Bulan madu merupakan masa-masa manis yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang mau menikah maupun pasangan yang sudah menikah. Apalagi jika bisa menikmati momen romantis bulan madu, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Anda dan pasangan bisa menyiasati dengan sedikit ide kreatif berbulan madu hemat namun tetap menjadi momen romantis yang tak terlupakan seumur hidup.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda

Menikmati beberapa hari atau beberapa minggu bersama-sama dengan pasangan merupakan hal yang terindah, yang dapat membuat Anda lebih mengenal dan memahami pasangan satu sama lain.

Banyak pasangan mulai merencanakan bulan madu mereka enam sampai delapan bulan sebelumnya. Ini sepertinya terlalu dini, tetapi kalau menyangkut perencanaan ini adalah tindakan yang tepat.

7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dimana Tempat Bulan Madu Favorit Anda? Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda]

 

Semakin lama Anda menunggu, semakin Anda berisiko kehilangan tempat terbaik. Anda juga bisa kehilangan banyak uang dengan tidak memulai lebih awal dan meneliti tempat-tempat yang paling sesuai secara finansial untuk anggaran Anda.

Anda tentu tidak ingin membuat kesalahan finansial sejak hari pertama pernikahan Anda dan menghabiskan sisa hidup Anda saling menyalahkan, bukan?

 

Finansialku juga membantu Anda untuk melakukan perencanaan keuangan dalam melakukan perjalanan bulan madu Anda. Anda bisa memasukkan rencana perjalanan Anda, dan mulai untuk melakukan saving atau investasi yang diperlukan sehingga perjalanan Anda memiliki keuangan yang cukup. Silakan daftar diri Anda di sini atau download aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Berikut ini tips bulan madu agar romantis dan bersahabat dengan dompet Anda!

 

#1 Tentukan Apa yang Anda Inginkan dari Bulan Madu Anda

Bukankah akan menjadi tragedi saat Anda telah merencanakan bulan madu di resort pantai di Maldives, sedangkan pasangan Anda lebih menyukai hiking di Gunung Bromo?

Pastikan Anda merencanakan perjalanan bulan madu Anda. Beri diri Anda dan pasangan Anda waktu yang cukup, untuk melakukan survei terhadap tempat pilihan Anda. Diskusikan dengan pasangan Anda hal-hal apa saja yang ingin Anda dan pasangan Anda lakukan di tempat berbulan madu.

Utamakan waktu berkualitas untuk Anda berdua dan biarkan secara natural mengeksplorasi destinasi tujuan.

 

#2 Temukan Versi Termurah dari Liburan Paling Mewah di Luar Sana

Jika Anda berdua bermimpi tentang pantai, pikirkan tentang apa yang Anda sukai dari hal tersebut. Anda dapat memilih pulau kecil yang memang sudah terbiasa menerima turis untuk berbulan madu dengan memberikan fasilitas homestay.

Homestay seperti ini tentunya lebih murah dari hotel mewah bintang lima namun dengan kenyamanan yang juga bisa dibilang oke untuk Anda berdua bermesraan.

Anda dapat memeriksa apakah hotel di tempat tujuan yang Anda inginkan memiliki paket bulan madu, dan secara khusus meminta penawaran yang mungkin berlaku bagi pengantin baru.

7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Hindari untuk berbulan madu di saat-saat liburan semua orang seperti tahun baru, Lebaran dan liburan anak sekolah jika ingin bulan madu yang tenang. Selain tempat yang akan Anda kunjungi akan ramai, ongkos transportasi dan biaya penginapan biasanya juga akan lebih mahal.

Jika memang Anda dan pasangan menikah di waktu-waktu high season seperti itu, cobalah tunda terlebih dahulu bulan madu. Anda dan pasangan juga bisa beruntung mendapatkan potongan harga jika berbulan madu disaat-saat tempat sepi pengunjung.

 

#3 Tentukan Fasilitas Apa yang akan Membuat Bulan Madu Anda Spesial

Anda perlu mensurvei semua fasilitas yang Anda butuhkan. Beberapa tempat ada banyak hotel berbintang 3 atau 4 yang memiliki fasilitas bintang 5. Anda perlu men-survei dan melihat kesempatan-kesempatan seperti ini. Sehingga Anda bisa memangkas biaya untuk penginapan yang terkadang cukup besar.

Anda dapat secara rahasia membuat kejutan tambahan untuk pasangan Anda selama bulan madu. Misalnya, meminta bantuan pihak hotel menyiapkan kamar romantis atau sesekali melakukan candlelight dinner di tempat yang indah.

 

#4 Cari Tahu Kegiatan di Sekitar Anda

Anda dan pasangan bisa saja mencoba menghabiskan waktu berdua dengan petualangan baru seperti camping dengan tenda berdua, rafting di sungai berarus deras, atau paralayang. Cobalah sesuatu yang belum pernah kalian berdua lakukan, sehingga nantinya aktivitas itu menjadi kenangan yang tak terlupakan.

7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah]

 

Gunakan TripAdvisor dan VirtualTourist untuk melihat apa yang disukai wisatawan lain dan hal yang tidak mereka suka mengenai lingkungan dimana Anda tertarik untuk menginap.

Cari tahu apa yang mereka lakukan saat mereka berada disana, dan apa yang mereka inginkan setelah mereka pergi. Biasanya ada gambar dan umpan balik untuk menyertai ulasannya, jadi Anda bisa memutuskan apa yang harus Anda lihat dengan pasangan Anda.

 

#5 Dapatkan Keuntungan dari Kartu Kredit

Jika Anda telah memutuskan dan tahu kemana Anda ingin pergi dan apa yang ingin Anda alami saat berada disana, Anda perlu mencari penawaran khusus yang ada.

Anda dapat memeriksa kartu kredit Anda untuk berbagai penawaran diskon yang diberikan. Anda juga perlu melihat apakah kartu Anda menawarkan asuransi perjalanan gratis, sehingga Anda tidak perlu membuang uang ekstra untuk membelinya.

Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge 01 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Jika Anda memiliki kartu kredit yang memberi banyak poin reward atau cashback, gunakan kartu kredit tersebut untuk membeli tiket Anda, memesan hotel Anda dan hampir semuanya berhubungan dengan perjalanan. Pastikan untuk berhati-hati pada batas pengeluarannya. Dan Anda harus tetap pada anggaran yang sudah Anda buat.

 

#6 Periksa Berbagai Situs dengan Harga Tiket Terbaik

Jika Anda akan berbulan madu yang membutuhkan akomodasi pesawat, cobalah untuk mulai mencari tiket dari jauh-jauh hari, karena biasanya akan ada promo dengan harga yang pastinya jauh lebih murah jika Anda memesan 3-6 bulan sebelum hari H. Selain itu, Anda juga perlu melakukan perbandingan harga untuk beberapa penerbangan ke tempat tujuan Anda.

 

#7 Yakinlah dalam Negosiasi Anda

Sementara Anda berada di luar sana melihat pemandangan baru dan mengalami hal-hal baru, Anda akan menemukan hal-hal yang ingin Anda beli atau lakukan. Kata “turis” secara otomatis akan melipatgandakan harga Anda. Jangan puas, dan ingat untuk bernegosiasi.

15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget 01 -Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

Keyakinan Anda dalam negosiasi dapat menurunkan pengeluaran Anda jauh lebih jauh. Saat tawar menawar harga, selalu melihat penjual di mata, dan bersiaplah untuk menjauh dari apapun. Ketika mereka tahu Anda tidak memerlukan apa yang mereka jual, mereka tidak akan pernah berani meminta harga yang tinggi.

 

Perencanaan itu Penting

Sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu merencanakan segala hal. Hal tersebut bertujuan untuk membuat Anda tetap fokus. Bulan madu yang direncanakan mendadak membuat banyak pasangan tidak dapat mengambil keputusan secara bijak. Dan inilah yang menyebabkan menjadi over budget.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada orang terdekat Anda, agar mereka tahu informasi yang bermanfaat ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bankbazaar.sg. 10 July 2017. 5 Tips to Remember When Planning Your Honeymoon so That You Don’t Come Back Broke. Bankbazaar.sg – https://goo.gl/rZLemY
  • King, Vincent. 2013. How to Enjoy Your Honeymoon (Without Going Broke). Moneyning.com – https://goo.gl/wzmQ4F

 

Sumber Gambar:

  • Bulan Madu – https://goo.gl/DoYkQj
  • Wisata Bulan Madu – https://goo.gl/Sd5t2a
  • Pasangan Bulan Madu – https://goo.gl/s7kjw6

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang