

Dengan adanya asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan santunan kecelakaan dan santunan cacat permanen yang dapat Anda gunakan untuk keperluan pribadi.

Apabila kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian, biasanya santunan akan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan. Keluarga pun akan mendapatkan dana apabila klien mengalami kecelakaan pesawat atau pesawat hilang.

 

#3 Terlindungi dari Ketidaknyamanan Perjalanan

Ketika Anda bepergian dengan pesawat, pasti pernah mengalami ketidaknyamanan perjalanan. Misalnya keterlambatan penerbangan, barang hilang atau rusak, dokumen yang hilang atau dicuri serta risiko yang terjadi akibat huru-hara atau terorisme.

Pada kasus keterlambatan perjalanan, ada beberapa perusahaan asuransi yang langsung memberikan kompensasi menginap gratis di hotel yang bekerja sama dengan penerbangan tersebut.

5 Keuntungan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui 03

[Baca Juga: Pertimbangkan Asuransi Sebelum Liburan, Ini Tips Beli Asuransi Perjalanan]

 

Ada pula yang memberikan kompensasi seperti pengembalian dana tiket pesawat dan dibelikan tiket yang baru. Untuk kerusakan bagasi dan barang hilang, ketentuannya pun berbeda.

Ada yang memberikan bagasi baru, ada yang memberikan ganti rugi berupa dana santunan. Setiap perusahaan asuransi akan menawarkan imbalan yang berbeda, untuk itu pastikan manfaat yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#4 Mendapatkan Perlindungan Medis

Dengan memiliki asuransi perjalanan, secara otomatis Anda akan mendapatkan manfaat pengobatan di luar negeri. Anda tidak perlu khawatir atau takut tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar perawatan tersebut.

Perlindungan medis ini diberikan dalam bentuk penggantian biaya pengobatan (hospital benefit) dan santunan harian untuk rawat inap di luar negeri (cash plan).

5 Keuntungan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui 04

[Baca Juga: Cari Asuransi Perjalanan ke Eropa Terbaik? Temukan Jawabannya Di Sini]

 

Selain itu, ada pula yang menawarkan penggantian biaya untuk satu orang kerabat atau keluarga untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama jika klien Anda dirawat di luar negeri.

Namun, kebijakan ini berbeda untuk setiap perusahaan asuransi. Perhatikan isi ketentuan asuransi dengan baik untuk mengetahui dengan jelas manfaat yang Anda terima.

 

#5 Perlindungan Rumah

Salah satu manfaat yang juga tidak kalah penting yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan adalah perlindungan rumah. Asuransi perjalanan dapat mengganti biaya kerugian akibat kebakaran rumah beserta isinya ketika klien melakukan perjalanan dan meninggalkan rumahnya.

 

Lindungi Perjalanan dan Diri Anda

Dengan adanya asuransi perjalanan, tidak hanya perjalanan Anda terlindungi, diri Anda pun akan terlindungi. Anda pun tidak perlu khawatir dan dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Yuk rencanakan asuransi perjalanan Anda dengan aplikasi Finansialku. Download aplikasinya di Google Play dan App Store.

 

Semoga artikel di atas dapat membantu Anda mempertimbangkan pentingnya asuransi perjalanan. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Selain itu, tuliskan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Yuk, Berkenalan dengan Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya. Allianz.co.id – https://bit.ly/2Rbhziy

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 01 – https://bit.ly/32DNv3d
  • Asuransi 02 – https://bit.ly/2wgyoAG
  • Asuransi 03 – https://bit.ly/3cldEYU
  • Asuransi 04 – https://bit.ly/2PAXlNJ