Percaya atau tidak percaya, ada lho ikan berharga miliaran rupiah. Kalau kamu gak percaya, artinya kamu harus simak ulasan 10 ikan termahal di dunia yang super langka ini.

Harganya yang selangit bisa membuatmu ternganga. Apa saja ikan-ikan tersebut? Simak ulasan Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Jenis Ikan Termahal di Dunia yang Super Langka

Langka dan mahal. Itulah yang menjadikan beberapa ikan banyak diburu para pecinta ikan hias. Harganya boleh jadi tak masuk akal. Namun, kelangkaannya bisa membuat pemiliknya merasa beruntung.

Ada 10 jenis ikan termahal di dunia yang banyak diburu pecinta ikan hias saking langkanya, yaitu:

 

#1 Clarion Angelfish

Ikan jenis ini paling populer di kalangan pecinta ikan. Pasalnya, warna dan coraknya sangat menarik. Coraknya yang kuning bergaris biru membagi badan mereka dari sirip atas sampai perut bawah.

Ikan ini dapat ditemukan di Benua Pasifik sebelah timur. Namun, kamu juga bisa menemukannya di Bali. Pasalnya, Bali merupakan tempat ikan jenis ini dibudidayakan. Ngomong-ngomong soal harga, ikan ini dibanderol dengan kisaran Rp35 juta sampai Rp80 juta per ekor.

 

#2 Wrought Iron Butterflyfish

Seperti namanya yang menyandang kata ‘Iron‘ yang artinya besi baja, ikan ini berwarna metalik. Jarang ada kan ikan berwarna tersebut? Saking jarangnya, ikan ini dibanderol sekitar Rp38 jutaan.

Habitat ikan jenis ini ada di daerah Samudera Pasifik dekat dengan Jepang. Memelihara ikan jenis ini harus maksimal sesuai habitatnya. Kamu harus memberi makan ikan ini dengan plankton hidup di akuarium dengan suhu hangat.

 

#3 Australian Flathead Perch

Ikan jenis ini termasuk ikan langka. Hanya 2 ikan saja yang berhasil ditemukan oleh nelayan di lautan Pasifik setiap tahunnya.

Selain itu, ada hal lain yang membuat ikan jenis ini diburu oleh pecinta ikan hias. Warnanya berwarna hitam dengan corak oranye yang menggaris di kepala sampai ekornya. 

Saking langkahnya, ikan ini dipelihara oleh Steinhart Aquarium di Amerika Serikat. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan ikan ini, segera kunjungi tempat tersebut.

Atau jika kamu beruntung mendapatkan ikan ini, Anda bisa memilikinya dengan merogoh kocek sebesar Rp71 jutaan. Hayo, pikir-pikir dulu.

 

#4 Neptune Grouper

Nah ini dia salah satu ikan yang langka. Saking langkanya, harga ikan ini bisa mencapai Rp100 juta. Keunikan ikan ini yaitu warna badannya berwarna jingga atau kuning stabilo dengan garis-garis merah muda dan putih.

Miliaran Rupiah, 10 Ikan Termahal di Dunia yang Super Langka (2)

[Baca Juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana yang Menguntungkan]

 

Untuk memelihara ikan ini, kamu harus selalu siap sedia dengan kondisi habitatnya. Akuariumnya harus selalu bersih dengan air bertemperatur dingin.

 

#5 Bladefin Basslet

Ukuran ikan ini sangat mini. Walaupun mini, ikan ini banyak diburu kolektor lantaran warnanya yang mencolok. Harga untuk membeli ikan ini dibanderol sekitar Rp115 juta, lho.

Padahal bentuknya kecil. Nah, ini dikarenakan ikan jenis ini hidup di kedalaman 500 kaki. Dibutuhkan tenaga profesional untuk menemukan ikan ini. 

 

#6 Golden Basslet

Ukuran ikan jenis Golden Basslet sangat kecil. Walaupun begitu, ikan ini dibanderol sekitar Rp115 juta-an, lho. Hal yang memikat para kolektor untuk memiliki ikan ini adalah warna emasnya yang memikat. Semakin terang warna emasnya, semakin mahal harganya.

Hal lain yang membuat ikan ini masuk ke daftar ikan termahal di dunia adalah cara penangkapannya. Saking kecilnya, ikan ini tidak bisa ditangkap dengan menggunakan jaring biasa.

 

#7 Masked Angelfish

Ikan ini termasuk satwa liar yang dilindungi. Habitatnya berada di kawasan Hawaii. Warna ikan ini berubah seiring dengan pertumbuhannya. Saat masih kecil, ikan ini berwarna hitam pekat. Semakin besar, warnanya menjadi pecah seperti irisan perak.

 

#8 Peppermint Angelfish

Ikan ini termasuk hewan yang dilindungi di kawasan Hawaii. Ikan berwarna merah bergaris putih ini cukup tersohor di kalangan pecinta ikan hias. Karena kelangkaannya, ikan ini dijual seharga Rp400 juta-an.

 

#9 Freshwater Polka Dot Stringray

Ikan Freshwater Polka Dot Stringray merupakan jenis ikan pari manta. Ciri yang paling menonjol adalah warna dan coraknya.  Seperti namanya, ikan ini berkulit hitam dengan corak polkadot putih di tubuhnya.

Jika dijual, kamu bisa-bisa merogoh kocek sekitar Rp1,3 miliar. Sayang sekali, ikan ini tidak dapat dijual saat ini. Pasalnya, pemerintah Brazil sudah melarang penangkapan ikan langka ini.

Namun, jika kamu penasaran melihat penampakan ikan ini, kamu bisa mengunjungi akuarium nasional di Brazil.

 

#10 Platinum Arowana

Platinum arowana merupakan ikan termahal di dunia. Konon katanya, jika memelihara ikan ini, kamu akan dilimpahi keberuntungan dan kemakmuran bagi pemiliknya. Inilah yang membuat ikan ini banyak diburu pecinta ikan hias, terutama di kawasan Asia.

Miliaran Rupiah, 10 Ikan Termahal di Dunia yang Super Langka (3)

[Baca Juga: Harga Ikan Louhan Termahal Di Dunia Sangat Fantastis! Tengok Penampilannya!]

 

Maklum, kebanyakan orang Asia mempercayai mitos. Hal yang paling mengejutkan adalah pertumbuhannya. Ikan ini bisa tumbuh sepanjang tinggi manusia, lho! Luar biasa sekali, kan?

 

Apa Yang Menyebabkan Harga Ikan Menjadi Miliar Rupiah?

Miliar rupiah hanya untuk membeli ikan? Hmm, sepertinya harus berpikir berkali-kali. Pasalnya, harganya bisa jadi berkali-kali lipat gaji bulanan kamu.

 

#1 Mempengaruhi Efek Psikologis

Memelihara ikan hias dipercaya menjadi hobi yang disukai banyak orang. Pasalnya ikan hias memiliki warna dan corak yang beragam. Warnanya bisa mempengaruhi psikologi orang yang memandangnya.

Hal ini bisa memperbaiki perasaan orang yang memandangnya. Bisa dikatakan, ikan hias bisa mengobati stres.

 

#2 Kedalaman Laut

Semakin sulit jenis ikan ditemukan, semakin tinggi harga jualnya. Jenis ikan langka, contohnya. Selain coraknya yang sangat indah untuk dilihat, kedalaman dimana ikan tersebut ditemukan juga sangat menentukan.

Beberapa di antaranya butuh tenaga profesional untuk ditemukan. Jadi, tidak sembarangan untuk menentukan harga jual ikan. Bagi pecinta ikan hias, kamu wajib memiliki modal untuk membelinya.

Jika gaji kamu belum cukup namun tertarik membelinya, kamu bisa mencoba berinvestasi terlebih dahulu. Investasi yang memungkinkan untuk bisa mengumpulkan modal pembelian ikan hias adalah reksa dana.

Pemula tak usah khawatir ya. Finansialku menyediakan e-book mengenai reksa dana untuk pemula yang bisa diunduh secara gratis.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Itu dia informasi seputar ikan hias termahal yang langka di dunia. Harganya memang bisa membuat kita menghargai uang yang kita dapatkan, berapa pun itu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Samala Mahadi. 6 Juni 2019. 10 Ikan Termahal Di Dunia. Sampai Ada Yang Rp5 Miliar!. 99.co – https://bit.ly/34XqS9t
  • Robert Woods. 13 Maret 2019. TOP 10 MOST EXPENSIVE FISH FOR AQUARIUM IN THE WORLD. Beautifullife.info – https://bit.ly/34VtMvd

 

Sumber Gambar:

  • Ikan Termahal 01 – https://bit.ly/2tq1fkq
  • Ikan Termahal 02 – https://bit.ly/2MRye8l
  • Ikan Termahal 03 – https://bit.ly/2tud5tG