Apakah Anda sudah memiliki asuransi kesehatan (yang bukan dari kantor)? Jika belum, coba pertimbangkan kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan. Jangan sampai menyesal, karena program BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Apa saja yang didapatkan peserta BPJS Kesehatan?

Teman-teman apakah sudah memiliki asuransi kesehatan (health insurance)? Asuransi kesehatan itu berbeda lho dengan asuransi jiwa. Mungkin beberapa dari teman-teman berharap atau beranggapan sudah cukup dengan asuransi kesehatan dari kantor. Namun dalam beberapa kondisi, asuransi kesehatan dari kantor masih kurang dan Anda perlu menambah asuransi kesehatan dari luar kantor. Nah tidak ada salahnya Anda pertimbangkan program asuransi kesehatan dari pemerintah bernama BPJS Kesehatan.

sudah-tahu-kelebihan-dan-kekurangan-bpjs-kesehatan-jangan-lupa-beli-ya-finansialku

[Baca Juga : Kenapa Perlu Asuransi Kesehatan Sejak Usia Muda?]

 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan penjamin kesehatan seperti asuransi yang dimiliki pemerintah. Program ini memang dinilai cukup efektif dalam memberikan alternatif proteksi kesehatan. BPJS Kesehatan berdiri sejak 1 Januari 2014 ini masih memiliki sisi rumit dalam sistem dan mekanisme. Berita baiknya, pemerintah dan manajemen BPJS Kesehatan senantiasa berusaha membenahi dan memperbaiki sistem agar tercipta layanan yang baik dan kepuasan bagi para peserta BPJS.

 

BPJS menjadi pilihan favorit masyarakat sejak peluncurannya sehingga hanya berselang beberapa hari, kantor BPJS kebanjiran pendaftar. Dalam upaya mengantisipasi antusiasme masyarakat, maka pemerintah membuka beberapa kantor cabang BPJS di beberapa kota besar di Indonesia.

Benarkah Iuran BPJS Kesehatan akan Mengalami Kenaikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: Mengenal BPJS Kesehatan di Indonesia]

 

Saat ini masyarakat Indonesia telah menyadari semakin tingginya biaya kesehatan. Kebutuhan atas kesehatan menjadi suatu hal yang sangat ‘mewah’ di Indonesia. Asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta, masih dianggap mahal dan belum terjangkau. Oleh karena itu ketika BPJS Kesehatan hadir dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan proteksi kesehatan dengan harga yang terjangkau. Setiap produk keuangan, termasuk asuransi kesehatan memiliki plus minusnya. Mari kita pelajari apa saja plus minus BPJS Kesehatan.

 

Kelebihan BPJS Kesehatan

Berikut kelebihan BPJS yang dapat dinikmati pesertanya:

 

#1 Harga yang Terjangkau

BPJS Kesehatan adalah program proteksi kesehatan yang benar-benar dikelola professional oleh pemerintah. Apakah teman-teman tahu berapa biaya premi BPJS Kesehatan? Per tanggal 7 November 2016, harga kelas 1 sebesar Rp 59 ribu, kelas 2 sebesar Rp 49.500, dan kelas 3 sebesar Rp 25.000. Dengan membayar premi bulanan tersebut, setiap peserta sudah dapat menikmati layanan kesehatan mulai dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan sebagainya tanpa biaya. Selain itu, perawatan cuci darah dan biaya persalinan juga bisa didapat oleh peserta dengan gratis.

 permudah-pembayaran-iuran-bpjs-kesehatan-1-keluarga-1-virtual-akun-finansialku

[Baca juga: Permudah Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan 1 Keluarga 1 Virtual Akun]

 

#2 Bersifat Wajib

Program BPJS Kesehatan ini ternyata sifatnya wajib, jadi setiap masyarakat Indonesia wajib menjadi anggota dari BPJS Kesehatan. Kewajiban menjadi peserta BPJS Kesehatan yang diselenggarakan langsung dari pemerintah diatur dalam Undang-Undang dan peraturan pemerintah. Artinya, meskipun seseorang mendaftar di asuransi swasta maka tetap diharuskan juga mendaftar asuransi BPJS kesehatan.

 

#3 Bebas Medical Check Up

Tahukah Anda, bahwa dalam beberapa kasus perusahaan asuransi kesehatan menolak calon nasabahnya karena gagal dalam medical check up? Beruntunglah kita sebagai masyarakat Indonesia, karena kita tidak perlu menjalankan medical check up untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Namun jangan juga berpikir, ah nanti saja ikut  BPJS Kesehatan pas kondisi sakit. Coba cek lagi syarat dan ketentuan yang berlaku pada program BPJS Kesehatan.

 1 April 2016, Iuran BPJS Kesehatan Naik Menjadi 80 Ribu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan]

 

#4 Penjaminan Kesehatan Seumur Hidup

Berbeda dengan asuransi swasta yang hanya dapat melindungi pesertanya maksimal pada usia 100 tahun, BPJS akan melindungi pesertanya seumur hidup berapapun usianya. 

 

 #5 Tidak Ada Pengecualian

Asuransi swasta cenderung menolak seseorang yang sudah terkena penyakit kronis. Jika pun diterima, premi yang dibebankan akan mahal atau bahkan polis bisa ditolak kalau muncul kebohongan. Klaim dana juga dapat menjadi sangat sulit ketika pesertanya dianggap melakukan pembohongan saat mendaftar. Sedangkan, BPJS tidak membedakan pesertanya, tanpa menanyakan penyakit yang telah diderita oleh peserta.

 Iuran BPJS Kesehatan - Premi Asuransi Jiwa

[Baca Juga : Tidak Punya Asuransi Terpaksa Jual Asset untuk Bayar Biaya Pengobatan]

 

 

Apa saja kekurangan BPJS Kesehatan?

Disamping kelebihan, program BPJS juga memiliki beberapa kekurangan antara lain

 

#1 Step Method atau Metode Berjenjang

Meskipun menerima semua pendaftarnya, BPJS Kesehatan memiliki metode berjenjang dalam melakukan klaim. Selain pada keadaan darurat, peserta diharuskan memeriksakan penyakitnya ke faskes 1 terlebih dahulu. Faskes 1 ini adalah puskesmas atau klinik. Setelah dari di faskes 1 dan pasien memang dirasa harus ke rumah sakit, maka pasien atau peserta BPJS baru bisa ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Berbeda pada asuransi lain, peserta dapat langsung memeriksakan sakit ke rumah sakit yang sudah bekerja sama.

 Bagaimana Cara Kerja Sistem Rujukan BPJS Kesehatan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Sistem Rujukan BPJS Kesehatan?]

 

#2 Hanya di Wilayah Indonesia

Berbeda dengan asuransi swasta yang bisa memproteksi kesehatan pesertanya di rumah sakit yang bekerja sama hingga di seluruh dunia, program BPJS kesehatan hanya bisa melindungi diri di wilayah Indonesia saja. Oleh karena itu, WNI yang sedang berada di luar negeri belum bisa mendapatkan pelayanan BPJS secara maksimal.

 

#3 Proses yang Panjang

Bagi pendaftar atau yang akan melakukan pengubahan data di kantor BPJS, maka harus bersiap dengan antrian yang panjang. Antrian dan proses panjang tidak hanya  terjadi saat mendaftar dan melakukan perubahan data, namun juga saat peserta berobat ke rumah sakit, maka antrian panjang. Saat ini BPJS Kesehatan melakukan kerja sama (coordination of benefit – COB) dengan perusahaan asuransi kesehatan swasta, sehingga dapat mengurangi proses yang panjang.

 Mendaftar BPJS Kesehatan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Aturan Teknis COB BPJS Sudah Berlaku, Apa Untungnya Buat Nasabah?]

 

#5 Sedikit Kuota Kelas 1

Kekurangan BPJS Kesehatan yang terakhir adalah kurangnya kesempatan untuk mendapat fasilitas kelas 1. Meskipun peserta telah mendaftar pada kelas 1 dan 2 namun pada kenyataan di lapangan memang terjadi hal yang tidak sesuai. Mereka para peserta BPJS Kesehatan ini sering mendapat fasilitas kelas 3.

 

Hari Gini Masih Belum Punya Asuransi Kesehatan? Coba Deh Beli BPJS Kesehatan!

Seperti penjelasan di atas, program BPJS Kesehatan adalah program yang diwajibkan oleh pemerintah. Meskipun saat ini masih ada kekurangan dari program BPJS Kesehatan, namun bukan alasan untuk tidak membeli atau menundanya. Yuk segera daftar BPJS Kesehatan.

 

Apa saja hal-hal yang menjadi pertimbangan Anda dalam membeli asuransi kesehatan keluarga? Menurut Anda apakah BPJS Kesehatan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda?

 

Referensi:

  • 30 Juli 2015. Kelebihan Dan Keuntungan Ikut Program BPJS Kesehatan. https://goo.gl/12lVRk

 

Sumber Gambar :

  • Hospital – https://goo.gl/qcXoAQ

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]