Bagaimana hukum uang pensiun menurut ajaran Islam? Apa saja yang perlu dihitung dalam pengelolaan dana pensiunan?

Ikuti ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Hukum Uang Pensiun Dalam Islam

Apakah selama ini Anda menduga uang pensiun itu halal? Bagaimana jika selama ini opini Anda tentang uang ini salah? Dalam Islam, uang pensiunan ini bisa jadi uang haram, hal ini pun ada alasannya.

 

Informasi Penting Seputar Uang Pensiun Berdasarkan Hukum Islam

Masih usia produktif dan sedang merencanakan dana pensiun? Mumpung belum terlambat, temukan jawaban bagaimana uang untuk pensiun bisa halal dan bagaimana bisa haram berikut ini.

 

#1 Definisi Uang Pensiun

Definisinya sangat mudah dipahami dan hanya bersumber dari istilahnya saja, yaitu merupakan dana atau uang yang diberikan pada seseorang ketika purna kerja atau pensiun. Apakah uang ini hanya bisa diterima oleh karyawan saja?

Jawabannya tidak, mereka yang bekerja serabutan pun bisa-bisa saja menerima dana ini. Siapapun, baik karyawan maupun bukan bisa mendapatkan uang ini jika memang mereka mengikuti program ini.

Siapa yang menyelenggarakan program ini akan dibahas di poin selanjutnya.

Kenali Dulu Hukum Uang Pensiun Dalam Ajaran Islam, Jangan Salah! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Manfaat Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)]

 

#2 Uang Pensiun Dalam Perundangan

Dalam perundangan, uang untuk pensiunan ini diatur dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang dana pensiun.

Bahwasannya, dana pensiun merupakan lembaga yang mengelola uang untuk pensiun milik karyawan maupun yang bukan karyawan selama masa kerja hingga pensiun nanti.

 

#3 Pengelola Uang Pensiun

Lalu siapakah lembaga dana pensiunan yang dimaksud ini? Diketahui ada dua lembaga yang hadir sebagai lembaga pengelola uang ini, yaitu DPLK dan DPPK. DPLK adalah Dana Pensiunan Lembaga Kerja sedangkan DPPK adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja.

Seorang karyawan bisa memilih DPLK maupun DPPK untuk mengelola uang untuk pensiunnya, namun non karyawan hanya bisa memilih DPLK saja.

 

 

#4 Sistem Dana Pensiun

Umumnya, dana ini memiliki sistem dicicil setiap bulan atau setiap gajian. Jadi, setiap bulannya seseorang akan memotong gajinya untuk ditabung hingga nantinya menjadi uang yang bisa diambil saat purna kerja.

Inilah yang disebut sebagai uang untuk pensiun, yaitu uang dengan nominal tertentu yang jumlahnya sama dengan nominal yang telah ia tabung sampai purna.

Dan hal inilah yang menjadi sumber pertanyaan apakah uang ini halal atau haram.

 

#5 Sebab Uang Bisa Haram

Uang pensiunan bisa haram apabila nominal yang diberikan melebihi nominal sebenarnya yang dikumpulkan.

Sebab sumber uang tambahan ini kurang jelas dan besar probabilitasnya merupakan hasil riba dalam Islam, yaitu bisa jadi didepositokan, dibuat saham, dan sumber-sumber dana lain yang kurang jelas.

[props_internal_one]

 

#6 Sebab Uang Bisa Halal

Uang ini bisa halal hanya jika yang diterima karyawan sama dengan total yang telah ia kumpulkan. Sebab sumber uangnya jelas dan sudah pasti halal karena dia sendiri lah yang menghasilkan uang tersebut.

 

#7 Perhitungan Uang Pensiun

Peraturan uang pensiunan sudah cukup jelas diatur pada poin sebelumnya. Setiap bulan gaji karyawan akan dipotong, bisa itu sebesar 1%, 5%, atau persentase lainnya yang tidak memberatkan.

Pemotongan ini terus dilakukan sampai karyawan pensiun, kemudian total uang tersebut diberikan sebagai uang pensiunan.

 

Jadi, Apakah Uang Pensiun Halal Atau Haram

Hukum gaji pensiunan dalam Islam sangat menyesuaikan dengan keadaannya. Di atas telah dijelaskan dan bisa diambil kesimpulan.

Bahwasannya jika uang yang ditabung atau dikumpulkan selama kerja adalah uang dengan nominal yang sama yang diterima saat pensiun, maka yang tersebut sifatnya halal.

Namun, jika nominal yang ditabung dan yang didapat adalah nominal yang berbeda, bisa disebut sebagai uang haram karena ada percampuran antara uang haram yang sumbernya kurang jelas serta berpotensi hasil riba dan uang asli yang telah ditabung.

Kenali Dulu Hukum Uang Pensiun Dalam Ajaran Islam, Jangan Salah! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Dana Pensiun Syariah? Cek Jawabannya Di Sini!]

 

Jika Anda masih bingung perihal uang pensiunan, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat jawaban tepat. Anda bisa terhubung dengan perencana keuangan dalam fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk menjadi member premium.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda mendapatkan informasi penting? Jika ya, maka jangan ragu untuk klik share artikel ini ke sosial media, terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Sufyan bin Fuad Baswedan,MA. Uang Pensiun, Halal Ataukah Haram? Almanhaj.or.id – https://bit.ly/3ig6reM

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://bit.ly/3a01uUu
  • Pensiun 2 – https://bit.ly/3ieYTZJ
  • Pensiun 3 – https://bit.ly/2DCh391