Mau tahu perbedaan asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional?

Asuransi perjalanan sangatlah dibutuhkan jika Anda menginginkan perjalanan yang nyaman dan aman. Tapi tentunya asuransi perjalanan ada yang domestik dan ada juga yang internasional. Yuk, kita cek perbedaannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Berlibur atau travelling tentunya untuk menghilangkan rasa penat akibat rutinitas sehari-hari. Mengingat tujuannya adalah untuk refreshing, Anda tentu menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bepergian, Anda dapat membeli asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi perjalanan adalah asuransi jangka pendek yang hanya berlaku selama masa perjalanan atau biasanya melindungi risiko perjalanan dengan jangka waktu beberapa hari atau sampai dengan enam bulan.

Asuransi Perjalanan Domestik vs Asuransi Perjalanan Internasional 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

 

Selama perjalanan, kapanpun dan di mana pun di seluruh dunia, pasti ada kemungkinan hal tidak terduga dapat terjadi. Adapun beberapa hal yang dapat Anda atasi dengan adanya asuransi perjalanan adalah sebagai berikut:

 

#1 Keterlambatan Penerbangan

 Asuransi perjalanan biasanya memberikan kompensasi jika terdapat keterlambatan penerbangan.

 

#2 Sakit Saat Perjalanan

Asuransi perjalanan akan meng-cover kebutuhan pengobatan Anda, kecuali perjalanan Anda ditujukan untuk berobat atau jika Anda melakukan perjalanan yang bertentangan dengan anjuran kesehatan Anda.

 

#3 Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Apabila Anda memiliki jaminan perjalanan paling tidak Anda akan menerima ganti rugi jika mengalami kejadian seperti ini.

 

#4 Kecelakaan

Antisipasi untuk mengatasi segala risiko kecelakaan perjalanan (penggantian biaya pengobatan, kecacatan, hingga kematian).

 

#5 Kehilangan Dokumen Perjalanan

Mendapatkan jaminan berupa biaya untuk menerbitkan paspor atau dokumen yang hilang.

 

#6 Harta Benda Hilang Selama Ditinggal Bepergian

Kerugian akibat kejadian tersebut akan ditanggung juga oleh beberapa asuransi perjalanan selama pemilik rumah bepergian.

Asuransi Perjalanan Domestik vs Asuransi Perjalanan Internasional 03 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Takut mahal? Tenang, premi asuransi perjalanan tidaklah mahal. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor mengatakan, premi yang dikeluarkan untuk asuransi travel cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan.

“Buat mereka yang traveling, itu preminya hanya sepersekian persen. Tidak sampai satu persen dari biaya perjalanan mereka,” tutur Julian kepada KompasTravel. 

Nah, apabila Anda juga ingin berlibur dengan tenang, yuk segera ajukan asuransi perjalanannya. Asuransi perjalanan seperti apa yang sesuai dengan Anda? Simak 2 jenis asuransi perjalanan berikut ini.

 

Asuransi Perjalanan Domestik vs Asuransi Perjalanan Internasional

Nah setelah mengetahui pentingnya memiliki asuransi perjalanan, kini mari melihat 2 jenis utamanya yaitu asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional.

Secara definisi, asuransi perjalanan domestik adalah asuransi perjalanan yang melindungi perjalanan domestik Anda. Dalam kasus kita, tentunya perjalanan yang dilakukan dalam lingkup negara Indonesia.

Sementara itu, asuransi perjalanan internasional merupakan asuransi perjalanan yang melindungi perjalanan internasional dari risiko medis dalam kurun waktu yang ditentukan.

Asuransi Perjalanan Domestik vs Asuransi Perjalanan Internasional 04 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Asuransi perjalanan juga sering diklasifikasikan berdasarkan jumlah perjalanan dan kurun waktunya, yaitu sebagai berikut:

  • Perjalanan tunggal

Asuransi untuk perjalanan tunggal akan memberikan perlindungan selama pemegang polis melakukan satu kali perjalanan. Jenis ini cocok bagi yang hanya ingin berlibur atau melakukan perjalanan bisnis dalam satu waktu.

  • Perjalanan tahunan.

Sedangkan untuk jenis perjalanan tahunan merupakan asuransi yang berlaku dalam jangka waktu satu tahun. Jenis ini cocok bagi yang sudah merencanakan melakukan perjalanan beberapa kali untuk satu tahun ke depan.

 

Sedangkan dari segi penyedianya, umumnya Anda bisa memilih antara membeli asuransi perjalanan dari travel agent atau secara online.

Asuransi perjalanan dari travel agent umumnya dipilih saat Anda berlibur dengan membeli paket dari travel agent, di mana Anda bisa membeli asuransi perjalanan langsung dari travel agent tersebut sehingga mudah dan praktis.

Kelemahannya adalah biaya yang ditawarkan oleh travel agent biasanya mahal. Lalu bagaimana solusinya?

Asuransi Perjalanan Domestik vs Asuransi Perjalanan Internasional 05 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda]

 

Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang, kini Anda dapat mencari alternatif yang lebih terjangkau. Misalnya saja membeli asuransi perjalanan melalui agen asuransi atau secara online dengan mudah.

Meski Anda akan mengeluarkan tenaga lebih untuk mencari sendiri paket asuransi perjalanan, namun biasanya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah daripada membeli dari travel agent.

 

Berlibur Aman dan Nyaman berkat Asuransi Perjalanan

Entah sudah berapa banyak perjalanan yang meninggalkan kenangan buruk akibat kehilangan barang, sakit saat perjalanan, atau bahkan keterlambatan penerbangan.

Asuransi perjalanan akan berguna di saat-saat seperti ini. Jadi, jangan lupakan asuransi perjalanan saat bepergian, ya!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mengajukan asuransi perjalanan? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Liburan Aman dengan Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri. Pikniek.com – http://bit.ly/2OvsDFn
  • Sri Anindiati Nursastri. 25 Jul i2016. 6 Hal yang Wajib Anda Tahu soal Asuransi Perjalanan. Kompas.com – http://bit.ly/2v2vwXo

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Perjalanan 1 – http://bit.ly/36VhV1b
  • Asuransi Perjalanan 2 – http://bit.ly/2GSSJht
  • Asuransi Perjalanan 3 – http://bit.ly/2vS2HNP
  • Asuransi Perjalanan 4 – http://bit.ly/2ubX78D