Sudah pernah menginap di hotel kapsul Bobobox? Apa saja yang ditawarkan di hotel kapsul penuh teknologi ini?

Menginap di hotel? Sudah biasa! Tapi menginap di hotel kapsul, tentu tidak biasa!

Buat kamu yang penasaran ingin merasakan sensasi berbeda ketika menginap di hotel kapsul, wajib banget untuk datang ke Bobobox.

Penasaran dengan Hotel Kapsul Bobox dan apa saja sih hal-hal yang unik dari penginapan ini? Simak terus artikelnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Rekomendasi Hotel Kapsul Unik di Kota Bandung

Melancong dan berekreasi sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan, terutama bagi para generasi milenial.

Dengan kepenatan akibat pekerjaan yang menumpuk atau tugas kuliah yang tidak pernah ada habisnya, berlibur bisa dijadikan langkah yang tepat untuk rehat sejenak.

Nah biasanya, ada beberapa pilihan yang bisa diambil untuk berlibur. Entah itu melancong keluar kota atau mungkin hanya sekadar staycation.

Tentunya agar merasa puas dalam berlibur, tidak ada salahnya dong untuk menginap walau satu malam di hotel atau penginapan.

Di sisi lain, Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para turis. Oleh karenanya, keberadaan hotel atau penginapan di kota ini sudah sangat mudah untuk dijumpai.

Namun apakah kamu merasa bosan dengan hanya menginap di hotel-hotel mainstream?

Founder & Money Hotel Kapsul Bobobox Bandung dengan Sensasi Beda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Founder & Money: Richo dan Iman Syafei Bicara Tentang Content Creator]

 

Nah jika iya, kamu wajib mencoba untuk menginap di hotel kapsul! Yap, nama dari hotel kapsul ini adalah Bobobox.

Dengan konsep hotel penginapan yang sangat unik, kamu bisa merasakan sensasi yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan menginap di hotel-hotel mainstream.

Bobobox atau singkatan dari “Bobo dalam Box” ini merupakan hotel kapsul yang telah beroperasi sejak Juli 2017.

Bobobox hadir dengan inovasi yang sangat unik. Selain penginapan bertemakan kapsulnya, penerapan teknologi juga sangat kental di sini.

Kamu sebagai pengunjung akan merasakan experience yang luar biasa unik dan jarang didapatkan apabila menginap di hotel pada umumnya.

Kami akan mengajak kamu untuk mengulas sedikit sejarah hotel kapsul dan juga berkenalan dengan Bobobox.

 

Sejarah Hotel Kapsul

Nah, sebelum membahas hotel kapsul Bobobox, kami akan membahas sedikit mengenai sejarah hotel kapsul. Hotel kapsul sendiri merupakan jenis hotel yang dikembangkan pertama kali di Jepang.

Kamar hotel kapsul menyediakan kamar-kamar kecil dengan fasilitas standar.

Pengunjung yang menginap pun tidak memerlukan pelayanan kamar untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Sehingga harga yang dibanderol pun sangat terjangkau.

Biasanya hotel kapsul memiliki kamar-kamar yang hanya memiliki daya tampung maksimal dua orang.

Penempatan kasurnya bisa berupa ranjang yang ditumpuk menjadi dua atau kamarnya yang ditumpuk menjadi dua.

Ruangnya di desain dengan ukuran kecil layaknya sebuah peti berbentuk modular yang terbuat dari plastik atau fiberglass. Umumnya modular tersebut berukuran 2 x 1 x 1,25 m.

Founder & Money Hotel Kapsul Bobobox Bandung dengan Sensasi Beda! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Codepolitan, Solusi Belajar ‘Ngoding’ di Indonesia]

 

Itu artinya ruang tersebut hanya cukup untuk digunakan sebagai tempat tidur, sesuai dengan peruntukannya.

Sementara fasilitas-fasilitas lainnya seperti televisi, meja, kursi, dan kamar mandi ditempatkan secara terpisah. Fasilitas tersebut biasanya ditempatkan dalam satu ruangan untuk dipakai secara bersama.

Munculnya hotel kapsul sendiri sebagai langkah untuk menyikapi mobilitas pekerjaan yang sangat padat di Negeri Sakura.

Bahkan tak jarang para pegawai baru pulang hingga larut malam akibat harus bekerja lembur. Sehingga menginap di hotel kapsul bisa dijadikan sebagai solusi untuk beristirahat semalam saja dan kembali beraktivitas di esok hari.

Hotel kapsul sendiri pertama kali dioperasikan di Osaka Jepang pada tahun 1979 lalu. Pada tahun 2012, hotel kapsul akhirnya juga beroperasi di Xi’an, Cina dan kemudian di Singapura.

Setelah itu pada tahun 2017 lalu, hotel kapsul mulai diperkenalkan di Indonesia yang tersebar di beberapa kota.

Seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Jogja, hingga Bali. Dan salah satu pelopor hotel kapsul di Indonesia yakni Bobobox.

 

Yuk, Kenalan dengan Bobobox

Nah, setelah penjelasan singkat mengenai sejarah hotel kapsul, kali ini kami akan mengajak kalian semua untuk berkenalan dengan Bobobox. Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah sedikit review penjelasan lengkapnya.

 

#1 Gaya Hotel Sangat Minimalis

Hotel kapsul Bobobox menjadi salah satu hotel unik dengan gaya yang sangat simpel dan minimalis. Pertama kali masuk ke area hotel kamu akan disambut oleh resepsionis.

Mereka akan menyampaikan informasi secara lengkap baik itu peraturan maupun info lainnya.

Kemudian, kamu harus menggunakan alas kaki khusus untuk memasuki area penginapan. Sehingga sepatu atau sandal milikmu bisa dititipkan ke pihak resepsionis atau kamu bisa menaruhnya di dalam loker yang tersedia.

 

#2 Menggunakan Fasilitas Melalui Aplikasi

Salah satu yang unik dari Bobobox yakni penerapan teknologi mobile dalam pengoperasian fasilitas-fasilitas yang ada di dalam kamar.

Seperti membuka dan mengunci kamar dengan menggunakan QR Code, pengkoneksian, pengaturan lampu, hingga pengaturan AC.

Oleh karena itu, kamu harus men-download terlebih dahulu aplikasi Bobobox melalui PlayStore maupun AppStore. Namun, di dalam kamar/pods juga tersedia tablet yang berfungsi sebagai navigasi dan pengaturan di dalam kamar.

Founder & Money Hotel Kapsul Bobobox Bandung dengan Sensasi Beda! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Founder & Money: Jerome Polin, Raih Beasiswa Hingga Jadi Youtuber Muda]

 

#3 Privasi Terjaga dengan Baik

Apa kesan pertama yang ada dalam mindset-mu mengenai hotel kapsul? Sempit, berbilik-bilik, kurang nyaman, privasi yang sedikit terganggu, atau hal lainnya?

Nah, jika kesan akan hotel kapsul seperti halnya demikian, maka kamu salah besar, karena Bobobox hadir dengan konsep yang sangat berbeda.

Umumnya kamu harus sedikit menunduk atau harus menaiki tangga saat memasuki ruang kamar. Namun tidak untuk Bobobox karena di setiap kamar atau pod disediakan pintu sebagai akses keluar masuk.

Sehingga kamu gak perlu repot-repot menaiki tangga atau merangkak untuk memasuki ruang kamarmu sambil dilihat oleh banyak orang.

Kemudian, dari segi privasi, hotel kapsul biasanya berkonsep layaknya sebuah lorong dengan beberapa box yang berjejer sebagai kamarnya.

Akan tetapi, kamar kapsul yang disediakan Bobobox jauh lebih mengedepankan aspek privasi. Selain penyematan pintu, pada bagian jendela juga diberikan tirai sehingga tidak akan dimungkinkan bagi orang dari luar untuk melihat ke dalam kamar/pod.

 

#4 Kapsul yang Nyaman dan Luas

Berbeda dengan hotel atau penginapan kapsul yang lainnya, Bobobox menyediakan kamar yang lebih nyaman dan luas. Terdapat dua varian kamar yakni Sky room (atas) dan Earth room  (bawah) dengan satu pintu sebagai akses keluar masuk.

Meski begitu, kenyamanan masih tetap terjaga apalagi di dalam kamar tersemat sebuah kasur berukuran king size yang mampu menampung lebih dari satu orang dewasa.

Bahkan kapasitas maksimal bilik tersebut mencapai 500 kilogram sehingga dijamin keamanannya.

Namun, pihak Bobobox tetap membatasi jumlah untuk orang setiap kamarnya demi kenyamanan bersama. Dari segi headroom-nya sendiri sangatlah luas sehingga jauh dari kesan sumpek.

Meski bernuansa kapsul, di dalam kamar juga tersedia satu buah meja rias lengkap dengan cerminnya. Sehingga mobilitas dan ruang gerakmu masih cukup lega.

Founder & Money Hotel Kapsul Bobobox Bandung dengan Sensasi Beda! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Founder & Money: ‘Mecapan’ Aplikasi Kekinian Oleh Anak Muda Indonesia]

 

#5 Fasilitas Sharing Tetap Terjaga

Bobobox juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap bagi para pengunjungnya yang akan menginap.

Dimulai dari musholla, bagian lorong kamar/pod, communal area (indoor/outdoor), mini pantry, kamar mandi, dan yang lainnya. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh semua penghuni secara bebas tanpa terkecuali.

Tapi, bagaimana dengan kondisi fasilitas tersebut? Apakah kebersihannya tetap terjaga dengan baik? Apakah kualitas barangnya tetap terjaga? Yap, tentu saja Bobobox sangat memperhatikan aspek-aspek tersebut.

Salah satunya adalah kamar mandi, di mana fasilitas yang satu ini akan selalu digunakan oleh para pengunjung secara bersama-sama.

Kamar mandi di Bobobox sendiri dipisahkan antara pria dan wanita. Di dalamnya pun terdiri dari beberapa area yang terpisah yakni area basah, area kering, serta area wastafel.

Di dalam area basah terdapat shower sebagai tempat untuk mandi. Sementara di area kering tersedia kloset.

Tak lupa di samping kebersihannya yang senantiasa terjaga, terdapat juga sabun maupun shampo yang bisa kalian gunakan. Tidak lupa tersedia juga lho fasilitas hairdryer.

Founder & Money Hotel Kapsul Bobobox Bandung dengan Sensasi Beda! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Founder & Money: KUMPUL Coworking Space, Tempat Berinovasi dan Bertumbuh]

 

#6 Pod yang Dikembangkan Bobobox

Kamar kapsul atau yang disebut dengan istilah “pod” merupakan aspek terpenting dalam hotel kapsul ini. Karena pod inilah yang dijadikan sebagai ruangan tempat tidur yang ditinggali oleh pengunjung selama menginap.

Luar biasanya, Bobobox mengembangkan sendiri pod milik mereka.

Tentu dalam produksi dan pengembangannya, pod yang di built selalu diperhatikan dengan sangat detail. Dimulai dari bahan baku, proses pembuatan, dan lain sebagainya. Tak lupa quality control menjadi aspek yang juga sangatlah penting.

Pihaknya selalu menguji baik itu kapasitas maksimal beban dari pod, juga termasuk kualitasnya. Sehingga pod tersebut aman untuk digunakan oleh para pelanggan yang akan menginap.

 

#7 Bangunan yang Instagramable

Meski bangunannya cukup simpel, namun kamu masih bisa menikmati beberapa spot di dalam bangunan yang instagramable. Cocok untuk menghiasi feed akun instagrammu!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Bobobox, Implementasi Dari Kreativitas Anak Muda

Bobobox merupakan salah satu bukti nyata bahwa kreativitas insan muda Indonesia tidak pernah ada habisnya.

Mereka mampu menginterpretasikan skill dalam pemrograman juga berbisnis dan menghasilkan output/produk yang sangat inovatif.

 

#1 Inovasi Berujung Apresiasi

Menyikapi fenomena digitalisasi dan juga minat travelling di kalangan milenial akhir-akhir ini, maka Bobobox hadir dengan mengolaborasikan kedua aspek tersebut melalui penginapan yang sangat unik dan inovatif.

Bobobox pertama kali beroperasi di Kota Bandung sebagai basis mereka. Lebih tepatnya di Jl. Pasir Kaliki No. 76 A, Kecamatan Cicendo.

Seiring dengan berjalannya waktu, Bobobox pun membuka cabang di beberapa kota di Indonesia yakni Jakarta, Jogja, hingga Semarang.

Inovasi dari Bobobox ini pun melahirkan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Karena, perusahaan start-up ini berhasil mendapatkan pembiayaan seri A dengan jumlah 11,5 juta dollar AS.

Founder & Money Hotel Kapsul Bobobox Bandung dengan Sensasi Beda! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Founder & Money: KO+LABORA, Coworking Space Bercita Rasa Lokal]

 

Pendanaan tersebut berasal dari Horizons Ventures dan Alpha JWC Ventures, termasuk investor eksisting seperti Kakao Investments, Sequoia Surge dan Mallorca Investments.

Dengan pendanaan tersebut, Bobobox pun berencana untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Salah satunya adalah meningkatkan fitur serta pengalaman pada pod (kamar kapsul) dengan cara mengembangkan aspek teknologinya.

Sekaligus, mereka juga berencana untuk memperkuat model manufaktur dan operasinya untuk menembus pasar Asia Tenggara.

 

#2 Bisnis Bobobox di Tengah Pandemi

Tahun 2020, pandemi Covid-19 tengah melanda dunia. Tentunya banyak sekali perubahan yang terjadi termasuk dunia bisnis. Menyikapi hal ini Bobobox juga ikut beradaptasi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Namun luar biasanya, mereka mampu bertahan di tengah badai ketidakpastian ini. Mengingat sektor industri yang mereka geluti sangat terpengaruh dengan adanya penyebaran Covid-19.

Apalagi para pelaku usaha yang menjalankan bisnis di industri serupa banyak yang akhirnya menyerah.

Akan tetapi, merujuk kepada angka keterisian pod mereka yang hanya turun sebesar 50-60 persen, mengindikasikan bahwa inovasi ini memiliki value yang lebih di tengah masyarakat. Bahkan pihaknya menyatakan bahwa pandemi memberikan mereka peluang.

Pasalnya, sejumlah orang memilih kamar kapsul untuk meningkatkan sekaligus mendapatkan pengalaman berbeda di saat mereka harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

 

Hotel Kapsul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi

Nah, dengan konsep yang sangat unik juga sangat milenial inilah, hotel kapsul Bobobox sangat recommended untuk kamu yang ingin menginap di hotel anti-mainstream dengan pengalaman yang sangat berbeda.

Juga jangan lupa Bobobox menawarkan harga yang terjangkau. Dengan harga tertinggi Rp 300 ribuan saja kamu sudah menikmati sensasi menginap di hotel yang sangat unik.

Cocok nih untuk dipertimbangkan sebagai penginapan, sudah unik dan anti-mainstream harganya pun tidak membuat kocek terogoh terlalu dalam.

Bobobox sendiri juga hadir dengan inovasi hotel yang terintegrasi dengan Internet Of Thing (IoT).

Inovasi ini merupakan salah satu value terbesar yang bisa kamu dapatkan jika menginap di hotel kapsul ini. Pengaturan fasilitas di dalam kamar pun bisa kamu atur via mobile apps.

Untuk ulasannya bisa kamu saksikan juga di channel YouTube dari Finansialku berikut ini.

 

Pentingnya Aspek Keuangan di Bidang Start-Up

Aspek keuangan dan finansial juga menjadi hal yang sangat penting di dunia start-up. Karena, kemampuan mengatur keuangan akan sangat diuji. Minimal selaku pemain bisnis, kita perlu memahami pengalokasian keuangan yang tepat.

Termasuk Bobobox, mereka sangat memperhatikan aspek keuangan dan finansial dalam menjalankan mobilitas bisnisnya.

Pengetahuan akan pengelolaan keuangan menjadi sangat penting demi menjaga keefektifan dalam bekerja serta berinovasi. Sehingga perusahaan dapat terus berkembang.

Berbicara mengenai sensasi unik sekaligus berbeda dalam menginap di hotel kapsul Bobobox, kamu juga bisa lho merasakan sensasi maupun pengalaman berbeda dalam merencanakan keuangan.

Ya, karena kini kamu bisa mendapatkannya bersama aplikasi Finansialku.

Di dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali fitur yang mendukung upaya perencanaan keuanganmu. Fitur-fitur tersebut antara lain catatan pengeluaran, rencana keuangan, financial check-up, konsultasi keuangan, hingga investasi.

Tidak hanya itu, kamu bisa mendapat banyak sekali informasi bermanfaat dan sangat menginspirasi melalui kumpulan artikel yang dapat kamu akses dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, buruan download aplikasinya di AppStore maupun PlayStore.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itulah ulasan mengenai hotel kapsul dari Bobobox. Bagaimana, kamu tertarik untuk menginap di hotel ini?

Share artikel ini kepada teman-temanmu, siapa tahu mereka membutuhkan informasinya, semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Antara. 22 Mei 2020. Raih Pendanaan Seri A USD 11,5 Juta, Ini Kata CEO Bobobox. Tempo.co – http://bit.ly/38KKbqb

 

Sumber Gambar:

  • Bobobox 1 – http://bit.ly/38ckHTC
  • Bobobox 2 – http://bit.ly/3rSCCqk
  • Bobobox 3 – http://bit.ly/2XcluO8
  • Bobobox 4 – http://bit.ly/38crFrJ
  • Bobobox 5 – http://bit.ly/3b883H7
  • Bobobox 6 – http://bit.ly/2Mv8rFr