Saat  Ramadhan, bisnis online apa yang dapat dijalankan? Ternyata, ide bisnis di bawah ini modalnya di bawah Rp 1 juta, lho!

Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Mencoba Peruntungan Bisnis Online Selama Ramadhan

Bisnis online sudah makin populer sekarang ini, apalagi di momen sekarang ini yang akan memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa. Karena biasanya, bulan ini banyak dimanfaatkan para pebisnis untuk melancarkan strategi dagangannya.

 

Pilihan Bisnis Online Ramadhan Modal di Bawah Rp 1 Juta

Banyak sekali usaha rumahan di bulan Ramadhan yang bisa dijadikan inspirasi, mulai dari kuliner yang paling dominan hingga aksesoris menyambut hari raya.

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang bisa dijadikan peluang untuk berbisnis, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Bisnis Takjil

Hal pertama yang terpikirkan untuk berbisnis di bulan puasa adalah bisnis yang berhubungan dengan takjil atau yang artinya menu berbuka puasa.

Karena, seperti yang diketahui bulan puasa yang berlangsung selama 1 bulan akan membutuhkan makanan pembuka setelah berpuasa.

Takjil merupakan usaha di bulan puasa yang laris, terbukti sebanyak apapun orang berjualan takjil di sepanjang jalan tetap saja semua tempat tersebut mendapatkan banyak hasil dari jualannya tersebut.

 

#2 Bisnis Katering

Bisnis online berikutnya yang paling memungkinkan masih berhubungan dengan kuliner adalah katering, karena semua orang butuh makan. Setelah berbuka puasa, semua yang berpuasa akan makan makanan utama.

Katering di sini artinya adalah makanan utama seperti lauk pauk, baik untuk berbuka puasa maupun sahur.

Karena, ada beberapa tempat yang memang kadang membutuhkan persiapan makanan katering, seperti salah satunya kantor yang memiliki banyak karyawan.

Tidak heran jika semua tempat-tempat makan atau resto tidak pernah ada yang sepi pada saat bulan puasa seperti ini.

Ide Bisnis Online Saat Ramadhan, Modal di Bawah Rp 1 Juta 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Ide Bisnis Takjil Buat Tambah THR]

 

#3 Bisnis Minuman Dingin

Bukan hanya takjil, hanya sekadar minuman dingin pun sudah bisa menjadi dagangan yang laris di bulan puasa.

Karena, banyak orang yang memang sangat membutuhkan minuman manis dan segar setelah berpuasa terutama untuk minuman yang dingin.

Jika seseorang tidak sempat membeli takjil ketika akan berbuka, maka cukup dengan membeli minuman pelepas dahaga sudah cukup untuk berbuka. Minuman dingin tersebut pun bisa didapatkan di mana saja, terutama pada bulan Ramadhan.

 

#4 Bisnis Peralatan Ibadah

Selanjutnya, jika Anda berniat untuk membuka bisnis online, ide lainnya yang bisa diikuti adalah berbisnis peralatan ibadah seperti mukena, sarung dan sajadah hingga peci.

Semua peralatan tersebut akan digunakan pada saat salat tarawih di masjid setiap malamnya selama bulan puasa.

Walaupun, mungkin pada umumnya semua orang yang menjalankan ibadah sudah memiliki semua peralatan tersebut tapi tetap saja barang-barang ini cukup laris di momen bulan Ramadhan ini.

 

#5 Bisnis Kue Kering

Kali ini masih seputar bisnis kuliner. Salah satu ide kreatif di bulan Ramadhan lainnya yang sering dan banyak dilakukan orang untuk berbisnis adalah bisnis kue kering atau yang biasa disebut kue lebaran.

Sebenarnya bisnis ini selalu ada di semua hari raya, selain lebaran atau Idul Fitri juga Natal. Variasi kue kering pun beraneka ragam, tergantung selera masing-masing.

Namun, jenis yang paling umum dan selalu ada adalah kue nastar ataupun putri salju.

 

#6 Bisnis Busana Muslim

Bisnis online yang satu ini hampir sama dengan peralatan ibadah, dan untuk jenis yang satu ini tidak harus selalu pada momen bulan Ramadhan dan lebaran saja.

Karena, sekarang ini usaha busana muslim sudah sangat menjamur mengingat sekarang sudah banyak orang berhijab.

Namun, tetap saja momen Ramadhan dan lebaran adalah saat yang tepat untuk mencoba memulai bisnis ini.

Pada saat ini, banyak juga orang yang belum berhijab pun membeli busana muslim, untuk bisa mengikuti jalannya bulan Ramadhan dan terutama saat berlebaran bersama keluarga.

Ide Bisnis Online Saat Ramadhan, Modal di Bawah Rp 1 Juta 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadhan Yang Bikin Dompet Tebal]

 

#7 Bisnis Parsel

Bisnis parsel juga termasuk bisnis online yang cukup laris pada bulan Ramadhan, terutama pada saat menjelang menyambut hari raya.

Karena, untuk beberapa kalangan seperti perusahaan sering membutuhkan parsel sebagai sebuah penghormatan di momen spesial tersebut terhadap para koleganya juga terhadap para karyawannya.

Parsel pun bisa divariasikan dengan berbagai macam isi, salah satunya kue lebaran serta makanan lainnya ataupun buah. Bahkan, bisa juga Anda mengisinya dengan peralatan ibadah atau barang lainnya selain makanan.

 

#8 Bisnis Kurma

Buah kurma yang berasal dari Arab Saudi cukup berkaitan dengan momen spesial bulan Ramadhan dan Lebaran, karena biasanya sebagian orang berbuka puasa dengan memakan kurma.

Oleh karena itu, bisnis kurma cukup menjanjikan untuk dicoba sebagai ide kreatif di bulan puasa.

 

#9 Bisnis Ketupat

Kalau untuk yang satu ini satu-satunya jenis bisnis yang sangat berhubungan dengan Hari Raya Lebaran, karena ketupat sangat identik dengan Lebaran.

Bahkan, di era digital bisnis ketupat pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Karena, bisa dikatakan semua orang yang merayakan Lebaran pastinya membuat ketupat untuk dimakan pada hari raya tersebut.

 

#10 Bisnis Pulsa

Jenis usaha ini mungkin tidak terpikirkan, tapi termasuk dagangan yang laris di bulan puasa. Meskipun hasilnya sedikit, tapi jika banyak yang membutuhkan juga akan terasa besar.

Bisnis pulsa sangat dibutuhkan banyak orang yang berjauhan dari keluarganya, di bulan puasa dan menjelang lebaran keluarga yang terpisah sangat ingin berhubungan atau kontak secara visual jarak jauh dan membutuhkan pulsa untuk melakukan hal tersebut.

 

#11 Bisnis Ekspedisi

Jenis bisnis terakhir yang termasuk usaha di bulan puasa yang laris adalah bisnis ekspedisi, karena pada bulan ini pun banyak juga orang yang saling mengirimkan barang sebagai hadiah untuk keluarga di kampung.

 

Pilih Bisnis Online yang Cocok dengan Skill Anda

Itulah beberapa contoh ide kreatif berbisnis yang bisa dijadikan tips bisnis di bulan puasa, karena beberapa contoh ide usaha tersebut diyakini bisa menjadi usaha yang cukup populer.

Yang menariknya, usaha-usaha tersebut hanya bermodalkan di bawah 1 juta rupiah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang melakukan bisnis online di bulan Ramadhan ini cobalah salah satu dari inspirasi hebat di atas kalau memang ingin mencoba kesuksesan dari sekarang.

Tapi, jangan lupa untuk tetap mengatur keuangan bisnis Anda. Sebagai panduan Anda untuk mengatur keuangan bisnis yang benar, coba dengarkan audiobook di bawah ini, yuk.

Audiobook ini berisi materi-materi yang akan menambah pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan bisnis yang benar. Langsung dengarkan dengan klik tombol oranye, ya.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari bisnis di atas? Yuk bagikan inspirasi tersebut pada sesama penjual online atau orang yang berencana merintis bisnis online selama Ramadhan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Contoh Peluang Bisnis Bulan Ramadhan yang Menjanjikan. Kolomsatu.com – https://bit.ly/3eli97u
  • Rani Mutiara Hati. 28 Januari 2020. 14 Ide Bisnis Menguntungkan Saat Ramadhan Biar Tambah Berkah. Blog.mokapos.com – https://bit.ly/32MUVSk
  • Admin. 13 Ide Bisnis yang Cocok Saat Bulan Ramadhan Tiba. Folderbisnis.com – https://bit.ly/3tNcaiv

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3dKnshK
  • https://bit.ly/2QXckVN