Apakah Anda adalah pasangan muda yang baru saja menikah? Langkah selanjutnya tentunya adalah membina keluarga kecil yang bahagia. Tetapi sudahkah Anda mempersiapkan biaya persalinan bagi buah hati Anda? Seperti yang Anda ketahui, biaya persalinan tergolong cukup besar, terutama apabila persalinan dilakukan secara cesar. Sebaiknya Anda mulai mempersiapkan dana persalinan sebaik-baiknya demi buah hati Anda.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Apakah Perlu Melahirkan secara Cesar?

Jika Anda berpikir untuk bersalin secara normal dan merasa tidak perlu melahirkan secara cesar, pikirkan kembali. Walaupun Anda berencana untuk melahirkan secara normal, Anda tidak akan pernah tahu kondisi bayi Anda. Apabila bayi terlilit tali pusar atau posisinya sungsang, besar kemungkinan Anda harus melahirkan secara cesar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan dana persalinan cesar terlebih dahulu, terlepas bagaimana proses persalinan Anda nantinya. Finansialku akan memberikan beberapa cara untuk mempersiapkan dana operasi cesar dengan baik.

Persiapkan Dana Persalinan Operasi Cesar Sebaik-baiknya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda, Pada Usia Berapakah Anda Seharusnya Memiliki Anak?]

 

Estimasikan Biaya Persalinan Cesar

Biaya persalinan, terutama persalinan cesar merupakan biaya yang tidak sedikit. Dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang untuk menyediakan dana persalinan buah hati Anda. Kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk persalinan secara cesar? Berikut merupakan rincian estimasi kasar persalinan cesar (biaya dapat berubah-ubah tergantung rumah sakit yang dipilih)

 

Tes Kehamilan

Tes kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan test pack atau cek langsung dan konsultasi ke bidan atau dokter kandungan.

  • Test pack: Rp20.000
  • Bidan: Rp50.000
  • Dokter kandungan: Rp350.000

 

Pemeriksaan Kandungan

Pemeriksaan kandungan rutin dilakukan apabila hasil tes kehamilan dinyatakan positif. Kontrol biasanya dilakukan minimal sebulan sekali selama 6 bulan dan 2 kali sebulan dari bulan ke-7 hingga hari kelahiran. Pemeriksaan kandungan biasanya mencakup USG dan pemberian vitamin dan penguat kandungan.

  • Pemeriksaan kandungan 6 bulan pertama: 6 x Rp400.000 = Rp2.400.000
  • Pemeriksaan kandungan setelah 7 bulan: 3 x (2 x Rp400.00) = Rp2.400.000

 

Persalinan Cesar

Biaya persalinan biasanya ditentukan dengan jenis kamar yang dipilih dan biasanya mencakup biaya persalinan, fasilitas dan obat untuk ibu dan bayi, dan fee kamar untuk 3 hari 2 malam. Estimasi biaya yang digunakan berikut adalah biaya persalinan cesar di sebuah rumah sakit swasta di Bekasi:

  • Kelas 3: Rp10-12 juta
  • Kelas 2: Rp13-16 juta
  • Kelas 1: Rp18-20 juta
  • Kelas VIP: Rp23-25 juta
  • Kelas SVIP: Rp25-30 juta

 

Pemeriksaan Pasca Persalinan

Karena dilakukan pembedahan dalam persalinan cesar, maka umumnya terdapat pemeriksaan pasca persalinan 1 bulan setelahnya.

Pemeriksaan pasca persalinan: Rp450.000

 

Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga 1 - Finansialku

[Baca Juga: Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

Persiapan Dana Persalinan Cesar

Melalui estimasi biaya di atas, maka dapat diperoleh total biaya persalinan cesar sebesar (biaya yang dipilih adalah estimasi biaya terbesar):

(Rp20.000 + Rp350.000) + (Rp2.400.000 + Rp2.400.000) + Rp30.000.000 + Rp450.000 = Rp35.620.000

 

Kemudian bagaimana cara menyiapkan dana persalinan sebesar itu? Cara termudah adalah dengan menyimpan sebagian uang dari pendapatan Anda setiap bulannya. Setelah menikah, usahakan untuk menyimpan setidaknya 5% dari pendapatan bulanan Anda. Tips lainnya yaitu dengan memanfaatkan fasilitas jaminan kesehatan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Berikut adalah simulasi tabungan Anda jika Anda berencana untuk bersalin 3 tahun setelah menikah:

Asumsi: Pendapatan per bulan sebesar Rp10.000.000 dan jaminan kesehatan untuk persalinan cesar masing-masing adalah Rp5.000.000.

(3 tahun x 12 bulan x 5% x Rp10.000.000) + (2 x Rp5.000.000) = Rp28.000.000

 

Moms, Ini Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memiliki Anak Lagi - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memiliki Anak Lagi]

 

Bantuan Dana Persalinan oleh BPJS Kesehatan

Berdasarkan simulasi tadi, uang yang Anda siapkan masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dana persalinan cesar. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah menurunkan kelas kamar persalinan. Bagaimana jika dana yang disiapkan masih belum cukup setelah menurunkan kelas kamar? Solusinya adalah dengan menggunakan bantuan program pemerintah yaitu BPJS Kesehatan. Biaya persalinan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

Operasi Cesar Ringan:

  • Kelas 3: Rp5.257.900
  • Kelas 2: Rp6.285.500
  • Kelas 1: Rp7.333.000

Operasi Cesar Sedang:

  • Kelas 3: Rp5.780.000
  • Kelas 2: Rp6.936.000
  • Kelas 1: Rp8.092.000

Operasi Cesar Berat:

  • Kelas 3: Rp7.915.300
  • Kelas 2: Rp9.498.300
  • Kelas 1: Rp11.081.400

 

Tentunya bantuan dari BPJS Kesehatan ini sangat membantu persiapan dana persalinan bukan? Tapi perlu diingat bahwa terdapat prosedur dan ketentuan untuk mengajukan BPJS Kesehatan, antara lain:

  1. Pemeriksaan kandungan harus dilakukan di Faskes I, misalnya puskesmas atau klinik.
  2. USG gratis diberikan sebanyak 1 kali dan wajib disertakan surat pengantar dari dokter.
  3. Tingkat operasi cesar yang dilakukan (ringan, sedang, atau berat) ditentukan oleh dokter.
  4. Untuk dilakukan persalinan secara cesar, dibutuhkan surat rujukan dokter, dan hanya berlaku selama 3 hari.
  5. Pendaftaran dapat dilakukan minimal 14 hari sebelum estimasi hari persalinan.

 

Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan 4 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

Persiapkan Dana Persalinan Sedini Mungkin

Melihat perhitungan di atas, Anda dapat melihat bahwa dana persalinan sebaiknya disiapkan sejak dini, bahkan mungkin sejak Anda menikah. Hal yang tidak kalah penting adalah perhatikan dan perhitungkan segala jenis bantuan yang memungkinkan, mulai dari tunjangan kesehatan dari perusahaan, hingga adanya bantuan pemerintah seperti BPJS Kesehatan. Dengan memperhitungkan hal-hal tersebut, Anda dapat merencanakan kehamilan dan persalinan pada waktu yang tepat sehingga Anda tidak perlu cemas dengan biaya persalinan buah hati Anda.

 

Apakah Anda mengetahui bantuan dana persalinan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 15 Maret 2017. Butuh Operasi Cesar Saat Melahirkan? Siapkan Dana Persalinan dengan Cara Ini. Duitpintar.com – https://goo.gl/S57T8c

 

Sumber Gambar:

  • Konsultasi – https://goo.gl/R4Vt64
  • Bayi – https://goo.gl/cFpluK

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku