Pekan ini, IHSG cenderung menguat di level 4.947. Cari tahu saham mana saja yang direkomendasikan para ahli di situasi ini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Seiring Masa Transisi PSSB, IHSG Jadi Menguat

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi cenderung menguat sepanjang pekan ini masih betah berada di zona hijau setelah Jumat pekan kemarin ditutup menguat 0,63 persen di level 4.947.

Peningkatan tersebut terjadi seiring dengan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju new normal yang mendorong pembukaan kembali aktivitas ekonomi.

Meski begitu, laju IHSG masih akan dibayangi aksi ambil untung (profit taking) oleh investor.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan, pelaku pasar akan mengapresiasi kebijakan pemerintah yang mulai melonggarkan PSBB.

Dengan kebijakan tersebut, aktivitas ekonomi akan mulai kembali berjalan, sehingga bisa menjadi sentimen positif bagi pergerakan IHSG pekan ini.

“Re-opening ekonomi diharapkan dapat menciptakan akumulasi beli, sehingga membuat optimisme potensi perbaikan ekonomi dapat berangsur-angsur pulih,” Tutur Nafan sebagaimana mengutip dari Investor.id, Senin (08/05).

Selain itu juga, ia memproyeksikan, IHSG pekan ini berpeluang bergerak pada kisaran level support 4.778 dan level resistance 5.097. IHSG masih memiliki peluang untuk kembali menembus level 5.000.

Seperti Apa Kinerja Reksa Dana Di Tahun 2019 02 IHSG Meningkat - Finansialku

[Baca Juga: Gaji 2 Juta Beli Saham? Bisa Banget! Ini Caranya!]

 

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, sebelumnya, di pekan lalu, pergerakan indeks sempat menguat menembus level tersebut, namun pada Jumat pekan lalu IHSG ditutup naik 31,07 poin (0,63%) ke level 4.947,7.

Menurut Nafan, secara teknikal pola upward bar menunjukkan IHSG berpotensi mengalami bullish continuation, sehingga berpeluang menguat dalam jangka waktu panjang.

“Indikator, MACD, Stochastic maupun RSI juga menunjukkan sinyal positif,” katanya.

Salah satu faktor yang juga mendorong laju IHSG adalah menguatnya nilai tukar rupiah yang tercatat hingga Jumat pekan lalu tembus Rp 13.885 per dolar AS atau menguat 1,49%.

Ditambah lagi. indeks keyakinan konsumen Indonesia diprediksi berangsur membaik.

Nafan merekomendasikan akumulasi beli saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) pada area Rp 1.770-1.800 dengan target harga secara bertahap di level Rp 1.850, Rp 2.030, Rp 2.210, dan Rp 2.550.

Selanjutnya, beli saham PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) pada harga Rp 1.710-1.810 dengan target harga secara bertahap Rp 1.895, Rp 1.975, Rp 2.030, dan Rp 2.270.

Sementara itu, Equity Analyst Phillip Sekuritas Indonesia Anugerah Zamzami merekomendasikan beberapa saham dalam keadaan ini;

  1. Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) dengan target harga Rp 1.200
  2. Saham PT Mitra Adiperkasa (MAPI) dengan target harga Rp. 900,
  3. Saham PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) Rp 520,
  4. Dan saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) dengan target harga Rp 3.150.

 

Zamzam mengatakan apabila terjadi koreksi wajar akibat profit taking, investor disarankan untuk mencermati saham-saham di sektor perbankan.

“Boleh buy on weakness jika ada koreksi pada saham-saham big caps sektor perbankan,” jelasnya seperti dikutip dari Investo.id.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menilai kehati-hatian pemerintah dalam menangani Covid-19 direspons positif oleh pelaku pasar. Airlangga mengakui, nilai tukar maupun indeks akan berfluktuasi.

Kendati demikian, bila melihat cadangan devisa di Bank Indonesia yang mencapai US$ 130 miliar (sekitar Rp 1.816 triliun), ini menurutnya menunjukkan adanya kepercayaan investor yang kuat kepada perekonomian Indonesia.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Gabung Komunitas Saham Biar Investasi Anti Bocor

Situasi pandemi begini, oke nggak sih investasi saham? Saham mana yang kira-kira punya prospek bagus ya? Gimana cara liat prospek emiten? Gimana cara baca pergerakan saham?

Tahan dulu pertanyaannya, sebelumnya, Sobat Finansialku, tahukah kalian bahwa berinvestasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuanganmu? Saham adalah salah satu instrumen investasi yang bisa jadi pilihan kamu jika memiliki tujuan keuangan jangka panjang.

Yuk pelajari tentang saham, mengapa investasi di saham, kapan waktu yang tepat untuk beli saham, dan seluk-beluk mengenai saham lewat webinar dan gabung dalam komunitas saham Finansialku.

Di dalamnya, tergabung pakar-pakar dan praktisi-praktisi saham yang bisa kamu ajak diskusi dan bertanya mengenai seluk beluk saham.

Dengan kamu tergabung dalam komunitas ini, kamu gak akan salah melangkah dalam berinvestasi. Yuk gabung dengan klik tombol di bawah ini.

komunitas saham

Mau Join Webinar dan Komunitas Saham

 

Eits, tapi sebelum berinvestasi, sudahkah Sobat Finansialku mengatur keuangan dengan baik?

Agar investasimu tidak memberikan pengaruh buruk pada arus keuanganmu, Sobat Finansialku harus memiliki perencanaan keuangan yang baik lho.

Sobat Finansialku bisa gunakan aplikasi Finansialku yang bisa membantu untuk merencanakan keuangan dengan baik.

Aplikasi Finansialku ini adalah satu-satunya aplikasi perencana keuangan di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta memiliki sertifikat ISO 27001 sehingga tidak perlu khawatir lagi akan keamanan datanya.

Kamu bisa coba aplikasinya dengan download di sini:

playstore icon
appstore icon

 

Dapatkan free trial aplikasi Premiumnya selama 30 hari bagi pengguna baru dan dapatkan potongan Rp 50 ribu bagi pelanggan lama yang ingin melakukan upgrade ke Premium dengan memasukkan kode CUAN50!

Yuk, kita lakukan kebaikan untuk diri kita sendiri dalam mengelola pendapatan kita, supaya kita lebih sejahtera dan bisa memberikan warisan berharga pagi generasi selanjutnya.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Thereis Love Kalla. 08 Juni 2020. PSBB Diperlonggar, IHSG bakal Kembali Tembus 5.000. Investor.id – https://bit.ly/2UlpQkV
  • Iwan Supriyatna. 08 Juni 2020. Perekonomian Mulai Bergerak, IHSG Semakin Betah di Zona Hijau. Suara.com – https://bit.ly/2zcdnZy
  • Admin. 08 Juni 2020. IHSG Diprediksi Tembus Level 5.000, Berikut Saham Rekomendasi Analis. Katadata.co.id – https://bit.ly/30jj0QT