Tetap semangat dan tambah penghasilan dari rumah dengan 10 ide usaha di masa pandemi yang bikin kamu semakin kreatif.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Virus Corona Menyerang, Tak Bikin Patah Arang

Sejak kemunculan virus corona yang kita kenal dengan Covid-19, dunia diresahkan dengan penyebarannya yang begitu cepat.

Tak heran virus ini kini masih menghantui warga dunia hingga menyebabkan pandemi.

Banyak negara juga sempat memberlakukan lock down atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tentu saja berakibat buruk terhadap semua lini serta melumpuhkan perekonomian dunia.

5+ Usaha Sampingan Online Gratis, Cocok Untuk Moms! 01 - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Dari dunia politik, pendidikan, sosial hingga ekonomi, semua terkena dampaknya, tak terkecuali dunia usaha dari yang kelas kakap hingga usaha rakyat kecil dan juga para karyawan.

Tidak hanya pemotongan penghasilan, tetapi juga kehilangan mata pencaharian bisa jadi membuat masyarakat dunia kalang kabut untuk memenuhi kebutuhan keseharian mereka akibat merebaknya virus corona yang hingga kini belum ada vaksin penangkalnya.

Meski virus corona menyerang, namun semangat insan manusia tak boleh padam karena kreatifitas otak manusia sangat bisa diandalkan untuk beradaptasi dengan situasi yang baru terutama menemukan berbagai ide usaha cemerlang untuk menambah penghasilan.

 

10 Ide Usaha di Masa Pandemi

Berikut ini 10 ide usaha di masa pandemi yang bisa jadi tambahan penghasilan kamu.

 

#1 Buat Channel Youtube

Era modern ini kita dimudahkan untuk mengakses segala informasi dari berbagai belahan dunia dengan begitu cepatnya.

Buat kamu orang-orang sukses nan kreatif, kamu tentu sudah tahu yang namanya Youtube bukan?

Menurut penelitian, manusia milenial di era modern ini menghabiskan waktunya setidaknya 2 jam sehari untuk melihat media sosial, salah satunya Youtube.

Ada banyak konten yang mereka cari atau gemari, dari hobi tentang dunia kuliner, dunia olahraga seperti fitness atau soal sepeda yang kini sedang marak, atau berbagai konten lucu yang menghibur.

Mungkin kamu bisa coba salah satunya dari hobi yang kamu sukai. Misalnya, kamu buat konten tentang dirimu sendiri yang senang mengoleksi barang-barang unik yang bisa kamu pamerkan kepada publik.

Buat kamu yang punya ide kreatif untuk menghibur orang dengan kejenakaanmu, kamu juga bisa membuat konten yang lucu bersama dengan teman atau keluargamu di rumah.

Siapa tahu, kamu punya bakat terpendam yang disukai banyak orang dan menjadi seorang Youtuber yang berhasil meraup keuntungan hingga miliaran Rupiah dari setiap konten menarikmu dan terjalin kerjasama afiliasi iklan yang menempel pada setiap video kreatif ciptaanmu.

 

#2 Buka Toko Online

Usaha yang sudah diketahui banyak orang ini memang sangat menguntungkan.

Tak butuh lapak atau toko fisik, kamu bisa menjual barang daganganmu secara online di lapak virtual serta memasarkan lewat media sosial.

Menawarkan barang jadi lebih mudah dengan bantuan jaringan internet dan bekerja sama dengan e-commerce terpercaya yang membuat barang daganganmu jadi lebih mudah diakses oleh para calon pembeli di dunia maya.

Kini, jualan jadi lebih mudah, praktis dan untung lebih besar.

Mencatat keuangan harian pun perlu menjadi sebuah kebiasaan baru di masa new normal ini agar semua kebutuhan tetap tercukupi.

Aplikasi Finansialku bisa menjadi asisten pribadimu dalam mencatat dan merencanakan dana kebutuhanmu serta mewujudkan berbagai impian finansial.

Langganan PREMIUM bisa dapat fasilitas Konsultasi Gratis dengan Perencana Keuangan Finansialku selama setahun lho!

Gunakan kode promo CUAN50 untuk biaya berlangganan yang lebih ekonomis ya!

playstore icon
appstore icon

 

#3 Jadi Seorang Blogger

Menjadi blogger juga tetap jadi ide usaha  di masa pandemi untuk milenial lho!

Apalagi kalau konten kamu banyak diakses oleh banyak orang dengan konten dan pembahasan menarik yang mereka cari.

Buat kamu yang baru mau memulai jadi seorang blogger, kamu disarankan untuk membuat blog yang berlangganan dengan hosting ya.

Mengapa demikian? Karena blog yang gratisan itu biasanya melarang penggunaan iklan sedangkan nantinya, penghasilanmu salah satunya bisa didapat dari iklan apabila traffic pada kontenmu begitu ramai dikunjungi warga net.

Jika kontenmu laris manis di dunia maya dan banyak digandrungi oleh para peminatnya, jangan lupa buat membuka pintu penghasilanmu dengan bekerjasama dengan GoogleAds, Sponsor Post atau jasa afiliasi dengan berbagai perusahaan tertentu.

 

#4 Buat Kursus Online

Buat kamu yang punya keterampilan khusus, misalnya membuat kue, bermain musik atau praktisi dalam kesehatan dan olahraga, kamu bisa buat kursus online dari rumah.

Ada banyak kursus online di media sosial yang menawarkan jasa mereka dalam berbagai hal, seperti panduan coaching secara langsung untuk olahraga atau yoga dari rumah, membuat kue atau kursus musik yang dipandu secara online.

Keterampilanmu bisa membawa pundi-pundi keuangan ke kantongmu lho! Jangan sia-siakan kemampuan dan keterampilan itu ya!

 

#5 Jadi Reseller

Jadi reseller juga bisa jadi kerjaan sampingan yang menjanjikan lho.

Kamu bisa kerjasama dengan para agen pemasok barang tertentu dan kamu pasarkan melalui akun media sosial yang kamu buat sendiri.

Ada banyak tawaran untuk jadi dropshipper atau reseller jika kamu mau mencarinya di media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Sekali lagi, penggunaan jaringan internet akan sangat memudahkanmu dalam menghasilkan uang tambahan di masa pandemi ini lho.

 

#6 Video Editor

Menjadi seorang video editor kini juga semakin marak. Mereka yang punya kemampuan dalam editing video memanfaatkan peluang ini untuk menambah penghasilan dari rumah.

Tak perlu pergi ke kantor karena kamu bisa edit video kerjaan sampinganmu ini dari rumah.

Jasa pembuatan video editor banyak dicari lho! Kamu bisa menawarkan jasamu melalui akun media sosial atau memasukkan portofoliomu di  LinkedIn yang bisa diakses oleh para pencarinya di dunia maya.

 

#7 Jual Hasil Foto Pribadi

Dunia fotografi kini semakin menarik dan banyak peminatnya. Dari sekadar otodidak dan coba-coba, kebanyakan dari mereka menekuninya dan jadi ide usaha di masa pandemi.

Kalau kamu senang juprat-jupret dan hasilnya ciamik, mungkin dunia fotografi bisa jadi tempat untukmu menghasilkan pundi-pundi di masa pandemik ini.

Meski hasil fotografi cenderung bersifat subjektif, namun bisa saja karya-karya fotomu bisa diminati oleh orang atau perusahaan tertentu yang mau membayar hasil jepretanmu dengan harga mahal.

 

#8 Jual Barang Bekas atau Tidak Terpakai

Pernahkah kamu melihat lemari baju atau rak penyimpanan sepatumu?

Mungkin ada banyak barang yang masih bagus, namun sudah tidak kamu pakai dan layak untuk dijual.

Sambil bersih-bersih rumah, kamu bisa hasilkan uang tambahan dari garage sale dengan menjual barang-barang yang sudah tak terpakai namun memiliki nilai jual yang lumayan.

Daripada tak terpakai dan jadi sampah, lebih baik dijual dan menghasilkan uang kan?

 

#9 Jual Catering Home-made

Di masa pandemi ini, jualan makanan online malah jadi tren karena banyak toko dan restoran yang tutup.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan, terutama bagi kamu yang suka masak.

Kamu bisa buat masakan rumahan atau kue kreasimu yang kamu jual secara online atau bekerja sama dengan jasa pengiriman barang online.

Kamu bisa tawarkan dari tetangga sekitar rumah, kerabat dekat hingga teman-teman kerja yang sedang menjalani Work From Home namun malas untuk memasak dan merasa kesulitan untuk mencari makan di luar.

 

#10 Jadi Content Writer

Buat kamu yang suka menulis, kamu bisa menambah penghasilanmu dari rumah dengan menjadi content writer, bekerja sama dengan perusahaan atau startup yang ingin mempromosikan barang atau jasa mereka melalui berbagai artikel-artikel yang dimuat dalam laman web resmi mereka.

Biasanya, pekerjaan ini bersifat freelance sehingga kamu masih bisa mengerjakan pekerjaan lainnya untuk menambah pundi penghasilanmu.

Tapi, jangan lupa untuk menyelesaikan pekerjaan sampinganmu ini sesuai dengan tanggal jatuh tempo atau deadline yang diharuskan ya!

 

Coba Ide Usaha di Masa Pandemi 

Itu dia 10 ide usaha yang bisa kamu tekuni selama masa pandemi yang mengharuskanmu untuk bekerja dari rumah.

Oiya, tahukah kamu kalau investasi bisa membuat uangmu jadi berkembang daripada hanya disimpan di bank?

Ada banyak instrument investasi yang tetap berkembang dan bisa jadi peluang untuk menaruh uangmu agar berkembang lho!

Misalnya saja seperti investasi emas yang harganya sempat naik hingga menembus angka satu juta rupiah.

Tertarik untuk berinvestasi? Pelajari panduan berinvestsai dari Finansialku melalui e-Book GRATIS berikut ini!

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Explore lebih banyak ide usaha bermodal kecil pada video Finansialku berikut!

 

Kembangkan uangmu dari hasil usaha sampingan untuk membangun masa depan finansial yang lebih baik!

Ternyata, ada banyak kreatifitas yang bisa kita kembangkan dan menghasilkan pundi pendapatan jika kita mau berusaha lho!

So, Stay healthy, stay wealthy, stay happy ya!

 

Sumber Referensi:

  • Qonita Chairunnisa. 1 Juli 2020. 5 Cara Mendapat Uang Tambahan di Rumah selama Pandemi Corona. Rukita.co – https://bit.ly/2DQcurT
  • Lena Astari. 20 April 2020. Butuh Uang Tambahan Selama Pandemi Corona? 8 Cara Ini Bisa Banget Dilakukan! Fame grid.id – https://bit.ly/33UGe1C
  • Warta Ekonomi. 6 Juli 2020. 5 Cara Menambah Pendapatan di tengah Pandemi Covid-19. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/2DOBLmf
  • Cristia Janto. 17 Juni 2020. 11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet. Exabytes.co.id – https://bit.ly/30QMy89
  • Carolina Ratri. 2 April 2020. Cara Mencari Penghasilan Tambahan Selama Pandemi COVID-19. Diskartes.com – https://bit.ly/3fU5x6j