Dana pensiun telah lama ada di Indonesia namun beberapa tahun belakangan muncul Dana Pensiun Syariah. Sebenarnya, apa itu Dana Pensiun Syariah?

Setelah membaca artikel ini Anda akan paham mengenai pengertian Dana Pensiun Syariah. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Peran Dana Pensiun dari Tahun ke Tahun

Dalam kehidupan masyarakat, keberadaan dana pensiun menjadi sebuah aspek yang penting. Hal itu tak lepas dari manfaat jangka panjang yang akan diperoleh di hari tua.

Dalam catatan Otoritas Jasa Keuangan, ada sekitar 4 juta masyarakat yang telah menjadi peserta Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Jumlah ini melonjak dibanding pada 2010 yang hanya 2,8 juta orang.

Ini Lho Cara Mengetahui Besaran Dana Pensiun Anda 02

[Baca Juga: Ini Lho Cara Mengetahui Besaran Dana Pensiun Anda]

 

Undang-undang no 11 Tahun 1992 menyatakan Dana Pensiun sebagai badan hukum yang mengelola dan menjanjikan manfaat pensiun.

Hal itu berarti dana yang Anda setorkan tiap bulan akan dikelola untuk kesejahteraan Anda di masa mendatang.

 

Dana Pensiun Syariah

Dana Pensiun Syariah tergolong baru di Indonesia. Industri ini dirilis pada akhir 2016 berdasarkan Peraturan OJK No. 33/POJK.05/2016 tentang Penyelenggaraan Program Pensiun Berprinsip Syariah.

Hingga saat ini, telah ada setidaknya tiga penyedia jasa Dana Pensiun Syariah full fledged serta tiga Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang mendapat lisensi untuk menjual paket investasi syariah.

Dana Pensiun Syariah merupakan badan hukum yang mengelola dan menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Keberadaan layanan baru ini sangat penting bagi masyarakat yang telah lama mengidam-idamkan kehadiran lembaga dana pensiun berbasis syariah.

Ada tiga alasan kuat mengapa Anda perlu memiliki program ini, yaitu:

 

#1 Anda Hanya Berhenti Bekerja, Tidak Berhenti Hidup

Seseorang yang telah pensiun tidak lantas mengalami pengurangan kebutuhan. Justru, di usia yang tidak lagi produktif seseorang akan lebih banyak mengeluarkan uang.

Dengan memiliki program ini, Anda tetap akan memiliki sumber penghasilan untuk biaya hidup.

 

#2 Tenang di Hari Tua

Jika memiliki sumber penghasilan sendiri, Anda akan lebih tenang di masa tua. Hal ini karena masih bisa menutupi berbagai keperluan secara mandiri. Kerja keras Anda di masa muda tentu tidak akan sia-sia.

Tentu akan berbeda ceritanya jika Anda tidak memiliki sumber pendanaan apapun.

#HargaiKerjaKerasmu dengan merencanakan keuangan untuk masa depan.

 

#3 Berimplikasi Terhadap Keadaan Sosial

Masalah finansial memang kerap menjadi pemicu ketegangan sosial. Pada beberapa keadaan, bahkan menimbulkan keadaan canggung dan toxic.

Jika memiliki Dana Pensiun Syariah, akan banyak orang yang merasa tenang. Dengan begitu, situasi sosial akan cenderung kondusif.

Kemudian jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, animo yang tinggi terhadap program ini akan meningkatkan potensi sumber pendanaan jangka panjang.

 

Landasan Penyelenggaraan Dana Pensiun Syariah

Pedoman Umum Penyelenggaraan Program Pensiun Berdasarkan Prinsip Syariah yang tertuang dalam fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No.88/DSN-MUI/XI/2013 mengatakan bahwa;

Dana Pensiun syariah adalah implementasi dari ajaran agama Islam untuk mengelola kekayaan pada masa berlimpahan untuk digunakan pada masa kekurangan (Q.S. Yusuf: 43-49), memperhatikan apa yang dibuat untuk besok (Q.S. A-Hasyir: 18), mengelola masa muda sebaik mungkin sebelum tua (HR Muslim), serta kompilasi hukum lainnya.

 

Pada dasarnya, tujuan Dana Pensiun Syariah sama dengan Dana Pensiun konvensional. Letak perbedaannya hanya pada penerapan prinsip-prinsip syariat.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Perbedaan Dana Pensiun Syariah dan Konvensional

Beberapa perbedaan antara Dana Pensiun Syariah dan Dana Pensiun Konvensional antara lain:

 

#1 Penerimaan Iuran

Pada Dana Pensiun Konvensional, iuran adalah suatu kewajiban mengikat atau bentuk komitmen antara pemberi kerja dengan pekerja melalui pendanaan dana pensiun dan iuran tidak dapat ditarik.

Mengenal Ketentuan Dana Pensiun Dalam Undang-Undang 01

[Baca Juga: Mengenal Ketentuan Dana Pensiun Dalam Undang-Undang]

 

Pada Dana Pensiun Syariah, iuran diartikan sebagai hibah, akad hibah bi syarth dan akad hibah muqayyadah untuk dipatuhi pemberi kerja dan pekerja dalam membayar iuran.

 

#2 Investasi

Pada Dana Pensiun Konvensional, instrumen investasi bebas antara syariah dan non-syariah, baik di pasar uang maupun pasar modal. Sementara Dana Pensiun Syariah membatasi investasi syariah saja, baik di pasar uang atau pasar modal.

 

#3 Pengembangan Dana

Dana Pensiun Konvensional menggunakan prinsip imbal berupa bunga. Sementara Dana Pensiun Syariah didasarkan pada profit sharing atau mudharabah.

 

#4 Manfaat Pensiun

Pada Dana Pensiun Konvensional, manfaat yang didapatkan peserta tergantung dari hasil investasi atau sesuai dengan hasil investasi non-syariah.

Sementara pada Dana Pensiun Syariah manfaat pensiun berbanding lurus dengan hasil investasi syariah.

 

Menyiapkan Pendanaan Pensiun dari Sekarang

Dana Pensiun Syariah sangat memudahkan pekerja agar tetap bisa hidup layak di masa tua. Dengan mendaftar pada program tersebut, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, salah satunya bebas dari rasa khawatir.

Persiapkan Tabungan Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua 02

[Baca Juga: Persiapkan Tabungan Dana Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua]

 

Mulai sekarang, jangan sia-siakan uang Anda untuk hal-hal yang kurang penting. Segera buat program jangka panjang agar masa mendatang lebih cerah.

Aplikasi Finansialku hadir agar Anda lebih bijak dalam mengelola keuangan. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau di Apple App Store segera.

 

Untuk membantu Anda mengerti lebih tentang dana pensiun, Finansialku punya video loh. Simak video nya di bawah ini.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda jadi paham manfaat dari dana pensiun Syariah

Jangan lupa share artikel ini agar teman2 Anda juga paham pentingnya dana pensiun syariah

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Hidup Berkah dengan Dana Pensiun Syariah. Sikapiuangmu.ojk.go.id – https://bit.ly/371eOoB
  • Didi Handoko CFP. 27 Juli. Sharing Tentang Dana Pensiun dan Asuransi Syariah. Fpsbindonesia.net – https://bit.ly/2ShU7Q4
  • Eka Supiyanti. 13 Desember 2017. Apa Itu Dana Pensiun Syariah. Kompasiana.com – https://bit.ly/2v4kcKs
  • Gita Amanda. 12 November 2019. Mengenal Dana Pensiun Syariah. Republika.co.id – https://bit.ly/2v1N1Ht