Bagaimana menyiapkan biaya persalinan saat tanda-tanda hamil sudah tampak? Setiap wanita berbeda. Begitu pula dalam pengalaman hamil. Tidak setiap wanita memiliki gejala yang sama dan bahkan pada kehamilan berikutnya. Ketika tanda-tanda hamil sudah tampak, maka Moms bisa memulai untuk persiapan biaya untuk persalinan yang tentunya sudah tidak murah di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tanda-tanda Hamil

Ada kalanya pasangan suami istri belum mengetahui secara betul mengenai tanda-tanda kehamilan. Mereka masih bingung membedakan mana tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) sebenarnya dengan tanda-tanda akan datang menstruasi, karena banyak kasus terjadi terjadi bahwa tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda akan datang menstruasi.

Beberapa gejala awal kehamilan muncul sekitar waktu Anda melewatkan satu periode atau satu atau dua minggu kemudian. Sekitar 60% wanita memiliki gejala awal kehamilan pada saat usia kehamilan mereka 6 minggu, dan sekitar 90% memilikinya pada saat usia kehamilan mereka 8 minggu.

Jika Anda tidak mencatat siklus haid menstruasi Anda atau jika bervariasi dari satu bulan ke bulan berikutnya, Anda mungkin tidak yakin kapan harus mengharapkan menstruasi Anda. Tapi jika Anda mulai merasakan beberapa gejala kehamilan di bawah ini (tidak semua wanita mendapatkannya) dan Anda bertanya-tanya mengapa Anda belum menstruasi, Anda mungkin sedang hamil?

Jika Tanda-tanda Hamil Sudah Tampak, Mulai Siapkan Biaya Persalinan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Persalinan yang Ditanggung BPJS Kesehatan dan Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan]

 

#1 Indra Penciuman Menjadi Sensitif

Kehamilan pada minggu pertama juga bisa meningkatkan sensitivitas indra penciuman. Ini salah satu sifat yang tidak pernah diduga ibu hamil. Ketika Anda mencium aroma yang kuat seperti aroma secangkir kopi, aroma parfum, aroma masakan yang dimasak, maka hidung Anda menjadi sangat sensitif. Mencium aroma yang sensitif ini menyebabkan memicu refleks muntah dan mual. Meskipun tidak ada yang tahu pasti penyebab sensitivitas penciuman, namun ini mungkin merupakan efek samping dari jumlah estrogen yang meningkat dengan cepat di tubuh Anda. Anda mungkin juga menemukan bahwa makanan tertentu yang biasa Anda nikmati tiba-tiba benar-benar menjijikkan bagi Anda.

 

#2 Suasana Hati yang Berubah-ubah

Biasanya terjadi perubahan mood selama kehamilan, sebagian karena perubahan hormonal yang mempengaruhi neurotransmitter (pembawa pesan kimia di otak). Semua orang merespons perubahan ini dengan berbeda. Beberapa pengalaman ibu-ibu meningkatkan emosi, baik dan buruk, sementara yang lain merasa lebih tertekan atau cemas.

Menurut American Pregnancy Organization, tanda kehamilan berupa jiwa yang lebih emosional dan mudah menangis. Perubahan suasana hati secara mendadak dan cukup ekstrem cukup sering terjadi. Akan tetapi tidak perlu memusingkan hal ini, karena hal ini cukup normal, asal tidak mengarah ke kondisi depresi atau stres berlebihan.

 

#3 Perut Kembung

Perubahan hormonal pada awal kehamilan mungkin membuat Anda merasa kembung, mirip dengan perasaan beberapa wanita sebelum periode menstruasi mereka. Karena itulah pakaian Anda mungkin terasa lebih nyaman dari biasanya di lingkar pinggang, bahkan sejak awal rahim Anda masih cukup kecil.

Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan 4 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

#4 Sering Buang Air Kecil

Tak lama setelah Anda hamil, perubahan hormonal memicu serangkaian kejadian yang meningkatkan laju aliran darah melalui ginjal Anda. Hal ini menyebabkan kandung kemih Anda mengisi lebih cepat, jadi Anda perlu buang air kecil lebih sering.

Sering buang air kecil akan terus berlanjut atau intensif seiring masa kehamilan Anda. Volume darah Anda meningkat secara dramatis selama kehamilan, yang menyebabkan cairan ekstra diproses dan berakhir di kandung kemih Anda. Masalahnya bertambah karena bayi Anda yang sedang tumbuh memberi lebih banyak tekanan pada kandung kemih Anda.

 

#5 Kelelahan

Tubuh terasa sangat lelah dan membuat tubuh seperti tidak biasanya ketika beraktivitas. Ini adalah pertanda yang sangat wajar pada minggu pertama kehamilan. Tubuh akan terasa seperti kehilangan tenaga dan terlihat sangat lemah. Bahkan tubuh seperti membutuhkan energi yang berlebihan untuk melakukan pekerjaan yang ringan. Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kelelahan kehamilan dini, tapi mungkin tingkat hormon progesteron yang meningkat dengan cepat berkontribusi pada kantuk Anda. Anda akan mulai merasa lebih energik begitu Anda mencapai trimester kedua.

 

#6 Payudara yang Berubah dan Sakit

Salah satu gejala kehamilan yang umum adalah sensitif, payudara bengkak disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon.  Perubahan fisik yang dialami ketika kehamilan yaitu terjadinya perubahan pada payudara, dimana payudara menjadi terasa lebih berat, bahkan juga sakit atau nyeri jika dipegang.

Pada dua minggu pertama setelah awal kehamilan, payudara ukurannya mulai membesar dan berubah, hal itu sebagai persiapan untuk memproduksi susu, utamanya bagi wanita muda.

Adapun penyebab dari perubahan tersebut karena produksi homon esterogen dan progesteron meningkat dengan cepat. Perubahan payudara sudah sangat jelas ketika baru pertama hamil.

Persiapkan Dana Persalinan Operasi Cesar Sebaik-baiknya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Dana Persalinan Operasi Cesar Sebaik-baiknya]

 

#7 Bercak Darah atau Pendarahan Ringan

Sekitar 1 dari 4 wanita mengalami bercak atau pendarahan ringan selama trimester pertama. Bercak darah ini berbeda dengan bercak mensturasi karena warnanya merah muda dan sangat bersih. Bercak merah ini sebenarnya adalah tanda bahwa telah terjadi pembuahan dari sperma dan ovum. Pertanda ini biasanya muncul setelah 5-10 hari setelah terjadi pembuahan. Ketika embrio berhasil melekat pada rahim, maka darah ringan akan keluar seperti menstruasi. Beberapa wanita bisa mendapatkan tanda ini dan mengira ini adalah menstruasi seperti biasanya. Namun terkadang ada wanita hamil yang tidak mendapatkan tanda ini.

Jika pendarahan Anda parah atau disertai rasa sakit atau sakit kepala ringan, atau jika Anda khawatir, hubungi dokter atau bidan Anda.

Jika Anda tertarik, Anda dapat mendownload Ebook Dana Pendidikan Anak. Dalam Ebook ini dibahas bagaimana strategi dan investasi yang cocok untuk dana pendidikan anak. Silakan Klik “Download Ebook Sekarang” untuk mendapatkan Ebook secara GRATIS!

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

#8 Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Bagi beberapa wanita, morning sickness tidak sampai satu atau dua bulan setelah pembuahan, walaupun bagi orang lain mungkin dimulai sejak dua minggu. Dan biasanya terjadi selalu di pagi hari. Kebanyakan ibu hamil merasa lebih enak setelah trimester kedua. Pemicunya adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trisemester kedua.

#7 Demam

Demam saat hamil juga bisa muncul ketika kehamilan masuk ke minggu pertama. Kehamilan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Respon tubuh mendeteksi ada perkembangan yang berbeda dalam rahim. Demam bisa terjadi pada pagi dan malam hari, atau tergantung pada kondisi kesehatan umum ibu hamil. Ibu hamil dengan kekebalan tubuh yang lemah bisa mengalami demam yang sangat buruk dan mengira jika ini adalah sakit biasa. Terkadang demam akan naik turun selama dua minggu kehamilan.

moms-ini-5-tips-untuk-menghindari-utang-untuk-biaya-persalinan-atau-melahirkan-1-finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini 5 Tips untuk Menghindari Utang untuk Biaya Persalinan]

 

Persiapan Keuangan saat Hamil

Menunggu kelahiran bayi itu mengasyikkan, tapi juga bisa menjadi waktu yang mahal. Ikuti langkah-langkah ini untuk memastikan Anda siap dalam keuangan untuk menghadapi kedatangan sang buah hati Anda.  

 

#1 Pilih Kebutuhan Bayi Sesuai dengan Uang Anda

Anda dapat menghemat pembelian yang tidak perlu dengan bertanya kepada ibu lain barang bayi apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan gunakan, dan juga pembelian apa yang bisa ditunggu. Tidak pernah terlalu dini untuk memenuhi anggaran Anda. Jangan menundanya sampai setelah bayi lahir. Selain itu, saat ini sudah banyak perusahaan jual beli berbasis digital yang membantu Anda untuk melakukan perbandingan harga. Sehingga Anda bisa memilih mana yang lebih baik antara membeli secara digital atau ke toko perlengkapan bayi, dengan tidak menghabiskan waktu Anda.

Membuat perencanaan keuangan merupakan hal yang penting yang dapat membantu Anda untuk melihat kebutuhan apa yang mampu Anda beli saat ini. Selain itu juga, dapat memberi gambaran yang jelas tentang bagaimana Anda membelanjakan uang Anda dan berapa banyak yang tersisa dari penggunaan perencanaan keuangan Anda. Mengetahui berapa banyak biaya yang Anda keluarkan akan membantu Anda mempersiapkan kedatangan baru Anda dan menghindari biaya tak terduga.

Mengenal Asuransi Kehamilan atau Asuransi Persalinan untuk Ibu Hamil - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Kehamilan/Asuransi Persalinan untuk Ibu Hamil]

 

#2 Potong Kembali Pengeluaran Anda

Jika penghasilan Anda cenderung berubah (misalnya jika Anda berhenti bekerja), Anda mungkin perlu melihat kembali pengeluaran Anda. Titik awal yang baik adalah membagi pengeluaran Anda menjadi barang penting dan tidak penting.

Pertama, lihat apakah Anda dapat menghemat kebutuhan pokok seperti tagihan rumah tangga (tagihan air, listrik, telepon) dan juga menghemat berbelanja bahan makanan dengan melihat diskon-diskon yang ada atau berbelanja ke pasar sesuai dengan kebutuhan keluarga kecil Anda. Selanjutnya, lihatlah hal yang sudah tidak penting yang bisa Anda potong misalnya keanggotaan gym atau langganan majalah.

 

#3 Kurangi Utang Anda

Jika Anda tidak dapat melunasi semua utang Anda secara langsung, buat prioritas utang Anda dan bayar yang paling penting terlebih dahulu. Penting untuk tidak mengabaikan utang dan hanya membayar minimum setiap bulannya. Jika Anda meluangkan waktu untuk menangani utang sekarang, itu akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Jika Anda memiliki utang kartu kredit, lihat apakah dapat mengganti bank untuk mendapatkan harga terbaik. Ada banyak kartu kredit dengan biaya administrasi 0% (walaupun Anda memerlukan peringkat kredit yang bagus, dan juga mungkin ada tingkat gaji minimum).

Utang lain dengan pembayaran tetap, seperti pinjaman pribadi, mungkin mengenakan biaya untuk pelunasan lebih awal jika Anda memutuskan untuk membayarnya lebih cepat, jadi ingatlah ini.

Biaya Persalinan yang Ditanggung BPJS Kesehatan dan Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 7 Ciri-Ciri Seseorang yang Bunuh Diri Secara Keuangan]

 

#4 Buka Rekening Tabungan

Semakin cepat Anda mulai menyisihkan uang, semakin baik. Anda punya waktu setidaknya sembilan bulan sejak mengetahui bahwa Anda hamil sampai waktu persalinan tiba. Jika punya dana yang besar, Anda bisa memasukkan ke dalam deposito. Anda bisa memilih tenor selama enam bulan, untuk berjaga-jaga bila harus melahirkan prematur. Mungkin lebih baik bagi Anda untuk memilih layanan yang tidak menyulitkan untuk mengambil uang saat dibutuhkan.

 

#5 Tingkatkan Pendapatan Anda

Moms, bisa mendapatkan pendapatan melalui berbagai cara. Pertama misalnya membuka toko online, barang yang dijual bisa dipilih sesuai dengan hobi ibu.  Kedua, ibu bisa bekerja MLM online produk kecantikan, make up, aksesoris, parfum dan pekerjaan lain sebagainya. Ketiga, buat Moms yang hobi menulis bisa menjadi penulis, Anda bisa membuat artikel-artikel yang mengandung informasi bermanfaat dan juga membuat cerpen, lalu dipromosikan melalui internet atau mengirimkan ke redaksi koran atau majalah untuk dimuat. Keempat, Moms bisa memberikan les privat yang bisa diberikan kepada anak-anak lain. Kelima, katering masakan kecil untuk Moms yang suka memasak.

moms-ini-5-tips-untuk-menghindari-utang-untuk-biaya-persalinan-atau-melahirkan-2-finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan? Jangan Lupa Beli Ya]

 

Siapkan Biaya Persalinan saat Tanda-tanda Hamil Sudah Tampak

Persiapkan dana dan biaya persalinan Anda dari jauh-jauh hari saat tanda-tanda hamil sudah Nampak. Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan pribadi yang Anda kenal atau juga dapat berkonsultasi dengan tim Finansialku. Semuanya membutuhkan biaya yang besar, kalau tidak dari sekarang dipersiapkan, mau kapan? Semoga bermanfaat.

 

Apakah Moms memiliki pertanyaan yang ingin Anda ajukan? Silakan berikan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tanda-Tanda Awal Kehamilan. Bidanku.com – https://goo.gl/ivoPNg
  • Admin. 20 Gejala (Tanda-tanda) Awal Kehamilan. Kesehatantubuh-tips.com – https://goo.gl/pDmqwT
  • BabyCenter Medical Advisory Board. May 2017. Pregnany symptoms: Top 11 early sign of pregnancy. Babycenter.com – https://goo.gl/4MxF3A
  • Trias. 28 Juli 2016. 15 tanda-tanda kehamilan minggu pertama wajib diperhatikan. Hamil.co.id – https://goo.gl/W9qgEZ
  • Admin. 7 Juni 2017. Budgeting when you’re pregnant. Moneyadviceservice.org.uk – https://goo.gl/2Z8bHC

 

Sumber Gambar:

  • Hamil – https://goo.gl/HBdqTV
  • Tes Kehamilan – https://goo.gl/7mbJSg

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com