Sebagai seorang calon ibu, tentunya Anda perlu mengetahui apa saja pantangan utama bagi ibu hamil.

Meski sebagian orang menganggap ini sebagai mitos, ada baiknya Anda mengetahuinya dan silakan ambil keputusan yang tepat demi kebaikan sang calon bayi. 

Apa saja pantangan utama tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pantangan Utama Ibu Hamil

Kemarin sore saya baru saja berkumpul dengan teman-teman saya di sebuah kedai kopi. Kebetulan sebagian besar sedang mengandung, dan beberapa sisanya justru sudah memiliki buah hati.

Saat sedang asyik mengobrol, tiba-tiba muncul pembicaraan seperti ini antara seorang teman saya (sebut saja A) kepada teman saya yang sedang hamil (sebut saja B):

A: “Eh, kamu kan lagi hamil, jangan minum kopi deh. Bahaya tau!”

B: “Lho, emangnya kenapa? Selama ini aku minum kopi baik-baik aja kok.”

A: “Kan kopi mengandung kafein, memangnya dokter kandunganmu ga larang?”

B: “Engga tuh, ngga ada pantangan apa-apa. Emang bahaya ya?”

A: “Bahaya dong, dokter kandungan aku aja larang aku minum kopi dan teh karena kandungan kafeinnya.”

B dan ibu hamil lainnya: “Ok deh, kalo gitu minum jus buah aja yang pasti-pasti.”

 

 

Dari sini saya sadar, seluruh calon ibu pasti mengupayakan yang terbaik demi menjaga kesehatan janinnya selama 9 bulan.

Saya pun sebagai wanita selalu berangan-angan bahwa suatu ketika saya pasti melindungi buah hati saya sekuat tenaga, meski masih berada di dalam kandungan.

Calon bayi atau janin memang terbentuk di dalam tubuh seorang ibu, oleh karena itu tentunya rentan terhadap segala risiko baik dari genetik maupun pola hidup sang ibu.

Apa Saja Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil Segera Daftar BPJS Online Anda 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Tanda-tanda Hamil Sudah Tampak, Mulai Siapkan Biaya Persalinan]

 

Banyak hal yang dipercaya berpengaruh buruk bagi calon bayi sehingga dijadikan pantangan utama bagi ibu hamil.

Meski sebagian belum memiliki bukti medis yang kuat dan hanya menjadi tradisi, tentunya Anda yang sedang menanti-nantikan kehadiran buah hati akan berupaya semaksimal mungkin untuk menghindarinya.

Anda pun tentu ingin mengupayakan yang terbaik bagi calon buah hati Anda bukan? Jika iya, yuk simak 5 pantangan utama bagi ibu hamil versi Finansialku berikut ini:

 

Pantangan #1: Makanan

Salah satu pantangan yang paling umum ditemui oleh ibu hamil adalah dari segi makanan. Pola makan yang baik tentu akan berpengaruh secara langsung pada perkembangan buah hati Anda.

Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius 01 Finansialku

[Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius]

 

Untuk menjaga calon bayi tetap sehat dan berkembang dengan sempurna, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini:

  1. Makanan mentah (misalnya: daging, ikan, dan sayuran mentah yang rentan akan bakteri, virus, dan parasit)
  2. Makanan dengan kandungan merkuri tinggi (misalnya: ikan mackerel, ikan todak, tilefish)
  3. Makanan dengan potensi alergi (misalnya: kacang-kacangan, keju, seafood, dan sebagainya)
  4. Makanan dengan kalori berlebih dengan tujuan mencegah obesitas dan diabetes saat hamil
  5. Obat-obatan tanpa resep dokter kandungan (misalnya: obat-obatan keras yang dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan)

 

Pantangan #2: Minuman

Selain makanan, tentunya minuman pun dapat mempengaruhi kehamilan Anda. Oleh karena itulah banyak dokter dan pakar kehamilan akan menyarankan Anda untuk menghindari beberapa minuman berikut ini:

  1. Minuman beralkohol (misalnya: bir, wine, champagne, dan sebagainya)
  2. Minuman berkafein (misalnya: kopi, teh)
  3. Susu yang belum dipasteurisasi

 

Pantangan #3: Keuangan

Siapa bilang pantangan hanya berupa makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh sang ibu saja? Nyatanya ada juga pantangan dari segi keuangan bagi ibu hamil lho! Berikut penjelasannya:

 

#1 Tidak Memiliki Anggaran Bulanan

Jika Anda selama ini belum memiliki anggaran atau budget dalam rumah tangga, ini adalah saat yang tepat untuk berubah.

Membuat anggaran merupakan tahapan yang paling penting dalam pengaturan keuangan DAN Anda harus sudah mempersiapkannya sebelum bayi Anda hadir di dunia ini.

Tujuannya tentu saja untuk mengatur berapa uang yang masuk dan keluar setiap bulannya agar setiap kebutuhan (mulai dari prioritas tertinggi) bisa terpenuhi. Jadi, tidak ada lagi alasan uang habis di pertengahan bulan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jangan takut repot membuat anggaran, karena kini Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku sebagai alat bantu membuat anggaran. Dengan demikian membuat anggaran menjadi mudah dan praktis.

Pertama-tama Anda yang merupakan pengguna baru dapat mengunduh aplikasi Finansialku secara GRATIS di Google Play Store atau dengan mengklik tautan berikut ini.

Kemudian, langsung buat anggaran versi Anda sendiri. Untuk memudahkan penggunaannya, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

 

#2 Tidak Memiliki Catatan Keuangan

Apakah Anda selama ini sering kebingungan kemana uang Anda habis setiap bulannya? Jika demikian, artinya Anda sama seperti saya beberapa tahun yang lalu. Saya dulu selalu lupa mencatat keuangan, sehingga ujung-ujungnya kehabisan uang tanpa tahu dipakai untuk apa.

Konsultasi Bagaimana Cara Agar Tidak Lupa Membuat Catatan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pengeluaran Ibu Hamil yang Perlu Dipersiapkan dan Direncanakan]

 

Saya menyadari hal ini sangatlah berbahaya, karena uang kerap kali tidak bisa dikontrol. Berapa yang masuk dan berapa yang keluar semuanya di luar kendali saya.

Namun saya mulai memaksakan diri untuk mencatat keuangan dan merasakan manfaatnya. Saya juga dapat mulai melakukan penghematan dengan mengetahui beberapa hal berikut:

  1. Pengeluaran mana yang dapat dihemat,
  2. Pengeluaran mana yang perlu ditambah,
  3. Pengeluaran mana yang dapat dihilangkan, dan lain sebagainya.

 

Nah, Anda lagi-lagi bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku untuk mencatat keuangan tersebut. Untuk ilustrasinya, cobalah simak video berikut ini:

 

#3 Tidak Memiliki Tabungan

Ketika anak nanti lahir, pasti akan terjadi perubahan dalam hal keuangan. Akan banyak tambahan pengeluaran seperti beli popok, susu formula (jika ASI tidak lancar), biaya imunisasi, biaya dokter rutin, dan lain sebagainya.

Namun satu hal yang paling mahal dan utama adalah biaya pendidikan anak. Jika Anda belum memahami pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak, coba deh download e-book dana pendidikan anak dari Finansialku.

Lewat e-book ini Anda bisa memperoleh gambaran menyeluruh mengenai dana pendidikan anak, dan Anda akan mengetahui bagaimana perencana keuangan Finansialku sukses membantu para klien kami untuk menyekolahkan anaknya dari TK sampai sarjana, tanpa utang!
Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Pantangan #4: Kegiatan

Pantangan keempat adalah dari segi kegiatan. Anda yang sedang hamil tentunya tidak bisa beraktivitas layaknya orang biasa, mengingat kelelahan juga menjadi salah satu faktor utama dalam keguguran.

Ibu Hamil, AWAS 17 Pantangan Ini Sebaiknya Dihindari 01 Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Informasi Tentang Pinjaman Dana Persalinan Sebelum Moms Mengajukannya!]

 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menghindari beberapa kegiatan berikut ini:

  1. Memakai pakaian terlampau ketat, karena menekan daerah perut yang menjadi daerah perkembangan janin
  2. Menggunakan obat anti nyamuk, karena mengandung pestisida yang tidak baik untuk kesehatan janin
  3. Melakukan diet, karena menyebabkan terbatasnya vitamin, mineral dan zat lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan
  4. Melakukan perawatan kulit dan rambut dengan zat kimia keras

 

Pantangan #5: Kebiasaan

Terakhir, mari kurangi atau bahkan eliminasi kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi perkembangan janin Anda, misalnya saja:

  1. Merokok
  2. Mandi dengan air terlalu panas, karena meningkatkan risiko keguguran
  3. Menggunakan sepatu hak tinggi karena ada risiko terjatuh dan membuat otot daerah pinggang mengalami peregangan

 

 

Mari Lindungi Calon Buah Hati Anda

Melindungi calon buah hati Anda dimulai sejak Anda hamil. Jadi, mulailah perhatikan kesehatan diri sendiri dengan pola hidup yang sehat pula. Ingatlah bahwa hal ini akan mempengaruhi janin Anda.

Yang terpenting, persiapkan kelahiran buah hati Anda, termasuk dari segi finansial. Karena memiliki anak (mulai dari mengandung, melahirkan, hingga membesarkannya) membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Persiapkan dari sekarang demi masa depan anak yang cerah!

 

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda memiliki saran dan pendapat lain, silakan menuliskan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Pantangan Untuk Ibu Hamil. Bidanku.com – https://goo.gl/YGFzWN
  • Admin. 40 Pantangan Ibu Hamil Muda : Makanan – Minuman – Kegiatan – Kebiasaan. Hamil.co.id – https://goo.gl/qH6dsC

 

Sumber Gambar:

  • Ibu hamil – https://goo.gl/fNUzBo
  • Ibu hamil 2 – https://goo.gl/oD2twP