Bulan Ramadan identik dengan takjil. Ternyata Anda dapat memulai bisnis takjil untuk menambah penghasilan lho!

Artikel ini akan membahas 6 ide bisnis takjil yang dapat dibuat dengan mudah dan bermodal kecil. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

6 Ide Bisnis Takjil

Bisnis takjil saat puasa merupakan salah satu jenis bisnis yang benar-benar diincar, apalagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Takjil sebenarnya memiliki makna mempercepat atau menyegerakan.

Di dalam Islam, menyegerakan berbuka puasa adalah sebuah anjuran. Namun, pada praktiknya, takjil seringkali diidentikan dengan makanan berbuka puasa.

Tetapi memang makanan berbuka puasa merupakan salah satu aspek puasa yang paling ditunggu oleh setiap orang.

Di bawah ini merupakan beberapa ide bisnis makanan buka puasa yang dapat Anda lakukan. Anda pun dapat menjualnya dengan harga yang cukup murah, dengan kisaran Rp 1-10 ribu setiap porsinya.

 

#1 Es buah

Segarnya es buah, ditambah dengan manisnya sirup dan warna-warni buah yang menarik, membuat es buah menjadi salah satu takjil yang selalu diincar selama bulan Ramadan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda dapat memilih 3 jenis buah, ditambah dengan agar-agar atau biji selasih dan pudding nata de coco untuk menambah tekstur.

Simpel dan Enak! Ini Cara Buat Salad Buah Sendiri Di Rumah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Di mana Tempat Buka Puasa yang Murah Meriah?]

 

Untuk memberikan rasa manis pada es buah, Anda dapat menambahkan gula cair atau sirup berwarna yang cocok dengan warna buah yang Anda pilih. Sirup dengan susu kental manis.

Modal rata-rata yang dibutuhkan untuk menghasilkan 25 porsi es buah adalah Rp 75 ribu. Ini berarti setiap porsinya, Anda hanya perlu membutuhkan modal Rp 3 ribu.

Jika Anda menjual es buah dengan harga Rp 10 ribu maka Anda akan mendapatkan untung Rp 7 ribu setiap porsinya. Jika sehari Anda mampu menjual 25 porsi, maka Anda dapat meraup keuntungan Rp 175 ribu.

 

#2 Kolak

Kolak juga merupakan makanan yang cukup terkenal di bulan Ramadan. Selain mudah dibuat, kolak hanya memerlukan bahan makanan sederhana dan mudah didapatkan.

Makanan ini dibuat dari santan dan dicampur dengan kondimen seperti pisang dan ubi. Untuk menambah aroma, biasanya kolak dicampur dengan daun pandan dan gula merah.

Untuk membuat 10 porsi kolak, Anda dapat mempersiapkan 1 sisir pisang kapok, ½ kg ubi dan santan, gula merah dan daun pandan secukupnya. Modal yang dibutuhkan kurang lebih Rp 50 ribu lengkap dengan bungkusannya.

Dengan harga Rp 10 ribu setiap porsinya, Anda dapat menghasilkan keuntungan Rp 50 ribu untuk 10 porsi kolak saja. Sangat menarik bukan?

 

#3 Es campur

Es campur merupakan salah satu makanan penutup khas Indonesia. Sesuai dengan namanya, di dalam es ini terdapat campuran berbagai bahan manis yang biasanya disajikan di dalam kuah santan dan dibaluri susu kental manis.

Biasanya es campur dibuat dengan campuran cincau hitam, tape singkong, alpukat, nangka, kelapa muda, dawet dan kolang-kaling. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, untuk membuat 10 porsi es campur, Anda hanya memerlukan modal sebesar Rp 50 ribu.

Dengan modal kurang lebih Rp 5 ribu setiap porsinya, Anda dapat menjual es campur dengan harga Rp 10 ribu dan mendapatkan untung 100%. Selain itu, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya juga dapat ditemukan dengan mudah.

Perlu diingat bahwa es campur lebih nikmat disajikan dingin. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjual es campur, tentukan waktu yang tepat untuk membuatnya agar es batu tidak seluruhnya meleleh.

 

#4 Gorengan

Selain makanan manis, Anda sebenarnya juga dapat berjualan makanan asin untuk berbuka puasa seperti gorengan. Gorengan merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang banyak diminati.

Salah satu keuntungan menjual gorengan adalah modalnya yang minimal dan cara pembuatannya yang mudah. Selain itu, gorengan dapat langsung dimakan, sehingga setiap orang yang harus berbuka puasa di tengah jalan tidak akan kesulitan menyantap makanan tersebut.

Gorengan yang dapat Anda jual misalnya tempe, tahu, pisang, singkong dan bakwan. Dengan modal tempe Rp 5 ribu per papan, Anda dapat memotong tempe menjadi 16 bagian dengan mudah.

Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk membuat 1 potong gorengan biasanya di bawah Rp 500, dan jika Anda menjualnya dengan harga Rp1 ribu maka Anda sudah mendapatkan keuntungan 100%.

Sebelum lanjut ke ide bisnis selanjutnya, lihat video dari Finansialku yuk!

 

#5 Lontong

Masih dari tim asin, salah satu ide makanan untuk berbuka puasa adalah lontong isi. Lontong terbuat dari beras yang dibungkus di dalam daun pisang dan dalamnya biasanya diisi oleh daging atau sayuran.

Lontong merupakan salah satu ide makanan buka puasa yang cukup menguntungkan.

6 Ide Bisnis Takjil di Bulan Ramadan Buat Tambah THR Kamu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bosen Sama Menu Buka Puasa yang Gitu-gitu Aja? Coba Deh 7 Kreasi Resep Ini! Murah]

 

Memang cara pembuatannya tidak semudah makanan buka puasa di atas, namun, lontong dapat disimpan dan dijual kembali sebagai makanan sahur.

Modal yang dibutuhkan untuk sebuah lontong berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 7.000 bergantung pada isiannya. Anda dapat menjual lontong yang berisi daging dengan harga yang lebih mahal dibandingkan lontong sayuran.

 

#6 Puding

Puding juga merupakan salah satu menu buka puasa yang difavoritkan. Selain karena mudah dimakan, puding terbuat dari agar atau gelatin yang memiliki serat yang baik untuk tubuh dan tekstur yang mengenyangkan.

Puding pun mudah dibuat dan biasanya menjadi favorit untuk makanan buka puasa semua umur. Anda pun dapat menambahkan susu kental manis untuk menambah rasa pada puding.

Puding juga dapat dijual dengan berbagai varian rasa sehingga Anda dapat memberikan pilihan yang lebih banyak untuk para pembeli.

 

Sudah mau puasa tapi belum siap modal buat bisnis takjil? Ga usah takut! Konsultasikan masalah kamu kepada Certified Financial Planner Finansialku.

Download aplikasinya dulu yaa….

playstore icon
appstore icon

 

Demikian artikel mengenai ide berjualan makanan pembuka puasa.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Devayanti Pardi. 5 Ide Jualan Takjil yang Menguntungkan Selama Bulan Puasa. Koinworks.com – https://bit.ly/2VeMfjR

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Takjil 01 – https://bit.ly/2wP5oQW
  • Bisnis Takjil 02 – https://bit.ly/2VkxLjm
  • Bisnis Takjil 03 – https://bit.ly/2VkrQLl