Semakin mudahnya moda transportasi, semakin membuka peluang travelling dan tentu meningkatkan permintaan akan klaim asuransi perjalanan.

Namun, banyak yang memanfaatkan asuransi perjalanan untuk hal yang tidak masuk akal namun memang terjadi. Artikel ini akan memberikan beberapa contoh klaim asuransi perjalanan terunik yang aneh serta lucu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Klaim Asuransi Perjalanan Terunik

Asuransi perjalanan merupakan sebuah produk asuransi yang melindungi segala risiko yang mungkin terjadi pada saat perjalanan. Asuransi perjalanan ini sangat berguna apalagi bagi Anda yang gemar travelling.

Namun, masalah yang terjadi tentu dapat dibilang sangat beragam, mulai dari kehilangan, kecopetan hingga kecelakaan. Asuransi perjalanan memang tidak mencegah masalah namun dapat membantu menyelesaikannya.

Hal ini dapat dilihat dari beberapa masalah di bawah yang sangat unik dan aneh namun kebanyakan di antaranya tetap dituntaskan oleh asuransi perjalanan. Berikut adalah beberapa klaim asuransi perjalanan yang unik dan aneh.

 

#1 Tersihir Gadis Berbikini

Dari judulnya saja, tentu Anda tidak akan habis pikir bagaimana cara seseorang melakukan klaim asuransi perjalanan karena sihir. Namun, nyatanya, sebuah perusahaan asuransi perjalanan terpaksa membayar kompensasi kepada kliennya.

Klaim Asuransi Perjalanan 1

[Baca Juga: Asuransi Perjalanan Domestik vs Asuransi Perjalanan Internasional]

 

Pria tersebut mengaku, saat menuju shelter bus di Athena Yunani, Top of FormBottom of Form#berjalan lurus tanpa menoleh karena tersihir sekelompok gadis berbikini.

Alhasil, pria tersebut menabrak tiang shelter bus dan mengakibatkan hidungnya patah.

 

#2 Kehilangan Gigi Palsu

Salah satu masalah ketika traveling adalah penyakit mabuk perjalanan. Selain mengakibatkan kepala pusing dan perasaan mual, mabuk perjalanan juga dapat mengakibatkan seseorang muntah-muntah.

Apalagi jika kapal laut yang bergerak kiri kanan akibat dihantam ombak tinggi dan angin kencang atau pesawat yang sedang mengalami turbulensi.

Hal ini pun dirasakan oleh seorang turis manula yang harus muntah-muntah akibat kapal yang ditumpanginya oleng di Teluk Biscay Pantai Barat Prancis.

Karena muntahnya ini, beliau kehilangan bekal makanan dan gigi palsu. Klaim “kehilangan bagasi” atas asuransi perjalanan pun diajukan karena gigi palsunya tidak ditemukan.

Dengan kata lain, ia melakukan klaim karena kehilangan gigi palsu! Tidak bisa dibayangkan malunya ia tersenyum tanpa gigi palsu.

 

#3 Disengat Kalajengking

Selama traveling, dompet, barang berharga dan paspor memang hal krusial yang harus selalu dijaga keamanannya. Namun seorang pria asal Inggris dengan tak sengaja menjatuhkan dompetnya ke selokan saat sedang berlibur ke Israel.

Klaim Asuransi Perjalanan 2

[Baca Juga: Yuk Intip Bagaimana Cara Klaim Asuransi Perjalanan Berikut Ini!]

 

Meski demikian, klaim yang ia ajukan bukan karena kehilangan kartu kredit atau uang tunai, tetapi untuk perawatan rumah sakit.

Ternyata, pada saat pria ceroboh ini hendak mengambil dompetnya, seekor kalajengking menyengat tangannya. Untung saja pria ini selamat dan perusahaan asuransi perjalanan dengan baik menyetujui klaimnya. Ada-ada saja, ya?

 

#4 Mengubur Kamera di Pasir Pantai

Liburan ke pantai tidak komplit tanpa bermain pasir. Mengubur tubuh seseorang di dalam pasir. Hal ini sering dilakukan sebagai hal yang dianggap menyenangkan dan menarik.

Sayangnya, dua bocah di Cornwall Inggris sangat kreatif yang malah berujung senjata makan tuan. Mereka tidak ingin kamera mereka hanyut terbawa ombak. Oleh karena itu, mereka malah mengubur kamera saat kedua orangtua mereka berenang.

Tentu saja saat ditanya, mereka tidak ingat di mana kamera tersebut dikubur. Apalagi seluruh pasir bentuknya sama dan mereka tidak mengerti untuk meninggalkan petunjuk tempat mereka meninggalkannya.

Untungnya asuransi perjalanan mengganti kerugiannya dan membayar kompensasi sebesar 600 Euro atau sekitar Rp9 juta.

 

#5 Diseruduk Banteng

Selain disengat kalajengking, kali ini seorang petualang mengajukan klaim asuransi perjalanan akibat diseruduk banteng. Seorang backpacker asal Inggris terkena amukan banteng di Kerala India.

Klaim Asuransi Perjalanan 3

[Baca Juga: Kiat Ampuh Mencari Promo Asuransi Perjalanan yang Tepat]

 

Walaupun sebabnya tidak dimengerti dan apakah pria tersebut memprovokasi hewan tersebut, namun ia selamat. Ia pun menerima kompensasi sebesar 2.800 Euro atau sekitar Rp42 juta untuk biaya perawatan rumah sakit dan pengobatannya.

 

#6 Ketiban Kelapa

Seorang traveler wanita di Sri Lanka sedang duduk santai sambil membaca buku di bawah pohon kelapa saat buah kelapa jatuh tepat menghantam kepalanya. Bisa Anda bayangkan kan sakitnya dan kagetnya wanita tersebut?

Berat kelapa tersebut dua kilogram dan tinggi pohon 30 meter.

Ini berarti buah kelapa tersebut jatuh dengan kecepatan 53 mil per jam sebelum menghantam tengkorak wanita tersebut. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan seluruh biaya perawatannya (kurang lebih Rp6 juta) ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi perjalanan.

 

#7 Kehilangan Buah Kelapa

Sebelumnya, seorang traveler ketiban buah kelapa, kali ini, seseorang traveler mengajukan klaim akibat kehilangan buah kelapa.

Seorang traveler asal Inggris frustrasi karena dua buah kelapa yang dia beli sepulang dari liburan ke negara tropis tidak terangkut pesawat.

Entah karena frustasi atau terlalu berani, ia pun mengajukan klaim sebesar 1.000 Euro atau sekitar Rp15 juta. Padahal di negara tropis, harga asli buah kelapa tak sampai satu euro. Tentu pihak asuransi perjalanan menolak klaim tersebut.

 

#8 Pakaian Dicuri Monyet

Siapa yang tidak tahu bahwa monyet sering kali jail dan mengambil barang bawaan Anda. Hal ini terjadi di hutan hujan Malaysia.

Klaim Asuransi Perjalanan 4

[Baca Juga: Pertimbangkan Asuransi Sebelum Liburan, Ini Tips Beli Asuransi Perjalanan]

 

Di situ pasangan yang sedang berbulan madu menemukan pakaian mereka telah dicuri sekelompok monyet saat baru kembali ke pondok tempat mereka menginap.

Rupanya monyet tersebut merobek-robek dan menyebarkan serpihan pakaian di hutan layaknya meninggalkan jejak. Asuransi perjalanan membayar kompensasi atas kerugian ini.

 

Itu dia klaim asuransi perjalanan yang unik, tapi terjadi. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk memiliki asuransi perjalanan? Berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Alangkah lebih baiknya bila Anda juga membagikan artikel ini kepada rekan maupun saudara Anda. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ariesta. 16 Februari 2016. 10 Klaim Asuransi Perjalanan Teraneh dan Terunik. Cekaja.com – https://bit.ly/2T29SLb

 

Sumber Gambar:

  • Klaim Asuransi Perjalanan 1 – http://bit.ly/3aGA3OV
  • Klaim Asuransi Perjalanan 2 – http://bit.ly/2TKfGcL
  • Klaim Asuransi Perjalanan 3 – http://bit.ly/3cDXcmN
  • Klaim Asuransi Perjalanan 4 – http://bit.ly/38y0vZr
  • Klaim Asuransi Perjalanan 5 – http://bit.ly/2Twq1Kw